20+ Situs Jual Foto Online Terbaik Untuk Pemula

6 min read

situs tempat jual beli foto online

Ada banyak cara menghasilkan uang dari foto salah satunya dengan memanfaatkan situs jual foto online.

Dan ini termasuk salah satu cara yang cukup general, yang biasa dilakukan fotografer untuk tambah-tambah penghasilan.

Selain itu, menjual foto juga tidak butuh perlengkapan yang memadai seperti saat membuat atau membangun studio fotografi sendiri.

Dengan demikian, anda tinggal cekrek sana cekrek sini lalu menjualnya di situs microstock dibawah ini dan tinggal ongkang-ongkang kaki, maka uang akan datang dengan sendirinya.

Mudah, kan? Dan ini bisa dilakoni sebagai pekerjaan utama atau sampingan saja. Yang jelas, ia sama-sama menghasilkan duit. Sing penting duit, toh?

Tapi tetap perhatikan satu hal, yakni kualitas foto. Apabila anda ingin bergabung dengan situs stockfoto dibawah ini, anda harus kreatif.

Selain kreatif, ada juga harus paham hal-hal teknis yang berkaitan dengan fotografi seperti kamera yang digunakan, shutterspeed, ISO dan lain sebagainya.

Untuk anda yang mau menghasilkan uang dari foto, sebaiknya pelajari dulu deh beberapa tips dan trik fotografi saya tautkan dibawah ini:

Dengan kata lain, kemampuan fotografi yang dimiliki bukan ngasal saja. Sebab yang akan membeli foto anda bukan amatiran, melainkan orang-orang yang ingin menggunakannya secara profesional.

20 Situs Jual Foto Online Terbaik Untuk Pemula

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 20 situs jual foto online terbaik saat ini. Situs apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan daftarnya untuk anda.

1. Getty Images

situs jual beli foto online

Getty Images sudah lama dikenal sebagai situs microstock yang memungkinkan orang-orang atau fotografer mendaftar menjadi kontributor untuk menjual foto hasil jepretan mereka sendiri.

Visi utama platform ini adalah untuk mendapatkan gambar-gambar atau foto-foto eksklusif berkualitas tinggi untuk brand dan penerbit.

Dengan kata lain, sebagian besar foto di Getty Images sangat unik dan sulit didapat di situs jual foto online yang lain.

Untuk mendapatkan uang dari Getty Images, anda harus menjadi kontributor. Sebelum menjadi kontributor, pastikan anda punya foto-foto berkualitas tinggi dan menarik.

Sebab di Getty Images punya standar foto yang tinggi, begitu juga citarasanya. Dan para kontributor di Getty Images bukanlah fotografer kaleng-kaleng.

Menjadi kontributor di Getty Images pun sangat kompetitif karena situs microstock yang satu ini punya ribuan kontributor di seluruh dunia.

Untuk setiap foto yang dilisensikan ke Getty Images, kontributor akan mendapatkan komisi atau bayaran sebesar 20% dari total harga penjualan foto.

2. Shutterstock

situs jual beli foto online

Shutterstock adalah salah satu situs microstock yang menawarkan foto-foto ekskulusif dengan harga murah termasuk juga foto non-eksklusif.

Sebagian besar foto di Shutterstock dapat digunakan untuk tujuan komersial, namun bergantung pada lisensi foto yang diterapkan kontributor.

Anda bisa menghasilkan uang tambahan di Shutterstock, asalkan foto-foto yang anda unggah itu berkualitas bagus. Untuk bisa menjual foto di Shutterstock, anda harus mendaftar jadi kontributornya.

Untuk bayarannya gimana? Cukup variatif. Dimana pendapatan anda didasarkan pada kwartal waktu pembelian dan jumlah unduhan.

Dengan kata lain, semakin banyak foto yang di unduh maka semakin besar peluangnya untuk dibeli. Dengan demikian, semakin besarlah penghasilan anda.

Untuk presentasi bagi hasilnya cukup menguntungkan kontributor. Dimana, 20-30% total penjualan ada ditangan kontributor, sisanya untuk Shutterstock.

Anda juga bisa mendapatkan upah tambahan dengan mendaftar ke program rujukan Shutterstock. Dan jika anda berhasil mengajak fotografer baru untuk bergabung ke situs ini atau menjadi pelanggan, anda akan mendapatkan komisi.

3. iStock

situs tempat jual beli foto online

iStock adalah situs jual beli foto selanjutnya yang memungkinkan anda menghasilkan uang dari foto.

Oh iya, iStock sebenarnya adalah bagian atau cabang dari Getty Images. Komisi di iStock cukup gede dimana kontributor bisa mendapatkan bayaran sekitar 25-45% dari total pembelian.

Hanya saja, komisi yang didapatkan itu bergantung penuh pada lisensi foto, apakah ia eksklusif atau sebaliknya.

4. 500Px

situs jual beli foto online

Sebenarnya, 500px bukan saja situs berbagi foto melainkan komunitas atau platform yang dibangun dengan tujuan untuk menghubungkan setiap fotografer di seluruh dunia.

Di situs ini anda bisa mengikuti fotografer lain, berpartisipasi dalam Photo Quest untuk mendapatkan hadiah dan lain sebagainya.

Plus, anda bisa dapat duit dari situs ini. Untuk mendapatkan uang dari 500px, anda wajib mendaftar sebagai anggota.

Setelah menjadi anggota, langkah berikutnya adalah menjual foto hasil jepretan anda sendiri. Bagaimana dengan komisi? Untuk komisinya cukup gede.

Dimana anda bisa mendapatkan komisi hingga 30% untuk foto non-eksklusif dan 60% untuk foto eksklusif.

5. Stocksy

situs jual beli foto online

Stocksy adalah salah satu situs stock foto kelas menengah yang cukup populer dikalangan blogger, developer aplikasi dan juga pemilik situs.

Standar foto yang diterima situs ini cukup tinggi dan dan semua foto yang diunggah di platform ini harus eksklusif.

Untuk komisinya cukup besar dimana kontributor akan mendapatkan upah sebesar 50-75% dari total penjualan foto.

6. Can stock Photo

situs jual beli foto online

Can stock photo adalah satu dari sekian situs tempat jual beli foto dengan jumlah kontributor mencapai 70.000 orang di seluruh dunia.

Untuk mendapatkan uang dari can stock photo sangat mudah dimana anda hanya perlu menjual foto lalu mendapat bayaran.

Untuk bayarannya agak variatif. Perhitungannya berdasarkan presentasi penjualan harian dan bonus penjualan tetap bulanan.

Oh iya, anda juga akan mendapatkan bonus sebesar $5 apabila ada 50 foto yang berhasil terjual dari tautan refferal yang anda bagikan.

Saat menjual foto di Can stock foto, foto tersebut juga bisa diakses di fotosearch, yang merupakan salah satu agen jual beli foto digital terbaik saat ini.

7. Freedigitalphotos.net

situs jual beli foto online

Freedigitalphotos.net adalah salah satu situs yang memungkinkan orang-orang untuk mengunduh atau membeli foto.

Yang unggul dari platform ini adalah tersedianya versi thumbail foto yang bisa didownload dengan bebas.

Sehingga, meskipun anda enggak dapat duit dari hasil unduhan tersebut, hak cipta tetap ada ditangan anda.

Selain itu, apabila ada orang yang mau membeli foto anda, kontributor atau anda akan mendapatkan komisi sebesar 70% dari total pembelian.

8. Adobe stock

situs jual beli foto online

Adobe Stock adalah satu satu situs jual beli foto bernilai tinggi. Selain itu, stock foto di Adobe tersedia juga di Fotolia.

Untuk bergabung menjadi kontirbutor di Adobe Stock, anda harus mendaftar ke platform ini terlebih dahulu.

Untuk komisinya cukup tinggi, dimana anda bisa memperoleh bayaran sebesar 33% dari total harga foto yang berhasil terjual di Adobe Stock.

9. Fotolia

situs jual beli foto online

Fotolia adalah salah satu platform jual beli foto yang sudah diakuisisi Adobe Stock. Di Fotolia terdapat dua model harga yang ditawarkan, yakni:

  • pay-As-you-Go dengan komisi sebesar 20-63%
  • Subscription berarti apabila anda pelanggan yang membeli foto anda, komisi yang didapatkan hanya 33% saja dengan jaminan minimum.

Saran saya sih, ada baiknya anda menerapkan model harga yang pertama, selain lebih menguntungkan juga hak cipta foto tetap ada ditangan anda.

10. Photodune

situs jual beli foto online

Photodune adalah bagian dari situs Envato Market, yang merupakan jaringan atau situs jual beli produk digital terbaik saat ini, termasuk juga foto.

Struktur pembayaran di photodune agak variatif mulai dari 20-40%. Oh iya, di photodune terdapat program reffreal atau rujukan yang memungkinkan anda memperoleh komisi sebesar 30% dari orang yang berhasil anda ajak menjadi pelanggan di photodune.

11. Alamy

situs jual beli foto online

Sistem pembayaran di Alamy enggak jauh beda sama situs jual beli foto lainnya. Dimana, para kontributor akan mendapatkan upah atau bayaran setiap bulan secara otomatis.

Apabila ada pembelian yang dilakukan langsung di situs alamy.com, kontributor memperoleh komisi sebesar 50%.

Sementara, apabila pembelian dilakukan lewat distributor, maka kontributor akan memperoleh komisi 70%.

Dan jika ada pelanggan aktif yang doyan beli foto-foto di platform ini, maka anda akan mendapatkan komisi tambahan hingga 50%.

Untuk bisa mencairkan pembayaran di situs ini, saldo kontributor sudah harus mencapai $50. Dan bisa dicairkan langsung ke rekening paypal anda.

12. Twenty20

situs jual beli foto online

Meski bukan platform yang murni dibangun untuk jualan foto, twenty20 tetap termasuk situs jual beli foto online terbaik saat ini.

Situs ini awalnya dirancang sebagai tools yang memudahkan fotografer untuk menjual karya atau foto-foto mereka di Instagram.

Seiring berjalannya waktu, Twenty20 kemudian diubah menjadi situs stockphoto yang menghubungkan antara klien dan penjual foto dengan mudah.

Ada tiga cara mendapatkan uang di twenty20, yakni:

  • Menjual foto langsung maka kontributor akan mendapatkan komisi $2 per foto [asalkan lisensi fotonya adalah komersial]
  • Mendapatkan uang dari awards yang diadakan
  • Full commison apabila ada merk yang menggunakan jasa anda secara offline

13. Depositphoto

situs jual beli foto online

Depositphoto adalah situs jual beli foto selanjutnya yang memungkinkan anda menghasilkan uang dari foto karya anda sendiri.

Untuk komisinya agak berbeda dengan situs lain dimana sistem pembayarannya berdasarkan pengalaman dan status kontributor di platform.

Selain itu, komisinya bergantung pada resolusi gambar atau foto termasuk juga jenis lisensi yang ditawarkan.

Sepanjang yang saya tahu, besaran komisi di depositphoito adalah 34-42%. Dan ini adalah komisi terbesar yang bisa anda dapat dari situs ini.

14. Dreamstime

situs jual beli foto online

Selanjutnya adalah dreamstime, yang merupakan situs stockphoto terbaik dengan bayaran tinggi untuk kontributor.

Hanya saja, untuk menjadi kontributor di situs ini anda harus punya komitmen awal dimana anda harus punya portofolio berupa foto yang diposting di situs mereka selama 6 bulan.

Dengan kata lain, selama anda membangun portofolio, anda tidak akan mendapatkan apa-apa, sekalipun foto tersebut dibeli klien.

Ada dua jenis kontributor di dreamstime, yakni eksklusif dan non-eksklusif. Jika anda menjadi kontributor eksklusif, anda akan mendapatkan komisi 25-50% dari total penjualan foto.

Untuk foto eksklusif komisinya sebesar 27,5-55%. Anda juga bisa mendapatkan upah tambahan dengan mengajak orang bergabung di dreamstime baik sebagai kontributor atau pembeli.

15. GL stock Images

situs jual beli foto online

GL Stock Images adalah salah satu situs jual beli foto yang memungkinkan kontributor untuk mematok harga foto mereka sendiri.

Dengan kata lain, anda sendirilah yang akan menentukan berapa harga foto yang dipajang, melakukan promosi hingga menjualnya secara mandiri.

Meski demikian, anda hanya mendapatkan komisi sebesar 40% dari total pembelian yang terjadi di platform ini.

16. EyeEM

situs jual beli foto online

EyeEm adalah salah satu situs stock photo yang fokus pada genre photography iklan. Karena itu, sebagian besar foto di EyeEm adalah foto bermerk.

Situs ini cukup unik dibanding situs lainnya, karena tawaran fitur yang benar-benar beda. Plus, anda bisa menggunakan platform ini untuk menjual foto anda sendiri.

Apabila ada foto yang berhasil terjual, anda akan mendapatkan komisi hingga 50% dari total pembelian.

17. Crestock

situs jual beli foto online

Crestock memungkinkan kontributor untuk mendapatkan bayaran atau upah sebesar 20-40% dari harga total pembelian.

Tapi, tarif komisinya berdasarkan jumlah total unduhan. Dengan kata lain, anda bisa mendapatkan komisi tambahan apabila foto-foto anda populer.

Selain itu, fotografer juga bisa mendapatkan uang dari program affiliasi yang ada di situs ini. Komisi affiliasinya sebesar 15%.

18. 123RF

situs jual beli foto online

Sama seperti crestock, 123RF akan membayar kontributor atau fotografer berdasarkan jumlah unduhan atau pembelian.

Komisinya cukup besar dimana kontributor bisa memperoleh komisi sebesar 30%-60% dari jumlah total foto yang berhasil terjual.

19. Foap

situs jual beli foto online

Ada 5 cara menghasilkan uang di foap, antara lain:

  • Anda akan mendapatkan komisi bersih $5 apabila ada foto yang berhasil terjual didalam platform, termasuk juga diaplikasinya
  • Mendapatkan upah $100-2.500 jika kontributor menyelesaikan misi yang diberikan foap
  • Memperoleh uang sebesar $0,25 apabila anda berhasil membuat foto album
  • Memperoleh komisi tambahan apabila anda berhasil mengirim foto ke Getty Mission [untuk yang ini bayaranya cukup variatif]
  • Foto-foto yang anda jual di foap bisa dijual lagi ke mitra foap lain seperti Adobe dan Alamy

Selain punya situs web, Foap juga punya aplikasi android dan iOS yang memungkinkan anda menjual foto dari dalam aplikasi, tanpa harus membuka versi situsnya.

20. Smugmug Pro

situs jual beli foto online

Smugmugpro termasuk salah satu situs jual beli foto online yang memberikan komisi cukup tinggi bagi kontributornya.

Dimana, setiap foto yang berhasil terjual di platform ini, 85% diberikan kepada kontributor alias kepada anda.

Cukup menguntungkan dibanding platform jual beli yang lain. Hanya saja, untuk mendapatkan komisi tinggi tersebut, anda harus mendaftar menjadi member premium.

Biaya menjadi member premium pun lumayan gede, sekitar $12,50 per bulan. Kalau dipikir-pikir, sama saja dengan situs jual beli foto lainnya.

Penutup

Disamping situs jual beli diatas, ada puluhan situs lainnya yang memungkinkan anda menjual foto-foto anda dengan mudah.

Hanya saja, deretan situs diatas adalah yang paling populer dan selalu dipilih oleh fotografer untuk menjual foto karena kemudahan dan fitur-fitur unik yang ditawarkan.

Perhatikan juga satu hal, yakni soal hak cipta foto. Sebelum menjual foto, pastikan anda membaca lisensi foto yang diterapkan didalam platform.

Demikian artikel tentang 20 situs jual foto online terbaik 2020. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

4 Replies to “20+ Situs Jual Foto Online Terbaik Untuk Pemula”

  1. Min untuk pembayaran apa hrs lewat PayPal? Ada yg lain ga? Soalnya klu daftar PayPal hrs punya kartu kredit ya? Trims

    1. Sebagian ada yang support sama paypal, sebagian lagi sama payoneer. Untuk daftar paypal enggak harus punya kartu kredit, mas. Untuk daftar, bisa lihat panduannya disini. Untuk buat akun Payoneer, silahkan klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *