Pengertian Defrag Drive: Fungsi, Tujuan, Cara dan Contoh

Ada banyak cara yang bisa anda coba untuk meningkatkan kinerja laptop. Salah satunya dengan melakukan defrag drive. 

Defragment sendiri merupakan salah satu fitur Windows yang sudah diluncurkan di MS-DOS 6.0. Lantas, mengapa sih harus mendefrag drive?

Apa tujuannya? Mengapa ini seolah-olah penting dilakukan? Apa dampaknya setelah defragment dilakukan pada komputer atau laptop?

Salah satu alasan mengapa harus melakukan defragment adalah untuk merapikan kembali data-data yang ada di komputer entah itu di data C: atau D:.

Tujuannya untuk mempercepat kinerja laptop atau komputer seperti saat anda menghapus file temp atau mengubah setelan default sistem operasi [reset].

Terakhir, apakah defragment ini penting dilakukan atau tidak, kembali ke intensitas penggunaan komputer atau laptop milik anda.

Jika komputer atau laptop itu jarang digunakan, dengan batasan penggunaan seminggu sekali, anda gak perlu repot atur jadwal defrag drive.

Hanya saja, jika anda sering berurusan sama komputer atau laptop, pekerjaan misalnya, defragment perlu dilakukan secara tentatif.

Apa alasannya? Alasannya karena akselerasi kerja tadi. Jika komputer atau laptop digunakan secara intens, anda pasti pernah melakukan proses copy data atau instalasi perangkat lunak tertentu.

Saat melakkan copy data atau menginstal aplikasi dekstop yang baru, ada ruang-ruang penyimpanan di komputer yang terisi.

Apabila perangkat lunak itu tidak dibutuhkan lagi, pasti di uninstall kan? Saat di uninstall, sektor yang sebelumnya dipakai sebagai basis data perangkat lunak akan kosong.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari pengertian defrag drive, cara defrag laptop atau komputer, fungsi defrag hardisk, aplikasi defrag hardisk dan pertanyaan lain terkait, simak artikel ini sampai habis.

Pengertian Defrag Drive

Defrag drive atau defragmentasi, yang kadang juga disebut defragmentation serta defragging adalah proses menata ulang data yang disimpan di hard drive.

Tujuan dari penataan ini adalah agar bagian data yang terkait bisa disatukan kembali, yang pada akhirnya mengisi ruang-ruang kosong didalam disk.

Analogi sederhana dari proses ini misalnya anda membersikan rumah anda dengan cara menata sofa, kamar tidur, menyapu lantai dan lain sebagainya.

Jadi, dalam prosesnya, semua potongan data yang tersebar di hard drive akan disatukan kembali sehingga menjadi rapi dan bersih.

Di Windows 8, fitur ini bernama Microsoft Drive Optimizer, sebelum diubah namanya jadi Defragment and Optimize Drives atau Optimize Drives.

Jadi anda boleh manfaatkan fitur ini dengan baik agar kinerja laptop dan komputer anda stabil. Untuk caranya sendiri hampir sama dengan varian Windows sebelumnya entah itu Windows 8 atau 7.

Program ini juga bisa dijalankan secara otomatis. Artinya, anda boleh mengatur jadwal defragmentnya sesuai keinginan.

Jika sering menggunakan komputer atau laptop tersebut, baiknya dijadwalkan secara otomatis. Apabila perangkat tersebut jarang dipakai, bisa lakukan defragment secara menual. Minimal sebulan sekali.

Ada sih beberapa laptop yang menggunakan Solid State Drive (SSD), yang cara kerjanya berbeda dengan hard drive mekanis tradisional.

Kebijakan konvensional SSD sendiri tidak menyarankan anda melakukan defregmentasi karena bisa merusak drivenya.

Namun, jika anda pakai sistem operasi Windows yang didalamnya pakai SSD, tetap diperlukan defragmentasi.

Alasannya sederhana agar data-data yang ada di dalam drive tertata rapi, umurnya panjang dan kinerjanya jauh lebih mantap.

Istilahnya seperti ada ruang yang kosong diantara ruang-ruang yang sudah terisi. Bayangkan ini rumah kos-kosan, seluruh besar kamarnya sudah terisi kecuali satu kamar.

Di kamar tersebut ada barang-barang orang yang menyewa kamar tapi orangnya gak tahu kemana dan ia sudah nunggak iuran kosan 3 bulan.

Analogi sederhanannya seperti itu. Anda sebagai pemilik kos-kosan tentu gak mau kan kalau barang anak kosan anda masih disitu, sementara ia sudah tidak bayar uang kosan.

Sama seperti di laptop, anda tentu gak mau ada data-data trash yang memakan ruang di dalam komputer anda yang justru bikin drive sesak.

Tujuan Defragment Drive

Lantas, apa sih tujuan defragment drive ini? Sepanjang yang saya tahu, ada dua tujuan utama defragment, diantaranya:

  • Untuk meningkatkan kecepatan akses data dengan mengatur ulang file yang disimpan dalam disk agar menempati lokasi penyimpanan yang berdekatan
  • Untuk meminimalkan rotasi data agar waktu baca file berkurang akibat pemakaian berulang yang menyebabkan kinerja perangkat melambat

Artinya, defragment bertujuan untuk membersihkan ruang kosong yang berisi sampah data, yang tidak dibutuhkan lagi, namun ada disitu.

Meksi demikian, dalam beberapa kasus, data-data sampah itu akan berguna jika perangkat lunak diinstal lagi karena sebagian data-datanya masih ada.

Hanya saja, agar memori komputer lebih optimal dan data-data trash itu tidak jadi celah keamanan, mending dioptimasi atau di hapus.

Ada sih beberapa merk laptop yang melakukan penjadwalan defragment otomatis tanpa harus defrag manual. Saya gak mau nyebutin merk ya, anda sudah tahu alasannya.

4+ Cara Defrag Drive Windows 10 Terbaru

Lantas bagaimana sih cara defrag drive di Windows 10? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Cara Defrag Drive Windows 10 dengan fitur Defragment and Optimize Drives

Defragment and Optimize Drives adalah fitur bawaan Windows 10 yang memungkinkan anda menata data-data didalam drive.

Fitur ini juga akan memberikan informasi mana drive atau partisi yang perlu di optimalkan dan mana yang tidak.

Berikut langkah-langkah defrag drive menggunakan Defragment and Optimize Drives:

  • Pertama, buka laptop atau komputer yang rencananya mau di defrag. Setelah itu, klik kolom pencarian Cortana dan cari alat optimasi disk defrag. Masukkan saja Defragement and Optimize Drives lalu klik Enter. Bisa juga hanya dengan mengetikkan kata Defrag saja
defrag drive
  • Apabila hasil pencarian sudah muncul, klik saja disitu yang akan mengarahkan anda ke laman defragment. Di tahap ini, pilih salah satu drive yang mau didefrag. Sebagai contoh, karena laptop saya hanya pakai satu drive maka saya langsung klik Optimize.
defrag drive

Pada beberapa varian laptop atau yang drivenya lebih dari satu, baiknya Analize dulu untuk melihat data currest statusnya

Tombol optimize sendiri berarti anda melakukan defragment yang prosesnya tidak memakan waktu lama. Namun bergantung pada jumlah data yang ada di komputer dan ukuran SSDnya.

Tambahan, persentase file yang terfragmentasi itu berbeda-beda antar satu drive dengan drive yang lain. Ada yang 0% ada juga yang 50% atau lebih.

Baca Juga:

Apabila proses defragmentnya sudah selesai, di kolom current status akan ada tulisan OK diikuti durasi defragmentnya.

Sampai disini anda sudah berhasil melakukan defragment drive di Windows 10 dengan mudah dan sederhana.

Lantas, apakah ada cara lain untuk melakukan defragment drive? Tentu saja ada. Bisa lihat ulasan selanjutnya.

2. Cara Defrag Windows 10 menggunakan Degfragment Windows Tool

Pada dasarnya, cara yang kedua ini sama dengan cara pertama yang sudah saya jelaskan dibagian atas.

Cara akses menu defragmentnya saja yang berbeda. Karena disini anda harus buka properti drive sebelum eksekusi.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan cara defrag drive pakai defragment Windows tool:

  • Buka komputer atau laptop yang mau didefrag lalu buka File Explorer di Windows atau klik saja Ctrl + E
  • Berikutnya, klik My Computer untuk membuka daftar Drive yang ada di komputer. Setiap komputer punya daftar partisi yang berbeda-beda. Ada yang partisinya cuma satu yakni C: ada yang partisinya lebih dari satu seperti D: atau E:. Apabila partisinya sudah terbuka, klik pada salah satu Drive> lalu klik kanan> Properties
  • Setelah masuk pada Properties, klik Tools> Optimize. Sebelum defragment, ada baiknya anda analisis dulu dengan cara klik tombol Check. Tujuannya apa? Untuk mencari tahu apakah ada drive yang perlu di optimasi atau tidak. Jika ada, langsung klik Optimize
defrag drive
  • Nanti anda akan diarahkan langsung ke kolom Optimize Drive. Di tahap ini tinggal ikuti langkah-langkah yang sudah saya jelaskan diatas
defrag drive

Sebagai tambahan, biasanya saat tombol Check di klik, akan ada pemberitahuan bahwa anda tidak perlu scan drive ini.

Itu berarti anda tidak perlu melakukan defragment untuk sementara. Artinya, drive anda baik-baik saja.

3. Cara Defrag Laptop pakai CMD

Kalau mau defrag drive ala-ala anak IT bisa coba cara yang ketiga yakni defrag laptop pakai CMD atau Command Prompt.

Lantas bagaimana caranya? Penasaran, kan? Berikut tutorialnya untuk anda:

  • Buka komputer atau laptop yang mau di defrag. Setelah terbuka, cari CMD pada kolom pencarian Cortana. Agar lebih mudah, ketik saja WIN + R> isi CMD pada kolom Run lalu Enter
defrag drive
  • Setelah masuk ke CMD, masukkan perintah ini: defrag / c / o lalu Enter
defrag drive

Jika prosesnya sudah selesai jangan lupa tutup jendela Command Prompt (CMD).

Tambahan, kode /c /o adalah kode drive. Jika anda menggunakan lebih dari satu drive, maka diiisi dengan kode lain, /D dan /E misalnya.

Selain itu, apabila defragmentnya berhasil anda akan melihat beberapa poin seperti Description, Syntax, Parameters dan Examples.

4. Cara Defrag Hadrdisk External Dengan PowerShell

Cara yang terakhir ini mirip dengan CMD tetapi dengan aplikasi dan baris perintah yang berbeda.

Artinya disini anda akan menggunakan PowerShell, yang merupakan program perintah otomatis dan manajemen konfigurasi Microsoft.

Jadi anda boleh manfaatkan PowerShell untuk melakukan defragment, yang terpenting baris kode yang digunakan itu benar.

Lantas bagaimana cara defrag drive pakai PowerShell? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka komputer atau laptop yang digunakan> lalu buka Windows PowerShell. Anda bisa menggunakan kolom pencarian Cortana atau mencari aplikasinya secara manual. Dalam beberapa kasus, akan ada notifikasi izin untuk menjalankan UAC klik saya Ya. Jika powerShell tetap tidak terbuka, klik Kiri lalu klik Run As Administrator
  • Selanjutnya salin dan tempel perintah dibawah ini pada jendela PowerShell: Optimize- Volume –DriveLetter C –Analyze –Verbose. Jika sudah tekan Enter. Perintah ini berarti anda meminta PowerShell untuk menganalisis drive yang ada
defrag drive
  • Sementara, apabila ada drive yang harus di optimasi, masukkan perintah ini untuk melakukan defragment: Optimize-Volume –DriveLetter C –Defrag -Verbose lalu Enter
defrag drive

Prosesnya tidak terlalu lama. Karena itu tunggu proses eksekusinya sampai selesai. Jika sudah, jangan lupa tutup Windows PowerShell.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal diulas dalam bentuk QnA dibawah, seperti:

1. Bagaimana Cara Mengatur jadwal defrag drive Windows 10?

Melakukan defragment secara berkala itu bagus hanya saja prosesnya harus dilakukan secara berkala. Karena itu, Windows menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk atur jadwal defragment sendiri.

Dengan fitur ini, anda tidak perlu melakukan defragment secara manual. Tinggal setting periode waktunya dan biarkan komputer merapikan data-data dibalik layar.

Lantas, bagaimana cara mengatur jadwal defrag drive di Windows 10? Pasti penasaran, kan? Jika iya, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka PC atau laptop yang digunakan. Setelah itu cari program Defragment and Optimize Drives. Ada dua cara yang bisa anda coba untuk menu defragment ini. Pertama: menggunakan kotak pencarian di taskbar atau Cortana lalu ketikan Defragment and Optimize Drive. Kedua: buka File Explorer> This PC Folder> setelah itu klik Kanan pada Drive> pilih Properties. Dua cara diatas pada dasarnya sama, cara akses menunya saja yang berbeda. Di tutorial ini saya pakai cara pertama karena lebih mudah. Jika hasil pencariannya sudah muncul silahkan klik Open atau Run As Administrator [jika memungkinkan] yang akan mengarahkan anda ke jendela Optimize Drives
defrag drive
  • Aktifkan jendela Schedule optimization. Di jendela Optimize Drive pada kolom schedule optimization silahkan klik Turn On. Pada beberapa merk laptop, fitur ini bernama Change Setting
Cara Mengatur Jadwal Defrag Drive Windows 10
  • Memilih frekuensi defragment. Setelah klik turn on akan muncul jendela baru yang memungkinkan anda memilih frekuensi defragment. Tersedia tiga pilihan frekuensi yakni harian [daily], mingguan (weekly) dan bulanan [monthly]. Sebelum mengatur jadwal defragment, pastikan anda sudah centang kolom run on a schedule [recommended]. Jika ingin mematikan jadwal defragment ini, hapus centang Run on a schedule [recommended]. Bisa juga centang kotak increase task priority untuk memilih drive mana saja yang ingin di defrag otomatis apakah semua drive atau hanya drive khusus saja, C: atau D: misalnya. Jika pengaturan diatas sudah selesai, silahkan klik OK lalu klik Close untuk menutup jendela Optimize Drives
Cara Mengatur Jadwal Defrag Drive Windows 10

Sampai disini anda sudah selesai mengatur jadwal defrag drive Windows 10. Mudah dan sederhana, bukan?

Saran saya, baiknya pengaturan ini disesuaikan sama pemakaian laptop harian anda. Jika anda berusaan sama laptop atau komputer lebih dari 5 jam sehari, frekuensinya boleh diatur harian.

Di laptop saya, jadwal defragmentnya dilakukan seminggu sekali dan ini saya atur sendiri sesuai intensitas penggunaan perangkat.

Mengapa mingguan? Karena dalam sehari, laptop saya hanya digunakan kurang lebih tiga jam. Kadang sih lebih, terlebih saat mau upload konten di blog ini.

Selain itu, laptop milik saya juga jarang diisi dengan data-data tak penting. Data mayoritas hanya berupa file-file MS. Word untuk tugas-tugas kuliah atau untuk bahan mentah konten blog.

Jarang juga instal aplikasi, game misalnya. Gak terlalu suka main game, kecuali PUBG. Pernah sih instal PUBG emulator di laptop, tapi karena gak terpakai, lebih enak di ponsel, akhirnya saya hapus.

Jika anda sering berurusam sama komputer atau laptop, apalagi hampir tiap hari digunakan, bahkan dalam beberapa kasus anda tidak mematikannya dengan benar karena masih akan digunakan dan hanya pakai mode sleep baiknya diatur jadwal defragmentnya sekali sehari.

Karena kinerja laptop bakal terus menurun, drastis pula, jika sektor-sektor atau ruang didalam drive tidak dioptimalkan. Akhirnya, laptop jadi bapuk, loadingnya lambat dan sering eror.

2. Bagaimana cara defrag hardisk di Windows?

Caranya sama seperti yang sudah dijelaskan diatas dimana pengguna bisa menggunakan fitur defragment tools, CMD dan opsi lain.

Selain itu, user pun bisa mengatur jadwal defragment sendiri dalam periode tertentu entah itu mingguan sampai bulanan.

3. Berapa lama defrag hardisk? Apakah prosesnya lama?

Prosesnya tidak terlalu lama tapi bergantung sama jumlah data yang dimiliki, berapa lama defragment tidak dilakukan dalam lain sebagainya.

4. Apakah ada aplikasi defrag hardisk?

Sebenarnya ada banyak, hanya saja, ada baiknya anda menggunakan fitur defragment yang sudah disediakan Microsoft.

Dengan demikian, jika ingin pakai aplikasi pihak ketiga, ada baiknya jika fitur defaultnya sudah tidak bisa lagi digunakan.

Penutup

Defragment berarti anda merapikan segala data-data yang ada didalam drive menggunakan perintah pengoptimalan.

Merapikan, dalam hal ini, bukan memasukkan file-file tersebut ke dalam folder, namun menata lokasi file dan sektor hardisk didalamnya.

Jadi apabila ada sektor di hardisk yang kosong, file-file tersebut akan ditempatkan didalamnya agar terurut sesuai alokasi sektor.

Dengan cara ini, kinerja laptop akan meningkat karena setiap ruang kosong dalam sektor akan terisi.

Selain mengikuti cara diatas, anda juga bisa meningkatkan kinerja laptop atau komputer dengan cara menghapus file tidak penting seperti temp file, uninstal aplikasi yang ukurannya besar, sampai reset komputer.

Demikian artikel tentang pengertian defrag drive termasuk fungsi, tujuan dan cara. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar