16+ Template Blogger Terbaik 2020

23 Likes 17 Comments
template blogger terbaik 2019

Anda dan saya tentu punya kriteria yang berbeda-beda soal template blogger terbaik tahun 2020 ini.

Hanya saja, kriteria tersebut pastinya berhubungan dengan indeks kecepatan template, responsibilitas, murah dan dapat support seumur hidup.

Jadi, kalau anda mau beli template blog baru, pastikan kriteria-kriteria ini ada dalam daftar. Jika tidak ada, sebaiknya pikirkan dulu deh.

Template blogger terbaik tahun 2020 yang ada dalam daftar ini sudah melalui proses seleksi yang cukup ketat 😀

Setiap tahun, saya memasukkan atau mengurangi daftar template dibawah ini. Untuk tahun ini, saya menambahkan tiga template keren yang siap anda gunakan.

Tetapi perhatikan satu hal, meskipun anda sudah gunakan salah satu dari template keren premium gratis dibawah ini, bukan berarti konten anda langsung melejit dan duduk diperingkat pertama pencarian Google.

Enggak. Semua kembali ke konten. Template hanya salah satu faktor yang bisa meningkatkan rangking blog anda di SERPs.

Saat ini juga ada banyak template blogger yang tersedia, baik versi gratisan atau versi berbayar alias premium.

Hanya saja, tidak semua template itu memiliki kualitas yang bagus dan sudah teruji. Dengan kata lain, enggak populer.

Di artikel kali sini saya hendak mengulas tentang daftar template blogger terbaik tahun 2020 ini. Pasti penasaran kan template apa saja itu?

Sebelum masuk pada pembahasan inti, baiknya saya bahas dulu deh kriteria template blogger terbaik itu seperti apa.

Kriteria template blogger terbaik

Bagi saya pribadi, salah satu alasan mengapa perlu melihat kriteria-kriteria sebelum menggunakan atau membeli template blog adalah supaya anda bisa menyesuaikan dengan perilaku pengguna dan perubahan yang ada di search engine sekarang ini dan kedepannya.

Mengapa? Karena mesin pencari, seperti Google, semakin canggih. Perubahan logaritma tahun ini akan akan lebih fokus ke machine learning dan articial inteligence.

Sementara, perilaku pengguna saat ini lebih suka mengakses situs yang loadingnya cepat, enggak banyak widget sana sini dan navigasinya mudah.

Jadi, sekalipun template yang anda gunakan itu tampilannya keren, tidak jadi jaminan bahwa blog anda itu bakalan populer.

Lantas, apa saja kriteria template blogger terbaik? Menurut saya pribadi, ada 5 kriteria umum. Berikut daftarnya:

1. Fast loading

Ini adalah kriteria paling pertama dan utama yang harus diperhatikan pada sebuah template. Salah satu alasannya adalah, pengguna saat ini makin ogah akses situs yang loadingnya berat dan lama.

Bahkan, semakin hari, waktu buka rata-rata situs makin tinggi. Kalau tahun 2012 ke atas, mungkin pengguna masih toleran sama situs yang loadingnya sampai 20 detik.

Tahun 2016 toleransi itu menurun. Pengguna lebih suka akses situs yang loadingnya hanya 12 detik atau kurang.

Baca Juga : Dampak Terlalu Sering Berganti Template Blog

Dan waktu buka ini makin hari makin sedikit. Untuk tahun ini, dipastikan kalau pengguna hanya toleran pada situs yang dapat diakses dalam waktu 2 detik saja.

Jadi, manfaatkan sebaik mungkin 2 detik itu. Salah satu caranya adalah dengan memilih template blog yang fast loading.

Karena itu, sebelum membeli template, cek dulu skor kecepatannya. Ada banyak tools yang bisa anda gunakan untuk melihat indeks kecepatan sebuah template blog.

Kalau loadingnya diatas 90% sebelum dipasangi iklan, template itu cukup bagus. Apalagi skornya bisa sampai 100%.

Dengan kecepatan seperti itu, saat dipasangi iklan, loadingnya gak berkurang drastis. Minimal, setelah iklan terpasang, loading situs hanya berkurang 20-30% saja.

2. Mobile Friendly

Sebagian besar orang yang mengakses internet saat ini sudah menggunakan ponsel. Gak percaya? Coba analisa trafik blog anda pada kategori perangkat yang digunakan.

Disisi lain, beberapa tahun lalu, Google merilis logaritma mobile first-index, yang merupakan bagian dari katalisator search result untuk mengedepankan blog-blog yang sudah support tampilan mobile.

Jadi, kalau blog anda belum mendukung tampilan ini, siap-siap terhempas sekalipun konten yang ada buat berkualitas tinggi.

3.  Skor SEOnya 100%

Ada banyak tools yang dapat digunakan untuk mengecek skor SEO blog. Metode pengecekan paling mudah adalah dengan menggunakan Inspect Elemen Google Chrome.

Alat ini sebenarnya adalah alat yang dikembangkan oleh Lighthouse, yang memungkinkan anda mengecek skor SEO blog tanpa harus membuka situs lain.

Perhatikan juga, loading blog secara simultan berpengaruh pada SEO. Lighthouse juga menjadikan paramater loading ini sebagai faktor utama perhitungan skor.

Jadi, kalau skor blog anda dibawah 80%, saran saya, sebaiknya ganti aja dengan template blog lain.

4. Harga terjangkau

Kalau ada template yang mampu memenuhi kriteria diatas dan template itu dibandrol dengan harga murah oleh pembuatnya, saya yakin, banyak blogger yang berbondong-bondong membelinya.

5. Support

Selain harga, satu hal yang harus anda perhatikan adalah dukungan atau support template. Dukungan ini datang dari si pembuat.

Jadi, kalau ada masalah yang anda hadapi saat menggunakan template, misalnya, anda gak tahu cara tempatkan iklan adsense di tengah artikel, anda bisa tanya ke pembuatnya.

16 Template Blogger Terbaik 2020

Lantas, apa saja template blogger terbaik tahun 2020 ini? Menurut saya pribadi, daftar dibawah ini adalah jawabannya.

Beberapa template juga sudah valid HTML5, tersedia versi AMPnya dan beberapa diantaranya bisa anda unduh dengan gratis.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 16 template blogger terbaik 2020. Ini daftarnya:

1. LinkMagz

LinkMagz adalah salah satu template terbaik buatan Mas Sugeng yang tampilannya sekilas mirip dengan tema WordPreres kebanyakan.

Dengan kata lain, template ini memenuhi kriteria template blogger terbaik 2020. Menariknya lagi, LinkMaz dilengkapi dengan berbagai fitur kece.

Seperti fitur darkmode, dimensi yang bisa diubah sesuai keinginan, TOC otomatis, halaman berlabel khusus, laman khusus advetorial, plus pengaturan yang serba mudah karena semuanya ada di tata letak.

Kecepatannya gimana? Jangan tanya lagi deh. Sudah pasti template ini super cepat. Untuk anda yang ingin membeli template ini, silahkan kunjungi blog mas sugeng langsung.

2. Fletro Premium

template blogger terbaik

Template yang satu ini tampaknya cocok berada di peringkat #1 pertama sebagai template blogger terbaik tahun 2020.

Bagi saya pribadi, template buatan JagoDesain ini sesuai dengan ekspektasi template blogger sekarang ini dari segi tampilan.

Baca Juga : Berapa Lama Agar Viewers Blog Mencapai 1000 Pengunjung Per Hari?

Ada beberapa keunggulan template ini mulai dari Lazzy Youtube Video, Related Post otomatis dibagian tengah artikel, navigasi bernomor dan lain sebagainya.

Jika tertarik menggunakan template ini, silahkan hubungi langsung penjualnya. Harganya cukup murah kok, hanya 195k.

Untuk menghubungi developer FletroPremium, silahkan buka situs Jago Desain di Google. Kalau mau lihat demonya lebih dulu, silahkan klik disini.

3. Igniplex

Template Blogger Terbaik 2019

Template ini dibuat oleh salah satu blogger yang cukup populer di Indonesia yakni Igninel. Yang menarik dari tema blogger ini adalah desainnya yang minimalis terlebih untuk versi mobile.

Selain itu, template ini juga tersedia grid yang dapat dipilih oleh pengguna. Grid itu juga dapat disesuaikan dengan mudah termasuk kostumisasi fontnya.

Pokoknya, template ini cocok untuk semua kalangan blogger entah pemula ataupun profesional. Untuk harga sendiri cukup terjangkau.

Dimana, anda hanya perlu siapkan uang 200k saja. Kalau mau lihat demo Igniplex silahkan klik disini.

4. Kompi Flexible 7.0

Template Blogger Terbaik 2019

Dulu, saat masih menggunakan Blogger, saya menggunakan template Kompi Flexible ini, mulai dari versi 6.00 dan 7.00. Dan menurut saya pribadi, template ini sangat cocok untuk pemula dan profesional.

Salah satu keunggulan template ini adalah loadingnya yang cepat. Seperti namanya yang berarti lentur, anda juga bisa sesuaikan tampilannya sesuai keinginan anda sendiri.

Baca Juga : 3 Template Premium Yang Cocok Untuk Pemula

Disisi lain, untuk versi 7.00 sudah valid HTML5 dan enggak pakai Jquery Library sehingga waktu muat/loadingnya lebih cepat.

Untuk demonya silahkan klik disini dan untuk anda yang ingin membeli template ini ada baiknya langsung hubungi Kang Adhy Suryadi.

Kalau anda ingin mendapatkan versi gratisnya, seperti seperti yang saya gunakan dulu, silahkan klik disini.

5. Kompi Flexible 8.0

Kompi Fleksibel V.8.0

Di peringkat keempat diisi oleh kakak dari peringkat kedua. Meski menurut saya pribadi, versi 7.0 adalah yang terbaik.

Ada banyak perubahan untuk versi 8.0 ini mulai dari warna gradasi, sticky load di featured post hingga kolom komentar.

Baca Juga : Bisakah Memasang Iklan AdSense di Blog Yang Pernah Di Banned AdSense?

Yang menarik, ditambahkannya plugin lazzy load yang memungkinkan blog diakses lebih cepat dari biasanya. Bahkan, kolom komentarnya ikut dipasangi plugin ini.

Nah untuk mendapatkan template yang satu ini silahkan hubungi Kang Adhy Suryadi, sang empunya kompi flexible.

Atau anda dapat mengklik direct link menuju situs Kang Adhi di poin sebelumnya. Jika ingin lihat demonya dulu silahkan klik saja disini.

6. MJSMaterial

Template blogger terbaik 2019

Beberapa waktu lalu saya sempat menggunakan template buatan Mas Juni ini. Tampilannya yang minimalis dan sederhana membuat saya suka dengan MJSMaterial.

Sayangnya, blog masjuni saat ini sudah tidak bisa diakses dan sering eror sehingga untuk melihat link versi premiumnya udah gak ada.

Untuk anda yang ingin melihat demo versi gratis dari template ini silahkan klik disini. Dan jika anda ingin download versi gratisnya silahkan klik disini.

7. Textrim V1

template blogger terbaik 2020

Kemarin, saat sedang blogwalking, tak sengaja saya mampir pada salah satu blog yang menggunakan template ini.

Blog tersebut enggak dipasangi iklan. Penasaran dengan template tersebut, saya kemudian mengecek skor pagespeednya.

Ajaib, indeks kecepatannya 100% dengan yslow score sebesar 96%. Dengan kata lain, template ini boleh dimasukkan dalam daftar 16 template blogger terbaik 2020.

Template ini sendiri dikembangkan oleh Igniel dan jika anda tertarik menggunakannya silahkan klik disini.

8. Kompi Flexible AMP

Template Blogger terbaik 2019

Salah satu kelebihan dari template AMP adalah loadingnya yang cepat bahkan 10 kali lebih cepat dari template biasa.

Hal ini tidak mengherankan karena memang saat mengakses situs, pengguna diarahkan ke versi cache situs yang tersimpan di Google.

Baca Juga : Perbedaan Menggunakan Template Gratisan Dan Template Premium

Nah salah satu template keren yang sudah support AMP adalah template Kompi Flexibile AMP buatan Kang Adhy Suryadi.

Tempate ini sangat cocok untuk anda yang ingin fokus pada kecepatan akses situs. Hanya saja, kalau mau gunakan template AMP, anda wajib tahu cara buat postingan yang valid AMP di blogger.

Untuk melihat versi demonya silahkan klik disini. Dan untuk anda yang ingin membeli versi premiumnya saya sarankan agar anda menghubungi langsung ke bung Adhi Suryadi.

9. Template Kompi Ajaib AMPV3

Template Blogger Terbaik 2019

Beberapa waktu lalu, template yang dipakai oleh Kompi Ajaib dulunya, secara resmi dijual kepada publik dengan harga 300k.

Salah satu alasan mengapa template ini saya masukan dalam daftar ini adalah validitas AMP dan tampilannya sederhana.

Baca Juga : Tips Sebelum Membeli Template Blog

Ini adalah template Kompi AJaib AMP HTML versi ketiga. Untuk link demonya silahkan masuk saja ke blog KompiAjaib karena di bagian header ada link demonya.

Untuk anda yang ingin membelinya saya sarankan agar anda menghubungi langsung kang Adhy Suryadi.

10. In SEO Pro

template blogger terbaik 2020

Menurut saya pribadi, template ini layak masuk dalam daftar template blogger terbaik untuk tahun 2020.

Salah satu alasannya adalah tampilan template ini minimalis, sederhana, bersih dan tersedia untuk beberapa versi yang sudah tergabung dalam paket pembelian.

Misalnya, kalau anda mau beli template ini, anda akan dapat 1 paket template/tema blogger dengan tampilan yang berbeda beda.

Setiap template itu grid dan stylenya berbeda. Bahkan, sudah termasuk template safelink, yang cocok buat anda yang pengen buat situs url shortener. Mau beli template yang satu ini? Silahkan klik disini.

11. Viral Go

template blogger terbaik 2020

Viral Go adalah salah satu template blogger premium buatan Namina. Dan, tema blogger ini juga digunakan oleh salah satu blogger terbaik yang ada di Indonesia yakni Arlina Design.

Salah satu alasan mengapa template ini bagus adalah tampilannya yang minimalis, bersih serta loadingnya yang bagus.

Jika anda pengen lihat demonya dulu atau sekalian langsung beli template tersebut silahkan klik disini.

12. Simplify

Template blogger terbaik 2019

Meskipun sudah tidak ada update terbaru dari developernya, namun template ini tetap masuk dalam daftar template blogger terbaik.

Template ini adalah template buatan Arlina dengan tampilan yang minimalis, sederhana serta fast loading.

Untuk anda yang ingin menggunakan template ini saya sarankan agar anda menghubungi langsung Arlina. Untuk lihat demonya dulu silahkan klik disini.

13. Mocca

template blogger terbaik 2019

Sama seperti poin sebelumnya, Mocca adalah template keren buatan Arlina dengan desain menarik serta tampilannya berkelas.

Jika anda ingin membeli template premium langsung ke situs IdnThema dan untuk anda yang ingin melihat demonya terlebih dahulu silahkan klik disini.

Oh iya, anda juga bisa download versi gratisan dari Mocca. Untuk mendownloadnya, silahkan klik disini.

14. Purple AMP

Template blogger terbaik 2019

Desain template blog yang satu ini mirip dengan desain blog professional. Kerennya lagi, template ini sudah support AMP.

Untuk anda yang ingin melihat versi demonya silahkan klik saja disini. Untuk mendapatkan versi premiumnya silahkan hubungi saja pembuatnya. Namun jika anda ingin ingi gunakan versi gratisannya dulu silahkan klik disini.

15. Jarwo SE-AMP

Template blogger terbaik 2019

Ratar-rata template buatan mas Jarwo loadingnya cepat. Bahkan, ada template dengan loadingnya sampai 100% untuk versi HTTP.

Baca Juga : Kirim Tulisan Anda Di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Honor Jutaan Rupiah

Salah satu template tersebut adalah Jarwo Se-AMP. Tampilannya juga minimalis dan cocok digunakan blogger personal.

Jika anda ingin beli versi premiumnya, yang mungkin sudah di update, silahkan hubungi langsung empunya.

Atau, jika anda ingin lihat demonya dulu silahkan klik disini. Sementara, untuk anda yang suka gratisan, bisa download template Jarwo Se-AMP disini.

16. Mostheme Mini

Template blogger terbaik 2019

Saat pertama kali terjun ke dunia blogging 3 tahun lalu, template pertama yang saya gunakan adalah Mostheme Mini versi gratis.

Salah satu alasan mengapa saya menggunakan template ini adalah tampilannya yang sederhana dan popular postnya yang bernomor.

Template ini tersedia untuk dua versi, yakni gratisan dan premium. Jika anda ingin mendownload versi gratisnya, silahkan klik disini.

Kalau anda mau beli versi berbayar atau premiumnya, ada baiknya anda langsung ke situs Theme Indie.

Penutup

Sebenarnya, saya ingin menambahkan salah satu template blog terbaik yang sangat populer di kalangan blogger yakni template buatan Mas Sugeng.

Namun, saya enggak memasukkan dalam daftar ini karena satu alasan yakni klaim hak cipta dengan alasan ‘Membajak Produk Berbayar‘.

Awal februari lalu, template VioMagz saya masukkan dalam daftar diatas. 2 bulan kemudian, ada klaim DMCA notice dari pemiliknya.

Jadi, daripada repot berurusan sama klaim semacam ini, yang justru merugikan saya sendiri, maka saya putuskan tidak memasukan template tersebut dalam daftar ini.

Demikian artikel tentang 16 template blogger terbaik 2020. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

17 Comments

    1. Pilih semua juga bisa, buat koleksi hehe

    1. Betul gan. Musti hilangin style sama saparator di postingannya gan

  1. Yang bagus buat review apa ya gan?

    1. Semuanya bagus kok.. pilih yg paling bagus saja menurut anda

    1. yg mana mas? Semuanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *