Mau Obati Sakit Gigi Tanpa Obat? Begini Caranya

4 min read

obati sakit gigi tanpa obat

Cara obati sakit gigi tanpa obat – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit gigi. Baik dengan menggunakan obat-obatan medis dari dokter atau menggunakan cara-cara sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit gigi. Dalam keadaan-keadaan tertentu, misalnya saat tengah malam, satu-satunya metode yang digunakan untuk mengobati sakit gigi adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur.

Cara ini dianggap ampuh untuk mengobati sakit gigi untuk sementara waktu sebelum mendapatkan perawatan medis lanjutan dari dokter gigi.

Disisi lain, ada banyak penyebab mengapa gigi sakit. Sebagian besar penyebabnya adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi. Dan ini bisa dijadikan indikator untuk mengukur kesehatan mulut dan gigi.

Saya juga pernah mengalami yang namanya sakit gigi. Cerita bermula saat saya kembali dari acara ulang tahun salah satu teman saya, gigi saya berdenyut dan rasanya sakit sekali.

Memang sih, pada saat acara, sebagian besar makanan yang saya konsumsi adalah manisan. Mulai dari kue ulang tahun, snack, cokelat, minuman bersoda dan lain sebagainya.

Jika dilihat komposisinya, sebagian besar makan tersebut berbahan dasar gula atau setidaknya memiliki campuran gula dalam proses pembuatannya.

Selepas dari acara tersebut, karena perjalanan ke rumah agak jauh, saya sempat singgah di kedai kopi untuk beristirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan.

Di kedai itu saya memesan kopi lalu menyeruputnya dengan nikmat. Setelah kopi habis, saya bergegas kembali ke rumah.

Jarak dari kedai sampai ke rumah kira-kira 10 menit jauhnya. Agak jauh memang. Setelah sampai di rumah, saya kemudian menghempaskan diri ke tempat tidur tanpa mengganti pakaian sedikit pun. Sekitar jam 12 malam saya terbangun.

Saat terbangun, sekonyong-konyong, gigi bagian atas sebelah kiri terasa nyeri dan rasanya sakit sekali. Entah apa penyebabnya.

Gigi yang nyeri itu tidak berlubang, lalu kenapa sakit? Setelah dicek ternyata karena lesi kecil, yang didalamnya terdapat sisa-sisa makanan yang saya konsumsi tadi.

Lalu bagaimana cara mengobatinya? Apalagi saya menderita pada jam-jam seperti ini. Saya kemudian mencari alternatif dengan cara mengandalkan bahan-bahan yang ada di rumah.

Penyebab Sakit Gigi

Berdasarkan pengalaman saya itu, saya lalu berasumsi bahwa salah satu penyebab utama sakit gigi adalah makanan dan minuman yang konsumsi.

Sekalipun gigi anda tidak berlubang tetapi gejala wajar ini tetap akan diderita oleh seseorang karena gaya hidup yang diterapkan.

Penyebab sakit gigi yang lain tentu saja gigi yang berlubang, gigi baru yang tumbuh misalnya pada anak kecil, gigi yang bergoyang, gusi yang retak dan lain sebagainya.

Untuk lebih paham, sebagian besar sakit gigi disebabkan oleh hal-hal dibawah ini. Antara lain:

  • Gigi berlubang
  • Tambalan gigi yang telah rusak
  • Gigi tumbuh yang biasanya dialami oleh bayi dan anak kecil
  • Gigi tanggal atau patah
  • Radang gigi dan gusi
  • Nanah pada gigi
  • Gusi yang bengkak
  • Gigi bungsu
  • Pembusukan pada gigi
  • Dll

Saya lalu menggosok gigi dengan harapan agar rasa sakit itu hilang. Namun ternyata tidak, justru makin berdenyut. Inisiatif terakhir adalah dengan membeli obat di apotek. Tapi jaraknya cukup jauh, kira-kira 6 km lebih.

Berbekal ilmu farmasi yang memadai, saya lalu coba menenangkan diri dan mulai memikirkan bagaimana cara menghilangkan sakit gigi tanpa obat? Cara inilah yang saya ulas dalam artikel ini.

3 cara obati sakit gigi tanpa obat

Di dapur sebenarnya tersedia banyak sekali bahan-bahan yang dapat digunakan untuk mengobati rasa sakit pada pada gigi.

Bahan-bahan tersebut memang tidak menyembuhkan secara paten, melainkan hanya menghilangkan rasa sakit untuk sementara.

Lalu bisakah mengobati sakit gigi tanpa obat? Bagaimana caranya? Berdasarkan pengalaman saya ada 3 cara. Antara lain:

1. Mengompres gigi yang sakit pakai es batu

Cara obati sakit gigi
via glitzmedia.co

Cara ini pada dasarnya bertujuan untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi secara perlahan dengan cara meredakan saraf gigi yang sakit.

Dan ini termasuk salah satu cara mengobati sakit gigi tanpa obat yang paling umum dilakukan. Apalagi jika anda dilanda sakit gigi pada jam-jam kritis atau tengah malam.

Lalu bagaimana cara mengobati sakit gigi dengan es batu? Berikut langkah-langkahnya.

  • Silahkan ambil es batu yang ada didalam kulkas
  • Setelah itu kumpulkan es batu tersebut ke dalam kain
  • Jika sudah pegang bagian ujung kain sehingga es batu terkumpul menjadi satu tempat lalu kompres dibagian gigi yang sakit
  • Tunggu beberapa saat hingga esnya mencair

Apakah cara ini ampuh? Berdasarkan pengalaman saya pribadi cukup ampuh untuk sementara waktu. Agar lebih efektif, anda bisa melakukan cara ini sebanyak 2 kali.

2. Berkumur pakai air garam

cara obati sakit gigi
via bungkul.com

Selain mengompres pakai es batu, berkumur pakai air garam juga merupakan salah satu solusi untuk mengobati sakit gigi tanpa obat.

Jika gigi anda sakit pada jam-jam kritis seperti yang saya alami, sementara cara pertama yang sudah saya jelaskan diatas tidak berhasil atau di rumah tidak ada es batu, coba ikuti cara yang kedua ini.

Lantas bagaimana cara mengobati sakit gigi tanpa obat menggunakan air garam? Berikut caranya:

  • Silahkan ambil gelas lalu tuangkan air secukupnya, minimal 250ml.
  • Setelah itu ambil 1 sendok garam lalu taruh ke dalam gelas yang sudah berisi air
  • Jika sudah silahkan aduk sampai garamnya hilang
  • Lalu kumur dengan air garam tersebut dibagian gigi yang sakit selama kurang lebih 2 menit

Apakah cara ini aman? Tentu saja aman. Air garam mengandung antiseptik, yang memiliki fungsi untuk meredakan sakit gigi.

Anda juga bisa berkumur hingga 3 kali untuk hasil yang lebih bagus. Kalau rasa sakit tidak hilang, sementara anda merasa sakit perlahan-lahan berkurang, silahkan berkumur secara berulang-ulang.

Lantas bagaimana jika sakit gigi tak juga hilang dengan langkah pertama dan kedua diatas? Coba cara yang terakhir ini.

3. Tempel gigi yang sakit dengan bawang putih

obati sakit gigi
via bungwirno.my.id

Sama seperti air garam, bawang putih juga mengandung antiseptik yang dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi. Cara ini juga sering saya lakukan di rumah, dan termasuk cara yang paling efektif menurut saya.

Lalu bagaimana mengobati sakit gigi pakai bawang putih? Berikut langkah-langkahnya.

  • Silahkan ambil bawang putih lalu iris halus pakai pisau
  • Langkah berikutnya adalah menempelkan bawang putih yang sudah anda iris tadi pada gigi yang sakit
  • Biarkan tempelan bawang putih itu tetap berada pada gigi selama 2 menit lalu keluarkan.

Selain mengandung antiseptik alami, bawang putih juga memiliki fungsi antimikroba, yang akan melawan mikroba di dalam mulut, yang mungkin menjadi penyebab gigi sakit.

Penutup

Tiga cara diatas adalah cara yang paling umum untuk meredakan sakit gigi tanpa obat sekalipun. Fungsinya juga sama, yakni untuk mendendalikan rasa sakit.

Saya sendiri sering menggunakan 3 cara diatas apabila gigi saya sakit sebelum berkonsultasi ke dokter gigi.

Dan menurut saya pribadi, 3 cara ini termasuk cara yang paling efektif selain cara-cara lain yang diberikan seperti misalnya berkumur pakai cuka atau menggunakan bawang merah.

Namun tentu saja tidak ada teknik pengobatan yang paling mujarab selain mencegahnya. Karena mencegah lebih baik daripada mengobatinya.

Oleh karena itu, agar gigi anda tidak sakit mulai pilah makanan yang dikonsumsi. Terlebih untuk makanan yang manis-manis.

Langkah paling terakhir untuk mengobati sakit gigi adalah dengan berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan obat secara profesional.

Demikian artikel tentang 3 cara obati sakit gigi tanpa obat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

 

Referensi artikel

  • Renton, T. (2011). Dental (Odontogenic) Pain. Rev Pain. 5(1), pp.2-7.
  • MacDonald, S., NCBI (2002). Aspirin Use to be Banned in under 16 Years Old. The British Medical Journal, 325(7371), pp.988.
  • Stephens, M. Et. Al. (2018). Dental Problems in Primary Care. Am Fam Physician. 98(11), pp. 654-660.
  • Mouth Healthy. My Child Has a Toothache. Should I Call the Dentist?
  • alodokter.com/sakit-gigi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *