Cara Daftar Shutterstock Contributor Sampai Approve 100%

Mau tahu cara daftar shutterstock contributor untuk jual foto online, gambar ilustrasi, gambar vektor atau video footage? Simak artikel dibawah ini.

Sebenarnya, ada banyak sekali situs microstock diluar sana yang memungkinkan siapa saja bergabung jadi kontributor, salah satunya Microstock.

Sebelum tahun 2022, platform ini menawarkan komisi sebesar 40% dari total biaya penjualan foto. Inilah yang jadi alasan mengapa banyak orang berlomba-lomba jual foto di platform ini.

Hanya saja, sejak 1 Juni 2020, ada perubahan terkait dengan komisi yang didapat. Tidak disebutkan berapa dan sistem bagi hasilnya masih belum jelas sampai hari ini.

Hanya saja, berdasarkan perkiraan, tiap kontributor akan dapat komisi minimal 20% dari penjualan file. Meski tergolong rendah, tapi platform ini tetap yang terbaik.

Salah satu alasannya soal popularitas tadi. Artinya, tingkat penjualan atau transaksi pembelian file digital masih sangat tinggi.

Artinya, peluang untuk setiap kontributor sama. Baik kontributor yang baru daftar atau yang sudah lama gabung.

Kuncinya cuma satu yakni pandai melihat tren dan rajin upload foto. Itu saja. Selebihnya tinggal biarkan logaritma micrsotock bekerja.

Yang menarik, selain jual file digital, kontributor juga bisa dapat tambahan penghasilan dari afiliasi dan referral.

Lantas, bagaimana sih cara daftar jadi kontributor di Shutterstock? Apa saja syaratnya? Simak selengkapnya artikel dibawah ini.

Cara Daftar Shutterstock Contributor 2022 Sampai Berhasil

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan cara daftar shutterstock contributor 2022 sampai akun berhasil di approve sepenuhnya.

1. Cari laman kontributor Shutterstock di mesin pencari

Shutterstock Contributor

Pertama, silahkan cari keyword Shutterstock contributor pakai mesin pencari apa saja entah itu Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, disini saya pakai Google. Setelah keyword diatas di masukkan, tekan enter. Biasanya, laman ini akan muncul di peringkat pertama hasil pencarian.

Apakah ada cara yang lebih gampang? Ada. Tinggal klik tautan ini atau disini untuk kemudian diarahkan ke laman pendaftaran kontributor Shutterstock.

2. Join jadi kontributor Shutterstock

Shutterstock Contributor

Jika kueri hasil pencarian di klik, anda akan diarahkan ke laman seperti gambar diatas. Langsung klik saja tombol Get Started untuk daftar shutterstock contributor.

3. Isi data kontributor

Shutterstock Contributor

Akan muncul laman pendaftaran seperti gambar diatas. Isi setiap kolom yang ada dengan benar karena data tersebut yang akan digunakan untuk masuk ke akun Kontributor.

Mulai dari full name atau nama lengkap, display name atau nama yang tampil di akun kontributor, email address atau alamat email dan password.

Baca Juga:

Biasanya, jika nama belum pernah digunakan, akan ada icon centang disamping. Apabila diminta untuk ganti nama, email atau password, ikuti saja instruksinya sampai berhasil.

Jika semua kolom diatas valid, langsung centang kolom persetujuan dibawahnya dan selesaikan recptcha lalu klik Next.

4. Pemberitahuan untuk cek email

Shutterstock Contributor

Setelah itu, akan muncul notifikasi untuk mengkonfirmasi laman pendaftaran ke email yang digunakan tadi saat mendaftar.

Dengan demikian, langsung buka email untuk verifikasi pendaftaran yang akan masuk kurang lebih 1 menit lebih setelah tombol next di klik.

5. Verifikasi email registrasi

Shutterstock Contributor

Jika buka email, akan ada email baru dari Shutterstock untuk mengkonfirmasi akun. Klik tulisan please click here to verify your email untuk verifikasi pendaftaran.

6. Informasi kalau email berhasil di verifikasi

Shutterstock Contributor

Setelah tulisan diatas di klik, anda akan diarahkan ke laman baru yang berisikan pemberitahuan kalau email sudah berhasil registrasi. Klik saja Next untuk lanjut.

7. Isi alamat tempat tinggal dan surat menyurat

Shutterstock Contributor

Berikutnya, anda divminta untuk mengisi alamat tempat tinggal atau residential address dan alamat surat menyurat atau mailling addres.

Isi saja setiap kolom yang ada mulai dari negara, alamat, kota, kode pos, provinsi dan nomor telepon aktif.

Oh iya, saat isi residential address, kolom mailling adress juga akan terisi. Jika valid, tombol klik Next akan aktif, klik saja disitu untuk lanjut ke tahap berikutnya.

8. Pendaftaran Shutterstock Contributor berhasil

Shutterstock Contributor

Anda kemudian dialihkan ke laman selanjutnya yang berisikan pemberitahuan kalau pendaftaran jadi kontributor shutterstock sudah berhasil.

Dibagian bawah, ada dua tombol yang tersedia yakni Upload dan go to your dashboard. Jika punya file digital, foto misalnya, bisa klik upload.

Sementara, jika ingin lihat dashboard kontributor dulu, bisa klik tulisan dibawahnya. Nantinya, anda akan diarahkan langsung ke akun kontributor untuk lihat tampilannya seperti apa.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam bentuk QnA, seperti:

1. Apa saja syarat agar bisa daftar jadi kontributor di Shutterstock?

Sejauh ini, tidak ada syarat memberatkan saat daftar jadi kontributor Shutterstock. Hanya saja, anda harus siapkan beberapa hal dibawah ini.

Pertama, berkaitan dengan email aktif karena nantinya anda diminta untuk verifikasi pendaftaran lewat email.

Selanjutnya adalah alamat dan nomor telepon aktif. Itu saja sih. Jadi, tidak perlu KTP, paspor dan lain sebagainya.

Khusus untuk nomor telepon, anda tidak perlu verifikasi atau memasukkan kode OTP. Pastikan juga nama yang digunakan sesuai.

Ini penting untuk menghindari masalah-masalah yang mungkin saja akan dihadapi seperti misalnya anda harus verifikasi akun nantinya.

Data-data lainnya memang bisa di ubah. Tapi khusus untuk display name, agar bisa ganti nama, harus verifikasi identitas dulu.

Syarat lainnya yang mungkin harus persiapkan sejak dini adalah NPWP. Jika upload foto, mungkin juga harus siapkan dokumen properti dan model release.

Itu saja sih, selebihnya tinggal menyesuaikan sama syarat dan ketentuan dari Shutterstock, yang mungkin saja akan berubah di kemudian hari.

2. Bagaimana cara upload foto di Shutterstock?

Sebelum upload foto atau jual foto baru di Shutterstock, pastikan anda sudah jadi kontributor alias sudah bisa akses dashboard akun.

Jika sudah, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk upload foto baru di Shutterstock, yakni:

  • Buka dashboard akun Shutterstock Contributor. Jika sudah, klik tombol Upload seperti yang saya tandai merah pada gambar dibawah ini
  • Nantinya, akan muncul pemberitahuan, yang bisa juga disebut syarat dan ketentuan file yang akan diunggah termasuk formatnya. S&K unggahan foto atau gambar vektor akan saya bahas terpisah dalam QnA selanjutnya. Langsung klik Got it! untuk lanjut ke tahap berikutnya
  • Anda kemudian diarahkan ke laman upload file. Klik saja tombol Select Multiple files untuk mengambil foto dari komputer, atau HP. Bisa juga dengan memanfaatkan fitur drag and drop dimana anda tinggal klik file yang diunggah pakai kursor lalu arahkan ke laman ini
  • Selanjutnya, tunggu sampai proses unggahan file berhasil. Jika berhasil, langsung klik tombol Next dibagian bawah
  • Berikutnya isi keterangan terkait dengan foto mulai dari tipe gambar, deskripsi, kategori, keyword dan lain sebagainya. Isi setiap kolom yang tersedia dengan benar. Jika sudah, langsung klik saja icon Selesai

Sampai disini anda sudah berhasil unggah file atau foto baru. Langkah selanjutnya adalah menunggu proses peninjauan file yang diunggah dari Shutterstock.

Prosesnya tidak terlalu lama, sepengalaman saya. Biasanya hanya butuh waktu 1×24 jam. Hanya saja, dalam beberapa kasus, peninjauannya bisa cepat atau lama.

Anda juga akan dapat pemberitahuan apakah akun berhasil terbit di situs Shutterstock atau sebaliknya, gagal.

Bagaimana jika gagal? Ada banyak alasan. Mulai foto tidak sesuai dengan ketentuan, file yang tidak sesuai dan lain sebagainya.

3. Apa saja syarat agar file di approve Shutterstock?

Untuk syaratnya sih cukup sederhana. Jika upload foto atau gambar ilustrasi, pastikan file atau foto tersebut berukuran 4 Megapixel.

Disisi lain, kalau mau upload video footage, anda diminta untuk pakai FTP. Sementara, jika unggah gambar vektor, file EPS harus kompatibel dengan Adobe Illustrator V8 dan V10.

4. Apa saja jenis file yang bisa di upload di Shutterstock?

Untuk jenis file yang bisa di unggah sudah saya sebutkan diatas. Intinya, anda boleh unggah foto genre apa saja di platform ini sepanjang tidak bertolak belakang dengan S&K yang ada.

Selain itu, anda juga boleh unggah gambar illustrasi, gambar vektor, video footage, dan lain sebagainya.

5. Selain jual foto, apakah ada cara lain untuk dapat uang dari Shutterstock?

Ada yakni affiliasi dimana anda diminta untuk mengajak orang lain atau buyer membeli file digital yang ada di Shutterstock.

Selain itu, anda juga boleh ajak teman baru untuk bergabung dengan menggunakan tautan referral yang disediakan dan letaknya ada dibawah tautan affiliasi.

Jika tak keberatan, boleh gunakan tautan undangan saya dengan cara klik link Ini dan disini.

Untuk buyer, anda bisa dapat komisi hingga $100 per file yang di unggah. Sebaliknya, jika ajak kontributor baru, anda bisa dapat $0,04 per undangan yang berhasil.

6. Bisakah daftar jadi kontributor Shutterstock lewat HP Android atau iOS?

Tentu saja bisa. Caranya dengan mendownload aplikasi shutterstock contributor di Google Play Store dan di App Store.

Ulasan lebih lengkap untuk daftar kontributor Shutterstock pakai HP bisa baca disini.

7. Bagaimana cara meningkatkan penghasilan dari Shutterstock?

Ada banyak cara salah satunya berkaitan dengan keyword. Dimana, sebelum unggah foto, anda harus tahu trend setternya apa.

Prinsipnya sama seperti upload konten di Youtube atau platform lain. Dimana, anda harus riset keyword juga.

Selain riset keyword, manfaatkan juga tag yang ada untuk membidik jenis file yang mungkin lagi hits dan dicari banyak orang.

Penutup

Oh iya, minimum pencarian di Shutterstock adalah $35 yang bisa diatur di laman payment. Pembayaran akan dilakukan tiap tanggal 6-15 bulan berjalan.

Hanya saja, agar pencairan yang didapat bisa dikirim ke Paypal, atau metode pembayaran lain yang dipilih, Payoneer misalnya, harus isi Formulir Pajak W-8BEN.

Biasanya, permintaan ini akan muncul setelah saldo mencapai ambang batas pencairan pertama. Selama tidak diisi, maka uang tidak akan bisa dicairkan.

Demikian artikel tentang cara daftar Shutterstock contributor sampai berhasil. Semoga bermanfaat! ***

Tinggalkan komentar