Ukuran Pas Foto 2×3, 3×4 dan 4×6 Dalam CM, MM, Inch serta Pixel

Ada tiga ukuran pas foto paling populer di Indonesia yakni 2×3, 3×4 dan 4×6. Mengapa demikian? Karena banyak foto legal yang mengadopsi standar tersebut.

Misalnya, saat mau daftar kuliah, pasti anda diminta untuk memasukkan foto dengan salah satu ukuran tersebut atau mungkin lebih.

Kasus yang sama juga berlaku saat anda mau daftar ke sekolah baru, pindah sekolah, saat mau foto paspor, melamar kerja, dan lain sebagainya.

Selain dari ukuran, beberapa foto legal juga meminta agar memasukkan foto dengan latar tertentu entah itu merah, biru, navy dan lain sebagainya.

Hanya saja, banyak orang yang salah mengartikan ukuran sebenarnya dari pas foto tersebut. Kesalahan paling umum ada pada standar yang digunakan.

Ambil contoh foto 3×4 dimana banyak orang awam yang menganggap kalau ukuran tersebut menunjukkan panjang 3 dan lebar 4.

Meski demikian, mereka tidak secara rinci menjelaskan satuan ukuran apa yang digunakan apakah itu sentimeter, milimeter, inci atau mungkin pixel.

Lebih menariknya lagi, ukuran tersebut bukan menunjukkan panjang x lebar suatu foto melainkan sebuah ukuran khusus yang disesuaikan untuk frame penempatan fotonya.

Disisi lain, dalam beberapa kasus, ukuran pas foto yang digunakan itu tidak merujuk pada ukuran asli yang akan diulas dibawah.

Mengapa demikian? Ini kembali ke penggunaan pas foto tersebut karena beberapa diantaranya menggunakan border putih di sekeliling pas foto.

Border putih ini umum ditemui pada pas foto untuk buku nikah. Hanya saja, dalam aturan non-resminya, ukuran border tersebut tak lebih dari 0,2 cm.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari ukuran foto 2×3, 3×4 dan 4×6 dalam CM, MM, Inci serta Pixel, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Ukuran Pas Foto 2×3, 3×4 dan 4×6 Dalam CM, MM, Inch serta Pixel

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan ukuran Foto 2×3, 3×4 dan 4×6 Dalam CM, MM, Inch serta Pixel.

1. Ukuran Pas Foto 2×3 dalam CM, MM, Inch serta Pixel

Ukuran Pas Foto 2x3, 3x4 dan 4x6 Dalam CM, MM, Inch serta Pixel

Ukuran pas foto 2×3 umumnya digunakan untuk beberapa keperluan salah satunya untuk pasangan yang baru menikah dan ingin mengisi buku nikah.

Lantas, berapa sih ukuran sebenarnya dari foto 2×3 dalam sentimeter (cm), milimeter (mm) dan inci (in)? Lihat tabel dibawah ini:

SatuanUkuran
Ukuran Foto 2×3 dalam sentimeter atau centimeter (cm)2,16 x 2,79 cm
Ukuran Foto 2×3 dalam milimeter (mm)21,6 x 27,9 mm
Ukuran Foto 2×3 dalam Inci (inch)0,85 x 1,11 in

Sementara, untuk ukuran foto 2×3 dalam pixel tersedia dalam beberapa ukuran sesuai dengan dot per inchnya (DPI), diantaranya:

DPIUkuran 2×3 dalam Pixel
7261 x 79 pixel
9682 x 105 pixel
150128 x 165 pixel

2. Ukuran pas Foto 3×4 dalam CM, MM, Inch serta Pixel

Ukuran Pas Foto 2x3, 3x4 dan 4x6 Dalam CM, MM, Inch serta Pixel

Beberapa dokumen legal seperti visa, melamar kerja, KTP, SIM dan keperluan administratif lainnya mensyaratkan seseorang untuk memasukkan foto 3×4.

Dan ini adalah ukuran konvensional dalam cm. Meski dalam praktiknya, tinggi foto lebih rendah begitu juga dengan lebarnya.

Dengan demikian, jika pas foto ukuran 3×4 di konversi dalam sentimeter (cm), milimeter (mm) dan inci (in) akan terlihat seperti tabel dibawah ini:

SatuanUkuran
Ukuran Foto 3×4 dalam sentimeter atau centimeter (cm)2,79 cm x 3.81 cm
Ukuran Foto 3×4 dalam milimeter (mm)27,9 mm x 38,1 mm
Ukuran Foto 3×4 dalam Inci (inch)1,11 in x 1, 50 inci

Sementara, apabila pas foto tersebut di konversi dalam ukuran yang lebih kecil yakni berdasarkan pixel atau piksel, akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

DPIUkuran 3×4 dalam Pixel
7279 x 108 pixel
96105 x 144 pixel
150165 x 225 pixel

3. Ukuran Pas Foto 4×6 dalam CM, MM, Inch serta Pixel

Ukuran Pas Foto 2x3, 3x4 dan 4x6 Dalam CM, MM, Inch serta Pixel

Beberapa dokumen resmi, salah satunya adalah foto saat melamar kerja atau mungkin foto ijazah memiliki ukuran 4×6.

Selain itu, beberapa pas foto yang dicetak untuk keperluan pribadi, disimpan di dalam dompet misalnya, menggunakan ukuran ini.

Lantas, berapa sih ukuran sebenarnya dari pas foto 4×6 dalam sentimeter (cm), milimeter (mm) dan inci (in)? Lihat tabel dibawah ini:

SatuanUkuran
Ukuran Foto 2×3 dalam sentimeter atau centimeter (cm)3,81 x 5,59 cm
Ukuran Foto 2×3 dalam milimeter (mm)38,1 x 55,9 mm
Ukuran Foto 2×3 dalam Inci (inch)1,50 x 2,20 in

Disisi lain, apabila pas foto ini di konversi dalam ukuran yang lebih kecil yakni pixel akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

DPIUkuran 3×4 dalam Pixel
72108 x 158 pixel
96144 x 211 pixel
150225 x 330 pixel

FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan terkait postingan ini bakal diulas dalam bentuk QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa yang dimaksud dengan pas foto? Apa fungsinya?

Pas foto atau yang bisa juga disebut pas foto adalah foto berukuran kecil yang biasanya hanya menampilkan dada dan kepala seseorang.

Karena itu, dalam beberapa kasus, ia disebut sebagai foto kecil. Lantas, apa sih fungsi dan kegunaan dari pas foto?

Secara umum pas foto digunakan untuk melengkapi dokumen-dokumen legal seperti KTP, SIM, Ijazah, buku nikah dan lain sebagainya.

Termasuk juga untuk beberapa keperluan pribadi seperti misalnya dokumen yang dipakai untuk melamar kerja, mendaftar perkuliahan dan lain sebagainya.

2. Apakah ukuran foto sama dengan ukuran pas foto?

Standar ukuran foto pada umumnya menggunakan standar ISO R dimana dengan ukuran terendah 2R atau setara 6 cm x 9 cm dan yang tertinggi 30 R atau setara dengan 30R75 cm x 100 cm.

Jika dilihat dari daftar diatas, ukuran pas foto jauh lebih kecil daripada standar foto diatas. Artinya, ukuran foto dengan ukuran pas foto cukup berbeda.

Selain dari segi ukuran, penggunaannya pun berbeda. Standar R umumnya dipakai untuk foto-foto dokumentasi yang akan dicetak untuk disimpan atau dibuat bingkainya.

Sebaliknya, ukuran pas foto adalah ukuran yang digunakan khusus untuk melengkapi berbagai dokumen yang didalamnya wajib dimasukkan foto dengan ukuran khusus.

Penutup

Mengetahui ukuran sebenarnya dari suatu foto untuk dokumen sangat penting karena ini bisa membantu anda saat mau buat ukuran tersebut secara mandiri.

Misalnya, saat mau cetak foto dengan ukuran tersebut pakai Photoshop atau mungkin saat mau ubah ke ukuran tersebut di Paint 3D.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini jangan lupa sampaikan lewat kolom komentar dibawah.

Demikian artikel tentang ukuran pas foto 2×3, 3×4 dan 4×6 Dalam CM, MM, Inch serta Pixel. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

snapy.co.id/artikel/ukuran-foto-3×4-dalam-berbagai-format

Tinggalkan komentar