2 Cara Tingkatkan Pengunjung Blog Yang Efektif

6 min read

tingkatkan pengunjung blog yang efektif

Meningkatkan pengunjung blog itu sebenarnya gak susah. Dan saya punya 2 tips supaya trafik blog anda naik drastis.

Pada dasarnya, pengunjung blog adalah seseorang yang mengunjungi blog anda menggunakan perangkat baik desktop dan smarpthone untuk membaca artikel-artikel yang anda tulis di blog.

Pengunjung blog atau yang sering disebut dengan visitor ini datang melalui berbagai saluran, mulai dari search engine atau mesin pencari seperti Google, direct trafik, email subscribe, media social traffic dan lain sebagainya.

Dengan demikian, ada banyak cara mendapatkan pengunjung blog baik langsung ataupun enggak langsung.

Cara-cara tersebut sudah banyak di bahas blogger lain, jadi anda tinggal cari cara yang menurut anda pas dan cocok.

Meski demikian, perlu juga diketahui, cara yang anda rasa cocok itu efektif. Maksudnya adalah, cara tersebut tetap perlu di optimalkan lagi.

Bagaimana cara mengoptimalkannya? Soal ini akan saya ulas di bawah artikel. Apakah efektif? Sepanjang yang saya tahu, iya.

Cara itu juga yang saya terapkan di blog ini beberapa bulan terakhir. Dan memang, dari sisi trafik ada peningkatan, meskipun presentasenya enggak seberapa.

Dan cara ini tentu saja legal dan sesuai dengan pedoman webmaster alias enggak pakai cara terlarang, seperti misalnya teknik blackhat SEO atau pakai autovisitor.

Anda juga boleh ikuti cara yang saya terapkan ini, boleh juga enggak. Keputusan ada di tangan anda!

2 Cara Tingkatkan Pengunjung Blog Yang Efektif

Untuk meningkatkan pengunjung blog yang efektif, seperti yang akan saya ulas di artikel ini, terbagi menjadi dua metode dasar, yakni:

  1. Cara dapat view
  2. Cara tingkatkan pageview

Pada metode 1 akan fokus untuk meningkatkan view blog dengan model pengoptimalan konten pada umumnya. Sebaliknya, metode 2 akan fokus untuk meningkatkan model pertama tadi.

Ingat, pageview sama view itu beda ya. Pageview adalah jumlah laman yang dilihat oleh pengunjung sekali berkunjung sementara view adalah pengunjung yang datang langsung dari berbagai saluran yang sudah sebut diatas.

Masih belum paham juga? Maksudnya begini, apabila ada pengunjung yang datang ke blog anda dari search engine atau media sosial langsung maka kunjungan itu disebut view.

1 view per 1 pengguna. Perhitungan view ini diambil dari IP pengguna, yang biasanya datang dari wilayah yang berbeda-beda.

Sementara, apabila pengunjung itu membaca artikel-artikel lain di blog anda maka disebut pageview atau laman yang dilihat pengunjung.

Jadi misalkan begini, kalau view blog anda perharinya bisa sampai 1k, ada kemungkinan total pageview blog anda bisa sampai 1.5k.

Dengan kata lain, setengah dari view tersebut membaca artikel lain di blog anda. Kira-kira begitu sederhananya.

Baik view atau pageview sangat penting bagi blog. Sebab bisa dijadikan tolok ukur kualitas konten di blog anda sekaligus bisa menurunkan rasio pantulan situs.

#1 Cara dapat view blog

Untuk dapat view dari blog, yang jika di kumulasikan, akan kembali ke sumber trafik blog. Oleh karena itu, saya hanya akan menjabarkan saja lebih lanjut.

a. Quality content

Quality content adalah salah satu teknik paling umum untuk mendapatkan view blog. Teknik ini bahkan jadi arus utama perolehan trafik yang paling banyak dikejar blogger.

Saya juga enggak perlu jelaskan panjang lebar soal quality content ini, karena saya yakin anda pasti tahu maksudnya. Intinya, QC ini terbagi menjadi beberapa faktor:

  • Artikel yang berkualitas
  • Ditulis dengan ramah dan enggak banyak kata yang typo
  • Dilengkapi gambar [minimal 300 karakter ada satu gambar] supaya pembaca enggak bosan
  • Artikel tersebut diperbaharui terus menerus
  • Merupakan konten Evergreen
  • Menerapkan strategi optimasi konten [entah on page atau off page]
  • Enggak nyebarin Hoax

Faktor-faktor diatas secara langsung berkontribusi pada kualitas artikel. Apabila artikel itu berkualitas, maka peluang untuk duduk di peringkat pertama pencarian Google akan terbuka lebar.

Jangan dulu bicara soal uang atau penghasilan. Intinya, buat konten yang bagus dulu, uang pasti datang sendiri.

Jika anda menekankan pada Quality content, berarti anda gak boleh kejar kuantitas. Coba bayangkan, jika artikel di blog sudah berjumlah ribuan, namun pengunjungnya belum sampai 100 per hari, itu ceritanya gimana?

Mungkin saja artikel yang anda tulis itu enggak berguna sama sekali. Alias, enggak ada yang tertarik untuk membacanya.

Baca Juga : Sejarah Lengkap Perintis dan Penemu Kamera

Jadi saran saya, jangan kejar kuantitas, kejarlah kualitas terlebih dahulu. Jika blog anda sudah punya trafik yang stabil, barulah kejar kuantitas.

Yang terpenting, anda memadukan antara kuantitas dan kualitas ini. Karena sama-sama penting.

Saya juga pernah melakukan kesalahan ini saat pertama kali terjun ke dunia blogging, target saya adalah jumlah artikel yang harus saya posting di blog.

Alias, ngejar kuantitas mulu dan setiap hari saya biasanya bikin 1 artikel. Panjang maksimalnya itu 500 karakter. Dan setelah 6 bulan, pengunjung blog masih gitu-gitu aja. Belum sampai 200 orang.

Karena gak ada peningkatan, maka saya bosan sendiri. Dan setelah saya ubah konsepnya, dengan mengedit artikel lama, eh tiba-tiba trafik melonjak.

Karena itu, dalam beberapa waktu ke depan, saya memutuskan untuk fokus mengedit artikel lama, yang mungkin bisa mendongkrak trafik di blog ini.

b. Postingan tamu

Nah, kalau yang dikejar itu kuantitas dan kualitas, anda boleh pakai trik yang satu ini. Yakni dengan membuka jasa Guest post di blog.

Sistemnya gini, orang-orang akan mengirim artikel ke blog anda. Setelah mengirim artikel, anda akan review dulu, jika layak dan sesuai dengan standar kualitas artikel menurut anda pribadi, maka anda langsung posting di blog.

Tapi tentu ada benefit yang harus anda berikan kepada si guest post itu. Bisa berupa backlink, uang atau aksesori lain.

Yang terpenting, imbalan itu bisa bikin mereka tambah semangat untuk buat konten atau artikel baru, yang fresh dan berkualitas lalu di kirim ke blog anda.

c. Komentar di blog orang lain

Istilahnya blogwalking. Artinya, anda jalan-jalan ke blog orang lain sekedar lihat-lihat, baca-baca atau mungkin ikut nimbrung di kolom komentar.

Fungsinya apa? Supaya kehadiran anda sebagai blogger itu bisa terlihat. Blogwalking juga bisa meningkatkan hubungan antar sesama warga blogger.

Saran saya, saat blogwalking, seminimal mungkin anda berkomentar. Sekedar berbagi pengalaman atau bertanya.

d. Share di Media Sosial

Media sosial juga jadi salah satu sumber trafik yang menjanjikan. Jadi, rajin-rajinlah share ke media sosial.

Siapkan juga tombol share di blog anda, siapa tahu ada pengunjung yang pengen share artikel-artikel yang anda tulis.

Dengan share ke medsos, anda bisa dapat trafik langsung secara instan. Juga, bisa menjadi social signal bagi Google kalau tulisan anda itu berkualitas.

Dengan demikian, akan ada nilai tambah yang diberikan Google pada artikel tersebut, yang mungkin bisa meningkatkan posisi blog anda di SERPs.

Istilahnya disini anda jemput bola. Soal ini, saya punya beberapa tips untuk memanfaatkan media sosial sebagai sumber trafik dan media promosi blog anda, antara lain:

  • Posting artikel di beranda Facebook
  • Buat halaman Facebook khusus untuk blog tersebut dan connect dengan akun IG
  • Buat grup Facebook
  • Juga, buat akun Twitter
  • Lakukan promosi artikel secara tentatif
  • Terus promosi
e. Manfaatkan forum tanya jawab

Ada banyak forum tanya jawab di internet. Dan setiap forum ini bisa anda manfaatkan untuk memperoleh trafik blog.

Saya sendiri sudah melakukan ini beberapa bulan terakhir di Quora. Jadi, saat ada pertanyaan yang berhubungan dengan blogging, tak lupa saya jadikan blog ini sebagai sumber jawaban.

Di profil juga saya tautkan link yang mengarah ke blog ini. Jadi, kalau ada pengguna Quora yang lihat-lihat profil saya dan mengklik tautan profil tersebut, mereka bisa diarahkan langsung ke blog ini.

Anda juga bisa melakukan cara yang sama untuk memanfaatkan forum tanya jawab. Selain Quora, ada beberapa forum tanya jawab lain, seperti:

  • Kaskus
  • Yahoo Answer
  • Answer.com
  • Dan lain sebagianya
f. Give away

Saya sering melihat beberapa blogger yang melakukan Give away di blognya. Secara umum, give away punya 3 manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan visitor blog
  • Branding blog
  • Strategi promosi yang kreatif

Tiga hal ini juga secara kumulatif berdampak pada reputasi blog anda di mata blogger lain dan pengguna, termasuk Google.

Ingat, Google bertindak berdasarkan data-data kunjungan pengguna. Sebagai contoh, ingat social signal yang saya sebutkan tadi?

Apabila trafik dari media sosial banyak, Google akan menganggap artikel di blog anda itu berkualitas. Alhasil, artikel tersebut akan mendapatkan rangking yang bagus di search engine.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan Give away. Untuk hadiahnya, anda bisa beri sesuai kemampuan anda. Seperti:

  • Template blog premium baik WordPress atau Blogger
  • Backlink
  • Akun AdSense aktif
  • Blog jadi
  • Baju
  • Aksesoris
  • Pulsa
  • Dll

#2 Cara tingkatkan pageview blog

Tentu saja anda gak mau kan kalau pengunjung blog anda hanya datang lalu pergi. Alias, pengunjung blog tersebut enggak lihat-lihat artikel lain di blog anda, siapa tahu ada artikel yang mencuri perhatian mereka.

Apabila ada artikel yang berhasil mencuri perhatian mereka, tentu saja mereka akan membacanya. Meskipun hanya sekilas.

Dan ini berdampak pada pageview blog anda, termasuk bouncing rate site. Kalau bouncing rate bagus, konversi atau pendapatan juga meningkat.

Intinya, view atau pageview secara simultan berdampak pada kualitas blog dan artikel yang anda disajikan di blog.

Dan bagi saya pribadi, ada beberapa cara tingkatkan pageview blog. Antara lain:

a. Memanfaatkan artikel related

Konsep related post ini, bukan seperti widget related post yang ada di blog. Konsepnya lebih luas daripada itu.

Konsepnya kira-kira seperti yang anda lihat di blog ini. Tujuannya apa? Untuk menyajikan daftar artikel yang mungkin salah satunya akan dibaca oleh pengunjung.

Berikut saya sajikan konsep related post di blog ini:

  • Di sidebar blog saya tempatkan 1 iklan AdSense dan widget random post. Random post artikel ini #maaf saya ganti dengan tulisan Populer post 😀 Jadi setiap kali loading atau klik pada tautan, daftar tersebut akan berganti dengan artikel lain
  • Menggunakan widget related post dibagian bawah artikel, yang terpisah dengan konten
  • Dibagian bawah artikel, karena saya sudah menggunakan iklan adsense, saya pasang widget matched content. Jenis iklan ini kira-kira sama dengan random post, yang akan menampilkan daftar artikel yang berbeda setiap kali loading.
b. Tautkan artikel lain

Ini mirip sih dengan poin sebelumnya namun penerapannya agak berbeda. Fungsinya sama seperti related post dan sama-sama berkontribusi pada pageview blog.

Tetapi unsur keterbacaannya lebih tinggi dibanding artikel related post. Karena biasanya, enggak setiap pengunjung mau scrol artikel sampai ke daftar related post.

Untuk mengatasi ini, anda bisa tautkan artikel lain di blog anda, yang enggak muncul di related post. Karena biasanya, postingan related itu juga mengacu pada satu kategori postingan sama dengan urutan tanggal terbalik.

Untuk cara ini, anda bisa gunakan konsep Baca Juga atau menautkan kata per kata. Saran saya sih, per 300 karakter, anda bisa tautkan satu konten.

Ingat juga, jangan berlebihan menggunakan cara ini, karena bisa mengganggu pengguna.

c. Berinteraksi dengan pengunjung

Bagi saya ini sangat penting. Interaksi dengan pengunjung bisa meningkatkan nilai kepercayaan pengguna. Jadi, jangan anggap remeh soal ini.

Oleh karena itu, saran saya, baiknya kolom komentar di blog anda enggak di nonaktifkan. Karena ini adalah satu-satunya cara berinteraksi dengan pengunjung secara langsung.

Model interaksinya pun terjadi seperti dialog, yang bisa meningkatkan nilai tambah dari segi kualitas artikel.

Memang sih, ada banyak komentar spam yang masuk. Tapi ini gak masalah, sudah tugas anda sebagai blogger untuk menghapus komentar-komentar spam semacam ini.

Penutup

Ada banyak cara memperoleh pengunjung blog. Perlu saya ingatkan juga, sekalipun cara diatas sudah diterapkan dengan baik, bukan jadi jaminan kalau pengunjung blog anda akan meningkat drastis.

Jaminannya tetap ada pada konten. Karena itu, buatlah konten-konten yang berkualitas tinggi. Selain itu, perhatikan juga perilaku pengguna dan perubahan di search engine.

Demikian artikel tentang cara tingkatkan visitor blog dengan mudah lewat 5 cara ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *