10 Virus Komputer Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

10 Likes Comment
virus komputer paling berbahaya sepanjang sejarah

10 Virus Komputer Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah – Mungkin anda sudah sering mendengar beberapa virus komputer berbahaya seperti Worm, Trojans, dan mungkin beberapa virus paling berbahaya seperti The Morris Worm.

Biasanya, virus-virus tersebut disebarkan dengan tujuan tertentu oleh para peretas lewat email spam, USB dan lain sebagainya.

Lalu setelah informasi berhasil dikorek, mereka akan melangkah lebih jauh lagi seperti mengambil uang rekening bank anda, identitas pribadi, serta tujuan-tujuan tertentu lain yang lebih berbahaya.

10 Virus Komputer Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

Diartikel kali ini, paulipu.com akan menyajikan artikel tentang 10 virus komputer paling berbahaya sepanjang sejarah. Virus apa saja itu? Ini dia daftarnya.

1. The Morris Worm

Robert Tappan Morris, salah satu seorang mahasiswa AS membuat virus ini pada tahun 1998 membuat. Virus ini kemudian dikenal dengan nama Cacing Moris yang mempengaruhi 10 persen dari semua komputer yang terhubung ke internet. Dan ini adalah virus komputer paling berbahaya yang pernah ada dalam sejarah.

Baca Juga : 10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

Pada saat itu, diperkirakan virus ini menginfeksi sekitar 60.000 komputer dari seluruh dunia. Virus tersebut membuat komputer melambat, dan bisa komputer tiba-tiba mati. Setelah di penjara akibat perbuatannya, ia kemudian diberi gelar sebagai professor Rekanan di MIT.

2. Virus Konsep

Virus ini awalnya secara tidak sengaja dikirim pada CD-ROM yang diproduksi oleh Microsoft pada tahun 1995. Virus konsep merupakan virus pertama yang berhasil menginfeksi dokumen seseorang yang ada di Microsoft Word.

Baca Juga : Perbedaan Antara Hacker Dan Cracker

Dalam waktu beberapa hari saja, virus ini sudah menginfeksi ribuan dokumen dan menjadi virus paling luas yang pernah ada di dunia. Kabarnya lagi, virus ini juga bisa menyebar melalui dokumen yang dikirim lewat Email.

3. CIH

Dikenal juga sebagai virus Chernobyl atau CIH untuk memperingati bencana nuklir 26 April. Virus ini menyerang chip komputer seseorang dan secara efektif akan melumpuhkan kinerja komputer yang diinfeksinya.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Pembuat virus tersebut adalah warga Taiwan, Cheng Ing Hau. Setelah menginfeksi ribuan komputer, ia kemudian berhasil diamankan oleh pihak berwenang Taiwan dan di penjara akibat perbuatannya tersebut.

4. The Anna Kurnikova Worm

Virus Anna Kurnikova adalah salah satu virus paling berbahaya yang pernah tercatat sepanjang sejarah. Meski hanya dalam bentuk gambar seorang pemain tenis wanita, tapi sebenarnya merupakan sebuah virus.

Baca Juga : 7 Aplikasi Kesehatan Paling Terpercaya di Indonesia

Virus ini dibuat oleh Jan de Wit, seorang flamboyan teknologi dari Belanda. Ia kemudian bertanggungjawab atas perbuatannya dan mendapat hukuman pelayanan masyarakat disana.

5. Virus I Love You

Virus cinta pernah membanjiri internet dengan tuisan ILOVEYOU pada pertengahan Mei 2000. Virus ini telah dikirimkan kepada ribuan orang lewat buku telepon ataupun email.

Baca Juga : 8 Jenis Hacker Yang Wajib Kamu Ketahui

Virus ini dirancang untuk mencuri kata sandi dan akses internet pengguna komputer. Sampai sekarang, pembuat virus ini tidak diketahui dengan pasti. Yang jelas, virus ini benar-benar menginfeksi ribuan komputer di seluruh dunia.

6. Virus Melissa

Virus ini ditulis oleh David L. Smith sebagai bentuk penghormatan untuk Florida Stipper. Ini merupakan virus generasi pertama yang berhasil mendeteksi sebuah email dan memasukkan kutipan-kutipan the Simpson dalam sebuah dokumen.

Baca Juga : Tips Anti Hacker Tahun Ini

Atas perbuatannya tersebut, Smith dijatuhi hukuman penjara sebab virusnya telah menyebabkan kerugian sebesar US$ 80 Juta.

7. The Blaster Worm

The Blaster Worm diluncurkan setelah penolakan layanan situs web Microsoft pada tahun 2003 dan telah menginfeksi jutaan komputer dari seluruh dunia.

Baca Juga : Cara Mudah Buka Situs Web Yang Terblokir

Virus ini juga telah mengeksploitasi keamanan perangkat lunak Microsoft dan penulisnya tidak pernah ditemukan sampai sekarang ini.

8. Netsky dan Sasser

Svan Jaschan, berkebangsaan Jerman dijatuhi hukuman penjara karena terbukti bersalah telah menulis dan menyebarkan virus komputer bernamaa Netsky dan Sesser. Ia bertanggungjawab atas kerusakan sekitar 70% malware yang menyebar di internet dan menginfeksi ribuan komputer.

Baca Juga : Tips Memasang Password Agar Aman Dari Serangan Cracker

Meski pada akhirnya Jaschan melarikan diri dari penjara, hukumannya akhirnya ditangguhkan setelah ia bekerja pada sebuah perusahaan sebagai peretas etis.

9. Trojan OSX / PSPlug

Pertengahan November 2007, Trojan pertama dirilis. Ini merupakan malware yang dibuat dengan tujuan untuk mencuri data-data keuangan seorang pengguna Macs.

Trojan diluncurkan oleh OSX/RSPlug untuk meningkatkan keamanan plaform Apple sebelum akhirnya di susupi dan menjadi virus.

10. Storm Worm

Dalam bahasa Indonesia disebut virus Cacing Badai, yang awalanya menyamar sebagai feed berita terbaru tentang cuaca buruk yang menghantam Eropa. Sampai akhirnya diketahui bahwa itu merupakan manipulasi si pembuat virus untuk menyebarkan virusnya.

Ribuan PC kemudian terinfeksi pada tahun 2007 lalu. Setelah terinfeksi, data-data kemudian di transfer kepada peratas dan digunakan untuk menyebarkan spam dan mencuri identitas pribadi.

Nah demikian artikel tentang 10 virus komputer paling berbahaya sepanjang sejarah. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *