10+ Universitas Terbaik Di Sulawesi Utara 2022

Ada beberapa universitas terbaik di Sulawesi Utara yang jadi pilihan untuk anda yang ingin kuliah tahun depan.

Sebagai informasi, daftar peringkat kampus terbaik di Sulawesi Utara ini berasal dari Direktori uniRank.

uniRank sendiri adalah platform yang menerbitkan laporan peringkat universitas terbaik dari 500-an lembaga pendidikan tinggi di Indonesia.

Artinya, daftar universitas terbaik di Sulut yang ada dibawah ini bukan berasal dari tim penilai resmi Indonesia, Dirjendikti misalnya.

Lantas, apa saja kriteria yang digunakan uniRank untuk memberikan peringkat? Ada tiga poin, diantaranya:

  • Perguruan tinggi tersebut telah diakreditasi, atau belum, oleh organisasi yang berwenang di Indonesia
  • Menyediakan beberapa program pendidikan sarjana yang ditempuh selama 4 tahun. Jika tersedia program pascasarjana seperti Master dan Doktoral akan jadi nilai tambah
  • Menyediakan kursus, yang berkaitan dengan format pendidikan tradisional seperti tatap muka atau jarak jauh

Tiga unsur diatas pada akhirnya melahirkan daftar pemeringkatan untuk universitas terbaik di Indonesia, termasuk di provinsi Sulawesi utara.

Sementara, untuk mengetahui daftar universitas terbaik di satu provinsi, DKI Jakarta atau Papua Barat misalnya, tinggal filter berdasarkan kriteria saja.

Dan untuk anda yang sedang cari universitas terbaik di sulawesi utara 2022, universitas terbaik di manado atau universitas negeri yang ada di manado.

Termasuk juga kampus terbaik di Manado serta tempat kuliah terbaik di Sulawesi Utara, simak artikel ini sampai habis.

10+ Universitas Terbaik Di Sulawesi Utara 2022

Lantas, apa saja universitas terbaik di Sulawesi Utara tahun 2022? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuka anda.

1. Universitas Sam Ratulangi [UNSRAT]

Universitas Terbaik Di Sulawesi Utara

Universitas terbaik di Sulawesi Utara berdasarkan data dari Unirank adalah Universitas Sam Ratulangi yang lokasinya ada di Malalayang, Manado.

Dari data yang ada di situs Unsrat, sampai hari ada lebih dari 26.353 mahasiswa aktif yang tersebar di 11 fakultas dan 1 program pascasarjana.

Jumlah lulusannya diperkirakan mencapai 94.599 dan akan terus bertambah dari waktu ke waktu. Profil pendidik juga banyak, ada lebih dari 1.595 dosen.

Universitas Pinaesaan yang berdiri di Tondano pada 1 Oktober 1954 merupakan cikal bakal dari berdirinya Unsrat.

11 tahun kemudian atau tepatnya pada 14 September 1965, lahirlah universitas Sam Ratulangi.

Secara nasional, Unsrat ada di peringkat ke-51 sebagai universitas terbaik di Indonesia versi UniRank.

Akreditasinya bagaimana? Berdasarkan SK SK BAN-PT No. 5236/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2017, Unsrat sudah terakreditasi A.

2. Universitas Negeri Manado [UNIMA]

Universitas Terbaik Di Sulawesi Utara

Berikutnya ada Universitas Negeri Manado yang saat ini duduk diperingkat ke-243 pada kategori kampus terbaik di Indonesia berdasarkan data UniRank.

Unima terletak di Tonsaru, Kabupaten Minahasa. Kampus satu ini menyelenggarakan program pendidikan untuk Diploma 3, Sarjana, Magister dan juga doktoral.

Berdasarkan data tahun ini, ada lebih dari 17.000 mahasiwa aktif yang tersebar di 9 program pendidikan, dengan jumlah pengajar lebih dari 300.

Baca Juga:

Unima sendiri berdiri sejak 22 September 1955, 10 tahun lebih tua dibanding Universitas Sam Ratulangi Manado.

Dulunya, kampus satu ini bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Manado sebelum berubah namanya jadi Unima pada 3 September 2000.

Untuk akreditasinya sendiri masih B berdasarkan surat keputusan BAN-PT nomor 457/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2015.

3. Universitas Katolik De La Salle

Universitas Terbaik Di Sulawesi Utara

Lalu ada Universitas Katolik De La Salle yang saat ini duduk diperingkat ke-273 sebagai kampus terbaik di Indonesia dan diperingkat 3 untuk kampus terbaik di Sulut.

Kampus ini terletak di Kairagi I, Kombos, Kota Manado. Mayoritas mahasiwa Unika De La Salle berasal dari luar Sulawersi Utara.

Untuk saat ini, ada lebih dari 97 tenaga pendidik atau dosen dan dibantu oleh 115 tenaga adminstratif.

Untuk fakultasnya sendiri ada 7 dengan 13 program studi didalamnya mulai dari Fakultas Ekonomi, Pertanian, Keperawatan, Teknik, Hukum, Pariwisata dan Pendidikan.

Kampus satu ini didirikan pada 7 agustus 2000 dibawah naungan Keuskupan Manado dan berdasarkan SK BAN-PT nomor 96/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2018, Unika Della Salle terakreditasi B.

4. Universitas Klabat [UNKLAB]

Universitas Terbaik Di Sulawesi Utara

Selanjutnya ada Universitas Klabat yang berada di peringkat ke-301 sebagai universitas terbaik di Indonesia dan peringkat ke-4 terbaik di Sulut.

Universitas yang terletak di Minahasa Utara ini berdiri pada 7 Oktober 1965 dibawah naungan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Kawasan Indonesia Timur.

Sampai hari ini sudah ada 13 program studi dan tersebar di beberapa fakultas seperti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Filsafat dan Fakultas Ekonomi.

Di tahun 1999, Unklab menambah satu fakultas lagi yakni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Disisi lain, untuk Fakultas Keperawatan baru lahir pada tahun 2006 diikuti dengan program Pascasarjana beberapa tahun berikutnya.

Sampai saat ini, diperkirakan ada lebih dari 5 ribu mahasiswa aktif di Unklab, dengan tenaga pendidik sebesar 142 orang ditambah dosen luar biasa sebanyak 72 orang.

Unklab sendiri sudah terakreditasi B berdasarkan SK BAN-PT nomor 1521/SK/BAN-PT/Akred/PT/VIII/2016.

5. Universitas Nusantara Manado [UNM]

Universitas Terbaik Di Sulawesi Utara

Di peringkat ke-5 sebagai kampus terbaik di Sulwesi utara diduduki oleh Universitas Nusantara Manado yang kampusnya ada di Paal Dua, Manado.

Dari data UniRank, UNM berada di peringkat ke-443 untuk kategori Universitas Terbaik di Indonesia.

Kampus ini sendiri mulai berdiri sejak 13 Juli 1995 dan merupakan universitas Swasta pertama yang ada di kota Manado.

Untuk saat ini ada lebih dari 6 fakultas dan punya 8 program studi mulai dari Arsitektur, Informatika, Ekonomi Pertanian, Akuntansi, Manajemen, Bahasa dan Sastra.

Hanya saja, samapi hari ini, UN belum terdaftar di direktori Akreditasi BAN-PT. Dengan demikian, belum ada status akreditasinya.

6. Universitas Kristen Indonesia Tomohon [UKIT]

Universitas Terbaik Di Sulawesi Utara

Berikutnya ada Universitas Kristen Indonesia yang duduk di peringkat ke-471 untuk kategori Universitas Terbaik di Indonesia. Sementara, di Sulawersi Utara, UKIT berada di peringkat ke-6.

UKIT didirikan pada tahun 1965 dan merupakan salah satu kampus tertua di Sulawesi Utara. Secara akademik, kampus ini punya beberapa fakultas.

Mulai dari fakultas Teologi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam, Psikologi, Hukum, Teknik dan Pertanian.

Untuk program studinya sendiri ada 15 mulai dari Teologi, pendidikan agama krsiten untuk jenjang S2, Agrobisnis, Agroteknologi, Hukum dan lain sebagainya.

Hanya saja, kampus satu ini belum terdaftar di direktori akreditasi BAN-PT. Dengan demikian, belum ada status akreditasi yang bisa dijadikan acuan.

7. Universitas Pembangunan Indonesia Manado [UNPI]

Universitas Terbaik Di Sulawesi Utara

Berikutnya ada Universitas Pembangunan Indonesia Manado yang duduk diperingkat ke-491 pada kategori universitas terbaik di Indonesia.

Sementara, di Sulawesi utara, UNPI berada di peringkat ke-7. Kampus ini sendiri mulai beroperasi pada 02 Oktober 2000 dan saat ini punya 8 program studi yang tersebar di 6 fakultas.

Mulai dari fakultas Keperawatan, Hukum, Teknik, Sosial dan Politik, Pertanian dan juga fakultas Sastra.

Berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT nomor 380/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2015, UNPI Manado sudah terakreditasi C.

8. Universitas Teknologi Sulawesi Utara [UTSU]

Universitas Terbaik Di Sulawesi Utara

Lalu ada Universitas Teknologi Sulawesi Utara yang duduk diperingkat ke-507 pada kategori kampus terbaik di Indonesia.

Sementara, di Sulawesi Utara, UTSU berada di peringkat ke-8. Kampus ini sendiri mulai beroperasi sejak 1 Agustus 2007 yang awalnya bernama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi [STIE] Harapan Kasih.

Untuk saat ini, UTSU punya 5 fakultas dengan 10 jurusan. Untuk program studinya sendiri ada banyak seperti Teknik Informatika, teknik sipil, komputer dan lain sebagainya.

Kampus ini sendiri sudah terakreditasi C dan ini bisa dilihat dari SK BAN-PT nomor 460/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2015.

9. Universitas Sari Putra Tomohon [UNSRIT]

Universitas Terbaik Di Sulawesi Utara

Universitas Sari Putra Tomohon [UNSRIT] duduk diperingkat ke-516 sebagai Universitas Terbaik di Indonesia dan ke-9 di Sulawrsi Utara.

Kampus yang berlokasi di Kota Tomohon ini mulai beroperasi sejak 5 Desember 1999 dan saat ini punya 11 program studi dan profesi.

Untuk fakultasnya sendiri ada 6 mulai dari fakultas Teknik, Perikanan, Pertanian, Ekonomi, Sosial dan Keperawatan.

Sayangnya, sampai hari ini, UNSRIT belum ada dalam direktori akreditasi BAN-PT. Dengan demikian, status akreditasinya belum ada.

10. Universitas Prisma

Universitas Terbaik Di Sulawesi Utara

Universitas terbaik di Sulawesi utara yang terakhir adalah Universitas Prisma yang duduk di peringkat ke-537 pada kategori kampus terbaik di Indonesia.

Secara resmi, kampus ini mulai beroperasi pada 23 Desember 2016 dan punya 2 fakultas dengan 12 program studi aktif.

Mulai dari farmasi, agrobisnis, informatika, teknik sipil, teknik geologi, teknologi pangan, arsitektur, sistem informasi, akuntansi, pendidikan bahasa Inggris dan lain sebagainya.

Hanya saja, sampai hari ini, kampus ini belum ada dalam direkotori akreditasi oleh BAN-PT. Artinya, status akreditasinya belum ada.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa saja universitas terbaik di Manado?

Jika merujuk pada nama wilayah, maka Universitas Sam Ratulangi bisa disebut sebagai universitas terbaik di Manado.

Sebagai informasi, Manado sendiri adalah ibu kota dari Provinsi Sulawesi Utara. Selain Unsrat, juga ada beberapa universitas lain mulai dari Unika De La Salle, UNPI dan lain sebagainya.

2. Apa nama universitas termurah di Manado?

Untuk mengetahui biaya perkuliahan kampus di Manado, bisa buka direktori di situs web kampus dimaksud lewat tautan yang sudah disiapkan diatas.

3. Apa saja Universitas swasta di Manado?

Untuk universitas swasta di Manado, jika merujuk pada nama lokasi atau wilayah yang jadi ibu kota Sulut tersebut ada beberapa salah satunya Universitas De La Salle, Manado.

Penutup

Seperti yang sudah disebutkan diatas yang mana daftar tersebut tidak bisa dijadikan acuan valid dari lembaga pemeringkat perguruan tinggi di Indonesia.

Artinya, jika merujuk pada sumber lain, ada kemungkinan daftar diatas berubah. Selain itu, pemeringkatan hanya berdasarkan status kampus saja yakni universitas.

Artinya, jika merujuk pada kampus terbaik di Sulawesi utara atau Kampus Terbaik di Manado, ada banyak sekali referensinya.

Mulai dari Politeknik Negeri Manado, Sekolah Tinggi, Institut Pendidikan dan lain sebagainya. Dan semuanya disebut kampus.

Demikian artikel tentang 10+ Universitas Terbaik di Sulawesi Utara. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar