4+ Jenis Ungkapan Kasih Sayang Yang Cocok Untuk Hari Valentine

2 min read

ungkapan kasih sayang

Ungkapan kasih sayang adalah salah satu bentuk ekspresif manusia untuk menyampaikan rasa cinta dan sayang kepada seseorang. 

Bentuk ekspresif ini punya makna yang dalam dan bisa menjadi salah satu kekuatan moril yang kuat bagi seseorang.

Kadang, ungkapan ini akan dianggap sebagai bentuk ketertarikan diri dari seseorang pada orang lain. Misalnya, dari seorang pria kepada wanita, lazimnya.

Namun, ungkapan kasih sayang bukan hanya disampaikan kepada pasangan. Tetapi juga kepada orang lain seperti ibu, ayah, keluarga, teman, handai taulan, sahabat dan lain sebagainya.

Biasanya juga, bentuk ekspresif ini semakin diperbicangkan tatkala memasuki tanggal 14 Februari tiap tahun berjalan.

Karena, tanggal tersebut telah didedikasikan sebagai hari kasih sayang atau hari valentine yang dirayakan secara serentak di seluruh dunia.

Pada hari valentine, ungkapan kasih sayang lebih cenderung disimbolkan pada benda. Misalnya, kartu ucapan berbentuk hati, cokelat, bunga, stroberi dan lain sebagainya.

Sebagai simbol, tentu barang-barang tersebut menjadi inferior karena tidak menunjukan bentuk ekspresif cinta dan kasih tadi.

Karena sebenarnya, kasih lebih cocok dilakukan daripada di ungkapkan. Saya sendiri menggunakan kata ungkapan untuk merujuk pada pada tindakan kasih yang dilakukan.

Karena memang, kasih dan cinta dapat ditunjukkan dengan cara-cara dan tindakan yang sederhana terhadap orang yang dikasihi.

4 Jenis Ungkapan Kasih Sayang Yang Cocok Untuk Hari Valentine

Lalu apa saja jenis ungkapan kasih sayang yang cocok untuk hari Valentine? Secara umum ada 4 macam. Apa saja itu? Pasti penasaran kan? berikut daftarnya untuk anda:

1. Pelukan Hangat

ungkapan kasih sayang
via collater.al

Pelukan mempunyai makna yang besar dalam hidup seseorang. Pelukan juga bisa merupakan hadiah terindah dan juga menjadi alat komunikasi yang mampu menggambarkan dukungan, kasih sayang, rasa saling memiliki dan juga alat pemersatu.

Pelukan juga bisa menyalurkan energi dahsyat sehingga orang-orang yang menerimanya akan merasa di cintai, dilindungi, didukung serta merasakan dirinya aman dan tenteram.

Bahkan, pelukan juga bisa melebih kata-kata yang terucap. Seseorang bisa lepas dari beban berat justru ketika ia menerima pelukan dan bukan ucapan berupa nasihat-nasihat.

Pelukan adalah salah satu tanda dari cinta, kemesraan dan kasih sayang serta kerinduan. Satu pelukan akan terasa lebih indah apabila dilakukan dari hati yang paling dalam.

2. Kecupan mesra

ungkapan kasih sayang
via iloveillustration.net

Kecupan atau ciuman dapat menyehatkan hati dan pikiran. Menyehatkan pikiran jika ciuman itu dilakukan pada kepala dan kening.

Mengapa? karena ciuman adalah sentuhan yang lembut dan halus yang dapat menenangkan saraf-saraf kepala atau wajah yang tegang.

Baca Juga : Sejarah Lengkap Perintis dan Penemu Kamera

Sedangkan ciuman menyehatkan hati dan dapat melepaskan hormon endorphin dan oksitorsin yang dapat membuat perasaan bahagia. Karena rasa bahagia tersebutlah yang dapat membuat seluruh badan dan jiwa menjadi sehat.

Oleh sebab itu, ciumlah anak anda, sahabat anda, istri atau pacar termasuk orang tua anda. Tetapi jangan cari penyakit dengan cara mencium pasangan atau istri orang. Bahaya!

3. Pujian yang jujur dan tulis

ungkapan kasih sayang
via icons8.com

Setiap orang umumnya senang dengan pujian. Pujian yang diberikan dengan tulis bisa membangkitkan perasan bahagia, merasa diperhatikan dan yang lebih penting lagi adalah merasa dihargai.

Pujian yang tulus mengandung energi positif yang amat dahsyat, terlebih bagi pasangan atau orang-orang terkasih anda.

Berikanlah pujian dan ucapan terima kasih kepada orang-orang yang sudah memberikan pertolongan kepada anda meskipun kecil.

Sebuah pujian yang tulus dan kecil dapat mengangkat semangat mereka dalam waktu yang lama. Pujian juga dapat mendorong rasa aman, semangat dan antusiasme untuk melakukan hal-hal yang positif dan baik di kemudian hari.

Pujian juga dapat membuat seseorang bisa membuat seseorang mendapatkan prestasi yang tinggi serta bisa meningkatkan rasa saling percaya.

4. Kesetiaan

ungkapan kasih sayang
via demilked.com

Ungkapan kasih sayang yang terakhir adalah kesetiaan. Kesetiaan sangat penting dalam suatu hubungan.

Secara sederhana, setiap adalah tidak pernah meninggalkan orang-orang yang kita cintai, sahabat dan teman dalam keadaan apapun.

Entah dalam keadaan bahagia, terluka, sehat atau sakit dan sebagainya. Dalam kehidupan romantika, kesetiaan selalu dialami oleh mereka yang menyimpan satu nama saja di hatinya meski dia tahu ada yang lebih baik dari dirinya.

Penggunaan makna kesetiaan adalah hati akan melahirkan pribadi yang setiap, tegar bertahan dan tidak tega membiarkan seseorang sendirian menghadapi badai.

Karena kesetiaan bukan satu-satunya aturan dan tugas, dan membutuhkan komitmen yang panjang dan berliku.

Penutup

Intinya, ungkapan kasih sayang lewat tindakan punya makna yang jauh lebih besar dibanding ungkapan lewat kata-kata.

Coba bayangkan, misalnya pacar anda janji gak bakalan ninggalin kamu, eh tahu-tahunya tiga bulan kemudian anda dan si dia putus.

Karena itu, ungkapan kasih sayang yang paling tulus dan jujur adalah ungkapan yang harus dilakukan lewat cara yang sudah dijelaskan diatas.

Nah demikian artikel tentang 4 jenis ungkapan kasih sayang yang paling umum. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *