Silvanna Samaliwu Best investment on life is skill, trust, experiences, knowledge, passion, study case. You can success if you have been wide it [Investasi terbaik dalam hidup adalah keahlian atau kemampuan, pengetahuan, passion dan pengalaman dalam mempelajari akibat. Anda bisa sukses jika mengembangkan hal tersebut]

Podcast Adalah: Pengertian, Cara Buat dan Cara Menghasilkan Uang

15 min read

podcast adalah

Bagi saya pribadi, podcast adalah rekaman audio yang lebih modern dan fleksibel dimana setiap orang bisa membuat dan memperdengarkan rekaman tersebut pada orang lain.

Namun pengertian ini tentu saja bias dan belum teruji [secara ilmiah]. Makanya, akan saya ulas definisi podcast lebih rinci lagi dibawah.

Tren penggunaan podcast di Indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu. Beberapa aplikasi podcast yang saya gunakan menunjukan hal itu dimana ada satu aplikasi dengan user aktif hampir mencapai 1 juta orang.

Kalaupun angka itu bukanlah angka real alias masih perlu dibuktikan lebih lanjut tapi ada kemungkinan jumlah pengguna podcast akan mengarah ke sana dua atau tiga tahun kedepan.

Saya sendiri lebih senang dengar podcast ketimbang nonton Youtube, membaca atau mendengar radio.

Perlu diketahui juga, meski sama-sama siaran, podcast dan siaran radio punya perbedaan dalam banyak hal salah satunya adalah fleksibilitas.

Sebelum lanjut, baiknya saya ulas dulu pengertian podcast itu seperti apa agar artikel ini lebih lengkap.

Pengertian podcast adalah

Sederhananya, podcast adalah siaran audio yang dilakukan oleh seseorang atau lebih menggunakan koneksi internet.

Secara etimologis, podcast berasal dari dua kata yakni iPod dan Broadcasting yang dipopulerkan Apple lewat produk iPodnya di awal tahun 2005-an tapi baru populer tahun 2007.

Saya sendiri menganggap podcast sebagai rangkaian kata yang diucapkan seseorang atau lebih yang dibuat dalam bentuk audio atau rekaman suara dengan topik pembicaraan tertentu, makanan atau pengalaman sehari-hari misalnya.

Dari sudut pandang ini, maka podcast dapat di artikan sebagai:

  • Buku audio [audiobook]
  • Rekaman suara
  • Album rekaman
  • Dan lain sebagainya

Salah satu hal yang menarik dari podcast adalah tidak diperlukan modal dan optimasi sana sini untuk menjangkau audiens seperti saat membuat video di Youtube atau menjadi blogger.

Diatas sudah saya singgung perbedaan antara podcast dan siaran radio. Agar definisi podcast enggak bias sama definisi radio, maka saya wajib menjelaskan perbedaannya.

Berikut perbedaan antara podcast dan Radio, diantaranya:

  • Radio tidak menggunakan koneksi internet melainkan gelombang elektromagnetik sementara podcast wajib pakai [kecuali podcastnya sudah di download maka ia bisa didengar secara offline]
  • Radio tersedia hampir disebagian besar ponsel baik Android, iOS atau sistem operasi lama dan perannya sangat penting di saat-saat tertentu, bencana alam misalnya, sementara podcast harus didownload dan digunakan dalam aplikasi terpisah
  • Enggak semua orang bisa menjadi penyiar radio sementara semua orang bisa buat podcast sendiri [ini mah tergantung minat]
  • Radio punya jadwal siaran sementara podcast enggak
  • Radio punya durasi siaran sementara podcast tidak
  • Radio punya topik bahasan yang disusun oleh redaksi sementara podcast tidak [tapi bergantung pada podcaster]
  • Radio menghargai hak cipta music yang diputar atau yang digunakan sebagai backsound, sementara podcast bebas [Soal ini masih jadi perdebatan]
  • Penyiar radio harus menguasai elemen-elemen dasar penyiaran mulai dari penyusunan topik, pembuatan hingga penyampaian topik sementara podcast enggak perlu semua itu
  • Dan lain sebagainya [Jika anda tahu perbedaan lain yang enggak saya sebutkan diatas, silahkan tinggalkan di kolom komentar 🙂 ]

Podcast sendiri belum ada dalam pedanan Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI]. Namun, beberapa pakar menyebutkan kalau podcast berarti Siniar.

Siniar adalah siaran [berita, musik dan sebagainya] yang dibuat dalam format digital baik audio maupun video yang dapat diunduh melalui internet.

Kata ini memang belum secara utuh dan spesifik menggambarkan pengertian podcast karena menggunakan istilah siaran secara general.

Selain siniar, beberapa orang menyebut kalau podcast itu adalah webcast. Yang bagi saya justru enggak pas sama sekali.

Karena Webcast, yang punya kata kerja webcasting, dapat  diartikan sebagai live streaming entah itu musik, video atau audio dengan konten yang berbeda-beda.

Dan konten dalam webcasting bisa diartikan sebagai slide presentasi, tulisan, teks, gambar bergerak dan lain sebagainya.

Agar pengertiannya jelas ada baiknya saya gunakan kata podcast saja ketimbang siniar atau webcast. Alasannya karena podcast fokus pada siaran audio saja.

Jenis-jenis podcast

Ada beberapa jenis podcast secara umum, diantaranya:

1. Podcast wawancara

Idealnya, podcast wawancara adalah siaran audio dimana podcaster menghadirkan narasumber dalam setiap episode podcast yang ia buat.

Podacast wawancara ini biasanya dilakukan oleh Podcaster senior yang sering menghadirkan narsum yang berbeda-beda dan disesesuaikan sama topik yang ia bahas.

Sebagai contoh, jika yang dibahas adalah Makanan, maka podcaster bisa undang koki dan juru masak sebagai narasumber.

2. Podcast solo

Podcast solo biasa dilakukan oleh podcaster pemula atau mereka yang masih dalam tahap pembelajaran untuk menjadi podcaster. Meski terkadang podcastnya monolog dan maaf amburadul.

Tapi enggak semua podcaster solo demikian. Ada juga podcaster solo yang bagus dan menarik.

Topik yang dibicarakan pun enggak jauh-jauh sama kehidupan pribadi, pengalaman atau cerita lain yang disesuaikan sama topik yang dibahas.

Dari sudut pandang teknis, podcast jenis ini adalah podcast yang paling mudah dibuat sebab enggak perlu menghadirkan narasumber.

3. Podcast multi-host

Seperti juga namanya, podcast multi-host berarti podcast yang punya dua host atau lebih. Podcast jenis ini lebih dinamis ketimbang solo.

Jika anda enggak PD buat podcast atau masih bingung bagaimana caranya, coba ajak orang lain untuk buat podcast sama-sama.

Topiknya bebas alias anda bisa bicara apa saja mulai pengalaman anda selama menjadi mahluk hidup, kenangan, kisah cinta, diskusi tentang masalah-masalah sosial kemasyarakatan, opini dan lain sebagainya.

Nah itu dia beberapa jenis podcast yang populer saat ini. Dan untuk anda yang mau buat podcast, baca dulu deh tips dibawah ini.

4+ Tips buat podcast yang keren dan menarik

Sebelum buat podcast, ada beberapa tips yang bisa anda baca guna meningkatkan pengetahuan anda. Tips apa saja itu? Penasaran kan? Berikut disajikan 4 tips buat podcast yang keren dan menarik.

1. Buat pratinjau topik agar podcastnya lebih terstruktur

Pratinjau topik memungkinkan podcast buatan anda lebih terarah dan pembicaraannya lebih terstruktur.

Jika perlu, anda bisa buat naskah podcast sendiri. Beberapa podcaster profesional biasanya membuat naskah dengan struktur sederhana.

Dimulai dari topik yang dibahas, titik utama, data, kasus, kesimpulan, segue dan lain sebagainya. Jangan lupa tentukan durasi setiap naskah yang dibuat.

Dan dengan pratinjau topik yang bagus, pendengar akan betah mendengar podcast buatan anda.

Selain itu, pratinjau topik memungkinkan anda untuk menyeleksi mana topik yang menarik dan pantas dibicarakan dan mana yang enggak.

2. Latih lidah anda terlebih dahulu

Jika baru pertama kali buat podcast pasti banyak kesalahan yang akan dibuat. Makanya, sebelum buat podcast baiknya anda pemanasan dulu.

Pemanasannya gimana? Saran saya sih ada baiknya anda berlatih kata-kata dulu. Lebih spesifik lagi, latih lidah agar agar fasih saat berbicara.

Salah satu cara untuk melatih lidah adalah dengan mengucapkan kata-kata pembelit lidah.

Ada banyak kata-kata pembelit lidah yang bisa membantu anda agar bisa berbicara lebih jelas lagi, diantaranya:

  • Ular lari lurus muter-muter di trotoar
  • Jangan coba-coba cium cuma-cuma dengan cucu-cucuku kalau cuma mau cium cucu-cucuku cuma-cuma
  • Kuku kaki kakek kakek ku kayak kuku kaki kakak kakak ku
  • Dan lain sebagainya
3. Pilih niche yang paling dikuasai

Jangan kira jadi podcaster itu mudah. Enggak! Sebab selain harus fasih berbicara, anda juga harus memilih dan menentukan topik apa yang mau dibicarakan.

Dalam konsep lebih umum, topik tersebut dikenal dengan nama niche. Niche itu apa sih? Niche adalah ceruk yang dipilih seseorang saat membuat podcast.

Misalnya, jika anda jago bercerita maka anda bisa buat podcast story telling. Jika anda suka olah makanan ringan, buat podcast tentang resep.

Dengan niche yang tepat, anda bisa menjangkau audiens yang juga tepat. Dan biasanya mereka akan jadi pendengar yang loyal.

Ada beberapa topik podcast yang punya pendengar cukup banyak [termasuk saya sendiri], diantaranya:

  • Cerita lucu
  • Pengalaman pribadi
  • Kisah sedih
  • Horor
  • Traveling
  • Santai
  • Dan lain sebagainya
4. Cari tahu tujuan sebenarnya anda membuat podcast

Setiap orang punya tujuan yang berbeda-beda saat melakukan sesuatu, begitu juga saat anda mau buat podcast.

Apakah sekedar bersenang-senang atau untuk tujuan lain, promosi misalnya. Dengan mengetahui tujuan anda membuat podcast maka anda bisa tentukan langkah apa yang harus dilakukan setelahnya.

Cara buat Podcast di HP Android dan iOS

Sebelum buat podcast, baiknya siapkan dulu alat-alat yang dibutuhkan. Alat-alat ini bisa disesuaikan sama tujuan dan kebutuhan anda saat membuat podcast.

Sebagai contoh, jika anda hendak buat podcast yang professional, bisa gunakan beberapa alat-alat dibawah ini:

  • Microfon USB yang dapat terhubung ke port USB Laptop. Sebagian besar mikrofon saat ini sudah support fitur plug-and-play, dengan kata lain enggak diperlukan lagi driver instalasi. Jika enggak punya microfon bisa gunakan Mike atau RodePROCaster
  • Headphone stereo yang membantu menghilangkan gema saat berbicara
  • Handy Portable digital recorder yang membantu anda merekam audio ke perangkat eksternal sebelum diimpor ke komputer untuk di edit
  • Filter POP yang berfungsi menghilangkan bunyi klik yang keluar dari mulut saat berbicara didepan mikrofon atau Mike
  • Aplikasi pengeditan audio bisa gunakan Audacity yang support di MAC dan PC atau tools lain yang menurut anda pas dan cocok
  • Backsound yang biasa digunakan sebagai music intro atau outro. Anda bisa ambil backsound di beberapa situs free-royalty seperti Westia’s Music Collection dan Pond5

Dan untuk anda enggak punya modal lebih untuk beli alat-alat diatas, bisa kok buat podcast bermodalkan HP Android atau iOS.

Caranya? Dengan memanfaatkan beberapa aplikasi pembuat Podcast dibawah ini. Lantas, bagaimana cara buat podcast di HP Android dan iOS? Berikut caranya:

1. Cara buat podcast di Anchor

Anchor.fm adalah salah aplikasi yang memungkinkan anda untuk membuat Podcast dengan mudah.

Dengan anchor, anda bisa rekam podcast dimana saja, kapan saja dan memungkinkan anda mengimpor audio atau merekam suara jarak jauh dengan co-host.

Selain itu, ada banyak fitur menarik dari platform ini mulai dari trel latar yang cerdas, transisi dan pustaka audio bawaan yang memudahkan pengguna untuk memangkas atau mengedit rekaman.

Jika anda menggunakan iPad, Anchor memungkinkan anda untuk merekam suara terbagi yang cocok digunakan oleh podcast multi-host atau mereka yang menggunakan naskah atau script.

Selain fitur utama diatas, Anchor juga punya bumper, segmen dan sponsor iklan mandiri yang memungkinkan anda mendapatkan uang dari podcast.

Lantas bagaimana cara buat podcast di Anchor? Berikut langkah-langkahnya:

  • Download dulu Aplikasi Anchor di Google play store untuk anda pengguna Android dan di iOS store untuk anda yang menggunakan iPhone
  • Setelah terdownload silahkan instal dan buka aplikasi tersebut lalu registrasi menggunakan email aktif milik anda dengan cara klik tombol Continue with Googlecara buat podcast dengan Anchor
  • Untuk buat podcast pertama menggunakan Anchor klik tab menu I want to make a new podcastcara buat podcast dengan Anchor
  • Disini anda akan diarahkan ke laman perekaman silahkan klik tombol record dengan simbol mike untuk buat podcast barucara buat podcast dengan Anchor
  • Secara otomatis anchor akan mulai merekam suara anda. Jika anda kesalahan pengucapan, silahkan tambahkan bendera atau add flag. Fungsi flag ini untuk menandai kesalahan-kesalahan yang anda lakukan saat proses perekaman berlangsung sekaligus memudahkan anda untuk mengedit rekaman tersebutcara buat podcast dengan Anchor
  • Jika dirasa sudah cukup, silahkan tekan Stop. Jika belum, lanjut aja sampai anda puas sepuas-puasnya. Agar lebih berwarna, anda bisa tambahkan backsound atau suara di latar belakang. Untuk menambahkannya silahkan klik Add Background music di layar previewcara buat podcast dengan Anchor
  • Disini anda akan disodorkan daftar backsound yang disediakan anchor secara default. Silahkan pilih saja mana yang paling bagus menurut andacara buat podcast dengan Anchor
  • Jika musik latar belakang sudah selesai ditambahkan, silahkan klik tombol Save. Tombol ini berfungsi untuk menyimpan audio yang tadinya direkam termasuk backsoundnyacara buat podcast dengan Anchor
  • Setelah itu anda akan diminta untuk memasukkan judul episode podcast. Silahkan isi dengan judul yang sesuaicara buat podcast dengan Anchor
  • Meski sudah diberi nama namun podcast buatan itu masih dalam bentuk draft. Jika ingin menerbitkannya di Anchor, silahkan klik Publish yang terletak di kanan atas layar aplikasi cara buat podcast dengan Anchor
  • Disini anda akan diarahkan ke laman episode. Silahkan masukkan judul episode dan deskripsinya. Jangan lupa juga tambahkan background image atau gambar latar belakang agar lebih menarik. Pokoknya, buat sebagus mungkin agar orang-orang tertarik melihat pratinjau podcast sebelum mendengarnyacara buat podcast dengan Anchor
  • Selesai. Sampai disini anda sudah berhasil membuat podcast pertama. Proficiat, bro!

Anda juga bisa gunakan Anchor untuk mengunggah rekaman audio yang dibuat sendiri menggunakan aplikasi pembuat podcast lain.

Atau anda bisa mengunduhnya langsung ke perangkat anda untuk kemudian di upload ke platform lain, Spotify dan Google Podcast misalnya.

Untuk mengunggah podcast atau rekaman audio ke Anchor, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi podcast yang digunakan> lalu pilih My Podcast. Disini anda akan diarahkan ke laman Library. Untuk mengunggah podcast buatan anda silahkan klik Import yang terletak layar kanan atascara buat podcast dengan Anchor
  • Setelah itu anda akan diarahkan ke laman baru di gallery ponsel. Cari rekaman audio yang mau diupload lalu klik Unggahcara buat podcast dengan Anchor

Nah itu dia cara buat podcast di Anchor.fm. Untuk anda yang punya kendala saat buat podcast di Anchor, tinggalkan pertanyaan anda di kolom komentar.

2. Cara buat podcast di PenyuFM

PenyuFM adalah platform AudioBook, live streaming podcast dan Music yang dikembangkan oleh Treasure Ship company.

Disini tersedia beragam audiobook yang berisikan ratusan cerita atau novel populer yang direkam oleh podcaster profesional dengan backsound keren-keren.

Isi ceritanya beragam mulai dari kisah cinta horor, sejarah dan lain sebagainya. Fitur-fiturnya juga menarik, mulai dari one click subscription yang memungkinkan anda mensubscribe konten atau podcast yang disukai, berkomentar hingga melakukan live streaming pocast sendiri.

Anda juga bisa ikut event yang diselenggarakan oleh pihak PenyuFm yang memungkinkan anda mendapatkan rewards menarik termasuk uang.

Untuk anda yang ingin buat podcast menggunakan PenyuFm, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Download dulu penyu FM di Google play store atau klik saja tautan ini. Oh iya, saat ini ada event yang diselenggarakan PenyuFM yang memungkinkan pengguna mendapatkan uang hanya dengan memasukkan kode referral dan mengajak teman untuk bergabung. Kalau gak keberatan, anda bisa pakai kode referral dari saya ini: c2196. Untuk cara berpartisipasi dalam event silahkan baca disini.
  • Setelah berhasil di download langkah berikutnya adalah buka aplikasi Penyu lalu registrasi menggunakan email, nomor telepon, Line atau akun Facebook aktif milik andacara buat podcast dengan Anchor
  • Setelah berhasil registrasi anda akan diarahkan ke beranda aplikasi yang berisikan ribuan audiobook dan music. Untuk membuat podcast baru klik icon mike+ dibagian kanan atas layar atau bisa klik profil> icon Mike atau bisa klik menu Karya saya> lalu pilih buat Album. Dua cara pertama diatas memungkinkan anda memilih apakah membuat Podcast live atau album. Untuk pengguna baru hanya diizinkan untuk membuat podcast LIVE dan ini diprioritaskan kepada para Newbie. Sementara, jika ingin buat album, anda harus jadi member dulu di penyu.fmcara buat podcast dengan Anchor
  • Cara paling mudah untuk membuat podcast di PenyuFM adalah dengan memanfaatkan fitur LIVE. Untuk itu, silahkan klik icon mike+> lalu pilih Mulai LIVE> beri izin akses ke penyuFM seperti lokasi dan mikrofon lalu masukkan judul LIVE, Tag dan pilih Background lalu klik Mulai LIVE. Secara otomatis, podcast anda akan langsung LIVEcara buat podcast dengan Anchor
  • Jika ada notifikasi Surprise klik saja Konfirmasi untuk lanjutcara buat podcast dengan Anchor
  • Untuk berhenti membuat podcast LIVE silahkan klik icon shutdown dibagian kiri atas layar lalu klik Konfirmasicara buat podcast dengan Anchor

Nah sampai disini anda sudah bisa membuat podcast sendiri menggunakan PenyuFm. Jika anda rajin buat podcast live, PenyuFm akan beri hadiah spesial buat anda.

Jadi anda bisa gunakan aplikasi ini untuk dapatkan penghasilan tambahan dari podcast termasuk rewards-rewards menarik dari pihak aplikator.

3. Cara buat podcast di Spotify

Enggak tepat sih jika subjudulnya adalah cara buat podcast di spotify. Lebih tepatnya adalah cara upload podcast di Spotify.

Spotify bukan saja aplikasi pemutar musik yang memungkinkan anda mendengar jutaan lagu di satu aplikasi baik yang gratis atau premium.

Artinya, ada satu fitur lain di Spotify yang cukup menarik dan jarang digunakan. Fitur tersebut adalah Podcast.

Dan pengguna bisa unggah podcast buatan mereka di platform ini. Untuk anda yang ingin tahu cara unggah podcast di Spotify, berikut langkah-langkahnya:

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat podcast. Anda bisa memanfaatkan salah satu aplikasi pembuat podcast diatas entah itu PenyuFm atau Anchor
  • Jika podcast sudah jadi dan ingin diunggah di spotify, silahkan kunjungi Spotify for Podcaster atau klik saja tautan ini> setelah itu klik Log in di atas kanan layar. Jika sebelumnya anda sudah masuk ke Spotify di perangkat yang sama, tombol tersebut akan berubah menjadi tulisan Your Dashboardcara buat podcast
  • Jika anda belum punya akun silahkan klik tombol SIGN UP FOR SPOTIFY. Sementara jika anda sudah punya akun silahkan masuk sajacara buat podcast
  • Setelah itu klik tombol Get Startedcara buat podcast
  • Disini anda akan diminta untuk menyetujui term and conditions. Silahkan centang saja kolom disebelah tulisan i have read and agree to the terms and conditions. Sebelumnya, anda harus mengisi nama di kolom Your Legal name or LLC [jika anda adalah kelompok, lembaga atau perusahaan]cara buat podcast
  • Setelah itu masukkan link RSS feed di kolom yang sudah disediakan lalu klik Next. Untuk cara pembuatan RSS Feed podcast, silahkan klik disinicara buat podcast
  • Selanjutnya, pihak Spotify akan memverifikasi dulu RSS feed yang dimasukkan sebelum mengindeks podcast yang ada di blog atau situs anda. Biasanya, anda akan mendapatkan kode RSS berisikan delapan digit angka ke email yang terkait dengan umpan RSS yang dimasukkan. Silahkan cari saja di email umpan RSS yang tadi dimasukkan lalu copy kodenya dan kembali ke halaman verifikasi lalu pastekan kode tersebut di kolom yang tersedia. Jika sudah silahkan klik Nextcara buat podcast
  • Di menu Add Podcast info, silahkan isi data-data podcast berupa informasi Negara, bahasa, kategori, penyedia layanan lalu klik Nextcara buat podcastcara buat podcast
  • Jangan lupa lihat pratinjau data terlebih dahulu dengan cara klik Preview untuk memastikan apakah informasi tentang podcast yang di submit itu sudah benar. Jika sudah betul, silahkan klik Submitcara buat podcastcara buat podcast

Setelah di submit biasanya tim Spotify akan mereview podcast anda terlebih dahulu. Jika layak maka akan di upload ke aplikasi Spotify baik di iOS dan Android.

Dan untuk anda yang punya kendala saat mengunggah podcast di Spotify, yang paling sering adalah bagaimana membuat RSS Feed, anda bisa gunakan Castos.

Castos adalah layanan penyangga yang membantu anda untuk mengunggah podcast di Spotify dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi castos atau klik saja tautan ini. Setelah masuk ke Castos, silahkan registrasi dulu menggunakan email aktif milik anda. Setelah mendaftar, silahkan arahkan kursor ke menu profil lalu klik Integrationscara buat podcast
  • Setelah itu klik icon Spotifycara buat podcast
  • Jika sudah klik Send To Spotify. Secara otomatis, Castos akan mengirim podcast anda ke Spotify untuk ditinjau. Jika podcast anda di approve, maka anda bisa mendengarnya langsung di aplikasicara buat podcast

Saran saya sih ada baiknya anda pakai Castos saja ketimbang mendaftar langsung di laman Spotify for podcaster.

Selain lebih mudah, juga ada fitur-fitur keren seperti upload podcast, integrasi mudah dan enggak perlu RSS Feed.

Terlebih jika anda gak punya situs web. Karena satu-satunya jalan untuk mendapatkan RSS feed yang bisa diintegrasikan sama Spotify adalah dengan punya blog atau situs Podcast.

4. Cara upload podcast di iTunes

Untuk menjangkau audiens yang lebih banyak, anda bisa upload Podcast buatan anda ke iTunes, yang merupakan aplikasi pemutar musik default Apple.

Di aplikasi pemutar musik ini anda bisa melihat, mengelola atau memainkan music dan Podcast dengan mudah. iTunes juga tersedia di iPod, iPhone dan iPod Touch.

Dan untuk anda yang ingin podcast buatan anda tampil di iTunes, berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat podcast sendiri entah menggunakan aplikasi pembuat podcast diatas atau merekam audiobook secara manual
  • Jika sudah, jangan lupa edit agar hasilnya lebih menarik. Siapkan juga deskripsi video mulai dari judul, ringkasan, kategori dan info kontak. Selain itu, pastikan podcast buatan anda punya resolusi 1400×1400 dengan resolusi maksimum 3000×3000. Untuk gambar sampul bisa gunakan yang gambar yang formatnya JPG atau PNG
  • Agar bisa menjangkau audies yang banyak, silahkan pilih hosting terlebih dahulu. Ada banyak hosting podcast yang cukup populer saat ini seperti SoundCloud, Libsyn, Blubry, Amazon S3, Podbean, PodOmatic dan BuzzSprout. Saran saya, pilihlah hosting dengan fitur dan spesifikasi paling menarik, termasuk juga harganya. Sebagai contoh, PodMatic yang memberikan layanan gratis hosting sebesar 500MB dan bandwith 15GB per bulan. Jika ingin lebih, maka anda bisa daftar ke akun Pro dengan hosting 2GB serta bandiwth 100GB. Untuk biayanya tak lebih dari $8,32 per bulan
  • Selanjutnya adalah mengambil URL RSS Feed yang disediakan oleh penyedia hosting. Dan anda harus menghubungkan RSS Feed tersebut ke akun iTunes agar bisa muncul di Apple Podcasts.
  • Jika sudah, langkah berikutnya adalah mengunduh aplikasi iTunes di Google play jika anda menggunakan Android atau bisa daftar ke situsnya langsung dengan cara klik tautan ini. Setelah aplikasi berhasil terdownload silahkan masuk menggunakan apple ID milik anda. Jika anda belum punya Apple ID bisa daftar disini
  • Setelah itu masuk ke Podcast Connect Apple dan Upload Pocast buatan anda disitu
  • Berikutnya adalah tunggu review saja dari pihak iTunes. Jika disetujui maka podcast anda akan muncul di aplikasi iTunes dan jika tidak, silahkan upload podcast yang lain
5. Cara upload podcast di Google Play Music dan Google Podcast

Salah satu aplikasi podcast yang cukup populer adalah Google Podcast. Hanya saja, belum tersedia fitur buat podcast sendiri didalam aplikasi seperti yang terdapat di Anchor dan PenyuFM.

Dengan kata lain, agar podcast buatan anda bisa muncul di Google Podcast, anda harus menguploadnya dulu ke laman portal Podcast Google Play.

Oh iya, jika anda mengunggah podcast anda di Portal Podcast Google Play, ia akan muncul di Google Podcast dan Google Play Music.

Dan untuk anda yang ingin unggah podcast buatan anda ke Google Podcast dan Google Play Music, berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi dulu situs Google Play Portal Podcast atau klik saja tautan ini dan masuk menggunakan akun Gmail aktif milik anda
  • Setelah itu copy dan pastekan RSS Feed milik anda di kolom yang tersedia
  • Jika sudah, klik Submit RSS Feed dan verfikasi kepemilikan RSS tersebutcara buat podcast
  • Jika RSS Feed berhasil di verifikasi, langkah berikutnya adalah mengunggah podcast buatan anda di situs ini lalu klik Publish Podcastcara buat podcast

Oh iya, pastikan untuk terus memeriksa direktori podcast yang anda unggah. Untuk memeriksanya, bisa klik tautan ini.

Hanya saja, per tahun 2020 ini, portal podcast Google belum tersedia di Indonesia. Jika anda klik tautan di atas, maka anda akan diarahkan ke laman seperti gambar dibawah ini.

cara buat podcast

7+ Cara Menghasilkan Uang Dari Podcast

Setelah buat podcast dan populer, selanjutnya apa? Anda bisa memonetisasinya. Dengan kata lain, anda bisa mendapatkan uang dari podcast tersebut.

Emang podcast ada duitnya ya? Jika ada, bagaimana cara mendapatkan uang dari Podcast?

Sebenarnya, untuk menghasilkan uang dari podcast itu agak sulit. Berbeda dengan blog atu Youtube dimana anda bisa menjadi partner program AdSense.

Namun bukan berarti anda enggak bisa dapat duit dari podcast. Berikut disajikan cara paling umum dapat uang dari podcast, antara lain:

1. Memanfaatkan fitur aplikasi

Sebagai contoh, jika buat podcast di penyuFM, anda bisa manfaatkan beberapa fitur aplikasi agar bisa dapat duit.

Salah satu fiturnya adalah Podcast LIVE yang memungkinkan anda untuk mendapat 2000 Mutiara per hari jika anda bisa buat podcast Live selama 60 menit setiap hari.

Nah, mutiara inilah yang bisa ditukar dengan uang. Atau, anda bisa upload album podcast yang memungkinkan anda dapat bayaran dari situ, yang terpenting anda sudah jadi member PenyuFM terlebih dahulu.

Cara lain untuk mendapatkan uang di PenyuFM adalah dengan mengundang teman, share aplikasi ke media social atau check in setiap hari.

Ada juga kontes yang diselenggakan oleh PenyuFm, biasanya berlangsung tiap bulan, dengan hadiah berupa uang tunai, Handphone atau rewards lain seperti Instax camera, Smartwatch, sertifikat dan lain sebagainya.

Di aplikasi lain mungkin ada event serupa. Namun karena saya jarang buka aplikasi lain, jadi saya belum memastikan bagaimana cara dapat duitnya apakah sama atau berbebda.

2. Sponsor

Cara kedua untuk mendapatkan uang dari Podcast adalah dengan mencari sponsor. Model sponsornya gimana? Ya iklan.

Dan iklannya tentu saja dalam bentuk audio yang disisipkan ke dalam rekaman. Jadi, si podcaster akan mempromosikan produk suatu perusahaan ke dalam podcast buatannya untuk kemudian disiarkan kepada para pendengarnya.

Dari sinilah ia akan mendapatkan uang. Hanya saja, untuk bisa dapat sponsor semacam ini, akun anda sudah harus populer dan punya banyak pendengar.

Selain iklan audio, anda juga bisa dapat uang dengan melibatkan sponsor dalam podcast, menaruh brand di judul dan lain sebagainya.

3. Kursus

Kalau anda sudah punya pemirsa yang banyak dan punya pendengar yang loyal, anda bisa memanfaatkan hal itu untuk dapat uang tanpa harus mengganggu telinga pendengar seperti yang terdapat dalam iklan audio.

Caranya? Dengan membuka kursus podcast. Dengan kata lain, anda harus menarik fee dari peserta yang tertarik ikut kursus.

Atau bisa juga buat album kursus dengan fitur premium. Agar bisa didengar maka pengguna harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu.

4. Service podcast premium

Service podcast premium adalah salah satu cara yang cukup umum untuk dapat duit dari podcast dan biasanya dilakukan oleh podcaster profesional yang ahli di satu bidang.

Seperti dokter, apoteker, koki, jurnalis, artis dan lain sebagainya. Topik bebas tapi disesuaikan sama profesi yang ia lakoni.

Misalnya, pengalaman seorang dokter yang terlibat langsung dalam proses penelitian untuk membuat vaksin COVID-19.

Nah agar orang-orang bisa mendengar ini, mereka harus membayar sejumlah uang atau fee registration.

Konsep lain dari premium podcast yang bisa anda coba adalah dengan menawarkan konten yang benar-benar beda dan jarang terjadi.

Seperti misalnya, wawancara dengan Paus Roma, diskusi dengan Kim Jong Un terkait dengan proyek nuklir Pyongyang, kesan dan pesan selama menjadi presiden dengan Joko Widodo dan lain sebagainya.

5. Promosikan produk sendiri

Misalnya, anda punya produk obat urut Assoy dan ingin menjangkau konsumen seluas mungkin, anda bisa memanfaatkan podcast untuk promosi produk sendiri.

Siapa tahu ada pendengar yang tertarik lalu menghubungi anda untuk membeli produk obat urut Assoy buatan anda.

6. Link affiliasi

Biasanya, saat anda akan mengunggah podcast entah di PenyuFm atau di Google Podcast, ada kolom deskripsi tentang podcast tersebut.

Nah anda bisa memanfaatkan kolom ini untuk menempatkan link affiliasi atau promosi produk sendiri.

Jika ada orang yang membeli produk tersebut dari link affiliasi yang anda tempatkan di link deskripsi podcast, anda akan dapat komisi.

7. Donasi

Donasi berarti meminta pendengar untuk mensupport anda agar lebih semangat lagi dalam membuat podcast.

Jika podcast buatan anda sifatnya hiburan atau lucu-lucuan, pasti akan ada pendengar yang rela beri donasi kepada anda.

Sebenarnya, ada beberapa cara lain yang cukup umum untuk mendapatkan uang uang dari podcast seperti virtual submit, jual tiket untuk tatap muka semacam meet and greet berbayar dan lain sebagainya.

Namun cara yang ini belum terlalu populer di Indonesia. Selain itu, podcast juga masih megap-megap dan belum sepopuler Youtube.

Jika nanti ada cara lain untuk menghasilkan uang dari Podcast dan sudah banyak dilakukan di Indonesia, akan saya update daftar diatas.

Penutup

Sebagai salah satu alternatif hiburan yang lebih ramah dan aman dari pansos, podcast punya pendengar dan pemirsa yang loyal.

Makanya, tren penggunaan podcast dari hari ke hari terus meningkat. Dengan kata lain, pasar dan pengguna podcast bakalan meningkat.

Jika sudah begini, tidak menutup kemungkinan akan ada banyak orang yang lari ke podcast sekedar menghibur diri atau untuk menghasilkan uang dari sana.

Demikian artikel tentang Podcast adalah: Pengertian, cara membuat dan cara menghasilkan uang dari podcast. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Silvanna Samaliwu Best investment on life is skill, trust, experiences, knowledge, passion, study case. You can success if you have been wide it [Investasi terbaik dalam hidup adalah keahlian atau kemampuan, pengetahuan, passion dan pengalaman dalam mempelajari akibat. Anda bisa sukses jika mengembangkan hal tersebut]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *