Pengertian Game Online: Jenis, Fungsi, Manfaat dan Contohnya

Game online adalah game yang mengharuskan player terhubung ke jaringan internet saat di mainkan dan tentu saja butuh koneksi yang stabil.

Selain jaringan internet, beberapa game juga batasan support dimana ponsel atau perangkat harus memenuhi beberapa kriteria tertentu.

Mulai dari kapasitas Random Access Memory (RAM), minimum OS, chipset, refresh rate, grafis dan lain sebagainya.

Yang paling berpengaruh mungkin pada perangkat atau device sebab rata-rata game online itu adalah game FPS.

Jadi kalau device sudah support 90 FPS, gameplay tentu lebih bagus jika dibandingkan device yang hanya support 30 FPS atau mungkin kurang.

Hanya saja, kembali ke tujuan main game online itu sendiri. Apakah untuk isi waktu luang, have fun sama teman, pacar atau mungkin untuk tujuan lain, streaming misalnya.

Tapi apa sih yang dimaksud dengan game online? Apa saja jenis-jenisnya? Apa fungsi dan manfaat game online? Jika penasaran, simak artikel ini sampai habis.

Pengertian Game Online

Pengertian Game Online

Game online adalah jenis game yang dimainkan melalui jaringan internet dengan menggunakan perangkat seperti komputer atau smartphone dan bisa dimainkan.

Misalnya, jika suka main solo anda bisa pilih opsi tersebut. Beberapa game juga menyediakan opsi tambahan dengan main squad atau duo.

Dalam sejarahnya, game online mulai diperkenalkan pada tahun 1970-an seiring dengan munculnya game teks yang dimainkan melalui jaringan komputer seperti mainframe dan minicomputer.

Pada tahun 1980-an, game online mulai berkembang dengan munculnya game seperti MUD (Multi-User Dungeon) yang dapat dimainkan oleh banyak pemain secara bersamaan.

Kemudian di akhir 1990-an dan awal 2000-an, game online mulai populer di kalangan masyarakat luas dengan munculnya game seperti Everquest dan Ultima online.

Popularitas game online kemudian berkembang pesat pada tahun 2000-an dengan munculnya game berbasis web yang dapat dimainkan melalui browser dan game mobile yang dapat dimainkan melalui smartphone.

Hingga kini, tersedia berbagai jenis game online yang bisa dimainkan di komputer atau ponsel entah itu RPG (role-playing game), FPS (first-person shooter) atau MOBA (multiplayer online battle arena).

Jenis Game Online

Pengertian Game Online

Game online bisa dibedakan berdasarkan beberapa kategori yang di dalam kategori tersebut ada banyak jenisnya, seperti:

A. Jenis game online berdasarkan mode permainanya

Jika dilihat berdasarkan mode permainannya, game online bisa dibedakan berdasarkan beberapa jenis, diantaranya:

1. MMO

MMO atau Massively Multiplayer Online Game adalah game online yang dapat dimainkan oleh ratusan atau ribuan orang sekaligus.

Dan semua player game tersebut terhubung dalam satu dunia virtual. Untuk contoh game MMO ini ada banyak mulai dari World of Warcraft, Final Fantasy XIV hingga Eve Online.

Disisi lain, game MMO juga dapat dibedakan berdasarkan dua sub kategori, diantaranya:

  • Massively Multiplayer Online First-person shooter games (MMOFPS) yang menampilkan pandangan orang pertama dalam game seperti Counter Strike, Call of Duty, Point Blank dan lain sebagainya
  • Massively Multiplayer online Real-time Strategy Games (MMORTS) yang fokus pada strategi yang ditampilkan pemain dalam match seperti dalam Age of Empires, Warcraft dan lain sebagainya
  • Massively Multiplayer Online Role-Playing Games (MMORPG) dimana setiap player akan memerankan tokoh virtual atau khayalan dan berkolaborasi untuk membuat cerita bersama seperti dalam game Ragnarok Online, The lord of the Rings Online: Shadows of Angmar, Final Fantasy dan lain sebagainya.
2. MOBA

MOBA atau multiplayer online battle arena adalah game strategi yang memungkinkan pemain untuk bermain dalam tim dan bertarung melawan tim lain.

Di Indonesia, ada beberapa contoh Game MOBA paling populer seperti Mobile Legends, League of Legends, Dota 2 hingga Heroes of the Storm.

3. Cross-Platform Online Play

Cross-Platform Online Play atau CPOP adalah game online yang dapat dimainkan pakai perangkat berbeda.

Misalnya, ada player yang main game tersebut pakai browser di komputer sementara yang lainnya pakai konsol game hingga HP.

Untuk contoh game jenis ini ada banyak mulai dari Dreamcast, PlayStation 2 hingga Xbox yang menyediakan game online.

Dalam beberapa kasus, game jenis ini disebut sebagai game berbasis browser karena dapat dimainkan melalui browser internet tanpa harus mengunduh atau menginstal aplikasi.

4. Battle royale

Battle royale adalah jenis game online yang sedikit lebih spesifik dibanding varian game MMO dan Moba karena bisa dimainkan dalam mode Squad, Duo atau Solo.

Perbedaan paling mencolok ada pada elemen bertahan hidup dimana tim atau player yang bisa bertahan lebih lamalah yang akan menang.

Di Indonesia, ada salah satu game jenis ini yang populer yakni PUBG Mobile baik itu versi Mobile, Lite hingga PC termasuk juga PUBG New State dan lain sebagainya.

6. Mobile game

Mobile game atau game online adalah jenis game yang dapat dimainkan menggunakan smartphone atau tablet.

Dengan demikian, mayoritas game yang ada saat ini dapat disebut game mobile seperti Clash of Clans, Candy Crush, Pokemon Go hingga PUBG Mobile.

7. Game simulasi

Game simulasi adalah jenis game yang dibuat khusus untuk mensimulasikan situasi atau kejadian nyata secara online.

Misalnya simulasi penerbangan dari suatu bandara ke bandara lain, manajemen bisnis hingga simulasi permainan olahraga.

8. Sosial game

Game sosial adalah jenis game yang mempertemukan satu pemain dengan pemain lainnya dalam dunia virtual yang sama.

Setiap player atau pemain tersebut akan menggunakan karakter dengan peran yang berbeda untuk membentuk kehidupan sosial.

Untuk contoh game Sosial ini ada banyak mulai dari The Sims, Animal Crossing, Stardew Valley dan lain sebagainya.

B. Tipe game online berdasarkan cara pembayarannya

Karena satu dan lain alasan, beberapa game mengharuskan player untuk membayar agar bisa memainkannya.

Dan dengan demikian, jika dilihat dari cara bayarnya, game bisa bedakan berdasarkan beberapa jenis, yakni:

1. Pay to Play

Pay to play adalah jenis game yang mengharuskan pemain atau player bayar dimuka atau bayar dulu agar bisa main game di dalamnya.

Beberapa game memang bisa diinstal secara gratis tapi agar bisa naik level, harus bayar atau beli item yang disediakan developer.

Ada banyak contoh game pay to Play yang ada sekarang ini mulai dari Gunbound, Ragnarok Online, Ghost Online dan lain sebagainya.

2. Free to Play

Selanjutnya adalah game yang sepenuhnya bisa digunakan secara gratis tanpa harus melakukan pembelian item atau bayar dimuka.

Artinya, game ini tidak mengharuskan player bayar uang dalam jumlah tertentu agar bisa memainkan game di dalamnya.

Meski demikian, player bisa membeli item atau skin yang ada agar karakter di dalam game jauh lebih unik dan beda dengan karakter standar lainnya.

Ada banyak contoh game jenis ini mulai dari Subspace, Travian, Terra, Cross fire, Anarchy online dan lain sebagainya.

C. Macam-macam game online berdasarkan grafiknya

Grafis game merupakan salah satu pertimbangan setiap player untuk memainkan game tersebut. Dengan demikian, jika dilihat berdasarkan grafiknya, game online dapat dibedakan berdasarkan beberapa jenis, diantaranya:

1. Game 2 Dimensi

Game 2 dimensi adalah jenis game video yang hanya menampilkan karakter dua dimensi (yakni panjang dan lebar) dalam tampilan visualnya.

Dengan demikian, game jenis ini cukup berbeda dengan game 3 Dimensi karena menambahkan dimensi kedalaman didalamnya.

Untuk contoh game online 2 dimensi ada banyak seperti Agar.io, Tanki Online, Super Mario Flash, Tetris Friends dan lain sebagainya.

2. Game 3 Dimensi

Game 3 dimensi adalah jenis permainan video yang menampilkan tiga dimensi (panjang, lebar, dan kedalaman) dalam tampilan visualnya.

Dengan demikian, game satu ini akan memberikan kesan permainan yang lebih realistis seperti yang ada dalam kehidupan nyata.

Untuk contoh game online 3 dimensi ini ada banyak mulai dari World of Warcraft, Second Life, Fortnite, PUBG, Minecraft hingga Roblox.

Fungsi dan Manfaat Game Online

Pengertian Game Online

Fungsi dari game online adalah sebagai hiburan yang menyenangkan dan menyediakan waktu luang yang menyenangkan bagi pemain.

Game online juga dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan, seperti keterampilan strategi, keterampilan komunikasi, dan keterampilan kerja tim.

Beberapa manfaat dari game online antara lain:

  • Meningkatkan keterampilan yang berarti game online dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keterampilan seperti problem solving, pemecahan masalah, kerjasama tim dan lain sebagainya
  • Meningkatkan kreativitas yang mana game online dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas player dengan memberikan tantangan yang membutuhkan pemikiran yang inovatif
  • Meningkatkan komunikasi yang berarti game online dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi antar pemain saat berinteraksi dengan pemain lain dalam game
  • Meningkatkan kesehatan mental sebab beberapa game online menyediakan hiburan yang menyenangkan yang bisa meredakan stres
  • Meningkatkan keterampilan bahasa sebab beberapa game online menggunakan bahasa asing sebagai bahasa antarmuka platform sehingga secara tidak langsung akan mendorong keterampilan berbahasa pemain
  • Meningkatkan sosialisasi sebab game online memungkinkan setiap player untuk berinteraksi dengan pemain lain dalam game
  • Meningkatkan rasa kebersamaan sebab beberapa game online harus dimainkan dengan player lain sehingga dalam situasi tertentu rasa kebersamaan dan interaksi sangat diperlukan.

Meski manfaatnya cukup banyak tetap perlu diingat bahwa game online juga memiliki dampak buruk baik langsung atau tidak langsung.

Mulai dari masalah ketergantungan, interaksi sosial yang berkurang hingga kurangnya produktivitas jika digunakan secara berlebihan.

Dengan demikian, penting untuk tetap mengatur berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk main game dan menahan keinginan untuk tidak memainkannya dalam jangka waktu tertentu.

Dampak Buruk Game Online

Pengertian Game Online

Jika game online digunakan secara tidak bertanggung jawab dan berlebihan, ada beberapa dampak buruk yang dirasakan oleh player, diantaranya:

  • Dapat menyebabkan ketergantungan karena pemain tidak mampu mengontrol waktu dengan baik saat bermain game sekalipun sudah menentukan berapa banyak waktu yang akan digunakan
  • Pengurangan interaksi sosial sebab game online dapat mengurangi waktu interaksi sosial pemain karena lebih banyak waktu dihabiskan untuk bermain game daripada berkomunikasi dengan orang lain secara langsung
  • Mengurangi produktivitas akibat lebih banyak waktu dihabiskan untuk bermain game daripada melakukan aktivitas lain yang lebih berguna baik itu di rumah atau di tempat lain
  • Bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, sakit leher, sakit punggung, dan masalah mata karena duduk terlalu lama di depan komputer atau ponsel
  • Game online dapat menyebabkan masalah perilaku seperti agresi, kecemasan, dan depresi jika digunakan secara berlebihan
  • Game online dapat menyebabkan masalah finansial jika pemain terlalu banyak mengeluarkan uang untuk membeli item atau fitur dalam game
  • Dalam beberapa kasus, game online dapat menyebabkan masalah keamanan karena pemain dapat memberikan informasi pribadi atau uang kepada pihak yang tidak dapat dipercayai.

Karena itu penting untuk mengontrol waktu dan tidak terlalu sering bermain game online, selalu memperhatikan kesehatan dan memperhatikan aspek keamanan dalam bermain game online.

Contoh Game Online Android dan iOS Terbaik 2023

Lantas, apa saja game online Android dan iOS terbaik 2023? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak artikel ini sampai habis.

1. PUBG Mobile

Pengertian Game Online

Jika sedang cari game multiplayer online Android dan iOS terbaik di tahun 2021 ini, bisa download PUBG Mobile.

Hanya saja, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat main game satu ini yakni device dan FPS.

Jika main have fun, dua poin diatas tidak jadi masalah. Tapi jika main serius, kadang kala bikin stress sendiri apalagi yang devicenya kentang.

Untuk di ketahui, PUBG: Mobile adalah game battle royale yang bisa di mainkan oleh empat orang dalam map klasik.

Baca Juga:

Sejauh ini, ada beberapa map favorit player di PUBG: Mobile yakni Erangel, diikuti Miramar, Sanhok, Vikendi dan Livik.

Untuk main game ini, tentu saja harus terhubung ke internet. Selain mode squad yang bisa didapatkan saat matching game, juga tersedia mode solo dan duo.

Player bisa memilih titik awal terjun dari pesawat, lalu mengumpulkan perlengkapan perang atau looting dan mencari musuh.

Pemain yang bisa bertahan lebih lama sampai zona terakhir, dialah yang akan jadi pemenang atau meraih Winner Winner Chicken Dinner [WWCD].

Meski permainannya seru abis, tapi ada satu hal penting juga yang harus diperhatikan yakni ukuran file in game yang cukup besar.

Karena pengguna harus download MAP secara terpisah saat memasuki game salah satunya berkaitan dengan resource pack yang membuat ukurannya tambah besar.

PengembangLevel Infinite
Rating Game12+
Jumlah Unduhan500 Jt+
Kategori GamePenembak, Multiplayer kompetitif, Realistis
Ukuran Download721 MB di Play Store
Tanggal rilis19 Maret 2018
Pembelian dalam AplikasiYa
KompatibilitasAndroid dan iOS

2. Mobile Legend: Bang Bang

Pengertian Game Online

Game multiplayer online mobile berikutnya adalah Mobile Lagend yang merupakan salah satu game bertema Multiplayer Online Battle Arena [MOBA] terbaik.

Jumlah player in game adalah 5vs5 dimana pengguna bisa main sama teman atau dapat teman random saat matchmaking.

Setiap player bisa memilih hero favorit, yang didapatkan secara gratis atau berbayar. Untuk pertandingannya sendiri berlangsung selama 10 menit.

Fitur didalam game cukup banyak dimana tersedia Map MOBA klasik, dengan 3 lane, 4 area jungle, 2 boss dan 18 Turret.

Dengan strategi dan kerjasama tim yang baik, player bisa dapatkan kemenangan dengan berbagai reputasi role.

Entah itu Tank, Mage, Marksman, Assassin, Support dan lain sebagainya. Atau mungkin, jadi player kunci dalam game sehingga dapat gelar MVP.

Kontrolnya sendiri cukup sederhana sehingga player bisa cepat beradaptasi. Proses matchmakingnya juga cepat, bahkan kurang dari 10 detik.

Artinya, ada banyak sekali player aktif di game satu ini. Bahkan jadi salah satu arena eSport paling populer di Indonesia.

PengembangMoonton
Rating Game7+
Jumlah Unduhan100 Jt+
Kategori GameStrategi, MOBA, Multiplayer, Bergaya
Ukuran Download118 MB
Tanggal rilis24 September 2016
Pembelian dalam AplikasiYa
KompatibilitasAndroid dan iOS

3. Garena Free Fire: New Age

Pengertian Game Online

Game multiplayer online ringan terbaik berikutnya adalah Garena Free Fire yang bisa dimainkan oleh siapa saja.

Mode pertempuran didalam game agak sedikit mirip dengan PUBG: Mobile atau PUBG: New State meski ada perbedaan dari segi grafis, map, dan sasaran player.

Free Fire sendiri adalah game bergenre survival shooter yang berlangsung selama 10 menit. Dimana, player akan ditempatkan di pulau kecil.

Di pulau inilah anda akan bertempur dengan 49 player lainnya dengan tujuan yang sama yakni bertahan hidup.

Bisa dimainkan bersama teman atau mungkin memilih mode solo squad. Yang bertahan lebih lama, dialah yang akan jadi pemenang alias Booyah.

PengembangGarena International
Rating Game12+
Jumlah Unduhan1 Miliar+
Kategori GamePenembak, Multiplayer Kompetitif, Bergaya
Ukuran Download769 MB
Tanggal rilis2 November 2017
Pembelian dalam AplikasiYa
KompatibilitasAndroid dan iOS

4. PUBG: New State

Pengertian Game Online

PUBG: New State adalah versi lebih baru dari PUBG: Mobile yang mengambil latar di tahun 2051 dengan pengalaman bermain yang unik.

Kedua game mobile diatas dikembangkan oleh developer yang sama yakni PUBG Studios. Hanya saja, antar muka dan beberapa settingan dasarnya saja yang berbeda.

Plus, sama-sama berada dalam kategori battle royale dimana player squad atau solo akan bertempur dengan 100 player aktif lain, yang kadang digantikan dengan Bot.

Cara mainnya pun sama dimana player bisa memilih MAP, titik terjun dari pesawat menggunakan perasut, looting dan bertempur.

Siapa yang bertahan lebih lama, dialah yang jadi pemenang. Disisi lain, ada beberapa alasan mengapa PUBG: New State layak dimainkan tahun ini.

Salah satunya berkaitan dengan teknologi global illumination yang membuat grafisnya terlihat lebih realistis sehingga ada kesan kalau sedang main game PUBG PC.

PengembangKrafton, Inc.
Rating Game16+
Jumlah Unduhan10 Jt+
Kategori GameLaga
Ukuran Download1,80 GB
Tanggal rilis4 November 2021
Pembelian dalam AplikasiYa
KompatibilitasAndroid dan iOS

5. Sausage Man

Pengertian Game Online

Jika ingin dapat pengalaman bermain game online yang unik, coba instal Sausage Man. Arena perang game ini mirip-mirip dengan PUBG atau Free Fire.

Karakternya saja yang berbeda. Dimana, mayoritas karakternya berbentuk sosis lucu, dengan skin unik, namun mematikan.

Karakter in game bisa dimodifikasi sesuai keinginan. Karena merupakan geme online, maka harus terhubung ke internet saat dimainkan.

Salah satu kelebihan dari game ini adalah sistem tarung yang cepat, dengan tampilan physics peluru yang cukup realistis.

Tersedia juga beberapa mode perang dimana bisa main bersama teman dalam mode squad atau cari squad secara random saat matchmaking.

Ada juga fitur solo vs squad yang bisa dipilih terlebih yang skillnya diatas rata-rata serta dukungan device yang bagus.

PengembangXD Entertainmnet Pte Ltd
Rating Game7+
Jumlah Unduhan10 Jt+
Kategori GameLaga, Penambak, Multiplayer kompetitif, Bergaya
Ukuran Download0,90 GB
Tanggal rilis26 Juni 2021
Pembelian dalam AplikasiYa
KompatibilitasAndroid dan iOS

6. Ragnarok X: Next Generation

Pengertian Game Online

Ragnarok X: Next Generation adalah game online bergenre Massively multiplayer online role-playing game atau lebih sering disebut MMORPG.

Latar belakang ceritanya diambil dari salah satu komik terkenal buatan Lee Myoung-Jin dengan judul yang sama.

Lalu diadaptasi ke dalam game online populer. Pada dasarnya, setiap player didalam pemain ini memiliki peran sendiri-sendiri.

Hanya saja, ada pemain tunggal yang tidak bisa berinteraksi dengan orang lain atau player lain dan sebaliknya.

Didalam game, player bisa memecahkan rahasia glast heim, sebuah base level yang merupakan cerita utama dari Dark Lord.

Ada juga pertempuran dengan Pet dengan tingkat favor yang berbeda-beda. Sehingga, skill player bisa bertambah.

Jika paham alur ceritanya seperti apa, game satu ini bisa bikin ketagihan. Grafisnya juga baik dengan tampilan dunia 3D yang tak biasa.

Sehingga, saat bermain game, adventurer seolah berada dalam dunia fantasinya sendiri dengan karakter dan alur cerita yang menarik.

PengembangNuverse
Rating Game12+
Jumlah Unduhan551 MB
Kategori GameRole-playing game [RPG]
Ukuran Download551 MB
Tanggal rilis16 Juni 2021
Pembelian dalam AplikasiYa
KompatibilitasAndroid dan iOS

7. Call of Duty®: Mobile

Pengertian Game Online

Game battle pass berikukutnya yang bisa dimainkan bersama teman, player random atau pacar adalah Call of Duty®: Mobile.

Mirip-miriplah dengan game battle royale lainnya, PUBG: New State misalnya. Perbedaannya hanya ada pada karakter, map dan grafisnya.

Lantas, apa yang membuat Call of Duty®: Mobile ini layak dimainkan? Ada banyak. Pertama, ada tantangan tersediri di setiap MAP.

Oh iya, baru ini Call of Duty® juga baru merilis map baru yakni Vacant dengan senjata bertipe SMG baru yakni CBR4.

Player juga bisa optimisasi pengalaman bermain dengan sistem health baru dan update class sehingga gameplay jadi lebih seru.

PengembangGarena Mobile Private
Rating Game16+
Jumlah Unduhan10 Jt+
Kategori GameLaga, Penembak, Multiplayer kompetitif, Realistis
Ukuran Download1,7 GB
Tanggal rilis29 September 2019
Pembelian dalam AplikasiYa
KompatibilitasAndroid dan iOS

8. Life After

Pengertian Game Online

Life after adalah game dengan jalan cerita di akhir zaman dimana saat itu terjadi mutasi tak terkendali di dunia.

Mutasi ini membuat zombie muncul dan merajalela. Hanya saja, infeksi asalnya tidak diketahui dengan pasti dan jadi misteri yang harus dipecahkan.

Dengan demikian, player harus bertahan hidup, sebagai setengah zombie. Dan ada satu yang pasti, bahwa organisasi Dawn Break adalah pemicu apokalips tersebut.

Manusia setengah zombie itu bernama the revenant, yang berubah, meninggalkan segala identitas dan kemampuan sebagai manusia normal.

Dan the revenant itu adalah anda. Jadi, anda harus melawan zombie agar bisa bertahan hidup dan melanjutkan populasi.

Game satu ini cukup seru dimainkan sendiri atau bersama teman dengan jalan cerita yang menarik.

PengembangNetEase Games
Rating Game12+
Jumlah Unduhan10 Jt+
Kategori GameRPG, Aksi, Petualangan, Kasual, Single Player
Ukuran Download3,6 GB
Tanggal rilis17 Desember 2018
Pembelian dalam AplikasiYa
KompatibilitasAndroid dan iOS

9. Lords Mobile: Tower Defense

Pengertian Game Online

Lords Mobile adalah game strategi real-time dimana anda akan bertempur dengan player lain dari seluruh dunia.

Sebelum itu, player harus menjelajahi dunia magic eksotik kacau yang disebabkan oleh monster dan musuh yang kuat.

Player bisa memilih hero favorit mereka, mencari teman atau aliansi, dan berperang. Jika menang, anda bisa memperluas wilayah kekuasan.

Yang menarik, game ini sudah beberapa kali di ganjar perhargaan pada kategori game MMO terbaik dari Google Play seperti Most competitive game dan Android Excellence game.

PengembangIGG.COM
Rating Game7+
Jumlah Unduhan100 Jt+
Kategori GameStrategi, 4X, Multiplayer Kompetitif, Single Player, Bergaya
Ukuran Download351 MB
Tanggal rilis11 Maret 2016
Pembelian dalam AplikasiYa
KompatibilitasAndroid dan iOS

10. League of Legends: Will Rift

Pengertian Game Online

Game online terakhir yang juga layak dimainkan bersama teman adalah League of Legends, yang belum lama ini kolaborasi sama PUBG: Mobile.

Apa yang menarik pada game satu ini? Ada banyak. Salah satunya pengalaman bermain game MOBA yang benar-benar baru.

Mirip-mirip dengan Mobile Legends, dimana ada 5v5 player yang bermain dalam satu match untuk memenangkan pertempuran.

Dengan demikian, diperlukan strategi yang kuat, kekompakan dan komunikasi bersama tim agar keluar sebagai jawara.

Hanya saja, mungkin karena player aktifnya masih sedikit, matchmaking timnya sangat random dan lumayan lama.

Selain itu, ada juga player yang ranknya tinggi tapi gameplaynya biasa saja. Artinya, kalau berpasangan dengan player baru, pertempuran kemungkinan akan cepat selesai.

PengembangRiot Games, Inc
Rating Game12+
Jumlah Unduhan10 Jt+
Kategori GameStrategi, MOBA, Multiplayer Kompetitif, Bergaya
Ukuran Download3,5 GB
Tanggal rilis27 Oktober 2020
Pembelian dalam AplikasiYa
KompatibilitasAndroid dan iOS

Penutup

Satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum main game diatas adalah device. Mengapa? Karena rata-rata ukuran game online cukup besar.

Itu belum lagi dengan resource pack yang harus di download terpisah saat memasuki game. Jadi, ada kemungkinan ukuran filenya bertambah 3 kali lipat dari ukuran aslinya.

Sebagai contoh, di Google Play Store ukuran PUBG Mobile hanyalah 740 MB. Setelah download, anda harus unduh lagi file tambahan secara terpisah.

Mulai dari MAP, skin, suara, audio dan lain sebagainya. Dan saat semuanya sudah di download, ukuran bisa lebih dari 5 GB. Karena itu, perhatikan kapasitas penyimpanan serta RAM ponsel.

Demikian artikel tentang pengertian game online termasuk jenis, fungsi, manfaat dan contoh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

2 pemikiran pada “Pengertian Game Online: Jenis, Fungsi, Manfaat dan Contohnya”

    • Benar mas. Tapi masih banyak kendala saat main terlebih yang pakai kuota data. Itu yang banyak di keluhkan. Tapi sejauh ini, PUBG New State memberikan pengalaman main game yang baru dan unik serasa main game PC

      Balas

Tinggalkan komentar