Perbedaan Novel, Novelet, Novella, Cerpen, Cerbung dan Roman

Sebenarnya cukup mudah untuk mengidentifikasi perbedaan novel, novelet, novella, cerpen, cerbung dan roman yang mana tinggal melihat panjang tulisannya.

Selain itu, tidak ada perbedaan signifikan karena semua istilah di atas merujuk pada karangan atau narasi yang berisikan cerita fiksi atau berdasarkan kejadian yang benar ada.

Meski demikian, tetap perlu dijelaskan letak perbedaannya dimana. Karena itu, untuk anda yang sedang cari perbedaan novel, novelet dan novella atau mungkin perbedaan cerpen, cerbung dan roman, simak artikel ini sampai habis.

1. Apa itu Novel?

Perbedaan Novel, Novelet, Novella, Cerpen, Cerbung dan Roman
Gambar via Pinterest

Di KBBI, novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang disekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku.

Istilah tersebut kemudian melahirkan beberapa jenis novel, seperti:

  • Novel grafis yang merupakan cerita bergambar yang mempunyai alur lebih kompleks dari komik dan tidak berseri
  • Novel polifonik adalah novel yang sangat ritmis yang menggunakan perangkat puitis seperti aliterasi dan asonansi
  • Novel web yang kadang juga disebut web novel, adalah novel yang diterbitkan di jaringan internet, berbentuk halaman laman, berkas yang bisa di unduh, atau bentuk elektronik lain

Intinya, novel adalah sebuah karangan panjang, baik fiksi atau tidak, yang terdiri dari berbagai cerita pendek dalam bab yang ketiga digabungkan akan membentuk keseluruhan cerita.

Seperti jenis cerita lain, Novelet atau Novella dimana ada tokoh-tokoh yang berkonflik di dalamnya, secara langsung.

Karakter biasanya berusaha mengatasi rintangan untuk mencapai tujuan, yang terkadang gagal, untuk mencapai resolusi akhir.

Karakter dalam novel mungkin lebih berkembang dibanding dalam karya pendek lainnya, dan mereka bisa berubah signifikan tergantung pengarang.

Novel juga memiliki jumlah halaman yang banyak untuk membuat subplot dan menyertakan karakter minor yang menambah tekstur dan kedalaman cerita.

2. Apa itu Novelet?

Urutan Penomoran Karya Tulis Ilmiah, Skripsi, Tesis, Artikel, Monograf dan Contohnya
Gambar via stackoverflow.blog

Novelet, yang kadang juga disebut novella, adalah karya fiksi yang dibuat pendek dari sebuah narasi prosa seseorang.

Dengan demikian, dapat dipahami kalau Novelet ini memiliki jumlah kata yang lebih sedikit dibanding novel dan novella.

Hanya saja, ada sedikit kontradiksi antara soal novelet dan novella. Ada yang menyebutnya sama, sementara yang lainnya berbeda.

Baca Juga:

Dimana, jumlah kata dalam novelet lebih sedikit daripada prosa fiksi lainnya seperti cerita pendek, fiksi mikro sampai flash fictions.

Disisi lain, sekalipun tidak memiliki jumlah halaman dari sebuah novel, novelet umumnya menceritakan sebuah kisah yang lengkap.

Karena itu, beberapa orang menyebut novelet seperti cerita pendek panjang atau novel pendek. Sementara, setiap karangan yang lebih panjang dari sebuah novelet tapi lebih pendek dari novel dianggap sebagai novella.

3. Apa itu Novella?

Macam-Macam Jenis Artikel Berdasarkan Tujuan, Gaya Penulisan dan Isi
Gambar via penguin.co.uk

Novella, yang kadang juga ditulis Novela, di KBBI memiliki arti sebagai kisah prosa rekaan yang lebih panjang dan lebih kompleks dari cerita pendek.

Tapi, tidak sepanjang novel, jangkauannya biasanya terbatas pada satu peristiwa, satu keadaan dan satu titik tikaian, yang juga disebut novelet.

Artinya, di KBBI, Novelet dan Novella ini dianggap sama. Lantas? Apakah benar demikian? Bagi orang awam, memang ada banyak kemiripan antara keduanya.

Salah satu perbedaan mencolok dari novella adalah kelahirannya yang muncul setelah e-reader atau aplikasi baca novel dirilis.

Artinya, dalam novella ini, novela ditulis cukup panjang yang menggambarkan sebuah kisah berlapis dan kompleks dibanding cerita pendek.

Hanya saja, pemeran karakternya lebih besar alias lebih banyak orang yang dilibatkan dan tentu saja berbeda dengan novelet dan novel diatas yang cenderung diperankan oleh satu karakter.

3. Apa itu Cerpen?

Perbedaan Novel, Novelet, Novella, Cerpen, Cerbung dan Roman
Gambar via publishingperspectives.com

Cerpen adalah akronim dari cerita pendek yang merupakan karangan atau narasi yang pendek dan padat serta biasanya hanya fokus pada satu kejadian.

Biasanya, jika ada rangkaian kejadian yang terjadi, atau mungkin merupakan versi lanjutannya, maka biasanya akan berubah menjadi cerber atau cerita bersambung.

Biasanya, cerita pendek hanya diterbitkan di majalah atau antologi, atau sebagai koleksi oleh seorang penulis individu.

Salah satu ciri utama dari cerpen adalah efek tunggal dari cerita yang dibuat. Artinya, cenderung menghasilkan emosi dan respon yang sama.

Hanya saja, karena cerita dibuat pendek, maka semua karakter cerita seperti setting, narasi dan plot akan dipangkas.

Dan biasanya, karakter diungkapkan saat aksi berlangsung dan jarang karakternya akan dieksplorasi secara luas sehingga pembaca kesulitan memahaminya secara langsung.

Meski cakupannya cenderung terbatas, cerita pendek tetap melibatkan perlakuan yang kompleks terhadap karakter dan objeknya.

Yang pada akhirnya, mendorong audiens berpikir karakter ideal seperti apa yang ditunjukkan dalam cerpen, langsung ataupun tidak langsung.

4. Apa itu Cerbung atau Cerber?

Perbedaan Novel, Novelet, Novella, Cerpen, Cerbung dan Roman
Gambar via creativebloq.com

Cerbung adalah akronim dari cerita bersambung, yang terkadang juga disebut dengan istilah berbeda yakni cerber dengan kepanjangan yang sama.

Cerbung terdiri dari beberapa cerita pendek, yang ketika disatukan akan membentuk satu cerita yang komplit dan saling terkait.

Sama seperti cerpen yang cenderung dimuat di surat kabar atau majalah, hanya saja, pada cerbung ini ditampilkan berturut-turut di beberapa edisi sampai cerita tamat.

Oh iya, cerbun ini tidak bisa dianggap sebagai novela, novel atau novelet karena setiap cerita memiliki titik klimaks sendiri-sendiri.

Hal ini membuat orang penasaran tentang akhir dari cerita. Umumnya dibuat penuh konflik, yang sehingga menarik saat dibaca.

Alurnya juga cenderung kompleks, begitu juga dengan latar cerita. Tapi, tokoh yang ditampilkan cenderung lebih rinci, dengan latar waktu yang terjadi secara bertahap.

5. Apa itu Roman?

Perbedaan Novel, Novelet, Novella, Cerpen, Cerbung dan Roman
Gambar via graphicmama.com

Dalam sastra, roman adalah karangan prosa yang melukiskan perbuatan pelakunya menurut watak dan isi jiwa masing-masing.

Yang membedakan roman dengan karangan lain adalah pada gaya penulisan yang cenderung disajikan panjang, tapi tak berbelit-belit.

Hanya saja, sekalipun alurnya panjang, latar cerita, tokoh dan latar waktunya cenderung terpusat pada satu tempat atau situasi.

Istilah roman sendiri awalnya digunakan untuk menunjukkan cerita-cerita mistik atau mitologi bangsa romawi yang dipresentasikan dalam sastra dan karya-karya lain.

Seiring berkembangnya waktu, istilah roman mulai digunakan secara luas untuk menggambarkan cerita dengan karakter karangan yang sama.

Artinya, jika cerita tersebut melibatkan karakter kemitosan atau penafsiran merujuk pada sesuatu yang mitologis, bisa disebut cerita roman.

Perbedaan Novel, Novelet, Novella, Cerpen, Cerbung dan Roman

Lantas, apa sih perbedaan Novel, Novelet, Novella, Cerpen, cerbung atau cerber dan roman? Pasti penasaran, kan? Jika iya, tabel dibawah ini:

PerbedaanNovelNoveletNovellaCerpenCerbung atau CerberRoman
PengertianNovel adalah karya narasi prosa panjang dengan cerita yang kompleksNovel adalah karangan yang lebih pendek dari novelNovella adalah bentuk atau nama lain dari noveletCerpen adalah akronim dari cerita pendekCerber adalah akronim dari cerita bersambung, yang kadang juga disingkat cerber dengan arti yang samaRoman adalah karangan prosa yang fokus pada watak karakter yang diceritakan
Jumlah kata55.000-300.00015.000 – 50.00030.000 – 50.0001.500 – 30.00010.000 – 25.00040.000 – 80.000
Jumlah halaman rata-rata150-30020-6040-1002-2010 – 17 halaman50 – 130 halaman
PlotCerita ditampilkan secara bertahap lewat babCerita ditampilkan dalam tempo sedang-meloncatCerita ditampilkan dalam tempo sedang-bertahapCerita ditampilkan sangat cepatCerita ditampilkan secara terpisah-cepatCerita ditampilkan secara utuh-bertahap
Waktu baca3-5 jam/novel1-3 jam2-4 jam25 menit – 1 jam1 – 2 jam1,5 – 3,5 Jam
ContohLaskar pelangi karya Andrea Hirata, Perahu Kertas karya Dewi Lestari dan Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta ToerThe Canterbury Tales karya Geoffrey Chaucer dan Sematkan Rinduku Di Dadamu karya Mira WidjajaThree Blind Mice karya  Agatha Christie dan Smert Ivana Ilicha karya Leo TolstoyYours Truly, Jack the Ripper karya Robert Bloch, An Occurrence at Owl Creek Bridge karya Ambrose Bierce dan Taruhan (The Bet) karangan Anton ChekhovKe Gunung Lagi buatan Katyusha (Sudah terbit di Majalah Hai)Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana, Gadis Empat Zaman karya Salkha dan Atheis karangan Achadiat Karta Miharja.

Perbedaan paling mencolok antara novel, novelet, novella, cerpen, cerbung sampai cerita roman ada pada panjang cerita.

Karena itu, dalam novel, cenderung terdiri dari beberapa bab, dengan cerita-cerita sendiri yang ketika disatukan akan membentuk satu kesatuan cerita yang kompleks.

Tentu saja berbeda dengan novella atau novelet yang lebih pendek. Meski tidak ada standar pasti berapa standar untuk dua jenis karangan diatas.

Hal yang sama juga berlaku untuk cerpen atau cerber. Khusus untuk cerber, biasanya hanya diterbitkan secara eksklusif dan tidak dibukukan.

Apabila dibukukan, maka kemungkinan akan menjadi novella atau novelet. Meski dari cerita yang disajikan cenderung pendek karena cerber hanya pembagian dari cerita pendek.

Selain itu, ada satu hal penting yang harus diketahui oleh anda dimana kata novel, termasuk novelete dan novella berasal dari bahasa Italia novella yang merujuk pada istilah feminin, dari kata novello yang berarti baru.

Penutup

Sekalipun semua jenis karangan diatas berbeda tapi dari segi fungsi dan isinya kurang lebih sama karena berisikan cerita naratif.

Dengan demikian, sebelum terjun jadi penulsi cerita pastikan dulu apakah cerita itu akan panjang, pendek atau mungkin cukup pendek.

Sehingga anda bisa tahu kalau cerita tersebut bisa diterbitkan secara cetak atau mungkin sekedar di posting di situs atau aplikasi baca novel online.

Demikian artikel tentang perbedaan novel, novelet, novella, cerpen, cerbung atau cerber dan roman. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

2 pemikiran pada “Perbedaan Novel, Novelet, Novella, Cerpen, Cerbung dan Roman”

  1. Terimakasih untuk artikel yang di share sangat membantu, akan saya coba terapkan untuk lebih mengembangkan bisnis saya.

    Balas

Tinggalkan komentar