Perbedaan Memory Card SD, SDHC, SDXC dan SDUC serta Contohnya

Memory card ada banyak jenisnya mulai dari SD Card, SDHC, SDXC hingga yang paling baru yakni SDUC. Lantas, apakah setiap tempat penyimpanan diatas itu sama? Ataukah ada perbedaannya?

Benar, setiap kartu memory diatas adalah sama. Dimana persamaannya? Ada pada kegunaanya yang semuanya bisa dipakai untuk menyimpan file entah itu gambar, foto, lagu, video hingga rekaman suara.

Sementara, untuk perbedaannya cukup banyak. Mulai dari kapasitas memorynya apakah itu 1 MB atau 1 Terabyte serta dimensinya apakah itu primer, mini atau micro.

Ukuran primer adalah ukuran asli dari satu memory card sementara mini atau macro merujuk pada perangkat input yang membutuhkan tempat penyimpanan eksternal entah itu ponsel, kamera hingga drone.

Selain kapasitas memory atau ukurannya, perbedaan mendasar lain bisa dilihat dari kecepatan transfer datanya yang dibagi berdasarkan class.

Class paling rendah adalah 2 sementara yang paling tinggi adalah 10. Dan tentu saja, daftar class tersebut akan bertambah mengingat teknologi pembuatan kartu flash eksternal yang terus berkembang.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari perbedaan memory card micro SD, SDHC, SDXC hingga SDUC, simak artikel ini sampai habis.

1. Apa SD Card?

Perbedaan Memory Card SD, SDHC, SDXC dan SDUC serta Contohnya
© howtogeek.com

Secure Digital atau SD Card adalah kartu memori flash terkecil dengan fungsi utama untuk menyimpan data dan file berkapasitas rendah.

Tempat penyimpanan satu ini merupakan pengembangan dari MultiMediaCard atau MMC dan pertama kali diperkenalkan oleh SanDisk Corp., Panasonic Corp. pada tahun 1999.

Berat kartu memori satu ini kira-kira dua gram dengan ukuran yang nyaris sama dengan MMC tapi lebih kecil.

Dan setelah diperkenalkan ke publik, memory card ini cepat populer karena menawarkan berbagai kelebihan dibanding MMC.

Lantas, bagaimana dengan volume penyimpanannya? Kartu ini memiliki kapasitas penyimpanan mulai dari 128 megabyte hingga 2GB.

Hanya saja, karena volumenya yang sangat kecil, MicroSD sudah jarang ditemui saat ini. Apalagi banyak pengguna yang ingin menyimpan lebih banyak data dan file didalamnya.

Baca Juga:

Artinya, kebutuhan penyimpanan data makin hari makin besar. Jadi, memiliki atau membeli MicroSD mungkin agak kurang relevan lagi untuk sekarang.

Itu belum bicara soal kecepatan transfer datanya yang sangat rendah. Karena itu, standar baru memory card seperti SDHC mulai mendominasi pasar.

Untuk diketahui, kecepatan transfer data pada microSD ini berada di Class 2 dengan kecepatan mencapai 25 MB/s.

Meski demikian, ada satu kelebihan utama Micro SD yakni kemampuannya menyimpan file dalam berbagai format seperti FAT12, FAT16 atau FAT16B.

Untuk jenis kartu SD sendiri cukup banyak karena SDHC, Micro SD, SDXC hingga SDUC merupakan bagian dari SD.

Tapi, jika dilihat dari bentuknya, kartu SD terbagi dalam tiga jenis seperti yang terlihat pada tabel dibawah ini:

TipeDimensi
SD 32mm x 24mm x 2.1mm
MiniSD21.5mm x 20mm x 1.4mm
MicroSD15mm x 11mm x 1.0mm

2. Apa itu SDHC?

Perbedaan Memory Card SD, SDHC, SDXC dan SDUC serta Contohnya
© westerndigital.com

Secure Digital High Capacity atau SDHC adalah versi penyempurnaan dari kartu memori SD standar seperti MicroSD atau Full SD.

Karena itulah, ia masih menggunakan embel-embel secure digital. Dan kartu ini populer atau umum digunakan sebagai media penyimpanan file video atau foto.

Dalam beberapa kasus, SDHC juga dipakai sebagai penyimpanan eksternal komputer sehingga data-data yang di save langsung tersimapan disitu.

Dari segi kecepatan transfer data dan kapasitas penyimpanan yang ditawarkan lebih tinggi dari SD Card yakni bisa mencapai 150 MB/s dan 32 GB.

Hanya saja, kartu ini tidak kompatibel dengan kartu SD yang lama. Saat ini, memori SDHC terbagi dalam dua jenis, seperti yang terlihat lewat tabel dibawah ini:

TipeDimensi
SDHC 32mm x 24mm x 2.1mm
Mini SDHC21.5mm x 20mm x 1.4mm
Micro SDHC15mm x 11mm x 1.0mm

3. Apa itu SDXC?

Perbedaan Memory Card SD, SDHC, SDXC dan SDUC serta Contohnya
© id-fusionelectronix.glopalstore.com

Secure Digital eXtended Capacity atau SDXC adalah memori penyimpanan standar yang lebih baru dan lebih modern dibanding versi sebelumnya, dalam hal ini SDHC atau MicroSD.

Dengan demikian, dari segi kecepatan transfer data hingga volume penyimpanan kartu ini lebih besar dari versi sebelumnya.

Seberapa besar? Bisa mencapai 2 Terabyte. Sementara, untuk kecepatan transfer datanya sendiri cukup mengagumkan karena bisa mencapai 312 MB/s.

Dengan demikian, tidak perlu ditanya lagi kinerjanya bagaimana. Pada dasarnya, memori satu ini dirancang untuk memaksimalkan kinerja perangkat seluler saat digunakan untuk menonton video dalam berbagai kualitas terlebih Ultra HD atau 4K.

Menariknya lagi, memori card satu ini juga dirancang agar tahan kondisi lingkungan, tahan air, tahan guncangan hingga suhu.

Sehingga, bisa digunakan untuk berbagai aktivitas dan dalam situasi yang berbeda. Jadi, semua fitur dan kelebihan itu belum ada pada beberapa varian SDXC.

4. Apa itu Kartu memori SDUC?

Perbedaan Memory Card SD, SDHC, SDXC dan SDUC serta Contohnya
© petapixel.com

Secure Digital Ultra Capacity atau biasa disingkat SDUC adalah pengembangan lebih lanjut dari kartu memori SDXC.

Karena itu, kecepatan dan volume penyimpanan yang ditawarkan jauh lebih besar dibanding kartu memori yang pernah ada sebelumnya.

Dimana, kartu ini bisa menyimpan data hingga 128 Terabyte. Dengan demikian, akan lebih banyak file yang bisa tersimpan didalamnya.

Selain itu, kecepatan transfer datanya tiga kali lebih tinggi dibanding SDXC tapi format file yang tersimpan masih sama yakni menggunakan format exFAT .

Perbedaan Memory Card SD, SDHC, SDXC dan SDUC serta Contohnya

Lantas, apa sih perbedaan memory card Micro SD, SDHC dan SDXC? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak artikel ini sampai habis.

PerbedaanSD CardSDHCSDXCSDUC
ArtiSecure DigitalSecure Digital High CapacitySecure Digital eXtended CapacitySecure Digital Ultra Capacity
Tahun rilis1999200620092018
Kapasitas penyimpanan128MB – 2GB4 GB – 32 GB32 GB – 2 TB2TB – 128TB
Kecepatan transfer data25 MB/s150 MB/s312 MB/s985 MB/s
Class SpeedClass 2Class 6Class 10Clas 10
Format fileFAT12, FAT16 atau FAT16BFAT32 exFAT exFAT 
JenisStandard SD, mini SD dan micro SDMini SDHC dan micro SDHCMini SDXC dan micro SDXCmicro SDUC

Tabel diatas sudah cukup jelas menggambarkan dimana letak perbedaan antara kartu memori SD Card, SDHC, SDXC hingga SDUC.

Misalnya, jika bicara SD Card termasuk variannya apakah itu Mini SD atau Micro SD maka kapasitas penyimpanan maksimal hanya 2 GB.

Artinya, anda mungkin bisa simpan hingga lima ratusan lagu dengan catatan, ukuran lagu tersebut tak lebih dari 5 MB.

Disisi lain, anda bisa simpan jutaan lagu dengan ukuran yang sama jika pakai kartu memori SDUC. Meski perlu diakui, makin besar kapasitas penyimpanan dari satu memori, makin mahal juga harganya.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan terkait postingan ini bakal diulas dalam bentuk QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa yang dimaksud dengan memory card?

Kartu memori atau memory card adalah perangkat penyimpanan file media atau data lainnya secara permanen dan non-volatile.

Artinya, anda bisa menyimpan file selamanya di dalam kartu memori tersebut. Tapi, jika filenya sudah tidak diperlukan, anda dapat dengan bebas menghapusnya.

Umumnya, kartu memori jenis ini biasanya dipakai atau dipasangkan pada perangkat yang membutuhkan memori penyimpanan eksternal.

Misalnya, pada ponsel atau mungkin kamera. Lantas, apakah kartu memori sama dengan kartu flash? Secara umum ya.

Jenis dan bentuk kartu flash ini sendiri cukup banyak mulai dari Secure Digital (SD) card, Compact Flash (CF) card, Smart Media, Memory Stick dan juga MultiMediaCard (MMC).

2. Berapa banyak class kecepatan pada memory card?

Biasanya, informasi class speed atau kelas kecepatan pada kartu memori bisa dilihat dari bagian luar kartu itu sendiri.

Lantas, apa fungsi dari class kecepatan ini? Fungsinya secara umum adalah untuk menginformasikan kecepatan maksimal saat mentransfer file ke dalam atau keluar dari kartu memori.

Agar jelas, lihat tabel class speed memory card lewat tabel dibawah ini:

Class SpeedKecepatan reading dan writingContoh
Class 22MB/second hingga 25 MB/secondSD Card standar dan MicroSD
Class 44MB/second hingga 50MB/secondSD Card standar dan MicroSD
Class 66MB/second hingga 150MB/secondSDHC
Class 1010MB/second hingga 312MB/secondSDXC dan SDUC

Class kecepatan tertinggi tentu adalah class 10. Dengan demikian, ini bisa jadi salah satu pertimbangan saat beli memory card yang baru.

Penutup

Seperti yang sudah disebutkan diatas yang mana, memory card adalah tempat penyimpanan file media atau data lainnya.

File media ini bisa berbentuk gambar, video atau mungkin lagu-lagu. Sementara, anda juga bisa simpan dokumen lain seperti Microsoft word atau sejenisnya.

Dan komponen ini sangat umum digunakan sebagai memori penyimpanan eksternal untuk ponsel, tablet, camcorder, kamera digital dan lain sebagainya.

Demikian artikel tentang memory card SD, SDHC dan SDXC serta contohnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar