[Review] 7+ Program Afiliasi Terbaik 2020

8 min read

Program Afiliasi Terbaik

Sedang cari program afiliasi terbaik tahun 2020? Kalau iya, anda bisa gabung sama beberapa platform afiliasi dibawah ini.

Untuk jenis platformnya cukup variatif mulai dari afiliasi domain dan hosting, afiliasi marketplace atau toko online seperti Lazada, BliBli, Amazon atau Shopee termasuk produk digital dari situs microstock dan template berbayar.

Saya sendiri baru beberapa bulan terakhir memaksimalkan metode ini sebagai salah satu cara menghasilkan uang dari blog.

Tujuannya agar penghasilan yang saya peroleh dari blog tidak bergantung sama AdSense, yang nilainya terus merosot dari waktu ke waktu.

Program ini juga bisa dimanfaatkan oleh anda yang pengen menghasilkan uang dari internet entah sebagai content creator di Youtube, Podcast atau influencer.

7+ Program Afiliasi Terbaik 2020

Lantas, platform affiliate marketing apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Involve asia

Salah satu platform affiliate marketing terbaik yang cukup unik adalah Involve AsiaUntuk diketahui, Involve Asia adalah situs internet marketing tempat berkumpulnya perusahaan eCommerce dan online retail terbaik di Asia tenggara.

Tujuannya untuk mempromosikan program, promo dan rebranding perusahaan ke setiap orang. Dan anda bisa manfaatkan program ini untuk tambah-tambah penghasilan.

Untuk bergabung ke situs ini pun cukup mudah dimana anda tinggal daftar sebagai publisher, tunggu review dan mulai hasilkan profit dengan mempromosikan produk dari para advertiser.

Hingga kini, sudah lebih dari 30.000 Publishers dan Influencers yang bergabung ke Involve asia dengan jumlah dana yang tersalurkan mencapai $400 juta.

Jika anda sedang cari cara daftar Afiliasi Shopee termasuk situs eCommerce lain seperti Lazada, Blibli, Amazon, Zalora dan Sephora, baca artikel ini sampai habis.

Cara daftar program afiliasi Involve asia

Untuk anda yang mau daftar ke Involve Asia atau pengen tahu cara cara menggunakan Involve asia, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka dulu situs Involve asia dengan cara klik tautan ini atau disini
  • Setelah masuk ke Beranda situs, silahkan klik Become a PublisherProgram Afiliasi Terbaik
  • Selanjutnya anda akan diarahkan ke laman pendaftaran Property. Silahkan isi setiap kolom dengan data-data yang benar mulai dari property URL [Url properti] yang wajib diisi dalam format hiperteks [http atau https], name of property [nama properti], Channel dan kolom What is your property about [penjelasan singkat mengenai properti anda]. Jika sudah silahkan klik NextProgram Afiliasi Terbaik
  • Berikutnya silahkan isi kolom Property Categorization yang terdiri dari Country [negara], Type of advertiser [tipe pengiklan], Property category [kategori properti], akuisisi trafik dan ad format [format iklan]. Untuk akuisisi trafik bisa pilih beberapa bentuk seperti display network dan lead generations begitu juga dengan ad format, dimana anda bisa pilih lebih dari satu tag sekaligus mulai dari merchant page, coupon listing, homepage banner, text links, IAB banners, termasuk Instagram, Facebook dan Youtube Post. Jika sudah, silahkan klik NextProgram Afiliasi Terbaik
  • Lalu anda diminta untuk mengisi apakah anda ingin menggunakan fitur Premium Inventory atau tidak. Premium inventaris ini memungkinkan anda membagikan paket iklan atau kartu kepada pengiklan. Jika pengen pakai inventaris ini silahkan pilih Yes, jika tidak silahkan klik No. Oh iya, jika pilih Yes anda akan diminta untuk mengisi kolom inventaris mulai dari type iklan [otomatis disetel ke BPK atau biaya per klik], rate dan formatnya. Untuk format anda diminta untuk upload dalam format JPG, PDF atau PNG. Apabila sudah, silahkan klik Next.Program Afiliasi Terbaik
  • Di tahap terakhir anda diminta untuk mengisi kolom Personal Information mulai dari Your company name [nama perusahaan], email, nama awal, nama akhir, password lalu centang kolom term of conditions serta privacy policy. Apabila sudah, klik SubmitProgram Afiliasi Terbaik
  • Berikutnya silahkan buka email yang digunakan saat daftar ke Involve asia untuk konfirmasi pendaftaran yang dilakukan. Untuk konfirmasi, klik saja link yang ada di badan emailProgram Afiliasi Terbaik

Jika pakai adblocker, setelah di arahkan ke dashboard, anda akan diminta menonaktifkannya dulu untuk sementara.

Berikutnya silahkan pantau saja permohonan pembuatan akun di situs ini. Jika permohonan disetujui anda akan dapat pemberitahuan via email.

Setelah di approve, jangan lupa atur Property Submission Status dan mulai promosikan produk yang ada di laman advertiser directory.

Sebagai contoh, anda ingin ikut program advertise Blibli. Disini anda bisa lihat data-data seperti seperti available country, category, offer type, geolock, track type, offer description, scoring information dan validation and payment information.

Program Afiliasi Terbaik

Apabila anda ingin ikut program tersebut silahkan klik Apply lalu tunggu proses approvalnya apakah disetujui atau tidak.

Jika pengen ikut program lain, perhatikan detail negaranya apakah available dengan Indonesia atau tidak.

2. Niagahoster afiliasi

Kode Promo Niagahoster 2020

Beberapa waktu lalu, Deddy Corbuzier jadi salah satu bahan perbincangan di grup-grup affiliate marketing karena berhasil payout Rp. 68.1 juta dari program afiliasi Niagahoster.

Ini termasuk gede untuk ukuran orang biasa. Dan tahu gak dimana mantan pesulap itu membagikan tautan afiliasinya? Tentu saja di Channel Youtubenya.

Meski konversinya tergolong kecil sih menurut saya. Karena video itu sendiri ditonton lebih dari 2 juta orang namun konversinya hanya sekecil itu.

Dengan perkiraan, hanya 0.004% saja yang melakukan transaksi dari tautan yang dibagikan oleh presenter tersebut. Artinya hanya ada 68 orang yang melakukan checkout.

Selain Om Dedy banyak juga Youtuber, Blogger, Internet marketer yang meraup pendapatan dari afiliasi Niagahoster dan biasanya pihak mereka akan merilis nama-namanya setiap minggu.

Contoh diatas jika berbicara konversi yang didapatkan. Disisi lain, kalau berbicara teknisnya, soal bagaimana mempromosikan link afiliasi tersebut, ada beberapa metode yang bisa dipilih oleh anda, diantaranya:

  • Banner dalam segala ukuran yang bisa dipilih dan disesuaikan sama keinginan
  • Link afiliasi untuk pembelian hosting, domain, VPS dan produk lain
  • Afiliator bisa buat kode diskon sendiri dengan potongan harga hingga 70%

Dengan demikian, jika ada satu orang yang berhasil melakukan pembelian dari tautan afiliasi yang anda bagikan, yang mana ia melakukan transaksi pembelian hosting Personal seharga 1.300.000 maka anda akan dapat komisi hingga 1 jutaan lebih. Mayan, kan?

Cara daftar program afiliasi Niagahoster

Untuk bergabung sama Niagahoster afiliasi, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka halaman program afiliasi Niagahoster atau klik saja tautan ini
  • Setelah terbuka, silahkan klik tombol Gabung sekarangProgram Afiliasi Terbaik
  • Berikutnya silahkan isi data-data pendaftaran pada kolom yang tersedia mulai dari email, password, nama lengkap, alamat, kota, kode pos, dan nomor telepon. Jika sudah, klik Daftar SekarangProgram Afiliasi Terbaik

Sampai disini, proses pendaftaran anda sudah selesai dan secara otomatis anda akan diarahkan ke beranda situs.

Sementara, untuk mendapatkan link afiliasi Niagahoster, di beranda situs silahkan klik Member Area yang terletak dibagian header.

 

Program Afiliasi Terbaik

Biasanya sih ada notifikasi pop up berisikan pertanyaan dimana anda mendengar Niagahoster? Silahkan pilih saja satu dari jawaban yang ada.

Selanjutnya anda akan diarahkan ke dashboard client. Disini silahkan klik Afiliasi lalu aktifkan status dan pilih jenis promosi afiliasinya.

Program Afiliasi Terbaik

Setelah mendapatkan link atau banner afiliasi, silahkan promosikan link atau banner tersebut di blog, channel Youtube atau tempat lain yang diinginkan.

3. Hostinger afiliasi

Program Afiliasi Terbaik

Tak jauh beda dengan Niagahsoter afiliasi yang memungkinkan anda mempromosikan produk-produk digital seperti domain, hosting, VPS dan lain sebagainya.

Untuk bergabung ke Hostinger afiliasi anda tidak perlu repot harus beli domain dulu seperti ditempat lain. Disini anda tinggal daftar, tunggu persetujuan lalu mulai promosikan tautan atau banner afiliasi.

Sayangnya, tidak ada contoh siapa saja yang sudah berhasil memperoleh komisi dan berapa komisi yang didapatkan dari afiliasi Hostinger yang dirilis kepada publik.

Meski demikian, anda tetap bisa menghasilkan uang dari program satu ini untuk jangka waktu yang lama.

Cara daftar program afiliasi Hostinger

Lantas, bagaimana cara daftar program afiliasi Hostinger? Untuk mendaftar, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs afiliasi Hostinger atau klik saja tautan ini
  • Setelah masuk ke laman afiliasi Hostinger, silahkan klik Daftar AfiliasiProgram Afiliasi Terbaik
  • Disini anda akan diarahkan ke laman login afiliasi. Jika anda belum punya akun, silahkan klik tombol Partner Sign Up yang ada disebelahnyaProgram Afiliasi Terbaik
  • Lalu isi semua data-data yang diminta mulai dari detail akun, detail user dan Additional Questions. Apabila sudah, silahkan selesaikan chaptcha, centang kolom term of conditions dan hereby consent lalu klik Sign Up. Untuk Tax ID, jika anda belum punya NPWP, bisa di kosongkan dulu. Sementara, untuk pertanyaan Which of these best describe your activity? silahkan pilih Blog or content websiteProgram Afiliasi Terbaik

Setelah mendaftar, permohonan anda akan direview terlebih dahulu oleh pihak Hostinger. Biasanya sih proses reviewnya tak lebih dari 3 hari kerja.

Saat proses peninjauan, anda tidak bisa login ke akun anda. Jadi mohon bersabar dan tunggu pemberitahuan lebih lanjut via email jika pendaftaran anda sudah disetujui.

Oh iya, jika permohonan anda sudah disetujui, anda akan dapat Account Manager sendiri. Manajer akun saya sih bule, affiliator yang lain juga begitu kayaknya 😀

Hanya saja, untuk saat ini, belum tersedia tautan afiliasi Hostinger seperti di platform yang lain. Gak tahu kenapa.

Sehingga, jika anda ingin mempromosikan produk dari Hostinger, anda wajib gunakan assets lain seperti Banners, Screenshots dan Infographics.

4. Shopify affiliate

Program Afiliasi Terbaik

Selanjutnya program afiliasi Shopify yang bisa dimanfaatkan oleh anda untuk tambah-tambah penghasilan secara online.

Dengan bergabung ke situs afiliasinya, anda bisa memperoleh komisi hingga $58 untuk setiap pengguna yang daftar dan melakukan transaksi di Shopify.

Proses registrasinya pun mudah, dimana anda hanya perlu daftar pakai email, lalu isi data-data oposional seperti alamat pembayaran.

Selain itu, anda juga bisa memperoleh prioritas dukungan sebagai mitra, kapan saja dan dimana saja via telepon atau email.

Cara daftar program afiliasi Shopify

Tertarik untuk bergabung sama afiliasi shopify? Jika tertarik, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka situs Shopify terlebih dahulu atau klik saja tautan ini
  • Jika situsnya sudah terbuka, silahkan scroll sedikit kebawah sampai anda menemukan tulisan affiliate program di footer situs lalu klik disituProgram Afiliasi Terbaik
  • Berikutnya anda akan diarahkan laman afiliate program Spotify. Untuk bergabung silahkan klik Apply NowProgram Afiliasi Terbaik
  • Selanjutnya silahkan buat akun baru. Untuk buat akun baru silahkan isi Email, First name [nama depan], Last name [nama belakang], Password, Confirm new password lalu klik Create AccountProgram Afiliasi Terbaik
  • Disini anda diminta untuk mengisi kolom Account Information yang terdiri dari Business name, Primary business email address, Website (optional), Address dan data-data lain. Apabila sudah, silahkan klik view Your DashboardProgram Afiliasi Terbaik
  • Dan secara otomatis anda akan diarahkan ke dashboard Shopify partnersProgram Afiliasi Terbaik

Untuk mendapatkan tautan referral dari Shopify, anda diminta untuk buat toko baru. Di dashboard Shopify partners ada pilihan untuk buat toko baru.

Jadi silahkan buat toko baru dan ikuti langkah-langkah selanjutnya sampai toko online anda di Shopify selesai dibuat untuk mendapatkan tautan referral.

5. Domainesia

Program Afiliasi Terbaik

Sama seperti Niagahoster atau Hostinger, Domainesia adalah situs atau perusahaan yang bergerak dibidang jasa Hosting dan Domain.

Salah satu kelebihan dari program afiliasi Domainesia adalah tersedianya available balance yang diberikan kepada setiap pengguna baru setelah mendaftar ke program partner Domainesia sebesar Rp. 20.000.

Uang tersebut bisa digunakan untuk mempercepat pencairan saldo tanpa harus tunggu payment thresholdnya muncul.

Ada beberapa kelebihan jika anda bergabung ke program afiliasi Domainesia yakni komisi Up hingga 30%, banner khusus yang terus di update termasuk Promocode dan Limited time.

Cara daftar program afiliasi Domainesia

Lantas, bagaimana cara bergabung sama program afiliasi Domainesia? Jika pengen gabung, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka dulu situs Domainesia afiliasi atau klik saja tautan ini
  • Jika situsnya sudah terbuka, silahkan klik tombol Aktifkan akun AfiliasiProgram Afiliasi Terbaik
  • Disini anda akan diarahkan ke laman Log in akun afiliasi. Untuk buat akun baru, silahkan klik Sign UpProgram Afiliasi Terbaik
  • Lalu isi data-data yang diminta mulai dari nama depan, nama belakang, institusi apakah personal atau organisasi dan Password. Apabila sudah, silahkan klik Lanjut. Setelah klik lanjut, anda akan diminta lagi untuk mengisi informasi lain seperti alamat, kode pos, nomor telepon, nomor HP (Notifikasi SMS) dan pertanyaan tentang bagaimana anda mengetahui Domainesia. Apabila semuanya sudah diisi, silahkan centang kotak persetujuan lalu klik Sign UpProgram Afiliasi Terbaik

Berikutnya silahkan tunggu saja notifikasi dari Domainesia yang dikirim via email kalau akun anda sudah aktif.

Setelah aktif, selanjutnya apa? Selanjutnya masuk ke dashboard dan aktifkan akun afiliasi yang baru anda buat.

Setelah diaktifkan, anda sudah bisa mempromosikan produk dari Domainnesia pakai tautan referral, kode kupon dan banner.

6. Afiliasi template WordPress & Blogger

Program Afiliasi Terbaik

Selain afiliasi hosting, anda juga bisa memasarkan template Blogger atau WordPress orang lain untuk memperoleh pendapatan.

Jika blog atau channel Youtube anda mengangkat niche blogging, bisa gabung sama salah satu partner program afiliasi dibawah ini.

Dan ada beberapa partner program affiliate marketing yang saya rekomendasikan, diantaranya:

a. SugengID

Blog satu ini sudah tidak asing lagi di kalangan para blogger. Mas Sugeng, begitu sapaan akrabnya, adalah salah satu pembuat template Blogger terbaik saat ini.

Template buatannya sudah banyak digunakan oleh para blogger. Sebagai contoh, VioMagz yang dikenal sebagai template Blogger yang paling populer karena berbagai alasan.

Sayangnya, untuk menjadi afiliasi Sugeng.id anda harus jadi konsumen terlebih dahulu. Artinya, anda harus beli temanya dulu untuk kemudian dipromosikan kembali pakai tautan afiliasi.

b. Idtheme

Anda juga bisa memasarkan produk-produk dari Idtheme yang juga termasuk salah satu tempat jual beli tema WordPress yang cukup populer.

Produk-produk Idtheme ini banyak digunakan oleh Media lokal Indonesia karena templatenya dibuat khusus untuk blog berita.

Untuk gabung afiliasi idthema anda harus buat akun kentooz terlebih agar bisa dapat tautan referral dari Idtheme langsung.

c. Generate Press

Generate press adalah salah satu platform jual beli template WordPress terbaik saat ini yang menurut saya cukup unik.

Hanya saja, untuk bisa bergabung sama program afiliasinya, anda harus jadi pelanggannya dulu. Artinya, anda melakukan pembelian produk di situs tersebut.

d. Happy Themes

Happythemes juga termasuk salah satu situs jual beli template WordPress terbaik dengan tampilan berkelas.

Dulunya, sebelum pakai Mediumish, saya pakai MyShare Pro yang merupakan salah satu template buatan Happy Themes.

Tampilannya oke, loadingnya cepat. Hanya saja, ada satu hal yang tidak saya suka dari My Share Pro yakni bulletnya yang gak rapi. Itu saja sih. Selebihnya oke!

Sementara, untuk bergabung sama program afiliasi Happy themes anda tidak perlu beli tema dulu, cukup daftar.

Setelah daftar silahkan dipromosikan tautan referral dari Happy themes ke Youtube, Blog atau media sosial milik anda.

7. Referral program microstock

Program Afiliasi Terbaik

Ada banyak sekali situs microstrok yang memungkinkan anda mendapatkan penghasilan tanpa harus unggah foto.

Dengan kata lain, tugas anda hanyalah merujuk orang. Ada dua jenis rujukan yang ada di situs microstock, yakni:

  • Mengajak creator baru untuk bergabung. Disini berarti anda merujuk orang-orang yang punya keahlian tertentu seperti desainer grafis atau fotografer untuk bergabung ke platform ini. Jika berhasil merujuk, anda akan dapat komisi yang besarannya tergantung sama keaktifan si creator yang dirujuk. Artinya, komisi yang diperoleh makin besar jika si creator aktif menggunggah karya di situs microstock
  • Mengajak konsumen untuk membeli produk-produk digital yang ada didalam situs. Jika orang yang anda rujuk itu melakukan pembelian, anda akan dapat komisi. Besaran komisinya tergantung sama harga produk dengan persentase 10-35% dari total pembelian

Oh iya, ada beberapa situs microstock yang menawarkan program seperti yang saya jelaskan diatas mulai dari Shutterstock, Freepik, iStock dan lain sebagainya.

Silahkan kunjungi situs tersebut satu per satu lalu daftar sebagai kontributor. Setelah daftar, anda akan dapat tautan referral untuk mengajak creator bergabung atau melakukan pembelian di platform.

Penutup

Selain program afiliasi diatas, ada juga program afiliasi lain dengan tawaran komisi yang cukup besar namun tidak saya masukkan dalam daftar diatas karena satu dan lain hal.

Misalnya program afiliasi properti seperti Commission Junction, Ratakan dan Clickbank termasuk program afiliasi photobook, afiliasi perumahan, afiliasi domain, afiliasi sepatu dan lain sebagainya.

Jika ada dari anda yang tahu jaringan afiliasi lain yang sudah terbukti membayar pengguna dan belum saya ulas diatas, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang 7+ program afiliasi terbaik 2020. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *