Pengertian Landasan Teori dan Kajian Pustaka serta Contohnya

Dua istilah di atas yakni landasan teori dan kajian pustaka umum ditemui dalam suatu karya tulis ilmiah (KTI) entah itu skripsi, tesis dan lain sebagainya.

Format penulisannya sendiri cukup beragam dimana ada yang fokus pada satu variabel, independen atau bebas misalnya sementara pada kajian pustaka fokus pada teori normatif.

Tapi, apa sih yang dimaksud dengan landasan teori? Apa arti dari kajian pustaka? Mengapa keduanya wajib ada dalam suatu KTI?

Jika penasaran jawaban dari berbagai pertanyaan dasar diatas, simak artikel dibawah ini sampai habis.

1. Pengertian Landasan Teori

Pengertian Landasan Teori dan Kajian Pustaka
© Canva Photos

Landasan teori adalah dasar atau tumpuan dari suatu teori yang digunakan sebagai dasar untuk penelitian yang akan dilakukan.

Tapi teori tersebut harus disusun secara sistematis dan rapi serta didalamnya harus memiliki variabel yang jelas tentang bagaimana suatu penelitian akan dibuat, dibangun dan dihasilkan.

Karena itu, ia terkadang juga diartikan sebagai seperangkat definisi, termasuk konsep dan proposisi yang sudah disusun sedemikian rupa dan sistematis yang akan menjadi variabel-variabel dalam penelitian.

Dan pada akhirnya, landasan teori tersebut akan menjadi dasar atau pijakan atau tumpuan dari penelitian itu sendiri. Dalam skripsi, landasan ini biasanya ada di Bab II yang berkaitan dengan isi penelitian.

Untuk memudahkan anda mengetahui pengertian landasan teori, bisa lihat beberapa pendapat ahli soal ini di bawah, seperti:

  • Dalam buku Memahami Penelitian Kualitatif (2012) yang ditulis oleh Sugiyono menyebutkan bahwa landasan teori adalah dasar riset yang perlu ditegakkan agar penelitian memiliki dasar yang kokoh dan bukan sekedar perbuatan coba-coba atau trial dan error
  • Sementara, dalam buku Prinsip-prinsip dasar penelitian bahasa sastra (2004) yang ditulis oleh Kinayati Djojosuroto dan Nurul Falah Sumaryati, menyebutkan bahwa landasan teori adalah perspektif lain sebagai konsep, proposisi, dan asumsi yang menjelaskan fenomena sosial secara tertata dan dirumuskan dengan hubungan antar konsep.

Lantas, bagaimana cara membuat landasan teori yang baik dan benar? Ada banyak cara, diantaranya:

  • Dengan mencari referensi atau rujukan eksplisit sebagai asumsi teoritis sehingga pembaca atau audiens bisa mengevaluasi penelitian yang dilakukan secara kritis sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah
  • Sebagai kerangka yang menghubungkan peneliti dengan suatu penelitian yang sudah ada sebelumnya sehingga peneliti mempunya dasar untuk menyusun hipotesis yang pada akhirnya akan menentukan metode penelitian yang dilakukan nantinya
  • Kerangka teori memungkinkan peneliti mengartikulasikan asumsi teoritis dari suatu studi atau penelitian sehingga mendorong peneliti untuk menjawab pertanyaan tentang mengapa dan bagaimana
  • Memungkinkan peneliti mengidentifikasi batasan generalisasi dalam suatu penelitian sehingga variabel kuncinya bisa ditetapkan

Lantas, apakah landasan teori penting dalam suatu penelitian? Tentu saja. Karena itu, ia wajib ada dalam sebuah karya tulis ilmiah entah itu Skripsi, Tesis dan lain sebagainya.

2. Pengertian Kajian Pustaka

Pengertian Landasan Teori dan Kajian Pustaka
© Canva Photos

Kajian pustaka kadang ditulis atau disebut secara bergantian dengan tinjauan pustaka hingga kajian literatur. Dan tentu saja, ia berbeda dengan daftar pustaka.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan kajian pustaka? Secara umum diartikan sebagai penjelasan dari berbagai bidang ilmu berbeda yang akan dijadikan informasi dan panduan dalam suatu penelitian.

Dengan demikian, dalam kajian pustaka ini berisikan deskripsi yang jelas dan spesifik terkait dengan bidang atau topik yang diteliti.

Lantas, apakah kajian pustaka wajib ada dalam suatu penelitian ilmiah? Tentu saja karena berfungsi sebagai bahan referensi penelitian, sumber literatur dan dasar penelitian.

Pada akhirnya, berbagai item tersebut memungkinkan peneliti menjawab berbagai permasalahan atau solusi dari suatu penelitian.

Sama seperti landasan teori diatas yang mana kajian pustaka juga terletak pada bab II dalam struktur formal suatu karya tulis ilmiah (KTI) seperti skripsi atau tesis.

Sementara, untuk sumber kajian pustaka bisa beragam mulai dari artikel, jurnal, penelitian sebelumnya, laporan, situs, majalah, koran dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan anda memahami pengertian tinjauan pustaka, lihat beberapa pengertian kajian pustaka dari beberapa ahli di bawah ini, seperti:

  • Dalam buku Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus (2017) yang ditulis oleh Muh Fitrah, M.Pd dan Luthfiyah, M.Ag menyebut bahwa kajian pustaka merupakan suatu tindakan untuk mendalami, mencermati, dan menelaah ilmu pengetahuan
  • Sementara dalam buku Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya (2010) yang ditulis oleh Nyoman Kutha Ratna mendefinisikan kajian pustaka dalam tiga bentuk, yakni: (1) Kajian pustaka adalah bahan bacaan yang sudah pernah dianalisis dan dibaca, dalam bentuk sudah dipublikasikan atau koleksi pribadi, (2) Suatu bagian yang berisi tentang kumpulan teori yang fungsinya untuk menganalisis objek penelitian. Nantinya, peneliti akan menggabungkan kajian pustaka dengan kerangka teori dan (3) Kajian pustaka merupakan bahan yang memiliki keterkaitan dengan objek penelitian
  • Disisi lain, dalam buku Metode Penelitian (2005) yang ditulis oleh Moh Nazir menyebutkan bahwa kajian pustaka adalah suatu studi literatur yang artinya mencari sumber data dari bahan sekunder yang berfungsi untuk menunjang penelitian. Selain itu juga digunakan untuk meninjau sejauh mana ilmu yang terkait dengan penelitian berkembang serta sejauh mana kesimpulan pernah dibuat. 

Pengertian Landasan Teori dan Kajian Pustaka serta Contohnya

Lantas, apa sih perbedaan antara landasan teori dan kajian pustaka? Apakah ada contohnya? Simak tabel dibawah ini:

PerbedaanLandasan TeoriKajian Pustaka
PengertianLandasan teori adalah dasar teori yang didalamnya terdapat definisi, konsep, proposisi dan asumsi dalam suatu penelitianKajian pustaka adalah literatur yang akan digunakan untuk mendukung agar penelitian lebih relevan untuk dilakukan
FungsiUntuk menyusun dan meringkas pengetahuan terkait dengan topik penelitian, peristiwa yang dijadikan keterangan sementara hingga pengembangan untuk pengetahuan baru dalam bentuk tulisanUntuk meninjau topik penelitian, mengetahui konsep dari teori yang akan diimplementasikan, memahami masalah dan kontroversi, penentuan sikap dan pengetahuan siapa saja yang sudah melakukan penelitian sebelumnya
TujuanUntuk menjelaskan fenomena secara sistematis antar variabel yang sudah diteliti dan menjadi dasar untuk memperkuat tujuan penelitianMenjelaskan pendekatan penelitian yang dilakukan sebelumnya serta menjadi dasar untuk memperkuat argumen serta hipotesis dari penelitian yang dilakukan
JenisVariabel bebas (independen), variabel terikat (dependen), variabel intervening (mediating), variabel moderating, variabel kontrol dan juga Variabel confounding (spurious)Kuantitatif, kualitatif, campuran dan teori normatif
PenulisanMenulis nama dari pencetus teori, menuliskan tahun dan tempat pertama kali diterbitkan, memberikan uraian ilmiah teori serta menghubungkan dengan teori-teori yang sudah ada sebelumnyaMengidentifikasi pokok penelitian, mencari penelitian yang relevan, mencatat poin-poin kunci, meringkas, menulis kajian pustaka hingga menulis pandangan umum

Tabel diatas sudah cukup jelas menggambarkan dimana letak perbedaan antara landasan teori dan kajian pustaka.

Misalnya, dari segi fungsi yang mana landasan teori memiliki fungsi untuk menyusun atau meringkas pengetahuan yang terkait dengan topik atau objek yang akan diteliti.

Sementara, kajian pustaka berfungsi untuk meninjau apa yang menjadi topik penelitian. Dari sini kemudian diketahui konsep dari teori yang sebelumnya ada dalam landasan teori dan bagaimana mengimplementasikannya.

Lantas, mengapa kajian teori dan landasan teori ada di bab yang sama? Alasannya sederhana karena keduanya saling terhubung dan memperkuat pembahasan.

Penutup

Mengetahui letak perbedaan antara landasan teori dan kajian pustaka sangat penting terlebih untuk anda yang mau buat karya tulis ilmiah.

Saking pentingnya, maka kedua topik tersebut akan dibahas dalam salah satu mata kuliah yang akan dipelajari di kampus.

Demikian artikel tentang pengertian landasan teori dan kajian pustaka serta contohnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar