Perbedaan Chairman, CEO, Komisaris, Direktur dan Presiden Direktur

Saya yakin beberapa dari anda pasti pernah dengar lima istilah diatas. Tapi, tahukah anda perbedaan Chairman, CEO, Komisaris, Direktur dan Presiden Direktur?

Sebenarnya, beberapa istilah diatas sudah saya singgung di artikel sebelumnya tentang perbedaan Owner, Founder, CEO dan COO dengan bahasa yang berbeda.

Semua istilah diatas saling terkait, langsung ataupun tidak langsung, yang merujuk pada kepala, pimpinan atau ketua dalam perusahaan, organisasi atau lembaga.

Namun kembali ke jenis perusahaan atau organisasi yang menggunakan istilah diatas dalam struktur perusahaannya.

Sementara, untuk anda yang belum tahu letak perbedaannya dimana termasuk tugas dan tanggungjawab Chairman, CEO, Komisaris, Direktur dan Presdir, simak artikel ini sampai habis.

1. Apa itu Chairman?

Perbedaan Chairman, CEO, Komisaris, Direktur dan Presiden Direktur

Istilah pertama yang akan saya bahas disini adalah Chairman. Tahu gak apa sih chairman itu? Apa saja tugas dan tanggungjawabnya?

Secara teknis, ia bisa diartikan sebagai direktur satu perusahaan. Direktur teknis tepatnya. Artinya, chairman ini bertugas sebagai ketua dewan direksi satu perusahaan.

Setiap dewan direksi yang ada bertanggungjawab kepadanya dan tugas tiap direksi itu adalah untuk menjaga operasional perusahaan agar tetap berjalan.

Baca Juga:

Selain itu, ia juga harus berusaha menjaga hubungan baik dengan CEO dan pejabat perusahaan terkait termasuk founder dan owner.

Semua tugas dan tanggungjawab tersebut pada akhirnya mengerucut pada tugas utama chairman itu sendiri.

Yakni, merumuskan strategi bisnis yang efektif bagi perusahaan untuk kemudian disampaikan kepada direksi dan juga kepada CEO.

FYI, Chairman ini sendiri dipilih oleh dewan direksi dengan berbagai pertimbangan mulai dari prestasi, loyalitas dan pengalaman kerja.

2. Apa itu CEO?

Perbedaan Chairman, CEO, Komisaris, Direktur dan Presiden Direktur

Selanjutnya ada CEO yang definisinya sudah saya bahas di artikel sebelumnya dan linknya sudah ditempatkan di pembuka artikel.

Intinya begini, CEO adalah seseorang dengan jabatan paling tinggi dalam struktur operasional perusahaan.

Diatas CEO ada Owner dan Co-Owner atau Founder dan CEO Founder. Tugas utama CEO adalah untuk menjaga kelangsungan bisnis perusahaan.

Dengan demikian, ia harus bisa menjaga reputasi perusahaan dan punya wewenang penuh untuk menjalankan operasional perusahaan.

Karena jabatannyalah yang tertinggi, maka tugasnya CEO sangat berat sebab ia harus bisa ambil keputusan-keputusan strategis terkait perusahaan.

Termasuk didalamnya administrasi, sumber daya dan harus menjaga kominikasi vertikal dan horizontal dengan semua orang yang terkait dengan perusahaan.

Hanya saja, peran dan tanggungjawabnya disesuaikan sama jenis perusahaan dan ukuran perusahaan itu sendiri.

Jika ukuran perusahaan cukup kecil, peran CEO sangat sentral terlebih yang tidak dilengkapi dengan struktur tambahan, COO misalnya.

Sementara, jika ukuran perusahaan tempatnya menjabat cukup besar, mayoritas tugasnya hanya berkaitan dengan pengambilan keputusan dan manajemen.

CEO sendiri dipilih oleh dewan direksi lewat rapat umum sehingga CEO bertanggungajwab langsung terhadap direksi.

Meski demikian, ada juga perusahaan dengan dewan direksi rangkap jabatan sebagai CEO dan juga kepala operasional perusahaan.

Namun kembali ke jenis perusahaan itu sendiri apakah perusahaan startup, manufaktur atau industri pangan dan sumber daya yang dimiliki.

3. Apa itu Komisaris?

Perbedaan Chairman, CEO, Komisaris, Direktur dan Presiden Direktur

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia [KBBI], Komisaris punya tiga pengertian dasar, yakni:

  • Orang yang ditunjuk anggota pemegang saham atau sebagainya untuk melakukan suatu tugas terutama menjadi anggota pengurus perkumpulan, perusahaan perseroan dan lain sebagainya
  • Pejabat pemerintah yang ditunjuk dan ditugasi sebagai wakil pemerintah suatu negara menjadi anggota persatuan antar negara
  • Petugas partai politik pada tingkatan desa

Definisi komisaris yang pertama itulah yang paling sesuai dengan topik artikel ini meski istilah ini juga digunakan dalam berbagai bidang.

Dalam satu perusahaan, komisaris adalah orang yang bertanggunjawab untuk menjaga hubungan antara pemilik perusahaan atau perusaahan itu sendiri.

Contoh sederhana bisa lihat komisaris dari perusahaan BUMN yang tugas utamanya adalah untuk menjaga komunikasi dan hubungan dengan pemerintah dan perusahaan milik negara.

Dengan demikian, keberadaan komisaris dalam BUMN berfungsi untuk menunjukkan kehadiran pemerintah di perusahaan milik negara.

4. Apa itu Direktur?

Perbedaan Chairman, CEO, Komisaris, Direktur dan Presiden Direktur

Masih dari sumber yang sama yakni KBBI, dimana direktur punya empat pengertian dasar, yakni:

  • Pemimpin tertingi dalam satu perusahaan
  • Kepala sekolah menengah
  • Kepala direktorat dalam satu departemen
  • Orang yang bertugas memberikan bimbingan melalui pengarahan, nasihat, bantuan, penerangan dan lain sebagainya

Dalam satu perusahaan, tentu saja ada banyak divisi atau departemen yang punya tugas dan tanggunjawab masing-masing.

Setiap departemen punya kepala yang bertugas untuk mengontrol dan menawasi karyawan dan melaporkan segala hal kepada pemimpin yakni direktur.

Meski di beberapa tempat, Korea Selatan misalnya, direktur lebih sering disebut sebagai Presiden Direktur terlebih jika struktur perusahaannya sudah kompleks.

5. Apa itu Presiden Direktur?

Perbedaan Chairman, CEO, Komisaris, Direktur dan Presiden Direktur

Diatas sudah saya singgung soal presiden direktur yang mengepalai suatu direktorat. Apabila sudah terdapat banyak direktorat, maka ia disebut presiden direktur.

Maksudnya gimana sih? Maksudnya, jika direktoratnya banyak dan kompleks berarti ukuran perusahaannya sudah besar.

Setiap direktorat akan memiliki direktur sendiri. Setiap direktur itu dipimpin oleh satu orang yakni presiden direktur.

Presiden direktur ini ditunjuk kepala perusahaan atau pemegang saham dengan tugas dan tanggujawabnya adalah untuk menjaga tata kelola manajemen perusahaan.

Dengan demikian, baik direktur dan presiden direktur akan bertanggungjawab langsung kepada pemilik perusahaan termasuk ke pemegang saham.

Direktur dan presdir sendirilah yang menentukan anggaran tahunan perusahaan dan menjaga kemitraan dengan perusahaan lain.

Termasuk juga bertanggungjawab untuk memberikan laporan tahunan perusahaan kepada pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham [RUPS].

Bahkan, lebih jauh lagi, dimana tanggungjawab presdir termasuk menjaga agar operasional perusahaan, menjaga hubungan dengan pemerintah dan kontrol karyawan.

Perbedaan Chairman, CEO, Komisaris, Direktur dan Presiden Direktur

Lantas, apa sih perbedaan chairman, CEO, Komisaris, Direktur dan Presiden Direktur dalam struktur satu perusahaan? Simak tabel dibawah ini:

Dasar perbedaanChairmanCEOKomisarisDirekturPresiden Direktur
DefinisiChariman adalah direktur teknis suatu perusahaanCEO adalah pemimpin perusahaan secara keseluruhanKomisaris adalah pengawas operasional perusahaan atau organisasiDirektur adalah orang yang mengepalai suatu lembaga atau organisasiPresiden direktur adalah pejabat ekskutif tertinggi dalam satu perusahaan
PosisiDirektur teknisPemimpin perusahaanPengawas perusahaanKepala satu lembaga atau organisasiPejabat ekskutif
Tugas dan tanggungjawabKepala teknis perusahaan untuk bidang tertentuMemastikan perusahaan tetap beroperasiMengawasi dan melaporkan kinerja perusahaan kepada pemangku kepentinganMemastikan lembaga atau organisasi tetap beroperasiMengambil keputusan-keputusan strategis terkait perusahaan

Meski konteks pembahasan topik ini lebih merujuk pada perbedaan tapi sebenarnya istilah-istilah diatas punya persamaan satu dengan yang lain.

Misalnya, CEO bisa juga disebut direktur karena mereka adalah pemimpin tertinggi dalam satu perusahaan atau lembaga.

Hanya saja, istilah CEO lekat dengan perusahaan teknologi terutama yang berstatus rintisan sementara direktur biasanya orang yang memimpin suatu lembaga milik yayasan atau pemerintah.

Kasus yang sama juga berlaku untuk direktur dan presiden direktur dengan penyebutan yang berbeda mulai dari direktur utama, direktur kepala, kepala eksekutif dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan istilah chairman? Apakah bisa disebut sebagai direktur juga? Atau mungkin CEO dan presiden direktur?

Diatas saya sebutkan kalau chairman adalah direktur teknis. Teknis, dalam konteks ini, merujuk pada kepala dalam satu jabatan yang setara.

Misalnya, dalam satu perusahaan ada banyak direksi, atau bisa juga disebut komite, maka chairman adalah orang yang jadi kepala atau ketuanya.

Penutup

Jadi, lima istilah daitas punya perbedaan dan persamaan satu sama yang lain. Memahami perbedaannya bisa membantu anda mengenali posisi dan tanggungjawab masing-masing jabatan.

Kalau ada tambahan, masukkan atau mungkin sanggahan terkait dengan topik artikel ini, boleh sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang perbedaan Chairman, CEO, Komisaris, Direktur dan Presiden Direktur. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar