5 Langkah Sederhana Untuk Melindungi Komputer Dari Virus Trojan

4 min read

trojan virus

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk melindungi komputer atau laptop dari virus trojan. Simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Melindungi komputer atau laptop dari virus trojan adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Diartikel saya sebelumnya tentang virus komputer paling berbahaya, sudah saya singgung soal virus yang satu ini.

Dengan kata lain, sebaiknya anda memproteksi komputer anda dengan berbagai cara agar tidak terinfeksi oleh trojan.

Sebelum lanjut pada inti pembahasan, baiknya anda ketahui dulu apa itu virus trojan dan sejarah singkatnya.

Apa itu virus trojan?

Pernah gak anda dengar kuda Trojan atau kuda Troya? Kisah ini merupakan salah satu tipu daya dalam perang yang pernah dilakukan Bangsa Yunani untuk menaklukan kota Troya.

Prinsipnya sama seperti virus Trojan, dimana dilakukan banyak tipu daya atau muslihat untuk menginfeksi komputer, laptop atau smartphone seseorang.

Virus ini sama sekali berbeda dengan worm atau virus cacing. Pada dasarnya, trojan menginfeksi dengan cara menyamar ke dalam sebuah file atau program yang sah.

Selain itu, virus ini tidak dapat mereplikasi dirinya sendiri. Terlepas dari perbedaannya, worm virus [virus cacing] dan trojan virus [virus troya] punya taktik yang sama saat menginfeksi korban.

Virus ini sangat sulit dikenali, sekalipun anda sudah menggunakan anti virus premium. Karena sifatnya yang dapat meniru file atau program apapun yang didalam perangkat anda.

Lantas, bagaimana mengetahui kalau komputer, laptop atau perangkat saya sudah terinfeksi dengan virus ini? Anda bisa melihat tanda-tandannya, antara lain:

  • Saat menghidupkan komputer prosesnya sangat lambat
  • Menjelajah internet juga demikian
  • Kadang iklan bermunculan secara teratur di perangkat anda
  • Toolbar baru yang misterius muncul di komputer atau browser anda
  • Ikon baru yang tidak pernah anda instal sebelumnya muncul di baki sistem
  • Pengaturan komputer berubah
  • PC terasa sangat lambat dari sebelumnya

Beberapa waktu lalu, di laptop saya juga pernah terinstal virus semacam ini. Meski bukanlah virus trojan melainkan Malware namun tanda-tandanya hampir sama.

Pada waktu itu saya sedang mencari Aplikasi Texas Holdem Poker di internet. Saat mendownload aplikasi tersebut, justru berubah menjadi antivirus seguro lite yang ternyata adalah virus.

Setelah itu, komputer saya menjadi sangat lambat. Bahkan untuk membuka File explorer sekalipun prosesnya sangat lama. Karena menyadari ada yang salah, saya kemudian mereset laptop saya tersebut.

5 Cara Melindungi Komputer Dari Virus Trojan

Hal yang sering disalahmengerti oleh beberapa orang adalah ketika mereka berpikir bahwa antivirus yang digunakan sudah memberikan perlindungan ekstra sesuai kebutuhan.

Misalnya, setelah menginstal satu dan dua antivirus, para pengguna langsung merasa komputer mereka aman dari virus atau malware.

Memang sih, antivirus bisa melindungi komputer namun tidak semua jenis virus. Dengan kata lain, sekalipun anda membeli antivirus untuk versi premium, perlindungan yang diberikan pun sangat terbatas dan minimal.

Juga ada isu yang beredar kalau antivirus lokal seperti Sma*av hanya mampu mendeteksi virus-virus lokal saja.

Hal itu berlaku juga dengan antivirus buatan luar negeri, yang hanya memberi proteksi pada virus-virus luar yang sudah terdeteksi pada sistem mereka.

Baca Juga : 10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

Yang perlu anda ketahui juga, virus trojan ini punya banyak jenis. Dan biasanya, antivirus hanya mampu mengenali satu dari sekian ribu jenisnya.

Dengan kata lain, ada kemungkinan virus ini tetap ada di komputer anda selama bertahun-tahun, tanpa anda sadari sampai virus itu benar-benar menfeksi dan melemahkan sistem operasi komputer.

Dan ini cukup berbahaya untuk jangan waktu yang lama karena bisa berdampak pada hard-drive komputer anda.

Disisi lain, antivirus biasanya hanya mendeteksi kode-kode awal virus atau tanda-tanda awal seperti yang saya sebutkan diatas.

Namun kode sumber dari sebagian besar virus ini masih digunakan dengan bebas oleh cracker saat beraksi.

Disisi lain, apabila seorang cracker berusaha menyerang komputer anda, biasanya mereka akan mengukur terlebih dahulu kemampuan antivirus di komputer anda.

Cara pengukurannya pun variatif. Yang paling populer adalah lewat penafian otomatis yang didalamnya sudah ditambahkan kode trojan lewat email yang secara khusus membypas antivirus yang anda gunakan.

Baca Juga : 8 Jenis Hacker Yang Wajib Kamu Ketahui

Beberapa pengguna pun berpikir untuk bisa mendeteksi virus Trojan dengan baik, mereka akan menginstal beberapa antivirus sekaligus, yang justru membuat komputer jauh lebih lambat karena memakan terlalu banyak memori.

Dengan kata lain, semakin sulit antivirus bekerja untuk mendeteksi Trojan. Namun, ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk melindungi komputer dari virus yang satu ini.

Lebih baik mencegah daripada mengobati kan? Lalu bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya untuk anda.

1. Instal beberapa antivirus Gateway

Memang sih, diatas secara tidak langsung saya sarankan agar anda tidak menginstall beberapa antivirus sekaligus.

Namun bukan berarti ini tidak dapat anda lakukan. Bisa kok, yang penting tidak membuat loading komputer anda menurun drastis.

Baca Juga : 10 Search Engine Terbaik Di Dunia

Perhatikan juga fungsi dari setiap antivirus yang anda instal itu. Sebagai contoh, apabila anda menginstal dua antivirus sekaligus, salah satunya harus mampu melakukan proteksi dan pengecekan konten di parimeter jaringan baik untuk email, HTTP dan FTP.

Dengan kata lain, antivirus tersebut akan memberi perlindungan saat anda sedang berselancar ke dunia maya.

Meski demikian, perangkat pengguna tetap menjadi sasaran yang potensial karena Trojan ada dimana saja dalam dalam bentuk yang sulit sekali dikenali.

Oleh karena itu, selalu selektif apabila anda ingin mendownload aplikasi atau mengklik suatu tautan saat berselancar secara daring.

2. Melakukan karantina sistem

Maksudnya gimana ya? Maksudnya adalah antivirus yang anda gunakan mampu mengkarantina sistem sekaligus memeriksa setiap file yang diunduh atau disimpan di komputer anda.

Karena biasanya antivirus juga akan melakukan pengecekan pada jaringan yang digunakan, apalagi jika jaringan tersebut adalah jaringan publik.

3. Gunakan firewall

Firewall punya banyak tujuan, salah satunya untuk memblokir koneksi yang tidak aman atau tidak diinginkan.

Seperti misalnya jika anda berselancar di dunia maya menggunakan jaringan publik, maka firewall bertugas untuk memproteksi jaringan komputer tersebut.

4. Hati-hati saat mengklik tautan

Tautan bisa ada dimana saja. Yang paling sering adalah tautan email yang terletak di kotak spam email anda.

Oleh karena itu, sebaiknya anda berhati-hati saat mengklik lampiran email, apalagi jika lampiran tersebut secara otomatis mengarahkan anda untuk menginstal file atau dokumen lain.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari klik tautan semacam ini. Termasuk juga lampiran email, program hadiah dan situs web dengan domain aneh karena bisa saja didalamnya terdapat virus Trojan.

5. Reset komputer secara berkala

Kalau anda menggunakan Windows 10, anda bisa mereset komputer anda secara berkala. Minimal 6 bulan sekali.

Tujuannya untuk membersihkan aplikasi-aplikasi yang pernah anda instal di komputer anda. Apalagi jika aplikasi tersebut anda ambil dari internet.

Sebelum mereset komputer, siapkan aplikasi-aplikasi penting untuk komputer anda seperti Microsoft Office dan aplikasi lain. Karena saat mereset beberapa aplikasi bawaan Windows juga ikut terhapus.

Penutup

Setiap komputer, laptop atau perangkat bisa terinstal dengan virus trojan. Saat terinfeksi, virus ini akan mengeksploitasi sumber daya di komputer anda, mengambil data-data penting didalamnya sekaligus mengubah patch keamanan.

Terkadang juga mereka mengubah pengaturan browser sehingga saat anda terkoneksi ke internet, berbagai iklan-iklan akan ditampilkan.

Dari iklan-iklan inilah si cracker atau orang yang menempatkan virus didalam komputer anda akan memperoleh pendapatan.

Demikian artikel tentang 5 cara melindungi komputer dari virus trojan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *