Pengertian Blog [Termasuk Definisi Blogger dan Karakteristik]

5 Likes Comment
Pengertian Blog

Pernahkah anda mendengar kata blog? Jika iya pasti anda sudah tahu apa itu blog. Namun anda tahu Pengertian blog yang sesungguhnya? Jika tidak maka sudah saatnya anda mengetahuinya.

Karena ini adalah dasar yang harus anda ketahui sebelum akhirnya terjun ke dunia blogging [jika nantinya anda pengen menjadi blogger].

Awalnya, pada tahun 1994, blog lebih dikenal sebagai buku harian pribadi yang dibagikan oleh orang-orang secara daring (dalam jaringan).

Di buku harian daring ini, orang-orang biasanya berbicara tentang kehidupan pribadi atau membagikan hal-hal yang mereka lakukan selama menjalani hari.

Disini, orang-orang kemudian melihat peluang untuk membagikan informasi apapun dengan cara yang baru. Sejak itu kegiatan blogging mulai berkembang.

Pengertian Blog

Blog atau kependekan dari weblog adalah jurnal online atau situs web yang memuat informasi yang ditampilkan berdasarkan urutan kronologis terbalik, dengan postingan terbaru muncul di halaman pertama.

Blog adalah platform yang memungkinkan penulis atau sekelompok penulis berbagi pandangan mereka tentang subjek individu.

a. Struktur blog

Struktur blog sering berubah seiring waktu dan saat ini telah di masukan berbagai item dalam struktur yang satu ini. Namun, sebagian besar blog menyertakan beberapa fitur dan struktur yang standar. Fitur dan struktur standar itu antara lain :

  • Header dengan menu atau bilah navigasi
  • Konten yang disorot berupa headline atau featured dan area konten
  • Bilah samping dengan profil sosial, konten favorit, atau ajakan bertindak
  • Footer dengan tautan yang relevan seperti penafian, kebijakan privasi, halaman kontak, dll.

Contoh diatas adalah struktur dasar dari blog. Setiap item memiliki kepentingan dan tujuan tersendiri yang dapat membantu pengunjung untuk mencari navigasi atau konten yang disukai.

b. Karakterisitik blog

Sejauh ini adalah beberapa bagian penting dari sebuah blog antara lain :

1. Arsip

Ini berupa halaman depan blog namun biasanya mengabaikan tampilannya. Dalam beberapa kasus, artikel atau tautan baru menuju ke entri blog lain.

Baca Juga : 10 Layanan Google Yang Harus Anda Maksimalkan Sebagai Blogger

Namun, lebih banyak yang tersembunyi dibawah permukaan. Saat anda memposting artikel baru di blog Anda, artikel itu akan muncul di halaman pertama.

Semakin banyak konten yang di posting, maka daftarnya akan semakin turun. Akhirnya, ia akan pindah ke halaman berikutnya atau arsip dari halaman blog anda sendiri.

2. Komentar

Komentar biasanya berupa umpan balik dari pengunjung. Umpan balik sangat penting fungsinya dari sebuah blog atau konten yang telah di posting. Komentar dengan percakapan berarti mendorong lebih banyak interaksi dari pengunjung atau tamu blog.

Baca Juga : 10 Fakta Menarik Tentang Blog

Komentar biasanya terdapat dibagian bawah artikel. Agar mudah dipahami, anda bisa mengeceknya langsung di kolom komentar postingan ini.

Atau, pergi ke beberapa postingan blog yang anda sukai, baik di blog ini sendiri ataupun di blog orang lain, lalu komentari. Kira-kira begitu pengertiannya.

c. Perbedaan blog dan situs web

Sebagian besar dari kita, bahkan beberapa yang sudah akrab dalam dunia tulis menulis masih mempertanyakan perbedaan antara blog dan situs web. Bahkan, lebih sulit untuk membedakan keduanya saat ini.

Baca Juga : Cara Menulis Konten Yang Baik dan Benar

Banyak perusahaan mengitegrasikan blog ke dalam situs mereka sendiri agar dapat melakukan fungsi yang sama, yang diharapkan oleh situs web tersebut.

Ada beberapa perbedaan utama blog dan situs web, antara lain:

  • Blog perlu sering diperbaharui. Contohnya blog resep makanan dari berbagai makanan di blog atau perusahaan yang menulis berita tentang produk-produk mereka sendiri. Biasanya juga, blog akan mempromosikan keterlibatan pembaca atau testimoni yang cukup banyak.
  • Pembaca biasanya mendapatkan banyak kesempatan untuk berkomentar dan menyuarakan keprihatinan mereka yang berbeda kepada pemirsa. Situs web statis, disisi lain, terdiri dari konten yang disajikan dalam bentuk halaman statis. Ini karena pemilik situs web statis jarang memperbaharui halaman mereka. Pemilik blog memperbaharui situs mereka dengan postingan secara teratur.
  • Elemen utama yang bisa membantu kita mengidentifikasi posting blog dari halaman statis termasuk tanggal penerbitan, referensi penulis, kategori, dan tag terletak pada byline.
  • Meski tidak semua entri blog memiliki semua elemen baris, laman situs web statis tidak punya item yang satu ini.

Jadi, dari perspektif pengunjung, konten dari situs web statis tidak akan berubah dari satu kunjungan ke kunjungan berikutnya. Jadi, konten di blog, menawarkan postingan yang diperbaharui setiap harinya atau setiap minggunya sementara situs web sebaliknya.

Apa itu blogging?

Ini adalah item penting pada artikel yang sedang kita bahas disini yakni tentang pengertian blog. Melihat penjelasan diatas, saya rasa kita sudah sedikit paham mengenai pengertian blog, tapi tentu saja itu belum lengkap. Karena kita belum membahas pengertian dari blogging.

Namun, apa sih blogging itu? Blog dan blogging berbeda satu dengan yang lain ya. Blog adalah wadahnya sementara blogging adalah kegiatannya.

Baca juga : 10 Karakteristik Blog Yang Wajib Anda Ketahui

Blogging mulai berkembang pesat pada tahun 2000-an. Saat itu blogging muncul di semua fase berbeda ketika beberapa blog politik mulai lahir.

Juga, blog dengan berbagai platform mulai muncul dan mengudara hingga kini. Institusi yang sudah mapan mulai memperhatikan perbedaan antara jurnalisme dan blogging.

a. Definisi blogging

Untuk terjun ke aktivitas ini, anda harus memiliki banyak ketrampilan yang dibutuhkan untuk menjalani dan mengendalikan blog.

Melengkapi halaman web dengan alat untuk memproses penulisan, postingan menghubungkan ke mesin pencarian dan membuat konten lebih mudah ditemukan di internet.

b. Mengapa blogging begitu populer?

Salah satu alasannya adalah karena blog terus tumbuh setiap harinya! Oleh sebab itu, untuk menjawab apa itu blogging, kita perlu melihat hal-hal yang menyebabkan kenapa blogging itu tumbuh setiap harinya.

Awal perkembangannya, blog sifatnya sudah sangat mainstream, karena media-media online yang menawarkan layanan berita mulai memanfaatkan platform ini untuk menjangkau lebih banyak orang. Ini menjadi sumber informasi baru di internet dan revolusi baru jurnalisme.

Bagi pelaku bisnis, mereka melihat cara ini untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan pada akhirnya memperoleh pendapatan tambahan.

Lewat blogging, perusahaan dan juga pelanggan bisa saling tatap muka dan up to date. Semakin banyak orang yang mengunjungi blog anda, semakin tinggi tingkat kepercayaan brand anda.

Baca Juga : 10 Alasan Utama Mengapa Anda Terus Gagal Sebagai Blogger

Jika yang dibangun adalah blog pribadi dengan niche khusus seperti Teknologi potensi untuk menjangkau lebih banyak orang untuk tertarik pada kategori yang sangat khusus akan baik.

Melalui blog ini, pengunjung dapat berkomentar dan berinteraksi dengan anda atau produk yang ditawarkan dan membantu anda atau perusahaan untuk bisa membuat jaringan dan juga pengikut yang setia.

Juga, anda bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan ini. Setelah blog anda mendapat perhatian dan penggemar yang cukup, anda bisa memonetisasinya dengan cara menawarkan layanan kepada pengiklan atau menjual produk tertentu.

Siapa itu blogger?

Saat ini ada banyak blogger yang tiba-tiba terkenal karena berbagai alasan. Karir atau pekerjaan mereka biasanya variatif, tetapi mereka menggunakan blogger sebagai pekerjaan alternatif, bahkan bisa menarik orang lain untuk bergabung dalam situs mereka sendiri.

Baca Juga : Cara Mudah Mengetahui Postingan Yang Belum Terindeks Google

Jadi siapa saja blogger itu? Ini adalah individu yang suka berbagai bagian dari kehidupan mereka kepada orang lain. Mereka biasanya memposting artikel tentang seni, desain rumah, pertukangan, keungan dan lain sebagainya.

Blogger sifatnya mobile dan tidak perlu berada dan bekerja di satu tempat. Tempat mereka sebenarnya adalah internet.

a. Definisi blogger

Pada dasarnya, seorang blogger adalah seorang yang menjalankan aktivitas lewat blog. Aktivitas ini berupa tulisan tentang topik tertentu, yang didalamnya ada pendapat pribadi dan opini untuk topik tertentu lalu dibagikan kepada audiens .

b. Mengapa banyak orang ngeblog hari ini?

Untuk menjawab ini sifatnya subjektif ya. Banyak orang membuat blog karena berbagai alasan tertentu. Karena setiap orang memiliki cerita sendiri dalam hidupnya.

Oleh karena itu, melalui internet, orang-orang tersebut dapat berkomunikasi dengan sekelompok orang yang lebih besar yang menjadi pembaca blognya tersebut.

Baca Juga : 5 Jenis Trafik Blog Yang Harus Anda Maksimalkan Sebagai Blogger

Mengapa blogging begitu populer? Karena berbicara mengenai banyak hal dan banyak topik. Anda bisa menemukan blogger yang menulis topik dengan sangat spesifik, seperti aktivitasnya di siang hari. Ini biasanya berangkat dari masalah kecil yang dibangun.

Tetapi, setiap blogging kebanyakan fokus pada satu topik yang akan dipilih lalu dikembangkan. Beberapa ide blogging untuk pemula:

  • Blog gaya hidup
  • Kesehatan dan Kebugaran
  • Perjalanan dan petualangan
  • Kecantikan dan mode
  • Makanan dan masakan
  • Buku harian ibu atau ayah
  • Informasi teknis
  • Blog game
  • dan lain sebagainya

Kesimpulan

Sudah mengerti kan tentang pengertian blog? Jika demikian, mari sudah saatnya kita masuk ke tahap selanjutnya, yakni membuat sebuah blog. Saya sendiri berharap agar anda bisa menemukan satu hal penting atau bisa belajar sesuatu dari artikel ini.

Nah demikian artikel tentang pengertian blog. Jika anda baru saja memulainya dan bingung bagaimana harus membuat blog? Ikuti panduannya pada artikel saya yang lain tentang : 21 Cara Mudah Memulai Blog Dari Nol. Yang terakhir #HappyBlogging.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *