9 Niche Blog Dengan BPK/CPC Tertinggi Tahun 2020

16 Likes 2 Comments
niche blog dengan bpk tertinggi tertinggi

Memilih niche blog dengan BPK/CPC tertinggi adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan penghasilan dari Google AdSense.

Namun, niche bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi BPK/CPC. Faktor paling pertama tentu adalah biaya yang dikeluarkan oleh pengiklan atau advertiser.

Biaya ini dipengaruhi oleh total uang yang dikeluarkan untuk membayar publisher dari berbagai bentuk mulai dari impresi, nilai klik, platform periklanan, pajak dan lain sebagainya.

Sebelum lanjut, saya hendak memberi tahu satu hal. Bahwasanya, apa yang saya bahas disini sudah banyak di ulas oleh Blogger lain.

Disamping itu juga, daftar niche dibawah ini mungkin enggak relevan sama niche blog berbahasa Indonesia.

Meski demikian, ada kemungkinan nilai Biaya per klik [BPK] bisa lebih tinggi dari niche-niche lain seperti kesehatan atau teknologi.

Tapi perlu diingat, meskipun anda sudah menargetkan keyword yang bernilai, semuanya kembali pada konten yang anda sajikan di blog, termasuk trafik.

Kalau dua hal ini berkaitan satu dengan yang lain. Jika trafik blog anda sedikit, yang mungkin dipengaruhi oleh konten berkualitas rendah, maka penghasilan anda juga sedikit karena enggak ada orang mau klik iklan yang tampil [itupun kalau blog anda sudah pasangi iklan].

Sebaliknya juga demikian, kalau trafik blog anda banyak, yang bisa dijadikan tolok ukuran kualitas konten, secara langsung akan berdampak pada jumlah klik iklan.

Dengan kata lain, semua aspek ini saling mempengaruhi satu sama lain. Sementara, BPK hanyalah elemen tunggal yang berfungsi sebagai parameter nilai klik.

Mengapa blogger wajib menargetkan BPK yang tinggi?

Kalau pertanyaan ini saya jawab sendiri tentu agak subjektif ya. Karena jawabannya relatif bagi setiap orang. Yang berarti, jawabannya bisa berbeda antar blogger.

Namun yang jelas, salah satu alasannya karena keinginan untuk meningkatkan penghasilan blognya sendiri dari waktu ke waktu.

Tentu anda gak mau kan penghasilan AdSense anda enggak pernah naik. Yang mungkin butuh waktu berbulan-bulan untuk bisa payout dari AdSense.

Oleh karena itu, anda perlu memaksimalkan blog anda dari segi trafik, penghasilan, konten, SEO dan lain sebagainya.

Dari segi penghasilan, anda wajib meningkatkan BPK adsense termasuk juga CTR. Yang mungkin, secara kumulatif, akan berdampak pada penghasilan blog anda.

Nah agar BPK itu terus meningkat dari waktu ke waktu, ada satu hal penting yang harus anda perhatikan dengan baik yakni niche blog.

Untuk itu, di artikel kali ini saya akan mengulas tentang beberapa niche blog, yang saya curigai punya BPK tertinggi tahun ini.

9 Niche Blog Dengan BPK/CPC Tertinggi Tahun 2020

Ingat, artikel ini hanyalah kemungkinan. Dan mungkin juga enggak relevan sama fakta yang terjadi di lapangan.

Parameter pengukuran juga masih menggunakan konsep yang lama, yakni menggunakan beberapa keyword high CPC berbahasa Inggris.

Lantas apa saja keyword dengan BPK/CPC tertinggi tahun 2020 ini? Pasti penasaran kan? Berikut daftarnya untuk anda.

1. Asuransi [Insurance]

Asuransi adalah salah satu niche yang cukup fantastis dari segi BPK. Untuk saat ini, pada beberapa keyword Insurance dihargai dengan CPC/BPK sebesar $58. Jika di rupiahkan, jumlah ini setara dengan 816k lebih.

2. Gas atau Listrik [Gas/Electricity]

Yang kedua adalah niche gas atau lstrik. Untuk niche ini, biaya per kliknya mencapai $54 atau sekitar 760 ribu rupiah lebih.

3. Hipotek [Mortgage]

Berikutnya adalah niche Hipotek. Tahu gak, hipotek itu apa? Pada dasarnya, ini adalah sebuah instrumen utama dengan jaminan berupa barang atau properti.

Mortgage ini mengarah pada hak kepemilikan rumah secara legal. Konsepnya sih sama seperti rumah atau apartemen yang di kontrak.

Lantas berapa biaya BPK Mortgage ini? Untuk tahun ini, untuk beberapa keyword di hargai $47 atau setara 662 ribu lebih jika di rupiahkan.

4. Pengacara [Attorney/Lawyer]

Berikutnya adalah niche pengacara dengan BPK tertinggi adalah $47. Nominal ini sama dengan niche hipotek diatas.

5. Pinjaman [loans]

Pinjaman adalah salah satu niche dengan BPK tertinggi tahun ini dimana per kliknya mencapai $44 atau setara 619 ribu rupiah untuk kurs sekarang ini.

6. Donasi [donate]

Donasi atau bantuan adalah salah satu niche dengan BPK tertinggi. BPK niche donasi ini mencapai $42 atau sekitar 591 ribu rupiah.

7. Panggilan Konfrensi [Conference Call]

Panggilan konfrensi ini termasuk salah satu subniche bisnis dan teknologi. Niche ini sendiri enggak terlalu populer di Indonesia.

Jika anda masih kesulitan memilih niche blog, coba angkat niche yang satu ini. BPK-nya cukup gede loh untuk beberapa keyword. Bahkan mencapai $42, yang jika di rupiahkan sama dengan niche donasi diatas.

8. Gelar [Degree]

Gelar adalah salah satu niche yang cukup populer dengan BPK mencapai $40 atau sekitar 563 ribu rupiah.

9. Kredit [Credit]

Kredit adalah sebuah aktivitas keuangan dimana badan usaha atau seseorang meminjam uang atau memberikan pinjaman kepada orang lain dengan tujuan untuk membeli barang atau produk.

Niche ini cukup populer diangkat oleh blogger saat ini. Ada beberapa keyword pada niche Kredit ini dengan nilai BPK mencapai $38 atau setara 535 ribu rupiah.

Penutup

Seperti yang saya sebutkan diatas, daftar BPK tertinggi mungkin enggak relevan dengan blog berbahasa Indonesia.

Dengan kata lain, hanya blog-blog bule saja yang bisa mendapatkan high CPC seperti diatas, yang juga dipengaruhi oleh target situs untuk negara-negara tertentu seperti AS, China, Jerman, Thailand, Italia dan negara-negara Eropa barat lain.

Jika demikian, mengapa artikel ini saya bahas? karena mungkin saja niche ini punya BPK yang sama dengan nominal diatas.

Meski enggak akurat sih menurut saya. Karena rata-rata CPC/BPK Indonesia itu kecil. Bahkan ada yang nilai kliknya enggak sampai 50 perak.

Soal ini tidak usah heran deh, karena para pengiklan di Indonesia belum mau ngeluarin duit lebih hanya untuk mengarahkan pengunjung ke bisnis atau situs mereka.

Dengan kata lain, mereka lebih memilih menggunakan cara lain seperti Direct trafik, SEO marketing hingga backlink.

Jika penghasilan blog anda masih gitu-gitu aja, saran saya sih, ada baiknya anda memaksimalkan dulu blog anda.

Salah satu caranya adalah dengan mencari alternatif AdSense, jualan, link affiliasi atau jualan backlink berbayar.

Tapi jika anda mau fokus pada AdSense juga enggak masalah. Yang terpenting, anda siap pada perubahan yang ada.

Mulai dari naik turunnya pendapatan, nilai CPCnya yang kadang memprihatinkan hingga pada persaingan dunia blogging yang makin sengit.

Dengan kata lain, jika penghasilan anda di blog selaras dengan waktu dan kuota yang anda keluarkan untuk membuat konten, maka silahkan lanjut.

Jika tidak, sebaiknya evaluasi lagi deh. Untuk evaluasinya enggak perlu ribet, cukup lihat peningkatan trafik, niche yang diangkat dan penghasilan bulanan anda.

Semua ini saling terkait satu dengan yang lain. Oleh karena itu, jika anda ingin memperoleh pendapatan yang lebih dari blog dari sisi niche, anda bisa pilih salah satu niche diatas.

Tapi jangan asal buat konten ya. Lakukan riset terlebih dahulu. Riset tersebut bertujuan untuk melihat keyword-keyword potensial yang enggak terlalu kompetitif namun BPKnya tinggi.

Siapa tahu BPK diatas bisa tampias di blog anda, meski hanya 4% saja. Lumayanlah untuk tambah-tambah saldo di AdSense, kan?

Nah demikian artikel tentang 9 niche blog dengan BPK tertinggi tahun 2020. Semoga artikel ini bisa bermanfat untuk anda. ~

You might like

2 Comments

  1. Tertarik menulis dengan topik pinjaman/kredit online, tapi belum punya Adsense 😁

    1. Daftar aja, siapa tahu diterima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *