Perbedaan Biografi, Autobiografi dan Memoar

Pernah dengar tiga istilah diatas? Saya yakin pernah. Tapi tahukah anda perbedaan biografi, autobiografi dan memoar? Jika belum, simak artikel ini sampai habis.

Secara teknis, biografi beda sama autobiografi dan memoir. Sebab biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis secara rinci oleh dirinya sendiri.

Sebaliknya, autobiografi mencakup semua peristiwa dalam kehidupan narator yang ditulis dalam urutan kronologis.

Disisi lain, memoir adalah pengalaman hidup yang dialami pengarang, yang ditulis atau tidak ditulis dalam buku, didalamnya berisikan pesan atau pelajaran kepada orang lain. 

Kalau diperhatkan dengan seksama, tidak ada perbedaan signifikan dari tiga istilah ditas. Meski banyak orang yang bingung, buku atau tulisan mana sih yang masuk kategori biografi, autobiografi dan mana yang lebih ke memoar.

Untuk membedakannya sih mudah. Sebab biografi adalah kisah hidup yang ditulis sendiri, autobiografi mencakup seluruh kehidupan penulis sementara memoir adalah bagian dari kehidupan penulis.

Agar jelas, simak perbedaan biografi, autobiografi dan memoir dibawah ini.

Apa itu Biografi?

Biografi, yang kadang disingkat Bio, adalah catatan rinci tentang kehidupan seseorang yang ditulis sendiri atau orang lain.

Dalam biografi ada data diri lengkap seseorang mulai dari tempat lahir, latar belakang pendidikan, pekerjaan, orang tua, jumlah anak sampai riwayat kematian.

Jadi, biografi itu menyajikan detail intim subjek semasa hidup, yang fokus utamanya ada item-item penting yang melekat dalam diri penulis.

Kebanyakan sih biografi dibuat dalam bentuk tulisan tapi bisa juga dalam komposisi lain, musik, literatur dan film misalnya.

Sementara, di KBBI, Biografi adalah riwayat hidup, tentang seseorang, yang ditulis oleh orang lain.

Pengertian dari KBBI diatas masih terbatas pada siapa penulisnya karena saat ini ada juga biografi yang ditulis diri sendiri.

Apa itu Autobiografi?

Autobiografi adalah penjelasan rinci tentang kehidupan seseorang, ditulis atau diceritakan individu itu sendiri.

Pengertian diatas sejalan dengan yang ada di KBBI. Disitu, dijelaskan kalau otobiografi adalah bentuk tidak baku dari autobiografi. Autobiografi sendiri adalah riwayat hidup pribadi yang ditulis sendiri.

Dengan kata lain, autobiografi merupakan ringkasan singkat yang ditulis dalam urutan kronologis, yang menceritakan pengalaman seseorang dalam hidup, seperti pasang surutnya kehidupan.

Penggambarannya dilakukan dalam fase yang berbeda-beda mulai dari masa kanak-kanak, dewasa, menikah dan lain sebagainya.

Biasanya ditulis sebagai orang pertama tunggal atau saya dan aku. Dengan cara ini, penulis dapat dengan mudah mengungkapkan pandangannya tentang peristiwa kehidupan.

Meski demikian, autobiografi dapat juga ditulis orang lain atau menyewa penulis bayangan [ghost writer] yang bisa menulis tentang dirinya.

Bisa dalam bentuk buku, rekaman audio, drama, drama komedi, dokumenter hingga film.

Apa itu Memoar?

Memoar berasal dari bahasa Prancis, mémoire, mengacu pada istilah reminiscence atau remembrance, yang berarti memori subjek.

Didalam memoar menyajikan pesan, baik moral atau moril, kepada audiens dan mereka bisa belajar suka duka kehidupan dari situ.


Baca Juga:


Tujuan pembuatan memoar adalah untuk mengetahui bagaimana subjek memetik pelajaran dari pengalaman selama hidup.

Atau bagaimana mengubah dirinya sendiri setelah memasuki fase-fase terendah dalam hidupnya.

Penulis memoar disebut memorist. Ini mencakup bagian tertentu, tahap atau waktu kehidupan penulis, yang menyebabkan dia berubah setelah menghadapi kegagalan.

Memoar kadang juga disebut Memoir. Istilah ini lebih populer di Indonesia dibanding Memoir. Di KBBI, memoar punya dua pengertian dasar, yakni:

  • Kenang-kenangan sejarah atau catatan peristiwa di masa lampau yang mirip dengan autobiografi. Ditulis dengan menekankan pendapat, termasuk didalamnya kesan dan tanggapan pencerita atas satu peristiwa yang dialami atau tentang tokoh yang berhubungan dengannya
  • Bisa juga diartikan sebagai catatan atau rekaman tentang pengalaman hidup seseorang

Dengan demikian, memoar adalah karya yang kurang formal namun penyajiannya cukup detail dan akurat berdasarkan fakta yang dialami atau terjadi.

Biasanya ditulis tanpa strukur karena bisa dimulai dari titik manapun kehidupan subjek entah itu semasa kanak-kanak, remaja, dewasa atau momen penting lainnya.

Perbedaan Biografi, Autobiografi dan Memoar

Lantas, apa sih perbedaan biografi, autobiografi dan memoar? Bisa lihat grafik perbandingannya dibawah.

Dasar perbandinganBiografiAutobiografi [otobiografi]Memoar [Memoir]
DefinisiBiografi mengacu pada kisah yang menceritakan hidup orang lainAutobiografi mengacu pada karya sastra di mana seseorang menulis atau menceritakan kisah hidupnya sendiriMemoar adalah bagian dari sastra, ditulis peristiwa demi peristiwa yang terjadi dalam hidupnya
PerbedaannyaRiwayat kehidupanSeluruh kisah hidupBagian kisah hidup
Gaya penulisanMenginformasikanTerperinciTerpusat
MencakupPenjelasan rinci kehidupan seseorangSeluruh hidup penulisBagian tertentu dari kehidupan penulis
Tokoh utamaOrang ketiga [Dapat ditulis, dengan atau tanpa izin subjek]Orang pertama atau ketiga tunggalOrang pertama
Fokus tulisanBerdasarkan fakta yang dikumpulkan oleh penulis.Semua peristiwa kehidupan yang dialami tokoh utamaMenjelajahi peristiwa atau momen penting secara mendalam dalam kehidupan pengarang
PenyajianDisajikan secara rinciMengikuti urutan kronologis kehidupan penulisBisa dimulai dari titik mana saja

Agar jelas, berikut saya jabarkan grafik perbedaan biografi, autobiografi dan memoar diatas:

  • Biografi adalah cerita tentang seseorang yang ditulis dengan rinci sementara autobiografi adalah bentuk sastra, dimana subjek menulis atau menceritakan kisah hidupnya sendiri. Disisi lain, memoar adalah genre sastra, yaitu sekumpulan kenangan, yang ditulis oleh individu tentang suatu kejadian dan peristiwa yang dialami semasa hidup
  • Isi biografi sangat rinci, autobiografi berisi detail rumit tentang peristiwa kehidupan subjek. Di sisi lain, memoar lebih bersifat sentralistik yang menitikberatkan pada peristiwa-peristiwa spesifik saja yang menimpa atau dialami pengarang
  • Autobiografi mencakup seluruh kehidupan subjek tetapi memoar mencakup bagian waktu atau tahap tertentu kehidupan penulis
  • Biografi bisa ditulis oleh diri sendiri atau orang lain begitu pula dengan Autobiografi sementara memoar ditulis orang pertama
  • Autobiografi fokus pada semua perisitwa kehidupan protagonis penulis. Sebaliknya, memoar fokus pada eksplorasi peristiwa atau kejadian tertentu secara mendalam, yang penting bagi pengarang. Disisi lain, biografi fokus pada segala aspek yang berkaitan dengan seseorang
  • Autobiografi mengikuti urutan kronologis sementara memoar tidak memiliki struktur, yaitu tidak mengikuti urutan seperti novel karena ia bisa dimulai kapan saja pada titik manapun. Sebaliknya, biografi lebih formal

Meski perbedaannya cukup teknis, baik biografi, autobiografi dan memoar punya beberapa persamaan karena ketiganya termasuk genre sastra non-fiksi yang bisa ditulis sendiri atau orang lain.

Penutup

Alasan inilah yang mendasari pendapat bahwa memoar dan autobiografi merupakan subgenre dari biografi.

Karena biografi melibatkan seluruh kisah hidup mulai dari tempat lahir, pendidikan, pekerjaan, subjek, hubungan, anak, istri dan lain sebagainya.

Sementara, memoar berfokus pada spek tertentu saja dari kehidupan tokoh utama. Misalnya, setelah ia bangkit dari keterpurukan, sukses kembali setelah perusahaanya gulung tikar dan lain sebagainya.

Jika punya tambahan, masukkan atau ada hal lain yang mau disampaikan terkait postingan ini, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel perbedaan biografi, autobiografi dan memoar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar