30+ Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari

Ada tiga kategori utama peralatan mendaki gunung mulai dari perlengkapan wajib, kebutuhan personal hingga peralatan pelengkap.

Peralatan wajib adalah peralatan prioritas pendakian yang wajib dibawa oleh setiap orang mulai dari tas atau ransel, tenda, air minum, bahan makanan dan lain sebagainya.

Sementara, peralatan yang jadi kebutuhan pendakian ini juga masih dalam kategori wajib tapi dengan tingkat prioritas yang lebih kecil.

Masih dalam tataran wajib juga terlebih untuk mereka yang sudah terbiasa mendaki atau mungkin ingin mengurangi beban saat pendakian berlangsung.

Lantas, bagaimana dengan peralatan pelengkap? Boleh-boleh juga disiapkan. Tapi tetap pilih mana yang diprioritaskan, apalagi saat berbicara trek pendakian atau mungkin safety.

Karena itu, pilihlah mana yang paling penting. Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari peralatan mendaki gunung untuk pemula atau mungkin perlengkapan mendaki gunung lengkap, simak artikel ini sampai habis.

30+ Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari

Seperti yang sudah disebutkan diatas yang mana peralatan mendaki gunung terbagi dalam tiga kategori utama berdasarkan prioritas kegunaannya, berikut daftarnya:

A. Peralatan mendaki gunung wajib

Pertama ada peralatan mendaki gunung wajib yang harus dibawa dan disiapkan oleh setiap pendaki, diantaranya:

1. Tas

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© promediateknologi.com

Sebelum mendaki gunung, peralatan pertama yang harus disiapkan adalah tas. Untuk tas, baiknya anda pilih tas yang bisa menampung berbagai peralatan yang digunakan saat mendaki.

Ada dua opsi yang bisa digunakan yakni tas carrier dan daypack. Keduanya punya ruang yang besar, dan umum digunakan oleh para pendaki.

Untuk tambahan, jika barang bawaan tidak terlalu banyak, bisa pertimbangkan untuk pakai tas carrier. Perempuan juga disarankan untuk pakai tas jenis ini.

Baca Juga:

Sementara, untuk pria dan mereka yang membawa peralatan mendaki yang cukup banyak, bisa pertimbangkan untuk pakai tas daypack.

Oh iya, satu hal penting juga yang harus dipersiapkan dari dua tas diatas adalah cover waterproof untuk melindungi tas dari hujan atau panas.

Jadi, jika beli dua jenis tas diatas, pastikan komponen pelindung sebagaimana yang dimaksud itu ada. Jika tidak, boleh beli secara terpisah.

2. Tenda

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© merkbagus.id

Peralatan mendaki gunung kedua dan paling penting adalah tenda yang akan digunakan sebagai tempat tinggal atau kemah sementara saat berada di atas gunung.

Ada banyak jenis tenda yang umum digunakan mulai dari tenda kubah atau Dome, yang dapat dipindahkan dengan aman tanpa perlu dibuka terlebih dahulu.

Selain itu, ada juga jenis tenda seperti Tenda Tunnel, Tenda Quick Pitch, Tenda Kubah Pop-up sampai Tenda Inflatable (Udara).

Selain jenis di atas, ada banyak merek dan bentuk tenda. Sesuaikan saja sama kondisi saat itu. Apakah hanya digunakan untuk diri sendiri, situasi cuaca, model, sampai dengan kapasitas atau daya tampungnya.

3. Alat Masak

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© daddylawngames.com

Makanan adalah kebutuhan primer bagi manusia, termasuk para pendaki gunung. Dengan demikian, membawa alat masak dan makanan adalah hal yang wajib.

Untuk alat masak, bisa pilih yang portabel. Tapi, sebaiknya bawa masakan yang instan, cepat dan mudah dibuat.

Jenis alat masak untuk pendaki sendiri ada banyak tapi pada umumnya orang-orang menggunakan kompor lapangan atau mungkin gas kaleng.

Boleh-boleh juga menggunakan cooking set. Jika diperlukan, silahkan pakai trangia, tabung spiritus, dan perlengkapan lain.

Perlengkapan lain ini apa? Tentu saja peralatan penunjang memasak seperti dipan, pisau, dan peralatan lain yang sifatnya opsional.

4. Makanan

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© pinterest

Selain alat masak, siapkan juga makanannya. Makan siap saji mungkin penting, tapi dalam beberapa kasus, ia harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum di santap.

Misalnya, bawa mie Instan, yang perlu air panas agar bisa dikonsumsi. Tapi ingat, bawa juga sekalian kantong sampah agar tidak meninggalkan sampah pembungkus makanan di camp.

Selain mie instan, mayoritas pendaki juga membawa beberapa bahan makanan siap santap lainnya seperti oatmeal, roti gandung, ikan sarden atau tuna kaleng.

Untuk mendapatkan asupan nutrisi tambahan, boleh-boleh saja membawa makanan lain sebagai cadangan mulai dari cereal bar, sup krim, bubur ayam instan, kurma, sosis, nugget dan lain sebagainya.

5. Air minum

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© shopify.com

Selain makanan, siapkan juga minuman untuk memenuhi kebutuhan air saat mendaki gunung. Ini penting untuk mencegah dehidrasi atau hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Untuk porsinya disesuaikan sama kebutuhan. Misalnya, jika berencana buat kopi di gunung, siapkan air minum lebih untuk tujuan ini.

Dan untuk menampung air minum tersebut diperlukan wadah khusus. Dan wadah tersebut harus berbeda dengan tumblr yang secara khusus dipakai sebagai tempat air minum pribadi.

Selain tumblr, dalam beberapa kasus mungkin anda harus siapkan gelas khusus yang bisa dipakai untuk menyeduh kopi.

6. Matras camping

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© productnation.co

Matras camping adalah alas yang akan digunakan sebagai tempat untuk duduk atau tidur di dalam tenda setelah sampai ke gunung.

Biasanya, matras didesain dengan permukaan yang tebal, sehingga aman untuk digunakan. Jadi, siapkan peralatan satu ini.

Jenisnya sendiri cukup banyak mulai dari matras busa yang cenderung lebih ringan dan harganya cukup murah.

Jika ingin matras tersebut efisien dan tidak terlalu makan tempat, bisa pertimbangkan untuk pakai matras udara.

Selain mudah mengembang dan mengempis, matras udara cukup nyaman dipakai untuk tidur. Atau, bisa juga gunakan matras inflator yang merupakan perpaduan antara dua jenis matras diatas.

7. Sleeping Bag

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© Pinterest

Tidak efektif jika harus bawa selimut dari rumah ke gunung. Selain itu, karena kondisi di atas gunung yang cenderung lebih dingin, maka baiknya anda siapkan sleeping bag.

Selain lebih ringan, ia lebih tebal, ringkas dan mudah dibawa kemana-mana. Dan ada banyak jenis sleeping bag, tinggal pilih yang sesuai.

Sleeping bag sendiri ada banyak jenis mulai dari tipe mummy yang cenderung lebih ringan, compact serta memiliki kemampuan untuk menahan panas dari tubuh lebih tinggi dibanding yang lainnya.

Tapi, boleh-boleh saja memilih tipe lainnya seperti Envelope yang bentuknya menyerupai amplop. Kelebihan sleeping bag jenis ini ada pada fleksbilitasnya dimana saat tidur anda bisa bergerak dengan mudah.

8. Survival Kit

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© bukalapak.com

Survival kit merupakan yang perlengkapan yang amat sangat diperlukan dalam keadaan darurat terlebih saat mendaki gunung, yang akses ke rumah sakit atau puskesmas cukup jauh.

Istilah survival kit juga bisa diartikan sebagai kotak P3K yang merujuk pada berbagai kebutuhan medis untuk pertolongan pertama pada kecelakaan.

Daftar survival kit sendiri cukup banyak, tapi secara umum bisa dilihat lewat tabel dibawah ini, seperti:

Alat survival packJenis dan contohnya
Tisu antiseptikTisu berbasis BZK atau berbasis alkohol OK
Salep antibakteriBisa pertimbangkan untuk membawa Basitrasin atau obat lainnya sesuai rekomendasi dokter
PerbanUntuk perekat atau perban tersedia dalam berbagai jenis tapi atas alasan tingkat kelembaban dan udara, pilihlah yang berbahan dasar kain
Bantalan kasaBisa pilih sesuai kebutuhan
Bantalan steril anti lengketPilih sesuai kebutuhan
Pita perekat medisBertujuan untuk mendukung pelekatan berbagai bandage yang digunakan
Obat-obatanBias siapkan beberapa obat seperti Ibuprofen (obat pereda nyeri), Sengatan serangga, obat anti-gatal hingga antihistamin untuk mengobati reaksi alergi
Lain-lainPeniti, Pinset sempalan, kartu informasi manual dan seterusnya
Kontak daruratNomor telepon yang terdiri: petugas SAR terdekat, Polisi dan petugas berwenang lainnya serta keluarga yang bisa dihubungi

9. Kantong Sampah

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© Alibaba.com

Siapkan juga kantong sampah yang terdiri dari kantong basah dan kantong kering, dengan fungsi sebagai berikut:

  • Kantong basah digunakan sebagai tempat untuk menyimpan sampah sisa-sisa makanan atau dijadikan sebagai trash bag
  • Kantong kering yang digunakan sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang penting sekaligus menjaganya agar tetap kering

Dan sampah tidak boleh di buang di tempat pendakian. Artinya, menggunakan kantong sampah akan memudahkan anda membawa sampah tersebut kembali ke perkampungan untuk dibuang di tempat sampah.


B. Perlengkapan personal pendaki

Selanjutnya ada peralatan personal yang wajib disiapkan oleh pendaki saat hendak mendaki gunung yang terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya:

1. Sepatu

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© ceklist.id

Peralatan mendaki gunung berakitunya yang harus disiapkan adalah sepatu. Ini penting, untuk melindungi kaki dari berbagai kondisi atau situasi.

Jenis sepatu pendaki juga ada banyak. Dan istilah ini juga merujuk pada komponen apa saja yang bisa digunakan untuk melindungi kaki.

Dengan demikian, sendal hiking juga termasuk. Agar lebih aman, pilih jenis sepatu pendaki seperti trail running shoes, hiking shoes, Mountaineering Boot dan seterusnya.

Tapi tidak disarankan pakai sendal jepit saat mendaki gunung. Alasannya sederhana karena kurang bagus digunakan pada medan ekstrim serta kurang aman.

2. Jaket

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© cozmeed.com

Jaket adalah perlengkapan personal pendakian yang bertujuan untuk mengisolasi suhu tubuh dari cuaca dingin. Artinya, anda harus siapkan jaket yang berinsulasi hangat.

Tidak masalah jika bawa jaket tebal yang penting tidak memakan terlalu banyak ruang. Boleh juga bawa jaket tipis tapi sesuaikan sama kebutuhan dan kapan harus dipakai.

Ada banyak sekali jenis jaket pendaki yang bisa dipilih oleh anda mulai dari jaket hiking waterproof yang tahan air, window proof yang cocok dipakai untuk situasi panas.

Atau bisa juga pertimbangkan untuk bawa jaket hiking warm up yang berfungsi untuk menjaga suhu tubuh dari kondisi iklim atau cuaca dingin.

3. Sarung tangan outdoor

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© Pinterest

Selain jaket, anda mungkin butuh sarung tangan yang berfungsi untuk melindungi tangan sekaligus menjaga agar tangan tetap hangat.

Selain itu, sarung tangan juga berfungsi untuk melindungi tangan dari gigitan serangga seperti nyamuk yang bisa memicu demam atau penyakit lainnya.

Fungsi lainnya adalah untuk melindungi tangan dari sinar matahari langsung, sengatan serangga atau mungkin saat bersentuhan dengan permukaan kasar lainnya.

4. Pakain ganti

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© maioloo.com

Anda tidak tahu seperti apa cuaca atau kondisi yang akan terjadi. Karena itu, menyiapkan beberapa pakaian ganti sangat penting.

Pakaian ganti ini termasuk jaket, kaos kaki, kaos tangan atau sarung tangan dan lain sebagainya. Lantas, apa saja pakaian ganti yang harus disiapkan? Lihat tabel dibawah ini:

Jenis pakaian ganti untuk pendakiFungsinya
T-Shirt atau kaosSebagai pelindung tubuh primer
Celana pendek dan celana panjangUntuk melindungi area bagian kaki dari sinar matahari, cuaca dingin atau mungkin sengatan serangga
Kemeja lengan panjangUntuk melindungi tubuh dari sinar matahari langsung atau gigitan serangga
Pakain tidurPakaian khusus yang disiapkan agar tetap kering untuk dipakai saat tidur

5. Kaos Kaki

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© Pinterest

Fungsi kaos kaki pada dasarnya sama seperti kaos tangan diatas yakni sebagai pelindung dari gigitan serangga, semut, nyamuk dan lain sebagainya.

Selain itu, kaos kaki juga bisa membuat tubuh jadi lebih hangat. Baiknya siapkan dua atau lebih kaos kaki, dimana satu yang dipakai dan sisanya sebagai cadangan.

Untuk bahannya sendiri cukup variatif tapi disarankan pakai yang berbahan dasar wol yang bisa digunakan pada situasi-situasi tertentu seperti cuaca dingin.

Atau, bisa juga pakai kaos kaki yang berbahan katun yang cocok dipakai untuk cuaca panas tapi memiliki kelebihan karena bisa mengisolasi termal atau panas.

Plus, bahan tersebut tidak cepat kering. Artinya, bahan yang terakhir ini tidak direkomendasikan untuk digunakan saat mendaki gunung atau saat melakukan kegiatan outdoor lainnya.

6. Pelindung kepala

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© Pinterest

Pelindung kepala, dalam hal ini merujuk pada kupluk atau beanie hat yang biasanya terbuat dari rajutan bahan seperti wol, yang berfungsi untuk menjaga kepala tetap hangat.

Jenis kupluk sendiri ada banyak mulai dari hunter hat yang memiliki tali pengikat untuk dikaitkan di dagu, kupluk pelindung telinga yang berfungsi untuk melindungi dari cuaca dingin.

Atau mungkin topi brim yang berfungsi untuk mencegah silau yang muncul dari terik matahari serta topi penutup tengkuk untuk melindungi bagian belakang kepala.

7. Jas Hujan

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© eigeradventure.com

Jas hujan adalah peralatan penting yang wajib dimiliki. Dan ini tidak perlu disiapkan dalam kondisi selain hujan, panas misalnya.

Mengapa demikian? Karena di gunung, saat situasi dingin karena semakin tinggi ke permukaan laut, jas hujan bisa digunakan sebagai penghangat tubuh.

Bahannya sendiri cukup banyak. Karena itu, jika digunakan untuk mendaki, baiknya siapkan jas hujan yang memiliki tingkat ketahanan terhadap tekanan air yang tinggi atau bisa mencapai 20.000 mm yang bisa melindungi tubuh saat hujan deras sekalipun.

Selain itu, pertimbangkan juga soal permeabilitas atau kemampuan jas hujan tersebut untuk meloloskan cairan, dalam hal ini air.

Jadi penting untuk memilih bahan jas hujan terlebih yang akan digunakan saat beraktivitas di luar ruangan dengan cuaca yang tidak bisa diprediksi.

Apakah ada rekomendasi jas hujan untuk pendaki? Ada banyak. Bisa pilih jas hujan berbahan taslan tapi harganya cukup mahal. Taslan sendiri terbagi dalam dua jenis yakni lateks dan balon.

8. Pisau Gunung

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© superlive.id

Pisau memungkinkan anda memotong berbagai kebutuhan seperti kayu untuk membuat kemah dan peralatan lain yang diperlukan.

Mungkin beberapa dari anda masih bingung apakah pendaki boleh membawa pisau selama mendaki atau justru sebaliknya.

Apalagi, dalam UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 melarang seseorang untuk membawa benda-benda tajam tersebut dalam situasi tersebut.

Perlu diketahui, pisau tetap penting sebagai alat untuk survival. Jadi, para pendaki gunung sah-sah saja membawa pisau tersebut selama tidak ditujukan untuk mengancam, menganiaya atau mungkin mencelakai orang lain.


C. Peralatan pelengkap lain

Terakhir ada peralatan pelengkap yang bisa dibawa oleh anda untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan lebih saat mendaki.

Artinya, daftar perlengkapan ini boleh dibawa dan disiapkan oleh anda. Jika tidak, tidak jadi masalah, diantaranya:

1. Gaiters

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© bergans.com

Gaiters pada dasarnya adalah peralatan yang mampu melindungi kaki pendaki saat melewati trek atau jalur semak berduri termasuk juga basah, berpasir sampai kerikil.

Misalnya, jika lewat jalur yang basah atau berpasir, bisa melindungi kaki merembes sampai ke kaki. Atau mungkin, pasir yang bisa melindungi pasir masuk ke dalam sepatu.

2. Trekking Pole

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© superlive.id

Beberapa pendaki gunung mungkin membutuhkan trekking pole, yang membantu mereka untuk berjalan saat mendaki terutama di beberapa medan.

Misalnya, medan yang berpasir atau licin, yang butuh tumpuan lebih. Alat ini pada dasarnya dirancang untuk bisa jadi penyangga berat tubuh pada beberapa trek.

3. Senter

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© Pinterest

Ada dua alat pencahayaan yang bisa disiapkan saat mendaki gunung yakni senter dan headlamp. Keduanya boleh disiapkan bersamaan.

Sebagai alat pencahayaan, maka keduanya bisa memudahkan anda beraktivitas di luar ruangan terlebih saat matahari sudah tenggelam atau sebentar lagi akan muncul.

4. Hammock

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© shopee.co.id

Boleh juga siapkan hammock, yang memungkinkan anda lebih santai. Dalam beberapa kasus, alat ini bisa digunakan sebagai alternatif pengganti tempat tidur.

Jika dilihat dari bahan pembuatannya, hammock terbagi dalam beberapa jenis mulai dari hammock parasut, hammock jaring, hammock tenda, hammock kursi hingga hammock tidur.

Pilihlah yang sesuai. Misalnya, jika ingin bersantai di atas gunung sambil membaca buku atau foto-foto, bisa bawa hammock tidur.

5. Tali

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© Alibaba.com

Saat mendaki, baiknya siapkan tali yang bisa digunakan untuk mengikat, penopang tubuh atau mungkin sebagai alat penolong darurat dalam situasi-situasi tertentu.

Selain tali, mengetahui cara dan metode untuk mengikatnya juga penting. Dan secara umum, ada empat jenis tali yang biasa digunakan pendaki.

Mulai dari tali karmantel yang digunakan sebagai tali pengikat flysheet, tali webbing yang bisa dipakai sebagai tanda jarak saat naik turun gunung.

Serta tali rafia sebagai tali yang dipakai untuk menjemur pakaian dan terakhir tali pramuka yang umum digunakan sebagai tali penolong.

6. Kacamata

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© getsweatgo.com

Pada dasarnya, kacamata digunakan untuk melindungi mata dari sinar matahari langsung serta debu yang muncul dari gunung.

Apakah wajib memiliki kacamata? Kembali ke tempat dimana pendakian akan dilakukan. Karena dalam situasi tertentu, kacamata mungkin sangat diperlukan.

Selain sebagai perlindungan, kacamata juga bisa dipakai untuk mencegah kerusakanan mata atau keratitis terlebih jika terlalu lama berjemur dibawah terik matahari.

7. Korek api

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© trekbaron.com

Korek api atau geretan, yang kadang juga disebut macis, adalah alat pembuat api. Umumnya, para pendaki gunung menggunakan fire starter yang fleksibel untuk dibawa kemana-mana.

Kelebihan membawa fire starter ini adalah bisa digunakan dalam kondisi apa saja. Jenisnya sendiri ada banyak mulai dari metal match fire starter hingga survival Axe.

Dalam beberapa kasus, bisa juga pertimbangkan untuk pakai batu magnesium konvensional sebagai cadangan terlebih jika fire starter yang dimiliki sudah tidak berfungsi dengan baik.

8. Alat navigasi

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© Pinterest

Alat navigasi juga penting untuk dibawa dengan tujuan untuk mengetahui lokasi, tujuan dan arah saat sedang berjalan atau melakukan pendakian.

Dan ini berguna jika trek yang dilalui masih konvensional atau belum memiliki pos yang jadi titik penghentian untuk para pendaki.

Memang sih, di ponsel sudah ada alat navigasi ini. Tapi, karena ponsel bisa kehabisan daya, baiknya siapkan yang manual saja.

9. Power Bank

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© sandberg.world

Di atas gunung tentu tidak memiliki sumber listrik yang bisa digunakan untuk mengecas ponsel. Karena itu, jangan lupa siapkan power bank sendiri.

Apalagi untuk mereka yang ingin ambil foto saat mencapai puncak, melakukan vlog atau mungkin membutuhkan daya untuk kamera DSLR.

10. Peralatan Opsional tambahan

Peralatan Mendaki Gunung Lengkap Untuk Pria dan Wanita Selama 1-3 Hari
© superlive.id

Terakhir ada peralatan opsional tambahan yang boleh disiapkan saat mendaki gunung, yang daftarnya bisa dilihat lewat tabel dibawah ini:

Nama peralatan opsionalFungsi
Gelas minumUntuk minum air hangat, kopi, wadah air sikat gigi dan lain sebagainya
Buku catatan dan pensilUntuk mencoret-coret pengalaman atau mungkin hal-hal penting lainnya
Kamera DSLR atau MirrorlessUntuk dokumentasi tapi tidak terlalu diperlukan jika anda sudah punya kamera ponsel yang kualitasnya bagus
Buku bacaanUntuk membantu mengisi waktu luang saat santai di atas hammock atau di tempat lain
Sikat gigi dan pasta gigiUntuk membersihkan gigi setelah makan atau saat bangun pagi dan tidur malam
Obat nyamukSangat opsional. Boleh disiapkan, tapi bukan yang berfungsi dengan cara dibakar untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan

Penutup

Selain menyenangkan, kegiatan mendaki gunung juga sangat berbahaya. Ada banyak kasus dimana pendaki yang mengalami berbagai masalah karena kurangnya kesadaran atau peralatna pendukung yang diperlukan.

Misalnya, karena kurangnya peralatan penghangat badan, bisa membuat pendaki mengalami hipotermia. Kasus ini paling sering terjadi. Atau mungkin, karena kurangnya sikap aws, membuat pendaki sulit bisa terpeleset.

Karena itu, sebelum melakukan pendakian, sebaiknya melakukan perencanaan yang matang serta persiapan yang memadai.

Ini penting untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan saat akan mendaki, setelah sampai puncak dan kembali ke rumah.

Demikian artikel tentang 30+ jenis peralatan mendaki gunung untuk pria dan wanita lengkap dalam 1-3 hari. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar