21+ Peluang Bisnis Online 2020 Yang Lagi Booming

11 min read

bisnis online

Di era informasi sekarang ini, ada banyak sekali peluang bisnis online yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan dan minat yang ada dalam diri. 

Menentukan ide bisnis pun enggak perlu ribet. Cukup manfaatkan berbagai sumber informasi yang banyak tersedia sekarang ini entah itu di media sosial seperti Facebook atau di forum tanya jawab seperti Quora.

Bagi saya ini basic sekali. Sebab, kemampuan melihat peluang bisnis sekaligus informasi tentang bisnis tersebut merupakan fondasi awal agar bisnis yang bakal anda tekuni itu bisa menghasilkan uang baik pasif ataupun aktif.

Setelah punya ide bisnis barulah tentukan langkah-langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Oh iya, tidak semua bisnis online itu dilakukan secara daring. Artinya, ia tetap terintegrasi sama kegiatan-kegiatan offline.

Anda juga enggak perlu siapkan modal awal yang besar untuk terjun ke bisnis online, cukup siapkan tekat dan kuota internet yang buanyak.

Menurut hostingfacts.com, ada 966 juta situs di seluruh dunia. 76,5 juta diantaranya menggunakan WordPress.

Pada studi yang sama disebutkan bahwa 100 juta freelancer dari seluruh dunia berhasil menjalankan bisnis online mereka secara mandiri, lewat situs web.

Situs web atau blog juga bukan satu-satunya media yang bisa digunakan untuk berbisnis online.

Anda bisa memanfaatkan marketplace, situs-situs freelance, platform pengecer seperti Amazon, aplikasi berbayar dan lain sebagainya.

Kalau punya modal lebih dan ingin mengupgrade bisnis tersebut untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak, barulah buat website sendiri seperti toko online.

Jika ingin membuat toko online sendiri, pastikan anda punya modal awal untuk beli hosting, domain sama template blog.

Sekali lagi, pastikan dulu ide bisnis apa yang ingin digeluti. Jika sudah, barulah menentukan konsep bisnis tersebut.

Keuntungan berbisnis online

Bagi anda yang masih ragu untuk berbisnis secara online, berikut disajikan kelebihan berbisnis online dibanding jenis pekerjaan lain, seperti:

1. Bisnis online tidak butuh modal yang besar

Bahkan ada beberapa jenis bisnis online yang tidak butuh modal sama sekali seperti jasa penerjemah online atau menjadi Blogger dan Youtuber.

Namun bukan berarti tidak ada biaya yang harus anda keluarkan. Anda tetap perlu biaya untuk beli kuota data atau biaya bulanan WiFi.

2. Kerja bisa dimana saja dan kapan saja

Nah ini yang paling menarik. Jika anda melakoni bisnis online, anda bisa bekerja dimana saja dan kapan saja asalkan ada koneksi internet.

Anda juga punya keluwesan untuk memilih apakah bisnis online yang digeluti itu sebagai bisnis sampingan atau bisnis utama.

Plus, tidak perlu repot urus izin ini itu seperti SIUP dan lain sebagainya. Cukup siapkan perangkat elektronik seperti gadget atau laptop lalu hubungkan ke internet dan bisnis tersebut sudah berjalan.

3. Jangkauan konsumen yang luas

Beda halnya dengan bisnis offline dimana jangkauan konsumen terbatas pada wilayah tertentu saja.

Bisnis online tidak ada batasan demografi. Anda bisa punya pelanggan di luar kota, luar provinsi hingga luar negeri.

Dalam beberapa kasus, anda juga tidak perlu repot keluarkan biaya tambahan untuk promosi agar konsumen terus bertambah.

Kalau terpaksa, barulah anda promosikan. Tapi tetap perhatikan segi target konsumen anda, umur dan jenis kelamin.

4. Lebih hemat waktu

Beda halnya dengan pekerja kantoran atau yang punya bisnis offline. Bisnis online lebih hemat waktu karena anda bisa memilih kapan akan bekerja dan kapan akan istirahat.

Sebagai contoh, blogger atau Youtuber, mereka bisa memilih kapan membuat konten. Begitu juga dengan jasa penerjemah online atau content writer.

Jadi, waktu yang anda miliki lebih banyak. Dan waktu tersebut bisa digunakan untuk mengerjakan berbagai proyek sampingan lain seperti ternak lele.

5. Lebih simple

Maksudnya gimana ya? Maksudnya adalah, dengan menjalani bisnis online anda enggak perlu repot pampang produk fisik bersama dengan tetek bengeknya.

Cukup sajikan portofolio, katalog produk, foto produk dan juga aspek-aspek lain yang dibutuhkan.

Tapi pastikan dulu untuk membuat foto produk yang unik dan menarik agar calon konsumen tertarik untuk membeli barang anda atau menggunakan jasa anda.

21+ Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Tahun 2020

Lantas, apa saja peluang bisnis online tanpa modal tahun 2020 ini? Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 21+ daftar bisnis online terbaru 2020.

1. Jualan produk digital

template presentasi
noor.com

Jualan produk digital seperti Slide Presentasi termasuk salah satu dari sekian banyak bisnis online yang lagi booming tahun 2020.

Mungkin beberapa dari anda tidak pernah membayangkan kalau slide presentasi yang biasa anda buat di Microsoft Power Point bisa di komersialkan.

Jika anda mahir membuat slide presentasi yang keren dan menarik dan ingin menghasilkan uang dari slide presentasi tersebut, coba jual.

Ada banyak kok jenis slide presentasi yang laku dipasaran saat ini, seperti:

  • Infografik presentasi template
  • Medical template infografis
  • Processing template ppt for bussiness
  • Portofolio power point template
  • Dan lain sebagainya

Untuk menjualnya anda bisa buat situs khusus template presentasi, jual di eCommerce atau mungkin bergabung sama platform jual beli produk digital khusus template ppt seperti templatemonster.

2. Buka lapak sendiri di toko online

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via digitalmarketer.id

Di Indonesia, ada banyak sekali toko online atau marketplace pengecer yang bisa anda manfaatkan untuk menjual produk buatan anda sendiri seperti Tokopedia, BliBli, Shopee, Lazada dan lain sebagainya.

Diantara toko online tersebut, ada beberapa platform yang memungkinkan anda membuat makrotoko sendiri seperti BukaLapak.

Di toko itu juga anda bisa menjual produk apa saja baik produk fisik atau produk digital, asalkan enggak melanggar pedoman penggunaan platform.

Sebagai contoh, anda punya rancangan baju t-shirt, anda bisa pampang rancangan tersebut di makrotoko bukalapak.

Saat anda orang yang tertarik membelinya, barulah anda cetak baju tersebut lalu dikirimkan kepada si pemesan.

Anda juga bisa kembangkan toko online sendiri, baik dalam skala mikro ataupun makro. Tapi pastikan budget anda cukup buat buka toko online sendiri.

Ada beberapa jenis produk yang bisa anda jual di mikrotoko marketplace seperti:

  • Sepatu
  • Pakaian
  • Kacamata
  • Dan lain sebagainya

3. Toko furnitur online

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via yourstory.com

Nah kalau yang ini masih berkaitan sama poin sebelumnya. Toko furnitur online adalah salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan saat ini.

Bukan hanya furnitur saja, anda juga bisa jual barang-barang kerajinan tangan lain seperti gelang, kalung, baju tenunan dan lain sebagainya.

Jangan sia-siakan hasil kreasi tersebut, barangkali ada orang yang berminat untuk membeli produk buatan anda itu.

Dalam pemahaman yang lebih luas, anda juga bisa menjual barang-barang lain yang berhubungan dengan bisnis furnitur yang sedang anda geluti, diantaranya:

  • Kreasi mahar
  • Gelang
  • Dekorasi rumah
  • Patung
  • Keramik
  • Dan lain sebagainya

4. Bisnis Jastip

Bisnis online
via shopping.com

Salah satu jenis bisnis online yang cukup populer beberapa tahun terakhir adalah Jastip atau jasa titip.

Bisnis ini keren sih menurut saya, mirip-mirip sama dropshipper. Cara kerjanya pun cukup sederhana.

Dimana anda menawarkan jasa titip belanjaan kepada konsumen yang masih bisa dijangkau oleh anda. Maksudnya gimana?

Maksudnya, konsumen tersebut masih satu Kota atau kabupaten dengan anda. Jika sudah diluar wilayah itu, enggak efektif lagi.

Sebagai contoh, anda sedang ke Mall atau Toko, silahkan tawarkan jasa titip pakaian ini kepada teman-teman di media sosial atau tetangga-tetangga anda.

Atau mungkin anda tahu kalau toko A sedang promo. Ya ke sana lalu foto-foto produk tersebut dan posting di media sosial.

Tambahkan hastag terkait produk tersebut dan juga bisnis yang ditawarkan. Jika anda teman atau pengguna yang nitip belanja barang yang lagi promo, tawarkan skema biayanya.

Dari sinilah anda akan mendapatkan penghasilan. Mudah dan simpel, kan? Terlebih di era pendemi sekarang ini. 

5. Freelancer

bisnis online
via bungkul.com

Menjadi seorang freelance termasuk salah satu bisnis online yang cukup menjanjikan. Apalagi jika anda punya bakat di satu bidang, menulis atau desain grafis misalnya.

Kelebihannya jika anda terjun ke bisnis satu ini anda enggak perlu terikat sama satu pekerjaan. Hanya saja, freelance bergantung penuh pada bakat yang dimiliki.

Setiap kalangan usia pun bisa menjadi seorang freelance baik freshgraduate hingga pensiunan. Anda beberapa jasa freelance yang paling umum saat ini, seperti:

  • Content writer
  • Programer
  • Copywriting
  • Podcast
  • Dan lain sebagainya

Jika anda punya kemampuan itu, anda bisa bergabung dengan situs-situs freelance atau membuat blog sendiri lalu tawarkan jasa berdasarkan kemampuan yang dimiliki.

Jika tak mau ribet, anda bisa bergabung sama situs freelance yang banyak tersedia saat ini, seperti:

  • Sribulancer
  • Project.co.id
  • Fastwork.id
  • Dan lain sebagainya

6. Jadi developer web dan aplikasi

bisnis online
medium.com

Kalau bisnis yang satu ini cocok untuk orang-orang yang pintar ngoding, baik untuk website atau aplikasi Android dan iOS.

Sebenarnya, dengan menjadi seorang developer web dan aplikasi ini, anda bisa memilih bekerja sebagai freelance, paruh waktu atau full-time job.

Jika ingin jadi freelance, anda bisa kembangkan bisnis tersebut menjadi lebih besar.

Atau, anda kembangkan kemampuan tersebut secara personal untuk memperoleh penghasilan pasif setiap bulan dengan menjadi mitra Google AdSense atau Google AdMob.

Ada beberapa jenis bisnis yang berkaitan dengan developer web atau aplikasi Android dan iOS ini, seperti:

  • Konsultan patch keamanan Android
  • Developer website atau blog
  • Jasa pengujian bug
  • Kursus coding online
  • Webinar online
  • Jualan template blog
  • Dan lain sebagainya

7. Jualan karya di situs Microstock

Bisnis online
via jotform.com

Jika anda bisa buat desain banner, infografis atau pandai buat foto yang keren dan menarik, coba gabung sama situs microstock.

Rata-rata situs microstock memungkinkan anda menjual hasil karya anda entah itu gambar vektor, icon, foto, banner dan lain sebagainya.

Misalnya, anda suka buat logo perusahaan maka anda bisa jual logo tersebut ke Freepik atau Shutterstock.

Untuk bayarannya sih tergantung sama jumlah unduhan dan keaktifan anda. Kalau karya anda sudah banyak, penghasilan yang diperoleh semakin besar.

Karena itu, rajin-rajinlah posting karya baru, minimal 30 karya dalam sebulan. Ini standar sih menurut saya karena rata-rata kontributor di situs microstock memposting lebih dari 40 karya sebulan.

Disisi lain, jika anda suka foto-foto, bisa jual hasil foto anda di Shuterstcok, Adobe stock dan platform lain.

8. Dropshipping

bisnis online
via medium.com

Pernah dengan istilah dropshipping, belum? Kalau belum, biar saya jelaskan sedikit. Dropshipping adalah salah satu jenis usaha online dimana anda menjual barang-barang orang lain atas nama sendiri.

Dan biasanya, barang tersebut dijual secara online. Sebagai contoh, anda menawarkan produk berupa pakaian bikini cardigen atau dress wanita kepada teman anda baik langsung ataupun tidak.

Apabila teman anda itu tertarik untuk membelinya, maka ia harus membayar sesuai dengan harga yang sudah anda tentukan.

Anda kemudian memesan pakaian tersebut kepada supplier dan pihak supplier kemudian mengirimkan barang tersebut kepada anda.

Setelah barangnya sampai, anda kemudian memberikan barang tersebut kepada teman anda yang tadinya memesan barang jualan anda.

Bagaimana dengan profit? Keuntungan pasti ada dong. Keuntungan tersebut bisa anda tentukan sendiri, mulai dari 10-30% dari harga yang ditentukan supplier.

Usahakan juga untuk tidak menjual barang yang terlampau mahal karena enggak ada orang yang mau barang mahal.

9. Reseller

bisnis online
via tokopress.id

Pasti ada yang bertanya-tanya, loh ini kan sama dengan dropshipping di atas? Iya sama. Dari jenis bisnisnya saja dan bukan cara kerjanya.

Patut diketahui, dropshipping dan reseller itu beda. Bahkan perbedaannya cukup mencolok. Seorang reseller tahu berapa stok barang yang dijual sementara dropshipping tidak.

Begitu juga soal modal. Dropship hanya butuh perangkat dan koneksi internet untuk bekerja sementara reseller butuh modal awal untuk menyediakan stok barang yang bakal dijual.

Menjadi reseller berarti anda harus berhadap-hadapan sama supplier, yang akan menentukan berapa barang yang harus dijual, jenis barang, harganya, durasi pengirimannya dan aspek-aspek penting lain.

10. Ikut survey berbayar

aplikasi penghasil pulsa

Survey berbayar termasuk bisnis, kah? Iya termasuk. Dan bisnis ini tidak membutuhkan modal sama sekali.

Ada banyak kok platform survey online yang bisa anda jadikan sebagai salah satu sumber penghasilan tambahan, seperti:

  • YouGov
  • Toluna
  • YSense
  • Dan lain sebagainya

Bayaran yang diperoleh memang cukup kecil, bahkan butuh waktu berbulan-bulan untuk bisa hasilkan duit dari survey online semacam ini.

Saya sendiri pernah bergabung sama YouGov, salah satu perusahaan survey asal Singapura dan sudah payout 2 kali, sejauh ini.

Untuk bisa payout dari YouGov butuh waktu 9-10 bulan. Durasi itu memang cukup lama untuk sebuah bisnis online.

Oleh karena itu, bisnis yang satu ini cocok dilakoni sebagai sampingan saja untuk mengisi waktu luang.

11. Kursus online

Bisnis online
freepik.com

Jika anda punya satu keahlian yang spesifik atau punya profesi yang ilmunya yang jarang banget ada diajarkan di sekolah atau kampus, coba buka buka jasa kursus baik offline ataupun online.

Enggak perlu modal besar, cukup manfaatkan keahlian tersebut. Misalnya, anda wartawaran atau desainer grafis, bisa buat pelatihan jurnalistik daring atau kursus desain grafis.

Untuk online, cukup rekam layar saja lalu edit-edit dikitlah agar menarik. Setelah itu, posting di platform kursus online seperti Pijar Mahir, Skill Academy by Ruang Guru, Udemy dan lain sebagainya.

Kalau enggak laku, bisa posting di situs berbagai video on-demand seperti Youtube atau mungkin Facebook.

Dua platform  diatas memungkinkan anda dapat uang dengan bergabung sama AdSense atau ad break.

Sebelum buat kursus, pastikan anda punya rencana yang matang dimulai dari kurikulum kursus, slide presentasi, ebook, kegiatan pasca-pelatihan, modul dan lain sebagainya.

Ini semua penting untuk menyajikan calon pelanggan sebagai first impression bahwa kursus yang anda buat itu serius dan tidak sekedar cari profit.

12. Penerjemah online

bisnis online
via insureon.com

Penerjemah online juga termasuk salah satu bisnis online yang menjanjikan. Dan bisnis ini bisa anda geluti tanpa modal sekalipun.

Dan anda bisa mendapatkan bayaran dari jasa tersebut, baik secara langsung ataupun tidak. Sayang loh kemampuan berbahasa asing yang anda miliki itu tidak dimanfaatkan dengan baik.

Sama seperti bisnis online yang lain, anda bisa memilih kapan dan dimana akan bekerja. Anda juga bisa memilih proyek apa yang mau dikerjakan.

Hanya saja, anda harus komit sama waktu yang ditentukan oleh orang-orang yang menggunakan jasa anda.

Untuk menjalankan bisnis ini, anda bisa buat blog, promosi langsung di media sosial atau bergabung dengan situs-situs freelance seperti fastwork.

Jangan lupa juga buat portofolio online, agar orang-orang bisa melihat bahasa apa saja yang dikuasai, rating dan jumlah pelanggan yang puas dengan jasa tersebut.

Selain menjadi penerjemah online, anda juga bisa tawarkan jalankan bisnis tersebut secara bersamaan dengan bisnis dibawah ini:

  • Editor naskah bahasa asing
  • Kursus kepenulisan online
  • Webinar kepenulisan online
  • Dan lain sebagainya

13. Desain

bisnis online
via tekla.com

Jangan remehkan jasa desain ini, terlebih bagi anda yang punya bakat menggambar plus bisa menggunakan aplikasi pengeditan foto seperti Photoshop, VSCO dan lain sebagainya.

Siapa yang menggunakan jasa desain ini? Ada banyak orang. Bisa toko online, perusahaan swasta, organisasi nirlaba, blogger personal dan lain sebagainya.

Untuk jasa desain ini, yang paling sering dibutuhkan adalah pembuatan logo perusahaan hingga banner dan spanduk produk.

Anda juga bisa tawarkan paket desain tambahan seperti percetakan atau pelatihan desain secara online.

Untuk tambah-tambah penghasilan, anda bisa gabung sama situs microstock yang beberapa diantaranya sudah saya sebutkan diatas.

14. Admin media sosial

bisnis online
via boatmanadmin.co.uk

Beberapa waktu lalu, Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan RI membuka lowongan pekerjaan untuk posisi admin media sosial.

Sebelumnya, banyak artis-artis yang membuka lowongan serupa, dengan gaji yang menggiurkan. Dan anda bisa menggeluti bisnis online yang satu ini baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Yang penting, anda sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan serta punya kemampuan menggunakan berbagai media sosial secara bersamaan.

15. Peneliti online

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via kemendagri.go.id

Bisnis online yang satu ini masih tergolong baru. Meski demikian, sudah banyak orang yang menggelutinya.

Menjadi peneliti online juga cukup menjanjikan. Jika anda ingin terjun ke bisnis online yang satu ini, pastikan anda punya kemampuan sebagai peneliti yang mumpuni.

Anda juga bisa tawarkan paket riset untuk produk digital, infografis, pasar, target audiens dan lain sebagainya.

Agar bisnis tersebut bisa berjalan maksimal, anda wajib punya kemampuan hitung-hitungan yang mumpuni.

Istilah kerennya adalah data science. Karena orang-orang jasa yang anda buka selalu berhubungan sama statistik, kurva, perilaku pasar dan lain sebagainya.

Kalau anda punya kemampuan data science yang mumpuni, jangan sia-siakan hal itu. Biasanya sih, orang-orang yang menggunakan jasa anda itu adalah dari lembaga riset, perusahaan, instansi pemerintah dan orang biasa.

16. Kurator atau editor konten online

10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun Ini
via makeuseof.com

Ekonom Jerman Schumpeter pernah mengatakan bahwa tidak ada ide yang orisinal. Itu artinya, beberapa ide sekarang hanyalah kombinasi dari ide sebelumnya.

Tahu gak apa maksudnya? Maksudnya adalah, setiap hal yang ditulis saat ini sudah tidak benar-benar orisial alias murni.

Karena itu, sebuah tulisan tetap butuh seorang kurator. Kalau anda punya kemampuan kurator atau editor naskah yang mumpuni, anda bisa membuka jasa ini secara online.

Hanya saja, menjadi seorang kurator konten butuh kemampuan bahasa diatas rata-rata.

Anda juga wajib tahu dan mengerti tentang PUEBI [Pedoman umum ejaan bahasa Indonesia], linguistik, diksi dan pemahaman mendalam tentang arti sebuah kata.

Menariknya lagi, anda bisa membuka jasa ini sembari membuat tulisan sendiri yang bisa di posting di blog.

Bisnis ini sendiri bisa dijalankan berbagai bisnis online yang lain seperti:

  • Editor naskah berbahasa Indonesia
  • Jasa penulisan artikel
  • Jasa pembuatan makalah dan karya ilmiah
  • Jasa pembuatan novel, cerpen atau cerber [cerita bersambung]
  • Puisi
  • Dan lain sebagainya

17. Bisnis affiliasi

menjadi affiliator
via themembershipguys.com

Bisnis affiliasi termasuk salah satu bisnis online yang cukup populer belakangan ini. Cara kerjanya pun cukup mudah.

Anda tinggal mempromosikan produk atau bisnis orang lain atau suatu perusahaan. Jika ada orang yang tertarik membeli produk tersebut dari link affiliasi yang anda sebarkan dan melakukan konversi atau pembelian, maka anda layak dapat komisi.

Besaran komisi tergantung dari penyedia affiliasi. Biasanya sih 10-30% dari total harga penjualan.

Kerennya lagi, anda tidak perlu buat produk sendiri. Tugas anda hanya melakukan promosi, baik di blog, Youtube, media sosial atau aplikasi pesan instan seperti Telegram atau WhatsApp.

Untuk produk atau jasa yang ditawarkan tergantung sama minat anda. Jika anda blogger atau Youtuber bisa tawarkan Hosting, domain, template WordPress premium dan lain sebagainya.

Sementara, jika bukan blogger bisa tawarkan produk-produk yang laku keras di eCommerce pakai tautan affiliasi.

18. Bisnis MLM Online

bisnis mlm
via serujambi.com

Tidak semua bisnis MLM itu dilakukan secara offline. Ada juga bisnis MLM yang dilakukan secara online loh.

Hanya saja, bisnis MLM ini sudah punya presenden buruk ditengah masyarakat, karena banyaknya kasus penipuan berkedok MLM.

Tapi bukan berarti bisnis yang satu ini enggak menjanjikan, menjanjikan kok. Bahkan anda bisa memperoleh penghasilan secara pasif setiap hari.

MLM [multi level marketing] adalah sebuah bisnis jaringan dimana anda akan mendapatkan komisi dari setiap kegiatan yang anda lakukan seperti menjual produk, mengajak orang untuk bergabung [affiliasi] hingga reward seller.

Baca Juga : 5 Kayu Yang Sering Dijadikan Bahan Dasar Furniture

Ada beberapa bisnis MLM yang masih bertahan hingga sekarang seperti Oriflame, ABE Network, Most Viral Project [MVP] milik Kevin Aprilio dan lain sebagainya.

Bisnis ini sebenarnya sangat menguntungkan baik untuk perusahaan dan orang-orang yang menjadi membernya.

Asalkan dilakukan secara konsisten, hasilnya pasti akan terasa. Potensi untungnya pun sangat besar.

19. Jadi Blogger, Youtuber atau Facebook Ad Break

bisnis online
via hjmt.com

Tiga model bisnis diatas juga sangat menjanjikan dan bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Asalkan, anda punya perangkat yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Banyak anak muda yang menggeluti bisnis yang satu ini dan berhasil payout dari AdSense atau Facebook hingga jutaan rupiah per bulan.

Baca Juga : 16 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Anda bisa memilih satu dari tiga profesi content creator diatas bahkan bisa memilih ketiga-tiganya.

Misalnya, menjadi Youtuber berarti anda harus bisa membuat dan mengedit serta mempostingnya di Youtube dan Facebook.

Jika anda termasuk orang yang enggak tampil di video, anda bisa menjadi seorang blogger dan mulailah belajar nulis.

20. Jasa rekber [rekening bersama]

jasa rekber
via jadimandiri.org

Bisnis online yang satu ini sudah banyak digeluti terutama oleh para Milaneal. Salah satu rekber yang cukup populer adalah pemilik p-store yakni Tri Haryanto.

Bisnis ini sebenarnya bergerak ke bidang jual beli barang-barang digital seperti akun Instagram atau Youtube, AdSense dan lain sebagainya.

Tujuan dari bisnis ini juga cukup mulia dimana anda menjadi perantara yang akan menghubungkan antara penjual dan pembeli.

Dengan kata lain, anda berusaha mengamankan transaksi yang dilakukan antara si penjual dan pembeli barang.

Lantas apa untungnya terjun ke bisnis ini? Banyak. Anda bisa mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang terjadi.

Biasanya komisi bergantung pada nilai transaksi itu. Selain itu, anda juga bisa punya banyak kenalan dengan orang-orang, termasuk calon konsumen.

21. Bawa bisnis online ke online

bisnis online
via bussinessgambia.com

Banyak bisnis offline yang sudah beralih ke online. Hal ini tidak mengherankan, karena perilaku konsumen yang terus berubah.

Saat ini, sebagian besar konsumen ingin berbelanja secara instan. Mereka juga enggak perlu repot ke mall atau pasar untuk mencari barang-barang yang mau dibeli.

Jika anda punya bisnis offline yang menjanjikan anda bisa kok membuatnya online untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak.

Penutup

Perlu diingat, meskipun bisnis online tidak butuh modal awal yang besar, bukan berarti bisnis tersebut dilakukan dengan asal-asalan.

Jika dilakukan secara asal-asalan, bisa saja konsumen anda akan lari dan tidak akan pernah menggunakan jasa anda lagi.

Pada akhirnya, bisnis yang anda geluti itu tidak benar-benar menghasilkan uang sebagaimana yang diharapkan.

Nah demikian artikel tentang 21 peluang bisnis online 2020. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *