5 Faktor Yang Mempengaruhi Page Rank Blog

3 Likes 2 Comments
faktor yang mempengaruhi page rank

Page rank blog ditentukan oleh banyak faktor. Setiap faktor itu merupakan akumulasi atau hasil dari penjabaran beberapa faktor umum. Faktor umum itulah yang akan saya bahas di artikel ini.


Update : Artikel ini mungkin sudah tidak relevan lagi untuk dibaca. Karena, beberapa sumber mengatakan bahwa sejak maret 2016 lalu, Google sudah tidak menggunakan konsep page rank ini untuk memberi peringkat kepada blog di results page.

Meski sumber lain mengatakan sebaliknya. Jadi, tergantung kebijakan anda sendiri. Jika anda percaya page rank itu masih anda, baca artikel ini sampai habis.


Banyak perbincangan di kalangan para blogger terkait dengan cara bagaimana blog mereka itu punya posisi yang bagus di search engine.

Patut anda ketahui, posisi yang bagus tidak saja ditentukan oleh kualitas artikel, tetapi juga faktor-faktor yang lain.

Seperti misalnya, anda membuat artikel yang berkualitas tinggi. Panjangnya sampai 2000 karakter atau lebih.

Artikel tersebut di edit berkali-kali agar mudah dibaca dan dipahami oleh pengunjung blog. Dengan kata lain, artikel tersebut adalah landing page blog anda.

Landing page adalah suatu artikel yang dibuat khusus dengan tujuan agar bisa berada di halaman pertama pencarian Google.

Artikel jenis ini biasanya akan jadi pemicu supaya artikel-artikel lain di blog anda juga memperoleh posisi yang bagus di search engine.

Posisi yang bagus itu tidak saja berada di halaman pertama hasil pencarian untuk keyword yang ditargetkan, tetapi agar berada di rangking #1 Google, bahkan jadi featured snipped.

Setelah dipublikasikan dan di indeks ke search console, eh ternyata artikel tersebut gak masuk halaman pertama, kedua atau ketiga. Justru nongol di halaman ke lima atau enam.

Lebih membingungkan lagi, artikel-artikel yang ada di halaman pertama itu justru artikel-artikel pendek, yang menurut anda enggak berkualitas sama sekali.

Dari kondisi semacam ini, anda tentu bertanya-tanya, loh kok artikel saya gak masuk di halaman pertama Google? Padahal artikel itu berkualitas tinggi.

Kalau anda punya pengalaman macam ini, sebaiknya jangan meracau dulu deh. Ketahui dulu alasan mengapa blog anda di sulit dapat peringkat di hasil pencarian.

Salah satu alasan yang paling umum adalah karena page rank blog anda belum bagus. Alias, belum dapat kepercayaan lebih untuk duduk di halaman pertama pencarian Google.

Apa itu page rank blog?

Page rank adalah logaritma yang diterapkan oleh mesin pencari untuk memberikan peringkat atau penilaian kepada blog atau situs yang terindeks di Google.

Dari hasil penilaian inilah, mesin pencari akan memberikan peringkat mulai dari rangking #1 hingga terakhir.

Fitur ini merupakan salah satu fitur paten dari mesin pencari, yang fungsinya enggak bisa dihilangkan dengan fitur lain, seperti misalnya, keyword exact.

Jadi, kalau ada blogger yang mengatakan page rank blog itu sudah enggak ada atau sudah enggak diterapkan sekarang, jangan percaya.

Karena, dasar logaritma mesin pencari dibangun dengan sistem pemeringkatan semacam ini. Faktor-faktor pemeringkatannya saja yang beda.

Sebagai contoh, meskipun artikel landing page yang anda buat itu ditargetkan di halaman pertama dan belum muncul di halaman pertama dalam kurun waktu beberapa hari, sebaiknya bersabar.

Karena, sistem peringkat ini diperbaharui terus menerus. Ada kemungkinan, beberapa bulan ke depan, artikel tersebut bakalan dapat peringkat yang lebih baik di SERPs.

Jadi, sekalipun anda sudah menerapkan strategi pengoptimalan konten sebaik mungkin, membuat artikel-artikel berkualitas, tapi kalau blog anda belum punya skor page rank yang bagus, maka blog tersebut tetap sulit dapat pengunjung.

Jadi, page rank itu berkolerasi dengan trafik blog anda sendiri. Dan perolehan page rank ini sangat natural, sehingga, enggak ada blog yang memperolehnya secara manipulatif.

Kalau dulu mungkin ada, memanipulasi blog dengan teknik black hat SEO supaya dapat skor yang bagus di mesin pencari, kini enggak lagi.

Alih-alih dapat peringkat di halaman pertama, justru blog tersebut akan kena penalti dari Google karena melanggar kebijakan yang mereka terapkan.

5 Faktor Yang Mempengaruhi Page Rank Blog

Nah, di artikel saya kali ini akan saya ulas tentang 5 faktor yang mempengaruhi page rank blog. Faktor-faktor apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Usia Domain

Yang paling pertama tentu saja usia domain atau usia situs. Kalau situs anda baru dibuat 1-2 bulan lalu, meskipun artikelnya berkualitas tinggi, sampai 5000 karakter, gak bakalan dapat peringkat pertama di mesin pencari Google.

Terdengar enggak adil kan? Tentu saja. Namun perlu diketahui, sistem inilah yang membuat mesin pencari semakin digemari.

Alasan penggunaan sistem ini sebenarnya simple aja, apabila sebuah domain sudah berusia 1 tahun lebih, pasti akan lebih kredibel ketimbang blog yang baru seumur jagung.

Kan gak mungkin kalau blog itu baru berusia 2 bulan lalu sudah dapat skor page rank yang sama dengan blog berusia 7 tahun, enggak kan?

Baca Juga : 4 Hal yang harus dilakukan oleh Blogger

Karena itulah, page rank blog paling pertama di tentukan oleh umur blog atau umur situs. Coba bayangkan, jika blog anda itu sudah berusia 5 tahun dan setiap hari anda memposting tiga artikel, berapa jumlah artikel selama 5 tahun tersebut? 5,472 artikel.

Dan bandingkan dengan blog baru, yang baru berusia 6 bulan, sementara artikelnya sudah setara dengan jumlah total artikel untuk blog yang berusia 5 tahun tersebut?

Google tentu akan memprioritaskan blog yang berusia 5 tahun tersebut karena berbagai alasan. Selain umur situs, ada alasan lain seperti yang akan saya bahas di poin berikutnya.

2. Backlink

Seperti yang saya sebutkan diatas, selain usia situs, salah satu faktor yang mempengaruhi page rank adalah backlink.

Backlink adalah tautan balik, dimana ada blog yang menjadikan konten anda sebagai referensi konten yang ia buat.

Dengan kata lain, ini bisa meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan situs secara langsung. Dan, Google menggunakan sinyal ini untuk memberikan peringkat pada blog atau artikel dengan backlink yang berkualitas.

Agak susah sih dapat backlink yang berkualitas saat ini. Karena, rata-rata blogger sudah mengkomersilkan unsur referensi ini.

Satu-satunya cara untuk dapat backlink blog yang berkualitas hanyalah dengan menjadi guest post di blog orang lain.

Baca Juga : Cara memilih target kata kunci yang baik dan benar

Lantas, berapa sih idealnya backlink yang diperoleh supaya page rank blog naik? Soal ini enggak ada batasannya.

Batasan paling penting hanyalah pada kualitas dan cara memperoleh backlink tersebut. Jika backlink tersebut berkualitas buruk yang didapat dari situs ilegal atau paid backlink, kualitasnya pasti diragukan.

Disamping itu, ada juga keterkaitan antara backlink dan umur situs. Kadang kala, semakin tua sebuah situs maka semakin banyak backlink yang ia dapat.

Oh iya, khusus bagi anda yang sedang membangun backlink ke situs anda, pastikan backlink itu berasal dari situs dengan DA dan PA blog yang lebih tinggi dari blog anda.

Mengapa? Karena ini adalah salah satu kriteria agar backlink yang didapat itu dianggap sebagai backlink yang berkualitas.

3. DA dan PA Blog

Domain authority dan page authority juga memiliki pengaruh terhadap page rank blog baik secara langsung atau tidak langsung.

Hanya saja, DA dan PA blog ini ditentukan oleh dua kriteria yang sudah saya jelaskan diatas. Yakni, umur situs dan backlink yang didapat.

Skor backlink juga natural. Dan, metode penghitungan DA dan PA blog itu banyak berasal dari metrik sederhana, seperti kualitas artikel, SEO, spam score dan lain sebagainya.

Saran saya sih, sebaiknya buat artikel-artikel yang berkualitas saja. Selain itu, terus pertahankan frekuensi postingan di blog anda.

Pada akhirnya, DA dan PA blog anda bakal naik sendiri. Biasanya sih, DA blog bakalan naik per 2 bulan atau lebih.

Sebagai contoh, blog saya ini tepat berusia 1 tahun bulan depan dan DAnya sudah menginjak angka 12, sementara PAnya sudah 13.

Ini dapat dijadikan presentase atau perkiraan DA dan PA blog anda selama 1 tahun. Kalau sudah dua tahun, mungkin bisa sampe 24 dan kelipatan selanjutnya.

Kalau sudah sampai angka 60, maka DA dan PA blog akan lebih susah naik karena berbagai alasan yang saya sendiri belum tahu apa itu.

4. Alexa Rank

Saya sendiri sampai sekarang sudah gak percaya sama Alexa Rank. Salah satu alasannya karena model perhitungannya yang tidak akurat lagi.

Kadang, ada blog dengan Alexa Rank ramping, namun, kunjungan blog per harinya tidak sampai 1000 PV/day.

Ini yang saya alami di blog ini. Rank Alexanya bahkan sudah sampe angka 600k, namun, viewers blog masih sedikit.

Hanya saja, metode perhitungan skor page rank saat ini masih menggunakan elemen peringkat yang dikeluarkan oleh Alexa.

Disisi lain, Alexa rank juga sama seperti DA dan PA blog, bakalan naik sendiri seiring waktu berjalan. Kata naik ini, dalam konsep Alexa rank, adalah menurun.

Jadi, semakin kecil nilai Alexa rank, semakin bagus posisi blog di search engine. Apabila semakin bagus, maka semakin populerlah blog tersebut.

5. Jumlah share

Kadang kala, istilah jumlah share ini diganti dengan Saham. Yang merujuk pada jumlah share postingan di blog ke media sosial.

Jadi, semakin banyak orang yang mengshare artikel di blog ke media sosial maka semakin bagus page rank blog anda.

Dengan kata lain, semakin besar peluang blog untuk memperoleh peringkat atau rangking di hasil pencarian.

Karena itu, saran saya, sebaiknya buatlah Halaman Facebook sendiri, yang khusus dibuat untuk share artikel-artikel yang anda tulis di blog.

Selain untuk tambah-tambah pengunjung blog, juga untuk meningkatkan branding blog secara langsung.

Penutup

5 Poin ini memiliki korelasi yang kuat dengan page rank blog. Jika anda ingin agar page rank blog anda naik silahkan optimalkan beberapa faktor diatas.

Disisi lain, saya juga perlu ingatkan, bahwa poin-poin yang saya bahas diatas hanyalah poin umum saja, alias, masih ada faktor lain yang mempengaruhi page rank blog secara langsung.

Mulai dari pengoptimalan konten [SEO], jumlah artikel yang terindeks di mesin pencari, boucing rate blog, loading situs dan lain sebagainya.

Demikian artikel tentang 5 faktor yang mempengaruhi page rank blog. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *