5 Cara Simple Agar Visitor Blog Cepat Naik

5 Likes Comment
visitor blog

Bagi saya pribadi, memperoleh visitor blog yang banyak itu gak mudah. Butuh usaha, kerja keras dan kesabaran yang enggak sedikit. 

Apabila blog dikelola dengan baik, pasti akan membuahkan hasil. Dan ini sudah saya buktikan sendiri di blog ini.

Dulunya, saat masih menggunakan blogger, sebagian besar artikel yang saya tulis adalah artikel suka-suka. Alias, artikel yang gak bermanfaat sama sekali.

Alhasil, selama 8 bulan pertama, trafik blog tak kunjung naik. Paling tinggi 50 per hari. Kalau tembus 70 PV sudah bersyukur sekali.

Awal tahun 2019, saya kemudian berbenah. Pembenahan itu terjadi secara besar-besaran saat saya memutuskan migrasi ke WordPress.

Waktu itu, artikel di blog ini udah nyampe 700-an lebih. Karena saya mau benahi, ada sekitar 120 artikel yang saya hapus.

Artikel yang saya hapus itu rata-rata artikel yang berkualitas rendah, yang gak menyumbang trafik sama sekali, serta, sudah tidak bisa di edit lagi.

Jadi, selama 5 bulan pertama, saya melakukan editing artikel lama. Mengoptimalkannya lagi, serta mengedepankan kualitas artikel.

Pada awal November 2019, saya melihat ada peningkatan trafik. Dari sebelumnya hanya 50 per hari, kini sudah 200-an per hari.

Peningkatan cukup drastis terjadi pada akhir november, dimana trafiknya sudah tembus angka 500-an orang per harinya.

Karena alasan itulah, maka saya buat artikel ini. Yang mungkin bisa membantu anda supaya visitor blog anda agar cepat naik.

Tips yang bakal saya ulas ini memang cukup general, karena banyak blogger yang menyarankan serupa. Tapi tidak apa-apa, setidaknya saya sudah berbagai tips 😀

5 Cara Simple Agar Visitor Blog Cepat Naik

Lalu apa saja cara simple itu agar visitor blog cepat naik? Pasti penasaran kan? Nah tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 5 cara simple agar visitor blog bisa naik. Berikut artikelnya:

1. Fokus pada konten jangka panjang

Ada ratusan tipe artikel yang ada di internet. Mulai dari artikel-artikel biasa, artikel-artikel panduan atau tutorial, artikel tips dan trik, artikel kesehatan dan lain sebagainya.

Membuat artikel-artikel seperti diatas mungkin agak susah bagi blogger pemula dan gampang bagi blogger lama.

Saran saya, sebelum membuat konten, tanyalah kepada diri anda sendiri, apakah konten yang saya buat itu layak dibaca beberapa tahun ke depan?

Saya sengaja menyebutnya dengan konten jangka panjang. Karena, dalam pedanan kalimat ini terbagi menjadi dua makna, yakni:

a. Konten yang relevan

Artinya, anda membuat artikel-artikel yang tetap layak dibaca 2 hingga 3 tahun kedepan. Kalau perlu, sampai 10-50 tahun mendatang.

Konten yang relevan ini seperti apa ya? Sudah saya sebutkan diatas. Seperti misalnya, konten tentang pengertian suatu kata atau istilah, artikel blogging dan lain sebagainya.

Kadang kala, konten yang relevan ini disebut dengan evergreen content. Maksudnya adalah sebuah konten yang enggak pernah basi.

b. Konten yang panjang

Kalau blog anda fokus pada konten, sebaiknya fokus pada konten-konten yang panjang. Biasanya, konten yang panjang itu adalah konten yang punya kualitas.

Karena, salah satu faktor kualitas konten adalah panjang artikel. Sebaliknya, konten yang pendek itu rata-rata fokus pada kuantitas.

Jadi, anda mau pilih yang mana? Saya pribadi pilih dua-duanya. Meskipun harus mengorbankan banyak hal, termasuk waktu saat membuat konten.

Karena, untuk membuat konten yang berkualitas tinggi biasanya menguras energi dan waktu yang enggak sedikit.

Apabila dua poin ini disatukan, artikel anda bakalan powerfull. Lebih jauh lagi, blog anda bakalan populer beberapa waktu kedepan.

Dan bagi saya pribadi, blogger yang mengedepankan dua teknik penulisan konten ini termasuk blogger yang cerdas.

Karena selain bisa menambah visitor pada blog, juga bisa mengulur waktu untuk membuat konten yang baru.

Coba lihat blog-blog milik mas sugeng atau panduanim. Blog mereka rata-rata dibuat dengan dua teknik diatas.

Jadi, mereka gak perlu repot buat artikel baru sementara visitor datang terus dan bisa menembus angka 20k per harinya.

2. Jangan terlalu fokus pada visitor

Kontradiktif? Enggak juga. Karena memang, salah satu teknik untuk meningkatkan visitor blog adalah dengan tidak terlalu fokus pada statistik, terlebih visitor.

Gunakan jumlah visitor sebagai parameter popularitas saja dan bukan ukuran keberhasilan konten secara keseluruhan.

Tujuannya adalah agar anda bisa mengalihkan perhatian anda pada kualitas konten dan bukan pada trafik blog. Kalau konten anda berkualitas, visitor bakal datang sendiri.

Karena itu saya gunakan kalimat diatas. Kadang kala, karena terlalu fokus pada visitor, akhirnya konten-konten yang ada di blognya itu terbengkalai.

Gak terurus, padahal, ada beberapa kontennya yang sudah expayer, yang mungkin sudah gak layak dibaca lagi.

Apalagi jika anda menargetkan visitor organik yang notabenenya sangat sulit didapat. Kalau sudah didapat, sudah pasti bakal naik terus.

Saya sendiri sudah pernah mengalami hal ini. Kalau terlalu fokus pada visitor, dan hasilnya gak sesuai ekspektasi, maka kecewalah saya.

Alih-alih, saya mulai berpikir untuk berhenti ngeblog karena visitor tak kunjung naik. Apalagi buat anda yang sudah bikin target ini itu, punya impian gajian dari AdSense bulan depan, dan itu gak tercapai.

Frustasi sudah jelas. Pensi? Terserah anda. Mungkin nasib anda bukan di dunia blogging, tapi di dunia lain tempat lain.

Percaya deh, visitor bakalan naik sendiri kalau anda sudah membuat konten-konten yang relevan dan berkualitas tinggi.

3. Jangan terlalu pusing sama rangking

Kadang kala, banyak blogger yang lebih pusing pada rangking blognya ketimbang membuat artikel-artikel yang bagus dan berkualitas.

Misalnya, rangking Domain dan Page Authoritynya yang masih merayap, Alexa rank blognya yang masih nyampe 8 digit atau Moz rank blognya yang tetap di 0 koma sekian.

Sebaiknya hindari hal-hal ini. Rangking bukan sesuatu yang pasti. Ia dapat berubah seiring waktu berjalan.

Seperti misalnya jika anda ingin agar rangking di sekolah naik, tentu anda harus rajin, dengar-dengaran pada guru, buat tugas dan tidak pernah bolos.

Beberapa hal diatas juga dijadikan parameter untuk rangking di Google. Apabila anda mengedepankan pada aspek kualitas artikel, rangking ini pasti akan naik.

4. Jangan melulu berorientasi pada penghasilan

Penghasilan dari blog memang menggiurkan. Tapi, kalau masih di angan-angan, sebaiknya cepat bangun deh.

Jangan terkecoh dengan penghasilan blogger lain. Karena ini hanya motivasi eksternal, yang harus ditanggapi dengan bijak.

Ingat loh, semua blogger memang bisa sukses, namun jalan untuk capai kesuksesan itu berbeda-beda.  Oleh karena itu, kalau selama ini anda masih fokus pada penghasilan, sebaiknya ubah mindest anda dulu.

Mengapa saya katakan demikian? Karena kalau terlalu fokus pada penghasilan, dalam hal ini uang, hasilnya bakal mengecewakan.

Karena itu, kembali lagi pada poin pertama tadi. Penghasilan bakal datang sendiri apabila trafik blog sudah naik dan stabil.

5. Perbaharui konten lama

Jika anda simak baik-baik pengantar artikel ini, pasti anda akan berpikir kalau artikel-artikel lama di blog saya tersebut sudah saya perbaharui. Betul sekali, termasuk artikel yang sedang anda baca ini.

Pada akhir november 2019 juga saya memutuskan untuk mengurangi frekuensi postingan, dan fokus untuk mengedit artikel lama di blog.

Minimal, sehari ada 1 artikel yang berhasil saya edit kembali sekalipun sudah saya edit sebelumnya. Kalaupun ada artikel baru yang saya tulis, berarti artikel tersebut telah mengalami penyuntingan berkali-kali.

Saat mengedit, saya juga menetapkan standar edit. Dan standar ini harus saya penuhi, apapun caranya. Mulai dari :

  • Panjang paragraf minimal 700 kata
  • Pembahasannya harus lebih santai
  • Penyuntingan dilakukan selama 1 hari
  • Komit pada artikel berkualitas

4 poin itu harus saya terapkan saat mau mengedit artikel-artikel lama. Setelah diedit, saya juga mengubah tanggal postingannya, termasuk juga menambahkan atribut lain seperti gambar.

6. Promosi

Yang paling terakhir menurut saya adalah promosi. Bagi saya pribadi, blog anda tidak bakal dikenal orang lain apabila tidak di promosikan.

Apalagi jika konten-konten buatan anda itu bukanlah konten evergreen, atau konten-konten yang bisa saja basi beberapa waktu ke depan.

Karena itu wajib untuk dipromosikan. Setelah dipromosikan, selanjutnya apa? Tunggu dan bersabar. Karena semuanya butuh proses.

Penutup

Meningkatknya pengunjung di blog bisa menjadi tolok ukur bahwa blog anda itu punya nilai tawar. Nilai tawar ini terletak pada konten yang anda buat dan sajikan pada pengunjung.

Sebagai kesimpulan, saran saya, jangan fokus pada kuantitas artikel. Alias, jangan tertekan pada frekuensi postingan.

Jika anda punya waktu untuk buat artikel baru, maka silahkan buat lalu di posting di blog. Jika gak punya, anda masih bisa edit artikel-artikel lama di blog.

Intinya, jangan terlalu berlebihan atau secara total fokus pada dunia blogging. Karena ini hanyalah hobi semata, jadi cerdas-cerdaslah dalam mengelola blog.

Demikian artikel tentang 5 cara simple agar visitor blog cepat naik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *