Pengertian Diskon, Bruto, Netto, Tara, Untung dan Rugi serta Rumusnya

Saat belanja suatu produk, baik online atau offline, mungkin anda pernah lihat beberapa informasi terkait produk tersebut mulai dari diskon, bruto, netto hingga tara.

Tiga informasi terakhir yakni bruto, netto dan tara ini biasanya ada di dalam kemasan produk. Seller juga biasanya menuliskan informasi ini di deskripsi produk terlebih jika produk tersebut dijual online.

Disisi lain, untuk kasus diskon, biasanya ditulis tebal-tebal atau dibuat semenarik mungkin agar konsumen tahu kalau ada penurunan harga dari produk dimaksud.

Dan secara alamiah, saat dengar kata diskon, orang-orang langsung tahu kalau harga produk tersebut lebih murah dari sebelumnya.

Sementara, untung dan rugi biasanya berkaitan dengan pendapatan yang diperoleh seseorang dalam perdagangan entah itu besar atau mungkin kecil.

Misalnya, perusahaan A yang berhasil mencatatkan keuntungan tahun lalu atau mungkin perusahaan B yang mencatat kerugian di kuartal I tahun ini.

Tapi, apa sih pengertian diskon, bruto, netto, tara, untung dan rugi? Apa saja perbedaan antara setiap istilah diatas? Jika penasaran, simak artikel ini sampai habis.

1. Apa itu Diskon?

Pengertian Diskon, Bruto, Netto, Tara, Untung dan Rugi serta Rumusnya
© Canva Photos

Di KBBI, diskon diartikan sebagai potongan harga suatu barang, makanan, produk kosmetik hingga produk-produk virtual.

Misalnya, anda sedang berbelanja ke Mall dan melihat di rak sepatu ada informasi soal diskon 30%. Potongan harga tersebut menunjukkan bahwa jumlah harga yang dijual sudah berkurang.

Tapi, dalam beberapa kasus, istilah ini juga memiliki arti yang berbeda. Misalnya, dalam dunia sekuritas atau saham dimana saat mengatakan bahwa saham sedang diskon berarti nilai saham itu sedang turun.

Penurunan nilai saham tersebut mungkin wajar mengingat kekuatan pasar yakni hukum supply and demand atau hukum permintaan dan penawaran.

Meski demikian, secara umum, diskon diartikan sebagai potongan harga asli yang sudah dijual entah itu 5% atau mungkin 50%.

Dalam perkembangannya kemudian, diskon ini terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya:

  • Diskon tunai atau potongan harga tunai yang biasanya diberikan dari penjual kepada pembeli
  • Diskon kuantitas dimana penjual akan memberikan tambahan barang kepada pembeli apabila memberi dalam jumlah tertentu
  • Diskon perdagangan yang berarti jumlah uang yang harus dibayarkan akan dikurangi dari harga aslinya.

2. Apa itu Bruto?

Pengertian Diskon, Bruto, Netto, Tara, Untung dan Rugi serta Rumusnya
© Canva Photos

Bruto, di KBBI, berarti kotor yang berkaitan dengan berat, gaji, hasil keuntungan atau mungkin pendapatan. Karena berkaitan dengan pendapatan maka dalam beberapa kasus istilah tersebut disebut pendapatan Bruto.

Dan apabila berbicara soal pendapatan maka secara tidak langsung akan berbicara soal pendapatan kotor seseorang atau individu.

Pendapatan kotor adalah total pendapatan sebelum pajak atau potongan-potongan lainnya seperti potongan wajib, PPN, rumah dan lain sebagainya.

Hanya saja, istilah tersebut juga mengacu pada semua sumber pendapatan dan bukan dari gaji saja dan tidak terbatas pada gaji yang diterima secara tunai.

Baca Juga:

Disisi lain, istilah yang sama juga bisa digunakan untuk merujuk pada berat kotor suatu produk, yang merupakan kebalikan dari netto yang akan diulas dibawah.

Dalam konteks barang, bruto memiliki fungsi sebagai indikator dalam suatu kegiatan produksi, indikator jumlah produk hingga alat ukur apakah suatu kebijakan ekonomi efektif atau tidak.

Jadi, pengertian dari bruto jauh lebih kompleks dan bergantung dimana istilah ini digunakan, oleh siapa dan dalam situasi apa.

Dan dari penggunaannya itulah, Bruto dapat dibedakan berdasarkan beberapa jenis, seperti:

  • Pendapatan bruto yang merupakan pendapatan kotor seseorang sebelum potongan
  • Produk bruto yang merupakan berat kotor suatu produk
  • Produk Domestik Bruto (PDB) adalah jumlah nilai barang dan jasa yang dihasilkan semua unit produksi dalam suatu negara

3. Apa itu Netto?

Pengertian Diskon, Bruto, Netto, Tara, Untung dan Rugi serta Rumusnya
© Canva Photos

Netto atau neto adalah bersih, yang merupakan kebalikan dari bruto diatas. Jadi, istilah ini juga berkaitan erat dengan gaji, berat, keuntungan serta pendapatan.

Artinya, jika berbicara soal gaji, maka netto ini adalah gaji bersih yang akan diterima seseorang setelah potongan pajak atau potongan legal lainnya, iuran misalnya.

Disisi lain, jika sering transaksi di media sosial, biasanya penjual menyertakan informasi soal harga disertai dengan kata Net.

Nah, istilah tersebut mengacu pada Netto yang berarti, harganya tidak bisa ditawar lagi. Sudah pas dan tidak bisa negosiasi lagi.

Sementara, apabila berbicara soal barang, Netto adalah berat bersih dari suatu barang. Perhitungannya sendiri hanya dari berat produk dan tidak termasuk kemasannya.

Jika dihitung juga bersama berat pembungkusannya, maka ia akan menjadi Tara, yang akan diulas di poin berikutnya.

Dalam konteks yang lebih besar, netto sering digunakan untuk menunjukkan nilai yang tersisa setelah perhitungan atau pengurangan tertentu.

Penggunaan istilah netto juga melahirkan beberapa jenis netto, berikut beberapa diantaranya:

  • Pendapatan netto yang mengacu pada pendapatan bersih seseorang, biasanya karyawan, setelah potongan
  • Netto produk yang merupakan berat asli dari suatu produk tanpa kemasan

4. Apa itu Tara?

Pengertian Diskon, Bruto, Netto, Tara, Untung dan Rugi serta Rumusnya
© Canva Photos

Tara atau yang sering juga ditulis tarra adalah selisih antara berat bruto dan netto. Dalam konteks yang lebih luas, diartikan sebagai potongan harga barang yang dinyatakan dengan persen.

Misalnya, uang bobot dengan pengganti pembungkusnya, petinya dan lain sebagainya. Sementara, jika bicara soal barang, maka istilah ini mengacu pada berat kemasan produk tersebut.

Rumus tara sendiri cukup mudah dimana tinggal mengurangi berarti bruto dan netto maka akan diperoleh nilai Taranya berapa.

Perhitungannya sendiri dinyatakan dalam persentase. Karena itu, dalam aritmatika sosial, tara sering disebut sebagai berat wadah.

5. Apa itu Untung?

Pengertian Diskon, Bruto, Netto, Tara, Untung dan Rugi serta Rumusnya
© Canva Photos

Untung, dalam kamus besar bahasa Indonesia, punya empat pengertian utama, diantaranya:

  • Sesuatu seperti keadaan, yang telah digariskan oleh Tuhan Yang Mahakuasa bagi perjalanan hidup seseorang atau nasib
  • Mujur atau bahagia
  • Laba yang diperoleh dalam berdagang dan lain sebagainya
  • Guna, manfaat atau faedah

Terkadang, istilah untung sering disebut dengan laba, Apakah benar demikian? Tergantung dimana istilah ini digunakan.

Misalnya, dalam skala perusahaan, keuntungan perusahaan akan disebut dengan laba. Laba ini adalah pendapatan bersih setelah dikurangi semua pengeluaran.

Dengan demikian, untuk dapat dipahami sebagai suatu kondisi dimana pendapatan yang diperoleh lebih besar dari pengeluarannya.

Misalnya, anda beli produk Skincare A dengan modal Rp25.000 termasuk ongkir lalu dijual kepada teman sebesar Rp30.000 maka, secara harfiah, anda sudah untung Rp5.000.

6. Apa itu Rugi?

Pengertian Diskon, Bruto, Netto, Tara, Untung dan Rugi serta Rumusnya
© Canva Photos

Sama seperti kata untung diatas yang mana, istilah Rugi di KBBI punya empat pengertian utama, diantaranya:

  • Kurang dari harga beli atau modalnya atau tidak mendapat laba
  • Kurang dari modal karena menjual lebih rendah daripada harga pokok
  • Tidak mendapat faedah atau manfaat atau tidak beroleh sesuatu yang berguna
  • Sesuatu yang kurang baik alias tidak menguntungkan atau bisa juga disebut mudarat

Dari empat pengertian diatas bisa disimpulkan bahwa rugi adalah suatu kondisi dimana pendapatan yang diperoleh lebih kecil dibanding pengeluaran.

Ambil contoh kasus yang sama seperti Skincare A diatas. Jika anda beli Rp25.000 lalu dijual dengan harga Rp30.000 tapi tidak ada yang beli, anda kemudian memutuskan untuk jual dibawah harga beli.

Lalu dirilis harga baru sebesar Rp24.000 maka secara tidak langsung, anda sudah rugi sebesar Rp1.000. Artinya, anda tidak akan mendapatkan keuntungan apa-apa dari aktivitas tersebut.

Perbedaan Diskon, Bruto, Netto, Tara, Untung dan Rugi serta Rumusnya

Lantas, apakah saja perbedaan antara Diskon, Bruto, Netto, tara, Untung dan Rugi? Bagaimana rumus perhitungannya? Jika penasaran, lihat tabel dibawah ini:

PerbedaanDiskonBrutoNettoTaraUntungRugi
PengertianDiskon adalah potongan harga atas suatu produk atau barangBruto adalah pendapatan atau berat kotorNetto adalah pendapatan atau berat bersihTara adalah selisih harga atau berat antara bruto dan nettoUntung adalah pendapatan setelah dikurangi modal dan pengeluaranRugi adalah modal dan pengeluaran lebih besar dibanding laba yang didapat
JenisDiskon tunai, diskon kuantitas dan diskon perdaganganPendapatan bruto, produk bruto dan PDBPendapatan netto dan berat NettoTara selisih dan tara produkKeuntungan langsung dan keuntungan tak langsungLaba Kotor, Laba Operasi, Laba Sebelum Pajak, Laba Bersih dan juga Laba Operasi Berjalan
RumusDiskon (D) = Persen Diskon (%D) x Harga Awal (A)Berat kotor (Bruto) = berat isi (Netto) + berat kemasan (Tara)Netto (berat isi) = Bruto (berat kotor) – Tara (berat kemasan)Tara (berat kemasan) = Bruto (berat kotor) – Netto (berat isi)Pendapatan – (Modal + Pengeluaran) = LebihPendapatan – (Modal + Pengeluaran) = Kurang
ContohBeli satu gratis satu, bebas ongkir, free biaya akad, dan lain sebagainyaSatu karung beras dengan berat bruto 5 kgSatu karung beras mempunyai netto 50 kgSatu karung beras mempunyai tara 0,5 kgPerusahaan mencatatkan keuntungan dalam kuartal I Rp2 MiliarPerusahaan mengalami kerugian sebesar Rp10 Miliar Tahun Lalu

Tabel diatas sudah cukup menjelaskan dimana letak perbedaan antara diskon, bruto, netto, tara, untung dan juga rugi.

Paling mencolok bisa dilihat dari rumus perhitungannya. Misalnya, untuk menghitung diskon maka harus menghitung antara besaran diskon lalu dikalikan harga barang dan dibagi 100.

Misalnya, sepatu A harganya Rp100.000 dan saat itu sedang ada diskon 15%. Dengan demikian, Rp100.000 x 15÷100 maka diskonnya adalah Rp15.000.

Dengan demikian, harga setelah diskon dari produk A adalah Rp100.000 – 15.000 = Rp85.000. Inilah yang dimengerti sebagai diskon atau potongan harga.

Penutup

Mengetahui berbagai istilah dasar diatas sangat penting terlebih untuk anda yang sering berurusan sama angka-angka, aritmatik atau ekonomi.

Meski demikian, dengan melihat distribusi barang yang semakin masif, rasanya setiap orang wajib mengetahui arti dan rumusannya.

Karena beberapa istilah daitas sangat umum dijumpai saat membeli suatu produk baik online atau offline atau mungkin saat mau lihat laporan laba rugi suatu perusahaan dalam prospektus sebelum beli sahamnya.

Demikian artikel tentang pengertian Diskon, Bruto, Netto, Tara, Untung dan Rugi serta Rumusnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar