Perbedaan Akademi, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi dan Universitas

3 min read

Perbedaan Akademi, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi dan Universitas

Di artikel saya sebelumnya sudah disinggung perbedaan akademi, universitas, institut, sekolah tinggi dan juga politeknik.

Dan memang masih banyak orang yang bingung perbedaan lima istilah diatas terlebih masyarakat awam.

Bukan hanya masyarakat awam, beberapa mahasiswa atau siswa yang akan memasuki jenjang pendidikan tinggi juga belum tahu perbedaannya.

Untuk mengatasi kebingungan saudara-saudari sekaligus untuk menjelaskan perbedaannya, saya kemudian buat artikel ini.

Saya sendiri awalnya enggak tahu perbedaan lima istilah diatas saat di tanyakan oleh adik saya paling bungsu beberapa waktu lalu.

Sebelum lanjut, saya juga perlu tekankan bahwa dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, ada dua jenis bidang pendidikan yang dilaksanakan, yakni:

  • Pendidikan akademik yang merupakan pendidikan dan pengajaran yang fokus pada penguasaan atau pemahaman pada satu bidang pengetahuan sesuai dengan program yang diambil peserta
  • Pendidikan vokasi yang merupakan pendidikan tinggi yang menekankan pada pengajaran untuk mempersiapkan lulusan agar bisa mengimplementasikan pembelajaran yang didapat semasa kuliah di lingkungan kerja secara langsung

Lantas, apa sih perbedaan akademi, institut, Politeknik, sekolah tinggi dan universitas? Baca artikel ini sampai habis.

Perbedaan Akademi, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi dan Universitas

Untuk mengetahui perbedaan lima lembaga pendidikan tinggi diatas, langkah pertama yang wajib diketahui oleh anda adalah pengertian atau definisi katanya, berikut diantaranya:

1. Akademi

Untuk penjelasan lebih lengkap tentang definisi akademi silahkan baca artikel saya sebelumnya dengan judul akademi adalah: pengertian, sejarah singkat dan fungsinya.

Disitu sudah saya ulas panjang lebar tentang definisi akademi termasuk sejarahnya dengan intisari pembahasan sebagai berikut:

  • Akademi adalah lembaga pendidikan tinggi yang dibayai oleh Negara secara langsung atau lembaga independen lain di luar Negara
  • Akademi dibuat dengan tujuan untuk mempelajari satu bidang ilmu khusus entah itu pertahanan, keamanan, audiologi, keperawatan dan lain sebagainya
  • Proses silang pengetahuan antara dosen dan mahasiswa dalam lingkungan akademi dikenal dengan istilah akademis atau akademik
  • Para lulusan atau pengajar di akademi disebut akademisi

Dari empat definisi dasar diatas dapat disimpulkan kalau akademi merupakan suatu lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pengajaran pada satu bidang vokasi saja.

Artinya, penyelenggaraan pendidikan di akademi lebih spesifik dibanding lembaga pendidikan tinggi lain, Politeknik, Institut atau universitas misalnya.

Lantas, bidang vokasi itu apa sih? Sederhananya, vokasi adalah suatu bidang pekerjaan yang disesuaikan sama keahlian atau kualifikasi.

Baca Juga : Aperture Adalah: Pengertian, Fungsi dan Penerapan

Dengan kata lain, seorang taruna di Akademi Militer [AKMIL] TNI-AU dididik untuk menjadi seorang perwira atau calon pemimpin di lingkungan TNI-AU saja karena itulah pendidikan vokasi yang ia dapat.

Begitu juga dengan akademi keperawatan, audiologi hingga pelayaran yang nantinya akan dipekerjakan sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Beberapa akademi juga menjalankan pendidikan vokasional lain atau program lain namun saling berkaitan dengan bidang vokasi induk.

Misalnya, akademi keperawatan yang terkadang juga mengajarkan program vokasi kebidanan dan gerontik.

Atau, akademi kepalayaran yang juga mengajarkan ilmu nautika entah itu nautika perkapalan atau pembuatan kapal.

Disamping itu, ada juga lembaga pendidikan non-formal atau formal yang menggunakan kata akademi. Lembaga ini kadang disebut dengan istilah Akademi Komunitas.

Akademi komunitas sendiri merupakan suatu lembaga pendidikan tinggi yang mengajarkan satu bidang ilmu yang sangat spesifik.

Contohnya akademi audiologi atau pariwisata yang melahirkan pekerja-pekerja terampil di bidang audiologi atau pariwisata.

Disamping itu, jenjang pendidikan di akademi atau akademi komunitas hanya sampai ke jenjang diploma entah itu tingkat dua atau tiga.

2. Institut

Dalam kamus besar bahasa Indonesia [KBBI], institut punya dua pengertian dasar, yakni:

  • Organisasi, badan atau perkumpulan yang bertujuan melakukan suatu penyelidikan ilmiah
  • Organisasi, badan atau perkumpulan yang bertujuan untuk menyelenggarakan usaha pendidikan, kebudayaan, sosial, persahabatan [antar bangsa], rehabilitasi dan lain sebagainya

Dari definisi diatas kemudian dimengerti bahwa Institut adalah suatu lembaga pendidikan tinggi yang bisa menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu rumpun pengetahuan entah itu Sains atau teknologi.

Untuk saat ini, beberapa institut juga sudah menyelenggarakan pendidikan profesi yang berarti kategori lembaga pendidikannya sudah setingkat Universitas.

Hanya saja, institut tetap punya keterbatasan dalam penyelenggaraan pendidikan pada satu kelompok ilmu saja.

Salah satu contoh lembaga pendidikan berbasis institut yang paling populer di Indonesia adalah Institut Teknologi Bandung [ITB].

ITB hanya menyelenggarakan pendidikan di bidang teknik dan teknologi saja. Yang berarti, program pembelajaran dan studi hanya berputar pada ilmu teknik dan teknologi.

3. Politeknik

Dalam KBBI, Politeknik adalah hal-hal yang bersangkutan dengan pengajaran ketrampilan untuk ilmu-ilmu terapan.

Artinya, para lulusan politeknik memang disiapkan untuk langsung mengaplikasikan kemampuan yang dimiliki setelah menempuh pendidikan tinggi.

Secara teknis, pengajaran yang dilakukan di Politeknik fokus pada satu bidang vokasi saja. Meski ada beberapa politeknik yang menawarkan dua atau lebih pendidikan vokasi.

Untuk saat ini, politeknik juga sudah dimungkinkan untuk menyelenggarakan pendidikan profesi kepada mahasiswa.

Untuk tujuan ini, di Indonesia ada banyak sekali Politeknik seperti Politeknik Kemenkes, Politeknik Negeri dan Dan lain sebagainya

4. Sekolah Tinggi

Dalam KBBI, Sekolah Tinggi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan ilmiah dan atau pendidikan professional dalam satu disiplin ilmu tertentu.

Terkadang, sekolah tinggi hanya menyelenggarakan satu bidang ilmu saja seperti Sekolah Tinggi Filsafat [STF] Driyarkara, Sekolah Tinggi Filsafat [STF] Pineleng, Sekolah Tinggi Agama Islam [STAIN] dan lain sebagainya.

5. Universitas

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI], universitas adalah perguruan tinggi yang terdiri atas sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan ilmiah dan atau professional dalam sejumlah disiplin ilmu tertentu.

Dari definisi inilah lahir berbagai penyebutan universitas yang merujuk pada sumber dana atau pendirinya, seperti:

  • Universitas korporat yang merupakan universitas milik suatu perusahaan
  • Universitas perusahaan yang merupakan lembaga pendidikan, pelatihan atau pengembangan Sumber Daya Manusia [SDM] yang dibuat oleh suatu perusahaan untuk meningkatkan kualitas SDM sesuai dengan strategi bisnis perusahaan
  • Universitas terbuka adalah perguruan tinggi yang terbuka bagi siapa saja asal mempunyai ijazah Sekolah Lanjut Tingkat Atas [SLTA] baik itu SMA, SMK atau MA termasuk Paket C. Artinya, siapapun bisa masuk di universitas ini tanpa batasan usia, tanpa harus ikut tes masuk [memang sih enggak ada tes masuknya] dengan batas waktu belajar yang tidak terbatas termasuk jadwalnya. Pembelajarannya bisa dilakukan secara langsung atau tidak. Jika tidak, maka materi kuliahnya akan dikirim pakai diktat, bahan ajar hingga brosur kepada mahasiswa.

Artinya, Universitas dapat menyelenggarakan segala bidang pengajaran entah itu profesi dan vokasi dalam rumpun pengetahuan apa saja entah itu sains, ekonomi, teknologi, teknik, hukum, sosial, olahraga dan lain sebagainya.

Dengan demikian, cakupan pembelajaran di Universitas jauh lebih luas dan kompleks yang biasanya terdiri dari dua atau lebih fakultas.

Fakultas sendiri adalah bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri dari beberapa jurusan dan dipimpin oleh Dekan.

Di dalam fakultas diisi dengan dua atau lebih jurusan dan didalam jurusan diisi lagi dengan dua atau lebih program studi.

Penutup

Sampai disini sudah paham kan perbedaan lima istilah diatas? Mudah-mudahan sudah paham.

Agar memudahkan anda untuk mengingat penjelasan diatas, bayangkan saja perbedaan program studi yang diselenggarakan oleh tiap satuan pendidikan tinggi diatas.

Penyelenggaraan pendidikan pada setiap program studi yang diselenggarakan dapat dilihat pada tabel dibawah ini:

Istilah lembaga pendidikan tinggiProgram yang diselenggarakan
AkademiMenyelenggarakan
satu ilmu pengetahuan saja seperti Kelautan, Keperawatan, Pertahanan Negara, Keamanan dan lain sebagainya
InstitutMenyelenggarakan satu rumpun ilmu pengetahuan seperti ilmu teknik yang didalamnya ada program vokasi seperti arsitektur, pertanian, mesin dan lain sebagainya
PoliteknikMenyelenggarakan satu ketrampilan vokasi secara teknis seperti perkebunan, peternakan, kesehatan dan lain sebagainya
Sekolah TinggiMenyelenggarakan satu bidang pendidikan dengan spesifik seperti Pelayaran, Filsafat atau Ekonomi
UniversitasMenyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi apa saja

Demikian artikel tentang perbedaan Akademi, Universitas, Institut , Sekolah Tinggi Dan Politeknik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *