Shutterstock Referral: Payout Perdana Sebesar US$77.22 Tanpa Jualan Foto

Sudah lama sih pengen bahas topik ini untuk menceritakan pengalaman payout perdana dari Shutterstock referral. Sayangnya, niat tersebut baru kesampaian sekarang.

Jadi, di artikel kali ini akan saya ulas bagaimana saya menghasilkan uang dari Shutterstock tanpa harus jualan foto, gambar vektor atau video footage.

Termasuk juga nominal pembayaran, jumlah referral sampai akhirnya bisa payout pertama kali dari Shutterstock.

Beberapa topik lainnya akan saya bahas dalam bentuk QnA dibawah. Jadi pastikan anda baca artikel ini sampai habis.

Sebelum lanjut ke pembahasan inti, baiknya saya bahas dulu apa itu Shutterstock Referral dan cara kerjanya gimana.

Apa itu Shutterstock Referral?

Shutterstock Referral adalah program resmi dari Shutterstock yang memungkinkan kontributor dapat penghasilan tambahan dari program rujukan.

Penghasilan tambahan ini diperoleh saat merujuk teman, keluarga atau orang lain untuk daftar jadi kontributor baru di Shutterstock.

Selain rujuk kontributor, juga bisa ajak orang untuk berlangganan atau membeli file digital yang ada di Shutterstock.

Entah itu foto, gambar vektor, gambar ilustrasi, template siap pakai, infografis, audio, video footage dan lain sebagainya.

Untuk komisinya tergantung berapa banyak orang yang direferensikan dan jenis referensinya apakah kontributor atau pelanggan berbayar.

Dan ini berdampak pada sistem bagi hasil yang didapatkan. Artinya, ada perbedaan komisi saat rujuk kontributor baru dan rujuk buyer.

Jika rujuk orang atau kontributor, anda akan dapat komisi US$0,04 per referral, lepas dari berapa banyak media yang mereka unggah plus 10% dari total penghasilan.

Sementara, jika merujuk orang untuk jadi pelanggan pro, anda bisa dapat komisi hingga 20% dari total pembelian.

Cara Menghasilkan uang dari Shutterstock Referral

Ada dua cara legal untuk menghasilkan uang dari shutterstock. Pertama, dengan memanfaatkan visi platform itu sendiri.

Artinya, dengan jualan foto, gambar, video footage, audio atau media lain yang diterima oleh platform.

Potensi penghasilan untuk cara pertama ini pun cukup menjanjikan. Dimana anda bisa dapat hingga US$100 per penjualan item.

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan tautan afiliasi atau referral yang didapatkan setelah daftar di Shutterstock sebagai kontributor.

Di artikel ini saya mau fokus ke cara daftar Shutterstock referral agar bisa dapat uang dari Shutterstock tanpa jualan foto.

Lantas, bagaimana cara menghasilkan uang dari Shutterstock referral? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda:

1. Daftar sebagai kontributor Shutterstock

Shutterstock Referral

Untuk bisa dapat tautan referral, langkah pertama yang harus dilakukan oleh anda adalah daftar sebagai kontributor di Shutterstock.

Cara daftarnya sih mudah. Dan banyak Youtuber atau Blogger sudah ulas soal ini. Syaratnya pun tidak terlalu ribet.

Sepengalaman saya, hanya butuh 3 langkah sederhana maka anda sudah bisa akses dashboard kontributor Shutterstock.

Baca Juga:

Pertama, anda diminta untuk join komunitas Shutterstock, kedua mengisi informasi pribadi tahap dua dan ketiga mengupload file digital pertama.

Jika belum upload media pun ga masalah. Sebab, tujuan anda kan mau dapat tautan referralnya? Jadi lewati saja proses ini.

Lantas, bagaimana cara daftar kontributor di Shutterstock? Untuk daftar bisa klik tombol dibawah lalu ikuti instruksi pendaftarannya sampai berhasil.

Usahakan setiap kolom diisi dengan benar agar memudahkan dalam pengisian pajak dan verifikasi akun di kemudian hari.

2. Share tautan referral

Setelah dapat akses ke dashboard kontributor Shutterstock, langkah berikutnya adalah membagikan tautan referral di dashboard.

Seperti yang saya sebutkan diatas, ada dua jenis tautan yang bisa di share. Tautan pertama adalah invite fellow artists atau mengajak orang lain untuk jadi kontributor.

Shutterstock Referral

Kedua, merujuk pembeli untuk membeli produk anda atau kontributor lain lalu dapat komisi dari setiap checkout yang berhasil atau share your work with buyers.

Jadi cukup sebarkan dua tautan diatas dan penghasilan akan masuk. Semakin banyak orang yang di undang, pendapatan yang diperoleh pun makin besar.

Untuk share bisa pakai media sosial entah itu Facebook, Twitter atau LinkedIn termasuk deskripsi channel Youtube dan Blog.

FYI, semua tautan referral milik saya ada di blog. Karena itu, butuh waktu yang lumayan lama untuk bisa payout pertama dari Shutterstock Referral.

3. Cairkan penghasilan ke metode pembayaran yang didukung

Jika penghasilan anda sudah cukup, langsung cairkan penghasilan yang didapat dari Shutterstock Referral.

Minimum payoutnya adalah $35 dan pencairannya bisa dilakukan via PayPal, Payoneer dan Skrill.

Shutterstock Referral

Apakah bisa dicairkan ke rekening bank? Bisa. Tapi agar metode pembayaran ini muncul, harus atur minimum cashoutnya dulu ke $50.

Sebagai informasi, saat atur nominal pencairan ke $35 atau lebih, pembayarannya akan dilakukan bulan berikutnya.

Contohnya nih, anda atur minimum payoutnya ke $40 pada tanggal 20 Juni maka pada bulan Juli di tahun yang sama pembayaran baru akan di proses.

Prosesnya sih dimulai tanggal 1 bulan berjalan dan akan masuk ke Paypal atau metode pencairan yang dipilih antara tanggal 7 sampai 15.

Sepengalaman saya, uang dari Shutterstock akan masuk ke PayPal tiap tanggal 7 bulan berjalan. Jadi tunggu saja sampai pembayaran diterima.

Sebelum itu, akan ada dua jenis email yang diterima. Pertama, pemberitahuan dari Shutterstock tentang pembayaran terakhir yang dikirim tanggal 1-7.

Shutterstock Referral

Kedua, email dari PayPal, terkait DANA yang terima. Jika email itu sudah masuk, langsung check PayPal karena saldonya sudah ada disana.

Jika saldonya sudah masuk, anda bisa transfer ke rekening bank. Untuk cara transfer saldo PayPal ke Rekening Bank bisa baca disini.

Bukti Pembayaran dari Shutterstock Referral

Karena terlambat isi formulir pajak, pembayaran baru saya terima pada 30 September 2021 dengan gross sebesar $77.22 via Paypal. Nominal diatas setara dengan Rp1.081.080 via PayPal.

Shutterstock Referral

Hanya saja, saldo yang masuk ke PayPal cuma US$75,29 yang setara dengan Rp1.054.060. Atau, ada potongan sebesar $1,93.

Shutterstock Referral

Selain itu, saya juga masih punya saldo efektif di dashboard kontributor Shutterstock sebesar $24 dan akan terus bertambah.

Jika atur minimal pencairan ke $35, saya yakin di Bulan Desember, penghasilan kedua dari Shutterstock Referral akan cair.

Dengan demikian, anda boleh manfaatkan cara yang satu ini untuk dapat uang tambahan dari situs microstock.

Cukup undang teman yang jago desain atau jago foto. Usahakan mereka pakai tautan affiliasi anda dan pastikan mereka aktif di situs.

Semakin banyak orang yang diajak bergabung, makin besar juga penghasilan anda. Dengan demikian, potensi untuk bisa payout tiap bulan dari Shutterstock akan terbuka lebar.


FAQ

Untuk beberapa pertanyaan yang mungkin saja akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, seperti:

1. Berapa jumlah referral agar bisa payout?

Total rujukan artis yang saya dapatkan sampai bisa payout pertama dari Shutterstock referral adalah 5638.

Semuanya berasal dari referensi kontributor atau Invite fellow artists. Untuk costumers atau pelanggan masih 0.

Kedepannya akan saya coba bereksperimen di kategori Share your work with buyers agar bisa merujuk pelanggan, meski agak susah menurut saya pribadi.

Mengingat banyak orang indonesia yang masih suka dapat gambar gratisan ketimbang harus beli di situs microstock.

2. Apa saja syarat agar bisa payout dari Shutterstock?

Untuk syarat agar bisa payout dari Shutterstock sih ada tiga. Pertama, harus atur dulu minimal payout ke nominal paling rendah yakni $35.

Setelah itu atur nama akun dan nama penerima agar sama. Selanjutnya, isi formulir pajak W-8BEN Shutterstock yang akan muncul otomatis saat saldo sudah mencapai ambang batas pembayaran.

Karena, sepengalaman saya, jika belum isi formulir pajak, penghasilan tak akan bisa cair.

Kalaupun cair, potongannya cukup besar yakni 30% dari total pembayaran. Untuk cara isi formulirnya bisa baca disini.

Terakhir, tunggu tanggal pembayaran antara tanggal 6-15 tiap bulan bulan berjalan.

3. Siapa yang bisa daftar jadi referral Shutterstock?

Siapa saja entah itu Youtuber, Blogger atau tidak keduanya. Hanya saja, harus daftar dulu sebagai kontributor agar bisa dapat tautan referralnya.

4. Bagaimana cara Payout dari Shutterstock?

Untuk cara payout termasuk cara atur nominal payout, nama akun dan syarat lain bisa baca disini.

5. Berapa lama agar payout dari Shutterstock hanya dengan memanfaatkan tautan referral?

Sepengalaman saya sih cukup lama. Butuh waktu berbulan-bulan agar bisa payout.

Untuk durasinya sudah lupa berapa lama, yang jelas, dengan jumlah referral demikian, mungkin butuh waktu 9 bulan atau lebih.

Soal ini mah bergantung dimana anda mempromosikan tautan referral. Kalau di blog, tentu bergantung pada berapa banyak pengunjung yang menggunakan tautan referral anda.

6. Berapa minimum pembayaran dari Shutterstock?

Minimum payout shutterstock adalah $35 untuk PayPal, Skrill dan Payoneer. Sementara, untuk rekening bank atau transfer bank adalah $50.

Penutup

Tidak ada salahnya jika anda memanfaatkan cara satu ini untuk dapat tambahan penghasilan dari afiliasi microstock.

Jadi, tanpa harus jualan foto pun bisa dapat uang. Yang penting, anda punya media untuk membagikan tautan referral.

Kalau ada tambahan, masukkan atau mungkin pertanyaan lain terkait dengan postingan ini bisa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang Shutterstock Referral: Payout Pertama Sebesar US$77.22 Tanpa Jualan Foto. Semoga bermanfaat. ***

Tinggalkan komentar