Perbedaan Portofolio, CV dan Resume, Sudah Tahu Belum?

Pernah dengar tiga istilah diatas? Jika pernah, tahu gak perbedaan portofolio, CV dan Resume termasuk pengertiannya apa?

Sebenarnya, ketiganya punya kaitan satu dengan yang lain. Karena biasanya, saat melamar satu pekerjaan, pelamar diminta memasukkan portofolio, resume atau mungkin CV.

Berkas paling umum yang wajib dimasukkan adalah CV, yang berisikan profil pelamar mulai dari tanggal lahir, riwayat pekerjaan sampai riwayat organisasi.

Tapi, apa sih CV itu? Apa yang dimaksud dengan Portofolio? Apa itu Resume? Apa perbedaan CV dan Resume?

Termasuk pertanyaan lain terkait seperti perbedaan portofolio dan CV? Perbedaan Portofolio dan Resume?

Penasaran jawaban dari semua pertanyaan diatas? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

1. Apa itu Portofolio?

Perbedaan Portofolio, CV dan Resume

Portofolio, yang kadang disebut portofolio kerja, adalah pengelompokan pekerjaan yang mempresentasikan kemampuan pencari kerja.

Bentuk portofolio ini cukup variatif ada yang dicetak di atas kertas, ada yang bentuknya online format PDF dan Word atau kombinasi keduanya.

Bisa juga diartikan sebagai kurasi karya terbaik layaknya penulis yang mengumpulkan artikel terbaik yang pernah ia tulis.


Baca juga:


Atau mungkin, developer situs web yang mengambil contoh desain yang pernah dibuat olehnya untuk digunakan saat melamar satu pekerjaan.

Intinya begini, portofolio kerja adalah salah satu cara bagi pencaker [pencari kerja] menunjukan hasil karya terbaik yang pernah dibuat.

Jika portofolio itu dibuat secara online, bisa buat web portofolio sendiri atau pakai situs pencari kerja pihak ketiga seperti LinkedIn.

Sampai disini sudah paham kan apa itu portofolio? Jika sudah, mari lanjut ke definisi berikutnya yakni CV.

2. Apa itu CV?

Perbedaan Portofolio, CV dan Resume

CV adalah singkatan dari Curriculum Vitae, yang dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai dokumentasi perjalanan hidup seseorang.

Dengan kata lain, CV adalah biodata rinci dan komprehensif yang berisi pencapaian akademik, presetasi non-akademik, riwayat pekerjaan, riwayat organisasi dan informasi penting seseorang.

Salah satu ciri atau bentuk dari CV adalah informasinya yang dibuat dalam urutan kronologis terbalik berdasarkan tahun paling baru ke lama.

Sekalipun tidak ada syarat berapa panjang CV, mayoritas di buat dua sampai sepuluh halaman atau mungkin lebih panjang.

Kalau di Indonesia, rata-rata CV dibuat satu atau dua halaman saja. Lebih pendek katanya lebih bagus tapi itu khusus fresh graduate saja.

Idealnya, makin banyak riwayat hidup seseorang makin panjang pulsa isi CV. Dengan demikian makin banyak lembar yang diperlukan.

Sekilas, CV mirip-mirip dengan resume yang akan saya ulas di poin berikutnya karena memberikan informasi di masa lampau tentang sesorang meski fokusnya sudah berbeda.

3. Apa itu Resume?

Perbedaan Portofolio, CV dan Resume

Definisi terakhir yang harus di ulas adalah Resume. Lantas, apa sih resume itu? Mengapa disebut mirip-mirip dengan CV?

Pada dasarnya, resume adalah dokumen yang merangkum riwayat karir, ketrampilan dan riwayat pendidikan seseorang.

Informasi dalam resume mencakup ringkasan pernyataan, ketrampilan khusus dan deskripsi singkat tentang prestasi profesional yang relevan.

Bentuknya disajikan dalam urutan kronologis terbaik yang dimulai dari pekerjaan anda saat ini diikuti pekerjaan di masa lalu.

Artinya, dalam resume harus ada informasi riwayat pendidikan, riwayat organisasi yang relevan sampai pekerjaan sosial yang mungkin pernah diikuti.

Dalam beberapa kasus, jika tidak punya pengalaman kerja profesional, bisa cantumkan pengalaman magang sampai projek pribadi yang pernah dibuat.

Perbedaan Portofolio, CV dan Resume

Pertanyaan penting yang harus dijawab di sini adalah perbedaan tiga istilah diatas. Lantas, apa sih perbedaan Portofolio, CV dan Resume?

Ketiganya mungkin punya kaitan satu dengan yang lain yang merangkum atau meringkas informasi pendidikan, pekerjaan, organisasi dan informasi penting lain.

Termasuk juga riwayat sekolah non-formal, ketrampilan yang dimiliki, prestasi yang pernah dicapai sampai pencapaian profesional.

Artinya, ketiganya merupakan dokumen yang harus diberikan kepada HRD saat melamar suatu pekerjaan di bidang tertentu.

Ulasan lebih lengkap soal perbedaan Portofolo, CV dan Resume bisa lihat tabel dibawah ini:

Dasar perbedaanPortofolioCVResume
DefinisiPortofolio adalah dokumen yang fokus pada karya yang pernah dibuat sebelumnyaCV adalah dokumen yang lebih panjang yang rinci dan fokus pada riwayat akademik, non-akademik, organisasi, pekerjaan dan ketrampilan yang dimilikiResume adalah dokumen satu halaman yang memberi gambaran singkat tentang peran, ketrampilan dan prestasi
Asal kataBerasal dari bahasa Latin, Curriculum Vitae yang berarti riwayat hidup atau riwayat perjalanan hidupBerasal dari Bahasa Prancis, résumé yang berarti abstrak, ringkasan atau Ikhtisar
DigunakanSaat melamar kerja di satu perusahaan, startup dan media misalnyaSaat melamar pekerjaan dibidang pendidikan seperti jadi guru, akademisi atau penelitiDigunakan saat melamar kerja di bidang pendidikan, startup, media dan lain sebagainya
Informasi yang disajikanKarya yang pernah dibuat termasuk bakat, kemampuan dan sertifikat apresiasiRiwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, riwayat organisasi, prestasi, keahlian dan lain sebagainyaRingkasan ketrampilan dan prestasi
PanjangTidak ada batasanMinimal 2 halaman dan maksimal 10 halamanMinimal 1 halaman dan maksimal 4 halaman

Agar lebih paham perbedaan portofolio, CV dan Resume, simak tiga poin dibawah ini, seperti:

  • Pertama soal panjang dokumen. Kalau CV tidak ada batasan pasti panjangnya berapa karena disesuaikan sama riwayat hidup, pendidikan, riwayat pekerjaan, riwayat organisasi dan lain sebagainya. Tapi mayoritas terdiri dari dua sampai sepuluh halaman. Sementara, resume biasnya hanya terdiri dari satu halaman atau lebih dan berbeda dengan porotoflio yang tidak ada batasan pasti berapa
  • Kedua dari informasi yang disajikan. CV lebih kompleks karena menginformasikan banyak hal seperti riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, riwayat organisasi, prestasi sampai profil pribadi, tempat tanggal lahir misalnya. Sementara, resume khusus mengulas soal informasi pekerjaan yang ada di CV. Disisi lain, portofolio lebih condong ke hasil karya yang pernah dibuat atau yang disebutkan dalam resume
  • CV bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di posisi apa saja sementara resume dan portofolio lebih ke pekerjaan spesifik

Selain perbedaan, ketiganya punya persamaan satu dengan yang lain. Karena sama-sama dibutuhkan saat melamar satu pekerjaan.

Karena itu, penting untuk mengetahui fungsi dari CV, portofolio dan resume dan tahu kapan harus pakai CV, kapan harus pakai portofolio dan resume.

Intinya begini, jika CV mengulas soal riwayat hidup secara lengkap maka portofolio hanya mengulas pekerjaan dan prestasi yang ada dalam CV.

Untuk melengkapi portofolio, maka diperlukan resume yang menginformasikan template atau karya yang pernah dibuat dan sudah disebutkan dalam resume.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Kapan harus pakai resume, CV dan Portofolio saat melamar satu pekerjaan?

Jika perusahaan tersebut tidak menginformasikan berkas apa yang diperlukan saat memasukkan surat lamaran, cari tahu dulu jenis pekerjaan apa yang di lamar.

Sebagai contoh, jika lamar pekerjaan sebagai dosen, guru, asisten pengajar sampai peneliti di Perguruan Tinggi, baiknya pakai CV.

Disisi lain, jika melamar pekerjaan non-edukasi seperti di startup atau media, bisa gunakan portofolio atau resume.

Hanya saja, jika masih ragu berkas apa yang dimasukkan saat melamar kerja apakah itu CV, Portofolio atau Resume, baiknya tanya ke pihak perekrut langsung.

2. Apa saja contoh CV bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia?

Untuk contoh CV bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sudah saya bahas di postingan sebelumnya. Untuk membacanya, bisa klik disini.

Di artikel ini juga sudah saya bahas soal definisi CV termasuk juga jenis dan fungsinya.

3. Siapa saja yang perlu buat CV, resume dan portofolio?

Tergantung kebutuhan. Mayoritas untuk pencari kerja baik itu fresh graduate atau pekerja yang baru resign dan ingin pindah ke perusahaan lain.

Dalam beberapa kasus, CV juga diperlukan saat mendaftar di satu organisasi meski bentuknya lebih ke biodata singkat.

Penutup

Perbedaan utama tiga istilah diatas ada pada informasi yang disajikan alias fokusnya dimana apakah riwayat hidup keseluruhan, riwayat pekerjaan dan riwayat karya yang pernah dibuat.

Intinya, mengetahui tiga istilah diatas sangat penting mulai dari pengertiannya apa dan perbedaannya satu dengan yang lain.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini jangan lupa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang perbedaan portofolio, CV dan Resume. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar