Pengertian Backlink: Jenis, Fungsi, Ciri-Ciri dan Contoh

Tautan balik, yang kemudian disebut juga sebagai backlink adalah hyperlink yang mengarah ke halaman di situs Anda.

Tiap kali situs web lain menyebutkan dan mengarahkan pembaca kepada konten, anda memperoleh tautan balik.

Dan Google mengunakan kuantitas dan kualitas tautan jenis ini sebagai sinyal otoritas situs web yang lebih baik lagi.

Logikanya, adalah para webmaster akan merujuk situs web populer dan berkualitas tinggi lebih sering dari pada situs web biasa-biasa saja.

Tetapi perhatikan bahwa saya menyebutkan kualitas tautan juga. Ini karena tidak semua tautan sama.

Beberapa tautan, yang berkualitas rendah, bisa memberi pengaruh negatif untuk situs web anda sendiri.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan backlink? Apa saja manfaat backlink? Bagaimana cara mendapatkan backlink dofollow? Apa saja jenis-jenisnya?

Penasaran jawaban dari semua pertanyaan diatas? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Pengertian Backlink

Backlink atau tautan balik adalah tautan hasil kaitan atau hubungan antara satu situs web ke halaman atau situs web lain.

Karena sifatnya demikian, maka backlink kadang juga disebut tautan masuk atau inbound links, tautan datang atau incoming links sampai tautan satu arah atau one way links.

Google dan mesin pencari lain, menganggap backlink sebagai votes bagi halaman tertentu untuk meraih peringkat yang lebih baik.

Artinya, halaman dengan jumlah backlink atau tautan balik yang tinggi dan berkualitas, cenderung punya peringkat mesin pencari organik yang tinggi.

Baca Juga:

Meski dalam praktiknya tidak demikian. Mengapa? Karena sekalipun tautan yang diperoleh banyak, tapi kalau otoritas domain dan halaman masih kecil, pasti susah naik juga diperingkat pertama.

Hanya saja, backlink ini memainkan peran yang sangat penting dalam logaritma mesin pencari, SEO dan strategi pemasaran digital paling umum.

Cara paling mudah dan gratis untuk dapat backlink adalah dengan menempatkan tautan blog di kolom komentar satu situs.

Misalnya nih, saya punya blog yang kolom komentarnya tidak dimatikan. Dan anda berkomentar di postingan tersebut, yang didalamnya ada tautan.

Penempatan tautannya bisa di kolom isian profil, yang biasanya ada isian untuk situs web atau menempatkan hyperlink di komentar.

Intinya, tautan balik adalah skenario di mana satu halaman di internet merujuk halaman di situs web Anda dan menyertakan tautan yang dapat diklik untuk mengakses halaman itu.

Disisi lain, kata backlink adalah suatu istilah yang majemuk meski semuanya merujuk pada terminologi optimasi konten di mesin pencari.

Dan secara umum, backlink bisa mencakup beberapa kategori dibawah ini, seperti:

  • Tautan internal atau Tautan masuk yang merupakan tautan dari satu bagian situs web Anda ke bagian lain yang kadang juga disebut tautan balik. Artinya, tautan balik merujuk pada tautan dari situs web lain. Pahami saja sebagai internal linking, inlinks atau interlinking.
  • Tautan masuk adalah tautan dari satu situs web ke halaman di situs web Anda, yang merupakan satu dari beberapa jenis tautan balik yang dicari banyak orang
  • Tautan rujukan adalah tautan ke halaman web yang diperoleh dari email, dokumen Microsoft Word, PDF, scribd.com dan lain sebagainya
  • Tautan keluar atau tautan eksternal adalah tautan ke halaman di situs web yang berbeda atau tautan ke situs web lain. Jika Anda menautkan ke paulipu.com, Anda akan merujuk ke tautan itu sebagai tautan eksternal. Orang-orang baik di paulipu.com akan menyebutnya sebagai tautan masuk ke situs mereka
  • Tautan jangkar adalah tautan pada satu halaman ke bagian lain dari halaman itu (terkadang Anda akan melihat ini di artikel panjang sebagai cara bagi pembaca untuk melompat dari satu bagian ke bagian berikutnya)

Macam-macam Jenis Backlink

Backlink Adalah

Ada dua tipe dasar backlink, dan yang satu lebih berharga dari yang lain. Mari kita lihat sekilas masing-masing dan bagaimana pengaruhnya terhadap situs Anda.

1. Backlink Do-follow

Pertama ada jenis backlink do-follow yang merupakan jenis backlink paling dicari oleh blogger dan webmaster dari seluruh dunia.

Terlebih jika backlink yang didapatkan berasal dari situs web yang otoritas domain dan otoritas halamannya tinggi.

Mengapa backlink jenis ini populer? Karena bisa mempengaruhi rangking situs termasuk otoritas domain dan halaman blog.

Meski demikian, tidak semua backlink do-follow itu bagus. Artinya, ada yang buruk sehingga dianggap beracun.

Yang diperoleh dari situs-situs berkualitas rendah atau situs auto-generated yang mayoritas kontennya dari hasil copy paste dan lain sebagainya.

Dampaknya, selain reputasi blog jadi buruk di mata Google, indeks tautan itu bisa dihapus Google secara sepihak.

2. Tautan balik No-follow

Selain tautan balik Do-follow, ada juga backlink no-follow yang merupakan script untuk memberitahukan ke mesin crawler Google untuk tidak mengindeksnya.

Dengan demikian, tautan jenis ini tidak memberikan manfaat atau dampak apa-apa bagi blog secara langsung.

Ciri-ciri backlink berkualitas tinggi

Tautan bermutu rendah atau mencurigakan, misalnya tautan yang dianggap Google sengaja dibuat untuk menjadikan situs lebih berwibawa, mungkin akan mengurangi peringkat Anda di mesin telusur.

Karena itu, ketika membuat tautan balik, SEO harusnya fokus untuk tidak membangun tautan apapun. Ini bertujuan untuk menghasilkan referensi berkualitas setinggi mungkin.

Secara alami, sama seperti logaritma pencarian, saya tidak tahu faktor apa yang menentukan kualitas tautan secara khusus.  Namun, seiring waktu berjalan, SEO ditentukan oleh hal-hal seperti dibawah ini:

1. Popularitas situs tautan

Setiap tautan dari domain yang dicari oleh mesin pencari akan memiliki kualitas yang tinggi secara alami.

Dengan kata lain, tautan dari situs web yang memiliki tautan berkualitas baik memiliki fungsi yang lebih baik.

2. Relevansi topik

Tautan dari domain pada topik yang serupa dengan topik Anda akan membaca otoritas daripada yang berasal dari situs web acak.

3. Otoritas domain

Otoritas domain selaras dengan popularitas situs, yang secara tidak langsung akan mempengaruhi nilai kepercayaan satu situs.

Artinya, Tautan dari situs yang lebih terpercaya akan selalu mempengaruhi peringakat halaman lebih baik lagi.

4. Otoritas halaman

Dalam SEO, saya mengacu pada proses memperoleh tautan balik baru sebagai bagian dari pembangunan tautan.

Dan seperti yang diakui oleh banyak praktisi, itu bisa menjadi salah satu kegiatan yang sangat menantang.

Menghubungkan bangunan, jika Anda ingin melakukannya dengan baik, butuh kreativitas, pemikiran strategis, dan kesabaran.

Untuk menghasilkan tautan berkualitas, anda perlu strategi untuk membangun tautan. Dan itu bukanlah prestasi kecil sebenarnya!

Cara dapatkan backlink gratis dan berkualitas

Ingat juga, tautan Anda harus melewati beberapa kriteria seperti diatas, untuk dicap sebagai tautan berkualitas.

Selain itu, tidak dapat dijelaskan oleh mesin telusur bahwa anda membangunnya dengan sengaja. Berikut beberapa strategi untuk membangun tautan:

1. Guest post

Cara paling umum untuk dapat backlink gratis yang berkualitas adalah dengan buat postingan tamu untuk dikirim ke blog atau situs yang menyediakan opsi guest post.

Artinya, postingan tamu adalah proses menempatkan artikel di blog orang lain dengan imbalan berupa backlink yang mengarah ke situs.

Penempatan tautan balik juga beragam mulai dari isi artikel, hypertext yang berisikan backlink untuk keyword tertentu sampai dengan tautan situs di profil penulis.

Hanya saja, rata-rata pemilik website atau blog tidak membuka opsi guest post yang berisikan promosi atas barang atau produk tertentu.

Mengapa? Karena ini sudah komersial atau merupakan bagian dari pemasaran. Dengan begitu, pemilik blog sudah menganggap ini harusnya berbayar.

2. Sindikasi artikel

Cara kedua untuk dapatkan backlink gratis adalah dengan melakukan sindikasi artikel di situs-situs dengan otoritas domain dan halaman yang tinggi.

Contohnya nih, anda punya postingan blog yang dianggap menarik tapi sulit dapat trafik organik dari Google search langsung.

Kemudian, anda kirim ke laman blog viva.co.id untuk menarik lebih banyak pembaca datang ke situs atau blog anda.

Cara kerja sindikasi artikel ini cukup sederhana. Dimana anda hanya perlu copy beberapa paragraf dari halaman untuk kemudian di publish.

Lantas, backlinknya ditempatkan dimana? Tergatnung panjang artikel. Jika kurang dari 300 kata, biasanya backlink ditempatkan di akhir paragraf.

Sebaliknya, jika konten yang disindikasikan itu panjangnya lebih dari 700 kata, biasanya ditempatkan dalam tombol Baca Selengkapnya.

Saat tombol baca selengkapnya itu di klik audiens atau pembaca, mereka akan diarahkan langsung ke blog atau situs web anda.

3. Tautan editorial organik

Tautan editorial organik adalah tautan balik yang ditempatkan di satu halaman web yang mengarah ke halaman web lain untuk domain yang berbeda.

Untuk dapatkan backlink dengan cara ini cukup susah. Dimana, anda harus menghubungi pemilik situs web lain dengan berbagai alasan.

Anda dapat membuat konten yang luar biasa, da mengirim email kepada mereka untuk memberi tahu tentang hal tersebut.

Pada gilirannya, jika mereka merasa berharga, mereka akan mereferensikannya. Anda juga bisa menyarankan dimana mereka bisa menautkannya.

Atau mungkin, dalam beberapa kasus, anda mengecek kalau situs tersebut ada banyak broken link atau tautan keluar ke situs web lain.

Karena tautan tersebut sudah rusak, anda menghubungi pemilik blog dan menyarankan untuk ganti ke tautan yang lebih baru.

Nah, anda bisa rekomendasikan situs web anda untuk dijadikan tautan rujukan. Yang penting, konten yang dibahas sama dengan tautan yang sudah rusak itu.

3. Tautan profil

Soal ini sudah saya singgung di pembuka artikel. Saya bahasnya terpisah karena banyak platfom blogging yang menyediakan opsi guest post ini tidak ada opsi tambahkan bacnklik di badan artikel.

Dengan demikian, satu-satunya cara agar dapat backlink adalah dengan menempatkan link situs di profil yang akan muncul saat postingan itu diterbitkan.

4. Tautan gambar

Kalau suka desain gambar atau selalu buat postingan blog dengan gambar yang dibuat sendiri, cara yang satu ini bisa dicoba.

Misalnya nih, anda buat postingan baru di situs yang sama dimana tidak ada opsi tambahkan bacnklink di badan email.

Tapi, mereka menyediakan opsi tambahkan URL gambar untuk gambar referensi yang digunakan pada konten blog.

Nah bisa manfaatkan cara ini dengan tempatkan gambar yang mengarah ke situs web anda dan berbentuk tautan balik.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa yang dimaksud dengan Backlink alami?

Backlink alami adalah backlink yang didapat tanpa harus melakukan link building seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Jadi, tak perlu jadi guest post di blog orang lain, tak perlu lakukan sindikasi artikel dan lain sebagainya.

Dengan demikian, anda hanya perlu buat artikel berkualitas tinggi termasuk didalamnya gambar dan infografis yang lengkap.

Dengan begitu, saat ada orang yang sedang cari referensi untuk konten blog, mereka biasanya akan langsung menjadikan konten anda sebagai referensi.

2. Bagaimana cara membuat Backlink?

Ada banyak cara membuat backlink salah satunya dengan menempatkan link referensi di postingan yang mengarah ke blog atau situs orang lain.

3. Apa saja manfaat Backlink itu situs web dan blog?

Ada banyak manfaat meski mayoritas berkaitan dengan optimasi konten di mesin pencari yang berdampak pada peningkatan lalu lintas ke situs web.

Tautan balik yang kuat dan alami juga akan mempengaruhi otoritas domain dan otoritas halaman sehingga tingkat kepercayaan Google atas konten yang anda buat makin tinggi.

Penutup

Satu hal penting yang harus diperhatikan jika ingin mendapatkan tautan balik yakni soal sumber backlink itu dari mana.

Jika backlink yang didapatkan buruk atau dari situs berkualitas rendah, baiknya langsung disavow link pakai Google search console.

Karena jika backlink yang didapat berkualitas rendah, akan berdampak pada spam score blog dan kualitas halaman di mesin pencari.

Demikian artikel tentang definisi backlink adalah: jenis dan cara dapat tautan balik yang berkualitas tinggi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

2 pemikiran pada “Pengertian Backlink: Jenis, Fungsi, Ciri-Ciri dan Contoh”

Tinggalkan komentar