8+ Produk Penghasil Uang Milik Google Paling Legit

6 min read

cara

Mau dapat uang dari Google? uang gratis? Jika iya, sebaiknya gunakan 8+ produk penghasil uang milik Google paling legit dibawah ini.

Kadang kala, saat berselancar dengan Google, saya sering bertanya-tanya, apakah bisa mendapatkan uang dari Google secara langsung?

Sudah banyak artikel yang saya baca dengan tujuan untuk mendapatkan rekomendasi tentang cara dapat uang dari Google.

Namun sebagian besar caranya mengacu pada cara umum yang tidak spesifik menjelaskan produk Google apa saja yang memungkinkan penggunanya mendapatkan uang.

Cara umum itu kadang berkaitan dengan cara menghasilkan uang dari internet, aplikasi penghasil uang dan lain sebagainya.

Karena itulah saya kemudian berusaha mengumpulkan beberapa produk google penghasil uang gratis terbaru tahun 2020.

Beberapa aplikasi yang akan saya bahas dibawah ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda. Bahkan mungkin anda sudah jadi pengguna aktifnya sejak lama.

Layanan Google penghasil uang dibawah ini juga tidak tidak perlu lagi diragukan kredibilitasnya. Mengapa? Karena Google adalah satu perusahaan terbesar di dunia dengan indeks kepercayaan publik yang sangat tinggi.

Selain itu, Google juga dianggap sebagai aset online paling berharga yang memungkinkan seseorang memperoleh pendapatan bersih setiap hari atau setiap bulan.

Dan ini terbukti dari berbagai upaya Google untuk memberikan uang hingga miliaran dollar setiap tahun pada penerbit dan publishernya.

Dengan demikian, tidak perlu lagi bicara kredibilitas. Karena fakta diatas secara tidak langsung akan mematahkan mitos bahwa Google tidak membayar publishernya.

Saya juga termasuk salah satu orang yang bisa memperoleh penghasilan dari produk atau layanan Google karena saya jadi mitra Google AdSense.

Anda juga bisa memperoleh pendapatan reguler atau pendapatan pasif seperti saya dengan menggunakan salah satu layanan Google penghasil uang di bawah ini.

8+ Produk Penghasil Uang Milik Google Paling Legit

Sebenarnya, misi Google adalah menganalisis dan menyusun pengetahuan serta membuatnya mudah di akses oleh setiap orang.

Dengan kata lain, Google tidak dirancang untuk menjadi perusahaan bagi hasil dengan pengguna. Namun bukan berarti anda tidak bisa menghasilkan uang dari Google.

Di artikel kali ini saya hendak mengulas beberapa layanan milik Google yang memungkinkan anda, sebagai penggunanya, untuk menghasilkan uang tambahan.

Lantas, produk dan layanan apa saja itu? Pasti penasaran kan? Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan cara dapat uang dari google.

1. Google AdSense

produk google penghasil uang

Google adsense adalah salah satu situs penerbit iklan paling populer di dunia. Karena popularitas inilah maka Google Adsense pantas berada di peringkat pertama sebagai layanan Google penghasil uang.

Untuk bisa menghasilkan uang dengan Google AdSense, anda wajib punya situs web atau channel Youtube.

Untuk situs web atau blog ini, ada beberapa platform yang didukung oleh Google Adsense seperti Blogger atau Blogspot dan WordPress self-host.

Hanya saja, syarat untuk bisa menjadi publisher Google AdSense cukup ketat. Blog atau Chanel Youtube anda juga harus memenuhi kriteria dan pedoman kualitas ala Google agar bisa di monetisasi.

Untuk bergabung dengan Google Adsense gampang-gampang susah. Karena yang akan memeriksa status kelayakan konten anda adalah manusia dan bukan robot.

Jika dianggap layak, maka iklan akan mulai tampil di Blog atau channel Youtube milik anda. Di blog, iklan Adsense akan tampil dalam bentuk widget.

Sehingga anda wajib mengaturnya secara manual. Bisa juga pakai iklan AdSense otomatis yang memungkinkan Google menempatkan iklan di posisi-posisi strategis.

Sementara, di Youtube, iklan akan tampil secara otomatis. Namun pengguna bisa mengatur letak iklannya didalam video serta lokasi lain di featured video.

Nah saat iklan ini di klik oleh pengunjung, anda akan memperoleh penghasilan. Selain klik iklan, anda juga bisa dapatkan tambahan penghasilan dengan impresi per 1k tayang dan lain sebagainya.

Yang membuat Google AdSense populer adalah sistem bagi hasil yang sangat menguntungkan publisher.

Dimana, publisher akan mendapatkan 68% dari total pendapatan iklan, sisanya diberikan kepada Google dan untuk uang administrasi seperti biaya transfer, biaya pengiriman pin dan lain sebagainya.

Berbicara tentang Google AdSense, ada beberapa artikel terkait yang sudah saya bahas sebelumnya, seperti:

2. Google pay

produk google penghasil uang

Google pay adalah teknologi digital finance peer to peer yang bisa digunakan oleh siapapun asalkan sistem operasi ponsel sudah kompatibel dengan versi G-Pay saat ini.

Sebagai salah satu pembayaran digital yang cukup populer di beberapa tempat, Google pay juga punya program bagi hasil dengan pengguna yang cukup menguntungkan.

Oh iya, untuk anda yang belum pernah dengar layanan ini, Google pay adalah hasil integrasi antara Android Pay dan Google Wallet.

Untuk bisa menggunakan G-Pay, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Download dan instal G-Pay di Google Play store atau klik saja tautan ini
  • Setelah itu lakukan registrasi seperti biasa. Jangan lupa tambahkan rekening bank di dalam aplikasi untuk bisa menggunakannya
  • Setelah itu gunakanlah G-Pay untuk melakukan transaksi baik itu pembayaran atau pembelian dengan mudah

Dengan Google Pay anda bisa membuat PIN UPI rekening bank yang di input saat melakukan pembayaran pertama dan selanjutnya.

Oh iya, anda juga bisa mengatur pin aplikasi agar lebih aman digunakan dan tidak diakses oleh orang lain.

Lantas, bagaimana sih cara menghasilkan uang dengan G-Pay? Caranya sangat mudah. Anda tinggal mengundang teman untuk bergabung dengan G-pay.

Apabila ada teman anda undang itu menginstal G-Pay dan melakukan pembayaran pertama, maka anda akan mendapatkan komisi 51% dari total pembayaran.

Cookie refferal program G-Pay juga berlaku selamanya dan tersimpan di perangkat android. Jadi, kapanpun teman anda menginstal dan melakukan transaksi, tetap akan dianggap sebagai hasil link refferal anda.

Yang terpenting, mereka masih menggunakan perangkat Android yang sama alias belum ganti HP baru.

3. Youtube Channel

produk google penghasil uang

Diatas sebenarnya sudah saya singgung tentang ini. Agar lebih jelas maka saya membahasnya secara terpisah.

YouTube adalah salah satu aplikasi berbagi video paling populer di dunia dengan total pengguna mencapai jutaan orang per hari.

Selain itu, YouTube juga memungkinkan pengguna untuk menghasilkan uang dengan mudah dan gratis.

Syarat-syaratnya cukup sederhana, dimana anda harus menjadi content creator di Youtube. Untuk menjadi content creator, anda wajib punya Channel Youtube.

Setelah punya Channel, langkah berikutnya adalah mulai mengupload video-video terbaik buatan anda di Youtube.

Apabila sudah memenuhi syarat monetisasi dengan Google AdSense, dimana syarat itu mengharuskan Channel anda sudah di subscribe oleh 1.000 orang dan video-video anda sudah ditonton selama 4000 jam, maka anda sudah bisa memonetisasinya.

Untuk memonetisasinya, anda harus menjadi mitra Google AdSense yang terintegrasi sama platform Youtube.

Jika channel anda disetujui, maka anda sudah bisa menghasilkan uang dari iklan yang tampil di video anda.

Untuk penjelasan lebih detail dengan lengkap mengenai cara menghasilkan uang dari Youtube, saya sudah bahas pada beberapa artikel saya sebelumnya dibawah ini:

4. Google Opinion Rewards [Belum tersedia di Indonesia]

produk google penghasil uang

Patut diketahui, Google Opinion Rewards ini tidak termasuk dalam kategori penghasilan reguler seperti yang sudah saya bahas di poin sebelumnya.

Untuk bergabung dengan google Opinion Rewards, anda wajib mendownload dulu aplikasinya di Google Play Store.

Pada dasarnya, aplikasi ini dibuat oleh tim survey google dan pengguna harus bisa menjawab survey dengan cepat untuk mendapatkan kredit Google Play.

Survey biasanya dikirim setiap minggu, kadang kala lebih lama. Setelah mengisi kuisioner atau survey, anda akan mendapatkan hadiah.

Kredit yang didapatkan bisa digunakan untuk membeli aplikasi berbayar di Google play. Anda juga bisa mendapatkan kredit permainan hingga $1,00 setelah menyelesaikan survey.

Sayangnya, Google opinion rewards ini belum tersedia di Indonesia. Namun banyak orang indo yang mengakalinya dengan menggunakan VPN untuk bisa menghasilkan uang dari Google opinion rewards ini.

5. Link referral G-Suite

produk google penghasil uang

Google juga menawarkan program referensi kepada pengguna G-Suite untuk menghasilkan uang tambahan dari layanan premium milik Google tersebut.

Dengan kata lain, apabila ada orang yang berhasil bergabung dengan G-suite lewat program rujukan yang anda buat, maka anda akan mendapatkan hadiah.

Hadiah dari google lewat G-suite pun cukup gede. Setiap orang yang berhasil diajak dan menjadi pelanggan G-suite, anda akan memperoleh komisi hingga $5,7 per orang.

Hanya saja, pendapatan ini bergantung pada wilayah tempat anda tinggal dan harga yang dikeluarkan oleh pelanggan G-Suite dari rujukan anda.

Secara umum, ada dua cara mendaftar menjadi pelanggan premium G-suite, yakni dengan G-Suite Basic dan G-Suite Bussiness.

Dua-duanya bisa menghasilkan uang. Asalkan anda juga menjadi pengguna dua platform tersebut, terlebih untuk anda yang sudah pernah berlangganan G-Suite sebelumnya.

6. Google AdMob

produk google penghasil uang

Google Admob adalah perusahan periklanan seluler milik Google, yang fokus pada periklanan Aplikasi Andorid.

Dengan kata lain, Google Admob adalah versi lain dari Google AdSense. Google AdMob juga terintegrasi dengan Google AdSense, namun dengan nama dan platform yang berbeda.

Dan setiap orang bisa memonetisasi aplikasi buatan mereka dengan iklan AdMob. Untuk bisa menghasilkan uang dari Google AdMob anda wajib punya aplikasi yang sudah jadi dan ingin memonetisasinya.

Sama seperti Google AdSense, penghasilan publisher akan meningkat apabila aplikasi buatannya populer dan digunakan oleh banyak orang.

Menariknya lagi, proses pendaftaran di AdMob enggak seribet dan seketat Google AdSense. Dan biasanya iklan akan tampil dalam tiga bentuk yakni Banner, Video dan iklan Native atau asli.

Selain itu, anda juga bisa mengaktifkan satu atau lebih ID Unit iklan untuk memaksimalkan pendapatan.

Fungsi ID ini untuk mengidentifikasi tempat-tempat didalam aplikasi yang memungkinkan iklan tampil ditempat yang paling strategis. Fungsinya mirip dengan iklan AdSense otomatis.

Selain itu, AdMob juga menggunakan SDK iklan seluler milik Google yang membantu pengembang untuk memperoleh wawasan tentang data pengguna dan untuk memaksimalkan pendapatan mereka dari AdMob.

Idealnya, AdMob juga termasuk salah satu cara menghasilkan uang dari Google Play Store dengan mudah dan gratis.

7. Blogger.com

produk google penghasil uang

Blogger.com adalah salah satu platform penghasil uang milik Google yang cukup tren digunakan. Untuk mendapatkan uang dari platform ini, anda harus membuat konten.

Jenis konten yang disiapkan cukup variatif. Anda bisa memilih konten teks, gambar, video, audio-visual dan lain sebagainya.

Salah satu kelebihan blogger di platform lain adalah anda bisa menggunakannya untuk mendapatkan uang secara gratis dan mudah.

Untuk mendapatkan uang, anda bisa bekerja sama [menjadi mitra] dari Google AdSense seperti yang sudah saya jelaskan dibagian atas.

Selain Google adsense, juga tersedia beragam platform periklanan lain. Platform ini juga sudah saya bahas di artikel saya sebelumnya yang berjudul 21 platform periklanan Alternatif selain Google AdSense.

Di blog ini juga saya sudah membahas beragam tips dan trik untuk menjadikan blog sebagai sumber penghasilan anda, diantaranya:

8. Google Maps

produk penghasil uang milik Google

Pernah gak anda bertanya-tanya, apakah ada cara dapat uang dari Google Maps? Awalnya saya pikir kalau dapat uang dari Google Maps itu mustahil.

Tapi ternyata saya keliru. Untuk dapat uang dari peta daring ini anda bisa memaksimalkan fitur local guide yang teritegrasi dengan akun Google milik anda.

Setelah dimaksimalkan, langkah berikutnya adalah mengajukan proposal kepada pemilik usaha entah itu restoran, mall, gedung, pengelola tempat wisata dan lain sebagainya.

Jika proposal diterima, anda akan memberikan review. Cara reviewnya pun mudah dimana anda tinggal memasukkan foto atau video dalam ulasan anda tentang tempat tersebut.

Hanya saja, agar proposal anda diterima, setidaknya anda sudah berstatus Street View Trusted Photographer (SVTP) di Google Maps.

Status ini adalah status tertinggi local guide Google Maps. Meski tidak dibayar langsung oleh Google seperti aplikasi lain, tapi cara ini tetap bisa dimaksimalkan oleh anda untuk dapat uang.

Penutup

Anda bisa memanfaatkan berbagai layanan milik Google diatas untuk mendapatkan uang dari Google secara legal.

Sebelum menghasilkan uang dari Google, perhatikan ketentuan layanan dan penggunaan yang sudah ditulis oleh Google.

Karena Google sangat sensitif terhadap pelanggaran, sekecil apapun itu. Mereka juga sering melakukan update terhadap ketentuan dan layanan tersebut, jadi pastikan anda selalu mengupdatenya.

Nah demikian artikel tentang 8+ produk penghasil uang milik Google paling legit 2020. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *