Penyebab dan Cara Mengatasi Redirect Ke Situs Deloplen.com

6 min read

cara mengatasi pengalihan deloplen

Beberapa waktu lalu, beberapa pengunjung blog paulipu.com mengeluhkan pengalihan atau redirect ke situs deloplen.com.

Pengalihan ini terjadi saat pengunjung mengklik tautan atau navigasi yang ada di blog ini. Selain itu, pengalihan juga terjadi saat pengunjung menscrool postingan ke bawah.

Jadi, saat pengunjung melakukan aktivitas seperti diatas, secara otomatis akan terbuka tab browser yang baru.

Tab browser ini mengarah ke situs deloplen.com dan ini berlaku untuk pengunjung yang menggunakan mobile ataupun desktop.

Saya sendiri awalnya bingung, karena saya tidak memasang iklan pop-up atau jenis iklan lain di blog ini selain AdSense.

Mungkin beberapa dari anda juga pernah mengalami hal serupa. Jika anda mengalami hal yang sama dan anda tidak tahu solusinya, silahkan baca artikel ini sampai habis.

Penyebab redirect ke situs deloplen.com

Karena saya tidak tahu penyebabnya maka saya berusaha mencari solusi sana sini di Google. Beberapa artikel yang saya baca merekomendasikan agar saya mengembalikan browser ke versi default, install aplikasi anti-malware dan lain sebagainya.

Namun, satu hal yang saya simak baik-baik dari setiap artikel referensi yang saya baca tersebut. Seluruhnya menyebutkan bahwa, jika blog atau browser secara terus menerus dialihkan pada situs deloplen.com maka ada kemungkinan terdapat program adware.

Memang sih, anda tidak mengetahui program mana saja yang terinstal dan memiliki script ini. Sebab sudah ditanamkan saat program tersebut dibuat sehingga sangat sulit untuk mengetahuinya.

Baca Juga : 10 Virus Komputer Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

Deloplen.com adalah bagian dari layanan iklan yang digunakan penerbit situs web yang memungkinkan pemilik situs memperoleh pendapatan dari pengalihan blog.

Sayangnya, ada beberapa program adware yang menyuntikan iklan ini di situs web yang dikunjungi tanpa izin dari penerbit untuk menghasilkan pendapatan.

Secara umum, ada beberapa penyebab utama pengalihan deloplen.com ini antara lain:

  1. Terdapatnya AdWare [Iklan jahat] di dalam situs atau aplikasi yang pernah anda kunjungi, unduh dan buka
  2. Menggunakan script iklan yang sudah ditanamkan jenis iklan adware ini
  3. Afiliasi dengan pengiklan yang memasukan kode iklan macam ini sehingga pengalihan akan dilakukan secara terus menerus
  4. Kemungkinan lain [belum diketahui dengan pasti] misalnya riwayat browser dan juga aplikasi yang terinstal di smartphone atau komputer yang anda gunakan
  5. Tema atau template yang anda gunakan ada script iklan adware termasuk juga ekstensi Chrome, plugin serta antivirus lain seperti Seguro.
  6. Dan sebagainya.

Saat anda mengklik tautan di situs web yang telah disusupi dengan program ini secara otomatis akan dibundel dengan perangkat lunak gratis lain yang pernah anda unduh di internet.

Program adware

Sayangnya, unduhan gratis yang ada di internet tidak bisa dideteksi bahwa aplikasi tersebut sudah terdapat program AdWare.

Setelah program ini diinstal di perangkat anda, setiap kali anda menjelajah internet, browser akan mengarahkan ke situs deloplen dan menampilkan iklan.

Iklan ini sebenarnya bertujuan untuk mempromosikan pemasangan konten tambahan yang dipertanyakan termasuk ekstensi browser, utilitas pengoptimalan dan produk ecommerce [dalam kasus saya].

Sehingga, penerbit [pembuat] iklan adware ini bisa memperoleh penghasilan sementara anda tidak akan memperoleh penghasilan apa-apa selain pengunjung yang kesal.

Ada beberapa ciri-ciri utama jika smartphone dan laptop anda sudah disusupi dengan iklan Adware, antara lain:

  • Terdapat notifikasi langganan dari situs yang tidak pernah anda buka
  • Iklan biasanya muncul di tempat-tempat yang tidak lazim
  • Ukuran dan bentuk iklan variatif dan cenderung dominan
  • Izin browser berubah dengan sendirinya tanpa anda ketahui
  • Alamat situs web yang anda kunjungi tidak akan ditampilkan dengan baik
  • Setiap pengunjung mengklik salah satu tautan pada situs web maka secara otomatis akan dialihkan ke situs lain
  • Muncul browser yang meminta anda melakukan pembaharuan perangkat lunak atau browser palsu
  • Beberapa program yang tidak diinginkan terinstal dengan sendirinya tanpa anda ketahui
  • Dan lain sebagainya

Lalu bagaimana cara menghilangkan redirect ke situs deloplen? Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Berikut langkah-langkahnya.

Cara mengatasi redirect ke situs deloplen.com

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk menghilangkah pengalihan deloplen ini. Sebenarnya, cara ini terbatas pada penggunaan desktop. Untuk pengguna smartphone, silahkan sesuaikan dengan langkah-langkah dibawah ini.

1. Cara hilangkan pengalihan deloplen di desktop dan smartphone

Untuk menghilangkan pengalihan deloplen.com di desktop silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini. Cara dibawah ini menggunakan Windows 10, jika anda pengguna versi windows sebelumnya, silahkan menyesuaikan saja.

a. Menghilangkan deloplen di Windows 10
  1. Silahkan buka windows 10 yang anda gunakan
  2. Setelah itu silahkan klik pada menu Start Windows Start button> lalu klik Control Panel atau silahkan masukan tulisan itu di bilah pencarian CortanaMengatasi deloplen di Windows
  3. Setelah Control panel terbuka> klik Uninstall Program dibawah kategori Programs. Bagi Pengguna Windows 8 dan 7 [jika ada] silahkan sesuaikan dengan cara diatascara mengatasi pengalihan deloplen di windows
  4. Pada Features and Programs akan ditampilkan daftar aplikasi yang telah anda install di komputer/laptop. Silahkan cek satu per satu program program mana saja yang mencurigakan. Jika ada, silahkan klik tombol Copot/Unistallcara menghilangkan penghalian deloplen

Ada beberapa program AdWare yang berhasil teridentifikasi saat ini antara lain: Juliaetta Versi 1,5, Wajam, 1.0.0.1, DNS Unlocker, Cinema Plus, Minus Harga, SalesPlus, NewPlayer, MediaVideosPlayers, Browsers_Apps_Pro, PriceLEess, Add Pic, SM23mS, Salus, Drivers, SS8 dan lain sebagainya.

Dalam kasus saya, program AdWare ini tertanam dalam program antivirus Seguro Realtime Protection Lite.

Seguro Protection Lite

Aplikasi Seguro Antivirus ini tidak pernah saya instal di komputer saya. Dan meskipun saya sudah uninstall aplikasi ini namun secara tiba-tiba ia terinstal kembali tanpa saya ketahui. Sehingga, langkah terakhir yang saya tempuh adalah dengan melakukan reset pada komputer.

Beberapa AdWare punya nama nama yang berbeda. Silahkan cari satu per satu dan lihat jika anda program yang mencurigakan di komputer anda.

Cara yang sama juga anda bisa lakukan jika pengalihan deloplen ini terjadi di smartphone atau ponsel anda. Anda bisa cari program yang mencurigakan lalu klik Uninstall. Jika tetap terjadi silahkan update browser ke versi yang terbaru.

2. Menggunakan Malwarebytes

Selain cara diatas, anda juga dapat menggunakan Malwarebytes untuk menghilangkan adware deloplen.com

Malwarebytes adalah salah satu perangkat lunak anti-malware yang cukup populer digunakan. Software ini mampu menghacurkan ‘banyak jenis’ malware yang tidak dapat diidentifikasi oleh perangkat lunak lain dan anda bisa menggunakannya secara gratis.

Saat anda melihat perangkat anda sudah terinfeksi anda bisa mengikuti metode diatas atau anda juga bisa menggunakan Malwarebytes ini.

Baca Juga : Cara Melindungi Komputer Dari Trojan

Saat pertama kali anda menggunakan software ini, akan ada ujicoba selama 2 minggu (14 hari) secara gratis. Selanjutnya, anda perlu menggunakannya secara premium, yang mencakup alat pencegahan seperti pemindaian real-time dan perlindungan ransomware.

Setelah dua mingu, secara otomatis akan kembali ke versi gratis dasar yang akan mendeteksi dan membersihkan infeksi malware hanya ketika anda melakukan pemindaian.

Penting juga ujntuk diketahui bahwa Malwarebytes dapat berjalan bersama-sama dengan program antivirus lain yang anda gunakan di komputer anda tanpa bentrok.

  1. Silahkan unduh MalwareBytes. Untuk mengunduhnya, silahkan klik pada tautan ini
  2. Jika sudah, silahkan klik dua kali pada pengaturan file Malwarebytes untuk menginstal di PC anda. File unduhan biasanya akan tersimpan di Folder unduhan kecuali jika anda sudah mengubah tempat penyimpanan file unduhancara mengatasi pengalihan deloplen
  3. Disini anda diarahkan pada pop-up kontrol akun pengguna yang mensyaratakan apakah anda mengizinkan Malwarebytes untuk membuat perubahan pada perangkat anda. Silahikan klik saja YA.cara mengatasi redirect deloplen
  4. Selanjutnya silahkan ikuti pentujuk untuk menginstal Malwarebytes di komputer atau laptop andacara mengatasi pengalihan deloplencara mengatasi pengalihan deloplen
  5. Jika sudah menginstal, langkah selanjutnya adalah melakukan Scanning [untuk penggunaan aplikasi pertama kali scanning akan dilakukan secara otomatis]cara mengatasi redirect deloplen
  6. Tunggu proses pemindaian Malwarebytes sampai selesaicara mengatasi pengalihan deloplen
  7. Setelah itu, silahkan klik pada Karantina Yang diplih lalu klik Karantina Terpilihcara mengatasi pengalihan deloplen
  8. Setelah selesai, silahkan restart komputer anda. Ini bertujuan akan menghapus semua file berbahaya dan kunci registry yang ditemukan terinfeksicara menghilangkan pengalihan deloplen

3. Menggunakan Hitman Pro

Anda juga dapat menghilangkan pengalihan deloplen.com dengan menggunakan software yang satu ini. HitmanPro adalah perangkat pemindai kedua yang mengambil pendekatan berbasis cloud yang unik untuk melihat dan mendeteksi malware.

Hitman Pro akan memindai perilaku file yang aktif dan juga file di lokasi di mana malware biasanya berada dan melakukan aktivitas yang mencurigakan.

Baca Juga : Cara Menjaga Komputer Agar Awet dan Tahan Lama

Jika menemukan file tersebut, HitmanPro akan mengirimkannya ke Cloud mereka untuk dipindai lagi oleh dua mesin antivirus terbaik saat ini yakni Bitdefender dan Kaspersky.

Jika anda ingin menghilangkan pengalihan deloplen.com menggunakan HitmanPro, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini

  1. Silahkan unduh HitmanPro. Untuk mengunduhnya silahkan klik pada tautan ini
  2. Setelah itu, install Hitman Pro dan lakukan instalasi seperti biasaHitman Pro
  3. Setelah menginstal, silahkan lakukan pemidaian hingga selesai. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa menit, tapi tergantung pada jumlah file yang terdapat pada komputer/laptop andaHitman Pro
  4. Setelah selesai memindai> klik Next untuk melihat mana saja program AdWare yang terdeteksiHItman pro
  5. Setelah itu, klik Aktifkan Lisensi Gratis untuk melakukan uji Coba selmaa 30 hari dengan gratisHitman Pro
  6. Sat proses selesai, silahkan klik Activate dan lanjutkan dengan instruksi selanjutnyaHitman Pro

4. Menggunakan Zemana AntiMalware Gratis

Zemana Anti Malware Gratis adalah pemindai antivirus yang cukup populer dan dapat digunakan dengan gratis.

Meskipun peimindaian Malwarebytes dan HitmanPro dirasa sudah cukup namun saya juga merekomendasikan agar anda juga menggunakan Zemana AntiMalware ini untuk benar-benar membersihkan komputer/laptop anda dari malware.

Untuk memindai program adware/malware yang terdapat pada komputer anda menggunakan Zemana AntiMalaware silahkan ikuti panduan dibawah ini.

  1. Silahkan unduh Zemana AntiMalware. Untuk mengunduhnya, silahkan klik saja pada tautan ini
  2. Setelah terunduh silahkan lakukan instalasi seperti biasaRedirect deloplen
  3. Setelah selesai terinstal silahkan klik Scan NowRedirect deloplen
  4. Tunggu proses pemindaian hingga selesaicara mengatasi pengalihan deloplen
  5. Setelah pemindaian selesai silahkan klik pada Apply Actionredirect deloplen
  6. Untuk penghapusan malware yang terdeteksi Zemana AntiMalware akan mereboot kompouter anda [jika anda memberi izin kepada aplikasi ini]. Jika tidak, anda dapat restart komputer anda secara manual agar virus yang terdeteksi bisa dihapus.cara mengatasi pengalihan deloplen

5. Reset pengaturan browser

Jika PC anda dialihkan ke situs deloplen.com, anda bisa melakukan pencegahan dengan mengatur ulang browser anda ke default atau ke aslinya.

Jika anda menggunakan Chrome, Mozila atau mungkin browser lain silahkan reset pengaturan saja. Untuk pengguna chrome silahkan buka Chrome> Settings> Advanced> lalu klik pada tulisan Reset settings to their original defaults.

redirect ke situs deloplen

Untuk pengguna Mozila silahkan buka aplikasi Mozila browser> setelah itu klik Help> Troubleshooting Information> Refresh Firefox> klik kolom Konfirmasi Refresh Firefox.

redirect ke situs deloplen

Untuk internet explorer silahkan buka aplikasi IE anda> pada gambar gir yang terletak di sudut kanan atas silahkan klik Internet Options> Advanced> lalu klik Reset yang terletak kiri bawah tab menu> lalu konfirmasi perintah.

redirect ke situs deloplen

Untuk anda yang menggunakan browser Microsoft Edge silahkan buka Windows yang anda gunakan> klik Start Windows Start button> Apps and Features> Advanced options> klik Reset.

redirect ke situs deloplen

Atau jika anda tidak dapat menemukan menu ini, silahkan uninstall browser yang anda gunakan. Setelah uninstall silahkan install kembali seperti biasa. Dengan cara ini anda mengembalikan pengaturan browser ke pengaturan default.

Saran saya, baiknya anda jangan pernah mengunduh aplikasi sembarangan, termasuk mengizinkan situs untuk memberikan notifikasi, instal ekstensi bukan dari penyedia resmi dan lain sebagainya.

Penutup

Pengalihan deloplen.com cukup mengganggu pengunjung blog termasuk juga bagi anda yang ingin berselancar di dunia maya.

Selain itu, sebelum dialihkan, pengguna biasanya akan mendapatkan pemberitahuan, apakah ingin menerima notifikasi atau tidak.

Jika ada notifikasi macam ini, baiknya klik tidak. Begitu juga saat anda mengunjungi situs web lain di search engine seperti Google saat anda mendapatkan pemberitahuan macam ini klik tidak atau no.

Nah demikian artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Redirect Ke Situs Deloplen.com. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *