Jangan Anggap Remeh! Ini 7 Widget Yang Wajib Ada Di Blog

4 min read

Widget yang harus ada di blog

7 Widget Yang Wajib Ada Di Blog – Widget memiliki banyak fungsi untuk blog, salah satunya untuk menambah visibilitas blog agar lebih menarik di mata pengunjung.

Saat ini, widget bahkan memiliki fungsi yang lebih jauh lagi ketimbang visibilitas tadi yakni meningkatkan interaksi antara pemilik blog dan pengunjung serta bisa meningkatkan penghasilan juga.

Dalam hal interaksi, widget seperti daftar isi artikel ternyata berpengaruh pada deskripsi penelusuran di search results, karena menambah fitur kecil tentang isi artikel.

Ini membuat blog itu mempunyai ketertarikan sendiri ketimbang blog yang lain. Dan mungkin, faktor ini bisa meningkatkan jumlah klik secara langsung.

Disisi lain, jika berbicara tentang fungsi widget dari segi penghasilan, salah satu contohnya adalah iklan dari Google AdSense.

Saya yakin sebagian dari anda, atau pembaca dari artikel ini, pernah atau bahkan menggunakan iklan AdSense di Blog.

Di Blog, iklan adsense itu ditampilkan dalam bentuk Widget, yang sudah diatur sedemikian rupa. Widget-widget ini, apabila ditempatkan pada posisi yang tepat dapat meningkatkan jumlah klik.

Semakin besar jumlah klik pada iklan, semakin besar penghasilan anda sebagai pemilik blog. Dua-duanya memiliki korelasi, meski bergantung pada CPC yang ada.

Sayangnya, ada satu kelemahan dari semua widget ini yakni dapat mempengaruhi loading blog secara langsung.

Saat ini dunia internet sudah memasuki era kecepatan, maka banyak blogger yang mulai mengurangi penggunaan widget dan fokus pada optimasi kecepatan blog atau website.

Tetapi bukan berarti widget-widget ini sudah tidak relevan lagi untuk di pasang di Blog. Bahkan ada widget yang sudah dianggap sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sebuah blog.

Di artikel inilah saya ingin membahas tentang jenis-jenis widget yang lazim ditemui dalam sebuah blog, yang setelah di kumpulkan menjadi 7 widget.

7 Widget Yang Wajib Ada Di Blog

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, widget-widget ini sudah dianggap sebagai elemen penting dari sebuah template blogger.

Namun, ada juga beberapa pembuat template yang tidak menempatkan widget-widget macam ini karena alasan tertentu.

Lalu apa saja widget yang harus dipasang di Blog? Secara umum ada 7. Berikut disajikan artikelnya untuk anda.

1. Related post

Mungkin ada dari anda yang berpikir kalau related post itu bukan widget. Padahal ini termasuk Widget loh. Di Blogger, setiap widget diawali dengan kode <b:if>.

Widget related post sangat penting bagi sebuah blog karena dapat meningkatkan nilai keterbacaan artikel dan mengurangi bouncing rate.

Yang berarti, related post juga bisa menjadi salah satu indikator penting yang membantu pengguna untuk menemukan artikel yang tepat.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Dengan Bayaran Tinggi

Widget ini sendiri bisa dapat bentuk artikel selanjutnya, daftar artikel pada tag atau kategori terkait dengan lain sebagainya.

Jika anda punya blog dan mendapati tidak ada widget related post ini, baik yang dipasang secara otomatis atau tidak, sebaiknya ganti saja templatenya.

Karena widget related post ini sudah dianggap sebagai widget default yang sudah semestinya ada pada sebuah template blog dan tidak boleh hilang dari blog.

2. Popular Post

Postingan populer adalah widget berikutnya yang harus wajib ada di Blog. Widget ini memungkinkan pembaca untuk melihat postingan-postingan mana saja yang populer dalam kurun waktu tertentu.

Untuk blogger dan WordPress, popular post bisa diatur berdasarkan skala waktu tertentu mulai dari 7 hari [1 minggu], 30 hari [selama sebulan], dan selamanya [artikel paling populer sepanjang waktu].

Sama seperti related post, popular post juga bisa menambah nilai keterbacaan pada artikel anda. Dimana mereka bisa melihat postingan-postingan mana saja yang paling populer di blog anda tersebut.

3. Recent Post

Recent post merupakan widget postingan terbaru yang ditampilkan kepada pengguna. Biasanya, setiap artikel yang baru saja dibuat dalam ukuran waktu terbalik akan ditampilkan pada widget yang satu ini.

Dengan kata lain, postingan-postingan terbaru itu belum populer dan belum dibaca oleh pengguna. Dan untuk mempopulerkannya maka pemilik blog bisa menambahkan jenis widget yang satu ini, agar pengunjung bisa melihat postingan-postingan terbaru anda.

Baca Juga : Dampak Mengubah Permalink di WordPress

Jangan anggap remeh widget ini, karena apabila postingan terbaru itu dibaca oleh sebagian besar pengunjung blog, akan berdampak pada posisi artikel di search engine.

Karena salah satu sinyal perolehan peringkat di mesin telusur pada satu artikel adalah popularitas. Jadi semakin banyak dibaca semakin populerlah artikel tersebut. Semakin populer, peluangnya untuk tampil di peringkat pertama Google akan terbuka lebar.

4. Email subscribe

Ada yang beranggapan bahwa email subscribe di blog itu tidak penting. Kata ada ini tidak mewakili semua blogger ya melainkan sebagian kecil saja.

Di blog ini, dulunya saya pernah menggunakan widget email subscribe namun karena artikel-artikel yang ada masih perlu diperbaharui lagi tata bahasanya sehingga saya hapus widget tersebut.

Baca Juga : Panduan Singkat Menaikkan Page Rank Blog

Fungsi widget ini bukan saja untuk memperoleh pelanggan blog lewat email tetapi juga sebagai bentuk ketertarikan pembaca terhadap artikel anda.

Lebih jauh lagi, email subscribe secara tidak langsung dapat meningkatkan trafik sekaligus memperoleh pengunjung blog yang loyal.

5. Related post in article

Berbeda dengan poin related post yang sudah saya jelaskan diatas, yang posisinya terpisah dengan konten utama. Pada poin kelima ini saya berbicara tentang widget related post didalam postingan itu.

Maksudnya begini, anda pernah melihat tulisan-tulisan seperti Baca Juga, Mungkin anda Suka, Artikel lainnya dan sebagainya yang ditempatkan didalam postingan, kan?

Baca Juga : 5 Langkah Yang Harus Dilakukan Blogger Sebelum Mempublikasikan Konten

Saya yakin pernah. Salah satu contohnya adalah pada tulisan Baca juga diatas kalimat ini. Jenis widget semacam ini dapat dibuat secara otomatis dan manual.

Secara manual pemilik blog bisa menempatkan tulisan seperti Baca juga saat membuat atau mengedit postingan. Sementara, ada juga yang menggunakan widget yang dibuat secara otomatis.

6. Profile penulis

Blog yang penulisnya jelas memperoleh penilaian yang lebih di mata Google. Oleh karena itu, sebaiknya anda memasang profil penulis di dalam blog.

Anda bisa menempatkan di sidebar kanan atau bisa diatur agar muncul sebelum related post. Pada beberapa template, profil penulis ini terletak sebelum postingan atau setelah judul.

Baca Juga : Sejarah Lengkap Perintis dan Penemu Kamera

Tapi apakah ini termasuk widget? Iya betul. Widget yang manfaatnya sangat penting untuk menambah kepercayaan blog bahwa setiap artikel yang ada di tulis oleh manusia.

Pengunjung saat ini ternyata lebih suka blog-blog yang memiliki profil penulis jelas ketimbang blog yang dibuat secara anonim.

7. Social media widget

Widget sosial media punya banyak manfaat, salah satunya untuk menunjukan kehadiran blog atau pemiliknya di media sosial. Ini juga untuk meningkatkan interaksi antara pemilik blog dan juga pengunjung.

Mengapa media sosial itu penting? Seperti E-mail Subscribe, yakni untuk meningkatkan pengunjung blog secara tidak langsung.

Baca Juga : 5 Jenis Trafik Blog Yang Harus Dimaksimalkan Blogger

Terlebih jika blog anda itu baru saja dibuat, yang mungkin membutuhkan pengunjung untuk meningkatkan posisi SERPs.

Media sosial juga membantu pemilik blog untuk memperoleh trafik, daripada harus fokus pada trafik organik yang gak tahu kapan munculnya.

Penutup

Menempatkan widget di Blog memiliki banyak manfaat bagi sebuah blog, salah satunya adalah visibilitas blog akan lebih baik.

Namun satu hal yang harus diperhatikan, apabila anda memasang semua jenis widget diatas, kemungkinan loading blog akan berkurang drastis.

Oleh karena itu, pasang saja widget yang menurut anda penting untuk dipasang dan batasi pada beberapa widget seperti media sosial atau popular post agar tidak terlalu membebani blog.

Demikian artikel tentang 7 widget yang wajib ada di blog. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *