Sumpah Mahasiswa Indonesia: Pengertian, Isi dan Penggunaan

Sumpah mahasiswa Indonesia adalah janji atau ikrar yang diucapkan oleh mahasiswa sebagai kaum intelektual dan agent of change.

Biasanya, sumpah ini akan disampaikan atau diajarkan kepada setiap mahasiswa baru saat masa orientasi mahasiswa atau ospek.

Ospek sendiri adalah kepanjangan dari orientasi studi yang merujuk pada program pengenalan kampus yang diselenggarakan tiap tahun saat ada penerimaan mahasiswa baru.

Sering juga diucapkan dalam kegiatan kaderisasi organisasi internal kampus seperti BEM, DPM atau DEMA hingga organisasi ekstra kampus.

Yang mungkin terlihat energik adalah saat sumpah tersebut disampaikan dalam aksi mahasiswa lalu diikuti oleh seluruh peserta aksi.

Dan sejauh ini, ada dua jenis sumpah yang umum diucapkan oleh mahasiswa yakni Sumpah Pemuda dan juga sumpah sumpah mahasiswa Indonesia 1998.

Selain itu, berkembang juga sumpah lain, yang dikenal juga dengan sumpah solidaritas bagi setiap mahasiswa di Indonesia.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari jenis sumpah mahasiswa, isi sumpah mahasiswa atau kata-kata dalam sumpah mahasiswa Indonesia, simak artikel ini sampai habis.

Jenis dan isi Sumpah mahasiswa

Sumpah Mahasiswa Indonesia
© generali.co.id

Seperti yang sudah disebutkan diatas yang mana sumpah mahasiswa terbagi dalam dua jenis yakni sumpah pemuda dan sumpah mahasiswa 98. Berikut penjelasannya:

A. Sumpah Pemuda

Pada kongres Pemuda kedua yang berlangsung pada 27-28 Oktober 1928 di Batavia saat itu atau Jakarta saat ini, atas inisiasi Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI).

PPPI sendiri adalah organisasi pemuda yang mayoritas anggotanya pemuda yang sedang mengenyam pendidikan atau berstatus pelajar di Indonesia.

Dan sumpah ini pada dasarnya dibuat untuk menegaskan kembali impian dan cita-cita soal tanah air indonesia, bangsa Indonesia dan Bahasa Indonesia.

Pada kongres pemuda kedua, Sumpah pemuda lahir. Adalah Muhammad Yamin yang jadi perumus sumpah tersebut.

Sumpah Mahasiswa Indonesia
© monitor.co.id

Ia menulis sumpah tersebut dalam kertas saat kongres masih berlangsung. Selanjutnya diberikan kepada Soegondo Djojopoespito, dengan menggunakan bahasa Belanda ia berucap.

Ik heb een elegante formule voor de resolutie atau dalam bahasa Indonesia berarti saya mempunyai rumusan resolusi yang lebih luwes.

Baca Juga:

Lantas, apa isi dari kertas tersebut? Isinya adalah tentang persatuan atau satu nusa, satu bangs adan satu bahasa Indonesia.

Inilah yang kemudian jadi cikal bakal lahirnya sumpah pemuda, yang isi lengkapnya seperti dibawah ini:

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sementara, jika mengikuti pedomaa ejaan bahasa Indonesia saat ini, isi sumpahnya terlihat seperti dibawah ini:

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia

Meskipun sumpah ini lebih ditujukan untuk pemuda-pemudi Indonesia, tapi karena mahasiswa juga masih masuk dalam kategori tersebut, maka ia kadang juga disebut sumpah mahasiswa.

B. Sumpah mahasiswa 1988

Selain sumpah pemuda yang sudah dibuat puluhan tahun lainnya, mahasiswa juga punya sumpah yang lebih baru yang muncul saat gerakan mahasiswa tahun 1998 sedang di puncak-puncaknya.

Dari beberapa sumber, disebutkan kalau sumpah ini dibuat oleh Afnan Malay, yang saat itu merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) angkatan 1984.

Sumpah tersebut pertama kali diucapkannya saat menjadi orator aksi di Gedung Litbang Fisipol, Sekip, Yogyakarta pada 29 Oktober 1988.

Lalu menjadi populer dan menjadi salah satu hal yang sering disebutkan saat aksi mahasiswa dilakukan pada tahun 1998.

Lantas, isi sumpah mahasiswa tersebut seperti apa? Bisa lihat dibawah ini:

Kami Mahasiswa Indonesia Bersumpah
Bertanah air satu, tanah air tanpa penindasan

Kami Mahasiswa Indonesia Bersumpah
Berbangsa satu, bangsa yang gandrung akan keadilan

Kami Mahasiswa Indonesia Bersumpah
Berbahasa satu, bahasa tanpa kebohongan

Selain itu, dalam beberapa kasus, dijumpai juga sumpah mahasiswa yang telah mengalami penambahan, dengan tetap mempertahankan tiga kalimat diatas, seperti yang terlihat dibawah ini:

Kami Mahasiswa Indonesia Bersumpah
Bertanah air satu, tanah air tanpa penindasan

Kami Mahasiswa Indonesia Bersumpah
Berbangsa satu, bangsa yang mencintai keadilan

Kami Mahasiswa Indonesia Bersumpah
Berbahasa satu, bahasa tanpa kebohongan

Jika ada 1000 orang yang memperjuangkan kebenaran
Maka pastikan akun satu diantaranya

Jika ada 100 orang yang memperjuangkan kebenaran
Maka pastikan aku satu diantaranya

Jika ada 10 orang yang memperjuangkan kebenaran
Maka pastikan aku satu diantaranya

Jika ada 1 orang yang memperjuangkan kebenaran
Maka pastikan dan saksikan itulah aku

Hidup Mahasiswa
Hidup rakyat Indonesia
Panjang umur perjuangan.

C. Sumpah Solidaritas Mahasiswa

Selain dua jenis sumpah di atas, beberapa dari anda mungkin pernah mendengar sumpah solidaritas, yang sering disebutkan oleh beberapa mahasiswa.

Hanya saja, tidak diketahui dengan jelas kapan dan bagaimana sumpah solidaritas ini muncul. Tapi, ia juga cukup umum digunakan atau disampaikan, yang isinya seperti ini:

Kami adalah satu
Tidak ada perbedaan diantara kami

Kami tidak mengenal kata lelah
Tunduk tertindas atau bangkit melawan

Karena mundur adalah sebuah penghianatan

Penggunaan Sumpah Mahasiswa

Sumpah mahasiswa diatas, baik salah satu atau semuanya, sering digunakan dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan, diantaranya:

1. Masa orientasi mahasiswa baru

Sumpah Mahasiswa Indonesia
© hukumonline.com

Setiap pertengahan tahun, sumpah mahasiswa terdengar di gedung-gedung tempat dimana masa orientasi mahasiswa baru dilaksanakan.

Biasanya, panitia akan menyebut soal sumpah ini, lalu peserta masa orientasi akan mengikutinya. Dan ini biasanya disampaikan di tingkat jurusan, fakultas sampai universitas.

2. Proses kaderisasi organisasi mahasiswa

Sumpah Mahasiswa Indonesia
© iaknmanado.ac.id

Selain saat masa orientasi mahasiswa baru, sumpah mahasiswa juga sering terdengar dalam proses kaderisasi organisasi kemahasiswaan internal kampus.

Dalam beberapa kasus, juga diucapkan oleh anggota organisasi eksternal. Bahkan dianggap sebagai salah satu materi wajib.

3. Aksi demonstrasi

Sumpah Mahasiswa Indonesia
© dw.com

Penggunaan sumpah mahasiswa yang terakhir dan paling terkenal adalah saat aksi demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa atau anggota organisasi.

Aksi tersebut bisa dilakukan dimana saja entah itu di kampus, di depan gedung-gedung pemerintahan atau di tempat lain.

Biasanya, orator akan membacakan sumpah ini lalu peserta aksi akan mengikutinya. Sering juga disebutkan beberapa kali selama aksi berlangsung.

Penutup

Tidak harus anggota organisasi intra atau ekstra kampus yang wajib menghafal sumpah mahasiswa diatas, tetapi semua mahasiswa.

Dibilang wajib, tidak harus. Dibilang tidak perlu, rasa-rasanya wajib diketahui. Tujuannya untuk memahami bagaimana mahasiswa ikut ambil bagian dalam setiap perubahan yang terjadi di masyarakat.

Jika ada dari beberapa informasi diatas yang belum akurat atau ada hal lain yang ingin disampaikan, silakan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang sumpah mahasiswa indonesia termasuk pengertian, jenis, isi dan penggunaannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar