Taskbar Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Pindahkan Lokasinya

Taskbar adalah baris perintah di Windows 10 yang memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai fitur di Windows.

Baik itu di Windows 7, 8.1, 10 dan mungkin 11, pengguna bisa pindahkan lokasi taskbar dengan mudah sesuai dengan keinginan.

Oh iya, memindahkan lokasi taskbar ini berbeda dengan mengkombinasikannya. Untuk cara mengkombinasikannya sudah saya ulas juga di artikel ini.

Sayangnya, bilah tugas ini hanya dapat dipindahkan pada beberapa sisi saja yakni bagian bawah yang merupakan lokasi default, atas, kiri dan kanan.

Tapi apa sih pengertian taskbar yang sebenarnya? Apa fungsi taskbar? Apa saja bagian-bagian yang terdapat pada taskbar? Apa perbedaan taskbar dan toolbar?

Penasaran jawaban dari semua pertanyaan diatas? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Apa itu Taskbar?

Taskbar adalah elemen atau panel yang terdapat pada sistem operasi windows yang biasanya terletak dibagian bawah layar.

Taskbar memungkinkan pengguna untuk mencari dan meluncurkan program melalui tombol Start atau untuk melihat program apapun yang sedang terbuka.

Bilah tugas taskbar pertama kali diperkenalkan di Microsoft pada Windows 95 dan dapat ditemukan di semua versi Windows berikutnya, sampai pada windows 10.

Di Windows 10, taskbar memungkinkan pengguna untuk melihat daftar program yang sedang terbuka.

Termasuk didalamnya tombol operasi windows, tanggal dan jam, pesan pemberitahuan, Wi-Fi, Suara, Windows Defender, Antivirus dan lain sebagainya.

Selain itu juga, di taskbar sendiri pengguna bisa membuat pengaturan tambahan seperti menampilkan Cortana atau menambahkan program-program tertentu.

Jika anda ingin menambahkan program di taskbar, langkahnya cukup mudah. Silahkan cari program apa saja yang ingin anda tambahkan di lokasi taskbar, setelah itu klik Pin to Taskbar.

Jika ingin menghilangkannya silahkan klik kanan pada program yang ingin anda hilangkan di taskbar lalu tekan Unpin from Taskbar.

Intinya, taskbar adalah bilah tugas yang berisikan menu dan daftar aplikasi yang tampilannya memanjang dari kiri ke kanan dan ada di bawah monitor.

Fungsi Taskbar

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas dimana taskbar atau bilah tugas adalah elemen sistem operasi yang lokasinya ada dibawah layar Windows.

Dan secara umum, fungsinya adalah untuk memudahkan pengguna menemukan dan membuka program lewat menu start.

Atau untuk melihat program apa saja yang sedang terbuka di layar. Untuk bilah tugasnya sendiri ada banyak, diantaranya:

  • Start button yang lokasinya ada dibagian kiri bilah tugas dan digunakan untuk mengakses menu dengan cara mengkliknya. Jika klik kanan, memungkinkan pengguna untuk mengakses programs and features, termasuk juga Mobility center, power options, event viewer system, device manager, network connections, disk management dan lain sebagainya
  • Search box lokasinya ada di sebelah menu start botton diatas. Di kolom ini ada tulisan type here to search yang memungkinkan pengguna mencari aplikasi atau melakukan pencarian di internet. Khusus untuk pencarian internet hanya akan muncul apabila komputer, laptop atau notebook ada koneksi internet
  • Task view button terdiri dari ikon yang lokasinya ada disebelah bilah tugas. Setiap ikon ini memungkinkan pengguna mengakses aplikasi yang sedang terbuka dan memudahkan untuk beralih antar satu tugas ke tugas lainnya
  • Pinned Applications adalah kumpulan aplikasi yang disematkan dan aplikasi yang sedang terbuka
  • Task tray adalah ruang kosong yang lokasinya ada di bilah tugas setelah daftar aplikasi yang disematkan sebagaimana yang sudah saya sebutkan diatas.
  • System tray dan area notifikasi adalah area yang lokasinya di bagian kanan bilah tugas yang dengan panah penunjuk yang menampilkan aplikasi yang sedang bekerja di latar belakang. Ada juga informasi lain seperti baterai, koneksi jaringan, volume, ikon notifikasi, waktu dan tanggal serta notifikasi

Khusus untuk Windows 11, lokasi taskbarnya ada dibagian tengah. Sehingga tampilannya sedikit berbeda dengan versi WIndows sebelumnya namun fungsi dan masih kurang lebih sama.

Cara pindahkan dan kombinasikan lokasi taskbar di Windows

Lantas, bagaimana cara pindahkan atau kombinasikan taskbar di Windows 10? Pasti penasaran? Simak artikel ini sampai habis.

1. Cara Pindahkan Lokasi Taskbar Windows 10

Untuk pindahkan lokasi taskbar ada tiga cara. Tiga cara ini sebenarnya sama hanya cara mengaksesnya saja yang berbeda.

Lantas bagaimana cara pindahkan lokasi taskbar di Windows 10? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

a. Menggunakan taskbar settings

Sebelum memindahkan taskbar di lokasi yang diinginkan dengan taskbar settings, pastikan anda sudah mengaktivasi Windows 10.

Jika belum, fitur ini tidak bisa anda akses. Lantas bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya

  • Buka Windows 10 yang ingin anda pindahkan lokasi taskbarnya> lalu klik kanan pada lokasi taskbar dan pada menu konteks, silahkan klik Taskbar Settings
  • Setelah itu silahkan scrool ke bawah sampai anda menemukan tulisan Taskbar location on screen lalu klik pada bagian bawahnya
  • Setelah itu, pilih lokasi yang anda inginkan. Ada beberapa pilihan lokasi, antara lain Bottom, Left, Right dan defaultnya
b. Menggunakan settings windows

Untuk cara dua ini sebenarnya caranya sama seperti cara yang pertama diatas, namun metode untuk mengakses pengaturan taskbar tidak mengunakan pintasan nyata. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Windows yang ingin anda pindahkan lokasi taskbarnya setelah itu klik Pengaturan
  • Jika pengaturan sudah terbuka silahkan klik Personalization

Berikutnya tinggal klik Taskbar dan ikuti langkah-langkah yang sama seperti cara pertama diatas.

c. Menggunakan kursor

Cara ketiga ini adalah cara yang paling mudah. Karena anda tinggal menekan kursor dan mengarahkannya ke lokasi yang diinginkan. Agar lebih jelas, berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan arahkan kursor di Taskbar lalu klik kiri pada kursor dan tahan tepat di posisi taskbar. Usahakan kursor tidak berada di posisi program atau ditempat program berada di taskbar
  • Sementara tahan, silahkan arahkan kursor ke atas, bawah, samping kiri atau kanan dan secara otomatis lokasi taskbar akan berpindah.

2. Cara Mengatur Kombinasi Taskbar di Windows 10

Secara default, setelah anda menginstal Windows 10, lokasi taskbar ini terletak di bagian bawah atau di footer.

Dan ternyata, Microsoft memungkinkan anda untuk memindahkan lokasi tersebut sesuai dengan keinginan anda.

Dengan kata lain, anda diizinkan untuk mengombinasikannya. Agar fitur kombinasi ini lebih mantap, sebaiknya aktifkan fitur auto-hide taskbar, termasuk beberapa fitur dasar lain.

Saya sendiri sudah memanfaatkan fitur ini sejak lama dan lebih memilih untuk memindahkan taskbar ketimbang memakai yang default.

Salah satu alasannya adalah agar saya tidak terganggu dengan tampilan taskbar, terlebih saat mau mengetik atau menggunakan shortcut keyboard.

Baca Juga:

Biasanya juga, gangguan itu terjadi saat saya bermain game atau saat sedang mengupload artikel di blog saya yang sederhana ini.

Sebenarnya juga anda bisa meminimalisir gangguan ini dengan mengaktifkan mode auto-hide, seperti yang sudah saya singgung diatas, tapi Windows 10 yang digunakan sudah harus diaktivasi terlebih dahulu.

Jika belum, fitur ini enggak bisa diakses, termasuk juga beberapa fitur dasar lain seperti tema dan warna.

Taskbar pertama kali diperkenalkan oleh Microsoft saat peluncuran Windows 95 dan dapat ditemukan di semua versi Windows hingga kini.

Di taskbar, pengguna bisa melihat waktu, tanggal, mengatur besar kecil volume, termasuk beberapa fitur lain yang tersimpan di hidden Icons.

Di Windows 10, taskbar dilengkapi dengan Quick Lunch dan Notifikasi yang memudahkan pengguna untuk mengakses pemberitahuan sistem.

Juga anda bisa menampilkan menu-menu yang sedang terbuka atau sering digunakan. Anda juga bisa tampilkan menu pencarian, Cortana, serta task view di lokasi ini.

a. Menggunakan taskbar settings

Untuk memindahkan lokasi taskbar dengan taskbar settings di Windows 10 pastikan sistem operasi Windows yang digunakan sudah diaktivasi.

Jika sudah di aktivasi, berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan buka Laptop/PC yang ingin diatur lokasi taskbarnya. Setelah itu, klik kanan pada lokasi taskbar dan Pada menu konteks, silahkan klik Taskbar Settings
  • Jika sudah klik pada Taskbar
  • Setelah itu silahkan scrool ke bawah sampai anda menemukan tulisan combine taskbar buttons lalu klik pada bagian bawahnya

Lalu pilih sesuai keinginan. Di laptop, saya memilih always hide labels. Anda juga bisa memilih fitur yang sama.

2. Mengatur kombinasi lewat pengaturan/Settings Windows

Untuk cara yang kedua ini sebenarnya sama seperti cara yang sudah saya ulas diatas. Hanya saja, cara mengakses fitur taskbar ini yang berbeda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan buka PC/Laptop yang digunakan
  • Jika sudah klik Menu> Pengaturan/Settings di Windows
  • Setelah itu, klik Personalization
  • Lalu klik Taskbar

Jika sudah, ikuti petunjuk yang sudah saya jelaskan pada cara pertama diatas sampai kombinasi taskbar berhasil diatur.

Penutup

Bagi saya pribadi, mengaktifkan taskbar dapat membantu meningkatkan kinerja sekaligus membantu saya mengakses fitur paling sering saya gunakan di Windows 10.

Karena memang, taskbar berfungsi demikian, yang merupakan panel yang dibuat oleh Windows untuk menunjukan aplikasi mana yang sedang aktif saat sistem operasi berjalan sekaligus membantu pengguna mengaksesnya dengan mudah.

Saya sendiri lebih suka mengatur posisi taskbar dibagian atas dan mengaktifkan fitur auto-hide atau kombinasi agar hamparan layar windows lebih luas.

Anda juga bisa mengatur lokasi atau posisi yang sama atau posisi yang berbeda sesuai dengan keinginan anda.

Yang terpenting, anda nyaman dengan lokasinya dan enggak terganggu posisi taskbar tersebut saat menggunakan Windows 10 entah itu di Laptop atau PC.

Demikian artikel tentang Taskbar adalah: pengertian, jenis dan fungsi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar