Silvanna Samaliwu Best investment on life is skill, trust, experiences, knowledge, passion, study case. You can success if you have been wide it [Investasi terbaik dalam hidup adalah keahlian atau kemampuan, pengetahuan, passion dan pengalaman dalam mempelajari akibat. Anda bisa sukses jika mengembangkan hal tersebut]

Tips Mengajukan Banding Ke Google AdSense

7 min read

banding google adsense

Tips Mengajukan Banding Ke Google AdSense Agar Bisa Menang – Dalam dunia blogging, apalagi yang sudah menjadi mitra [penayang] AdSense, tak lepas dari yang namanya banned.

Beberapa blogger mengatakan kalau sudah di banned, kecil kemungkinan untuk bisa diterima lagi menjadi mitra AdSense.

Hal itu tidak sepenuhnya benar. Memang sih, kecil kemungkinan banding bakal diterima dan iklan bisa tampil lagi di blog atau channel Youtube, namun tidak ada salahnya kalau mencoba, kan?

Akun adsense saya yang saya gunakan di blog ini pun pernah di banner gara-gara klik iklan sendiri. Dan setelah mengajukan banding, eh diterima lagi.

Jika akun adsense anda di banned, sebelum mengajukan banding terlebih dahulu, pastikan anda tahu penyebab akun anda di suspen.

Tujuannya apa? Agar anda lebih mudah merangkai kata-kata di formulir bandingnya. Dengan kata lain, kemungkinan banding di tolak semakin kecil.

Tips yang saya ulas disini memang lebih mengacu pada banding di blog. Namun karena formnya hampir sama, anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini Channel Youtube atau akun Admob.

Penyebab akun AdSense di Banned

Dalam berbagai kesempatan, saya sering melihat banyak blogger curhat tentang penyebab akun AdSensenya yang di banned. Sebagian besar disebabkan oleh:

a. Aktivitas klik tidak valid

Aktivitas klik tidak valid ini bisa terjadi apabila ada klik iklan yang tidak valid. Ada 3 kemungkinan utama klik iklan invalid ini, antara lain:

  • Klik iklan sendiri
  • Ada teman atau orang lain yang jahil
  • Klik iklan tidak disengaja
  • Meminta orang untuk klik iklan anda
  • Penyebab lain
b. Traffic tidak valid

Dalam satu kondisi, misalnya, ada lonjakan trafik enggak biasanya di blog anda. Dari 100 menjadi 100 tanpa melakukan apa-apa.

Apalagi lonjakan trafik itu hanya terjadi dalam durasi singkat, 1-3 jam misalnya. Hal ini bisa disebabkan oleh serangan DDoS, auto-traffic dan lain sebagainya.

Trafik semacam ini dapat dideteksi dengan mudah. Karena itu, selalu periksa trafik blog anda secara berkala.

Apalagi anda yang sudah menggunakan iklan AdSense didalamnya. Karena ada kemungkinan akun anda di nonaktifkan.

c. Melanggar kebijakan penayangan

Ada ribuan ketentuan [yang saya sebut kebijakan] Google AdSense. Dan tentu saja enggak semua publisher membacanya secara lengkap dan mendetail, termasuk saya 😀

Dengan kata lain, ada asap pasti ada api. Dua poin yang sudah saya jelaskan diatas juga sudah ada di kebijakan AdSense.

Dan jika akun anda tiba-tiba dibanned, ada kemungkinan anda melanggar kebijakan. Biasanya sih terjadi pada saat badai banned sedang melanda.

Beberapa waktu lalu misalnya, banyak blogger yang dibaned. Setelah ditanya nichenya, rata-rata niche yang dibanned itu berkaitan dengan pendidikan.

Padahal, akun mereka adalah akun lawas yang dibuat tahun 2017 ke bawah. Loh kok bisa di banned, sih?

Saya enggak tahu pasti. Yang jelas, niche blog yang sering bagikan majalah, topik soal, tes soal dan lain sebagainya dianggap sebagai pelanggaran oleh Google.

Begitu juga dengan niche judi, p*rno, penggunaan properti berharga milik orang lain dan lain sebagainya pun punya resiko sama.

d. Dll

Sebelum menjadi publisher adsense, ada baiknya anda memahami ketentuan dulu dari pihak Google AdSense untuk menghindari banned nantinya.

Selain beberapa hal diatas, ada juga beberapa hal lain yang bisa membuat akun anda dibanned, seperti:

  • Cloacking
  • Black Hat SEO
  • Malware
  • Beli trafik dan Backlink
  • Peperangan
  • Konten berdarah
  • Melawan pemerintahan resmi
  • Dan seterusnya

Namun sebelum lanjut pada tahap banding, ada baiknya anda mengetahui dulu 2 jenis banned akun AdSense dibawah ini.

2 Jenis Banned Pada Akun AdSense

Kadang kala, setelah menerima surat putus hubungan dari AdSense via email, saat itu juga anda hanya tahu kalau akun anda sudah dibanned.

Padahal, ada kemungkinan yang dibanned adalah blog anda dan bukan akun anda. Oleh karena itu, simak baik-baik dulu surat putus cinta itu.

Kalau banned disebabkan oleh kelalaian anda sendiri, klik ilkan sendiri misalnya, maka anda bisa ajukan banding.

Untuk itu, sebelum mengajukan banding, pahami dulu apakah akun adsense anda di banned atau bukan.

a. Banned akun

Banned akun adsense biasanya dikarenakan penyebab kelalaian diri sendiri [dan juga ulah orang lain]. Misalnya, secara tidak disengaja anda klik iklan sendiri.

AdSense hanya memberikan kesempatan dua kali untuk kelalaian semacam ini. Jika anda melakukan kesalahan ini pertama kali, akun adsense anda akan ditangguhkan sementara [kasus ini sudah pernah saya alami].

Sementara, jika kesalahan ini terjadi untuk kedua kalinya alias terantuk pada batu yang sama, ya sudah pasti akan disuspen [saya sudah alami yang ini].

Banned jenis ini adalah banned akun adsense. Untuk banned jenis ini, peluang untuk mengajukan banding terbuka lebar.

Dan berdasarkan pengalaman saya, ada kemungkinan banding akan diterima meski saya enggak jamin.

2. Banned Blog/situs web

Banned kedua adalah banned untuk blog/situs web. Biasanya, ini terjadi karena blog/situs web anda melanggar kebijakan yang sudah diterapkan oleh Adsense [termasuk juga Google Serps].

Mulai dari penggunaan properti berharga [gambar, lagu dan video berhak cipta secara ilegal] misalnya, situs video p*rno, situs judi, download film dan lain sebagainya.

Jika yang dibanned adalah blog, sulit diterima. Selain karena reputasi blog anda sudah buruk dimata Google, juga anda harus melakukan pembaharuan secara total untuk konten di blog anda.

Bahkan, beberapa orang menyarankan agar anda ganti domain saja agar tidak repot ajukan banding. Saran saya juga gitu, ganti domain saja.

Tips Mengajukan Banding Ke Google AdSense Agar Bisa Menang

Banding bertujuan untuk memberi tahu Google tentang penyebab akun AdSense anda di Banned dan juga penyebabnya.

Nah untuk anda yang hendak melakukan banding ke AdSense, baca dulu tips-tips dibawah ini. Antara lain:

1. Jangan terburu-buru melakukan banding

Saat anda menerima email bahwa akun adsense anda sudah di nonaktifkan, jangan langsung ajukan banding.

Saran saya agar anda melakukan banding sekitar 3-5 hari kemudian. Mengapa? Ini memberikan anda kesempatan untuk memahami penyebab akun adsense anda di nonaktifkan.

Selain itu, durasi tersebut bisa digunakan untuk mengevaluasi konten anda dan apa yang bakal anda lakukan apabila banding diterima atau sebaliknya.

2. Gunakan akun email yang telah diterima sebelumnya oleh AdSense

Jika sebelumya anda sudah mengubah administrator adsense, saran saya adalah pakailah email yang sebelumnya diterima Adsense.

Intinya, pakai email yang anda gunakan saat mendaftar dan akhirnya diterima. Cara ini jaga yang disarankan oleh adsense.

Karena mereka akan lihat dulu penyebab akun AdSense anda di banned sebelum melakukan evaluasi.

3. Jawab setiap pertanyaan dengan jujur

Usahakan untuk menjawab setiap pertanyaan dengan jujur. Untuk poin ini, anda bisa cari referensi kesana kemari yang sesuai dengan kejadian yang anda alami.

Dan usahakan jangan menjawab pertanyaan yang dibuat-buat. Karena mereka tahu apa penyebab aku adsense anda dibanned.

Selain itu, yang akan melihat form banding anda bukanlah bot atau mesin melainkan manusia. Jika dirasa tidak sesuai dengan fakta atau terkesan dibuat-buat dan berlebihan, jangan harap banding anda bisa diterima.

4. Berikan alasan yang jujur apa yang menjadi penyebab akun anda di Banned

Google mengetahui penyebab akun anda di Banned oleh karena itu, mereka ingin melihat alasan dibaliknya.

Jika terkesan dibuat-buat, seperti yang saya maksudkan pada nomor dua diatas, maka banding anda pasti, sekali lagi pasti, akan di tolak.

Bagi saya pribadi, poin intinya ada di alasan ini. Sebab disini anda harus bisa menjelaskan kapan, dimana dan waktunya detailnya kesalahan yang anda lakukan [jika klik iklan sendiri misalnya] yang berdampak pada suspen akun AdSense milik anda.

5. Jawab pakai bahasa Inggris

Saya beberapa kali mengajukan banding [untuk akun adsense yang berbeda]. Percobaan pertama, banding dilakukan menggunakan bahasa Indonesia, kedua menggunakan bahasa Inggris.

Ternyata percobaan pertama tidak diterima, meskipun sudah tiga kali mengajukan banding. Sementara, saat menggunakan bahasa Inggris, banding langsung diterima.

Meski saya harus rela menunggu 2 minggu lebih. Tapi tidak masalah, setidaknya akun adsense saya bisa aktif kembali.

6. Komitmen

Ada hal yang paling penting lagi disini, yakni komitmen. Komitmen untuk tidak mengulangi perbuatan anda lagi. Ini terletak dibagian akhir kolom banding.

Nah itu dia beberapa tips mengajukan banding dengan adsense agar bisa menang. Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang yang sudah di banned, seperti berikut:

a. Berapa lama proses banding ini biasanya berlangsung?

Tidak pasti. Maksudnya, proses banding bisa cepat bisa lama. Karena itu tetap bersabar, dan berdoa kalau bisa.

Sembari tetap update konten di blog anda. Untuk tetap mendapatkan penghasilan saran saya ada baiknya anda gunakan situs periklanan alternatif adsense.

b. Dimana form mengajukan banding?

Untuk mengajukan banding, silahkan klik pada form ini. Jangan lupa ubah bahasanya menjadi bahasa inggris.

Oh iya, form ini juga ada didalam email putus Mitra [lihat gambar dibawah], yang jika diklik akan mengarah juga pada formulir diatas.

banding ke ADSense

c. Apakah saldo saya tetap ada setelah akun adsense di aktifkan kembali?

Tidak, sepengalaman saya. Saldo AdSense anda akan kosong meskipun sebelum dibanned saldo anda sudah mencapai ambang batas pembayaran.

Tambahan

Karena banyaknya permintaan dan pertanyaan di kolom komentar yang berkaitan dengan bagaimana mengajukan permohonan atau banding ke Google adsense setelah dibanned, berikut ini akan saya ulas caranya.

Oh iya, cara ini saya dapat dari salah satu forum Google AdSense global. Cara ini juga yang saya gunakan saat mengajukan banding ke AdSense.

Hanya kata-katanya yang agak sedikit berbeda. Jadi anda bisa tiru kata-kata diatas atau melakukan perubahan lain saat mengajukan banding.

Berikut cara menjawab formulir banding di Google AdSense [Tanda bold adalah pertanyaan dan huruf miring adalah jawaban].

  • Name [Nama] : Isi Dengan nama anda [usahakan nama sesuai dengan email yang digunakan. Kalau anda menggunakan email anonim yang enggak ada hubungannya sama nama anda, silahkan isi nama asli anda saja]
  • Email: Isi dengan email aktif milik anda yang sebelumnya di daftarkan ke AdSense
  • Example URLs Where you’vev placed your ads* [Di situs, channel atau aplikasi mana iklan ditempatkan?] : Isi di aplikasi mana anda menempatkan iklan, ini termasuk semua produk Google, seperti: https://paulipu.com; https://www.youtube.com/channel/hasaKSD11dasdas; Aplikasi android anda
  • Site where you intend to pace the ads [should be active]*; Di situs mana anda menempatkan iklan, dan ia harus aktif: Disini silahkan isi di situs, channel atau aplikasi mana saja yang menggunakan iklan dari ID atau akun adsense yang sama. Silahkan isi dengan situs, channel atau aplikasi anda, seperti: https://www.domainanda.com/blogging/sakit-hati-dibanned-adsense/ [contoh untuk blog]; https://www.youtube.com/channel/UCJ8kcC5N3WP1YIM4cGPLc5fWf [Channel Youtube]; Nama aplikasi android milik anda yang dipasangi iklan adsense [bersama URLnya]
  • Have you ever purchased traffic to your site(s), mobile app(s), and/or YouTube channel(s)?: Yes
  • How do users get to your site, mobile app, and/or YouTube Channel? How do you promote your content? : I promote my content by facebook Page, twitter and other Social Medias.
  • Have you or your site, mobile app, and/or YouTube channel ever violated the AdSense program policies or Terms & Conditions? If so, How? Also, incule any relevant information that you believe may have resulted in invalid activity. : Ada dua hal yang perlu anda jelaskan disini, yakni apakah anda pernah melanggar kebijakan adsense sebelumnya. Jika iya, jawab Yes, jika tidak balas tidak. Jika anda pernah melanggar kebijakan adsense sebelumnya, anda harus menjelaskan penyebabnya. Jika tidak pernah, maka anda bisa menjawab dengan: Yes, due to invalid click activity. I promote my channel through social media, my dad clicked on the ads or my friend or someone else and other relatives with whom I shared/promoted my content 
  • What changes will you implement to help improve ad traffic quality on your site, mobile app, and/or Youtube channel?: Disini anda harus memberikan komitmen bahwa anda tidak pernah melanggar kebijakan adsense, lagi. Anda bisa menjawab dengan topik seperti: I have read and re-readed the Google Terms and Conditions also the rules and taken step to ensure my Blog/Youtube Channels/App(s) undoubtedly comply with all Google terms. I have some competitors but now I am ready able to willing to comply all the rules and regulations of AdSense, I will take the sureity that this will never be happening again. All the bots will be stopped, there will no violence of AdSense Terms and Conditions.
  • Please include any data from your site, mobile app, and/or Youtube Channel traffic logs or reports that indicate suspicious IP Addresses, referrers, or request which could explain invalid activity. : Kalau anda mengunakan Google analitik, anda bisa mencari data-data apa saja yang invalid click. Jika anda tidak punya data tersebut, akan lebih sulit. Nah kalau klik iklan sendiri, silahkan cari alamat IP dimana anda sendiri. Untuk menjawab poin ini, anda bisa gunakan kata-kata sebagai contoh dibawah ini: I don’t have that, this will be never happening again, I will make sure to not cross the Terms and Conditions of AdSense. The IP Address which I use is: 193.222.3.191.

Ada baiknya contoh diatas tidak anda gunakan atau copas mentah-mentah. Sesuaikan saja dengan kejadian yang anda alami.

Untuk penjelasan lebih lengkap, anda bisa baca postingan saya diatas dengan lebih teliti lagi. Mudah-mudahan bisa membantu. Kalau ada pertanyaan lain, silahkan tinggalkan dikolom komentar.

Penutup

Memperoleh kembali akun AdSense setelah di nonaktfikan [menang banding dengan Google AdSense] adalah kebahagian sendiri bagi blogger.

Namun terkadang, mereka tidak memperhatikan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan setelah menang banding atau sebelum melakukan banding.

Akibatnya banyak dari mereka yang bandingnya di tolak. Oleh karena itu, mengetahui tips sebelum mengajukan banding ke Google AdSense adalah hal yang wajib dilakukan.

Diluar saja ada banyak tips. Namun tergantung dari diri anda sendiri, apakah anda mengikuti tips tersebut atau tidak.

Demikian artikel tentang tips mengajukan banding ke Google AdSense. Semoga artikel ini bermanfaat~

Silvanna Samaliwu Best investment on life is skill, trust, experiences, knowledge, passion, study case. You can success if you have been wide it [Investasi terbaik dalam hidup adalah keahlian atau kemampuan, pengetahuan, passion dan pengalaman dalam mempelajari akibat. Anda bisa sukses jika mengembangkan hal tersebut]

4 Replies to “Tips Mengajukan Banding Ke Google AdSense”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *