Perbedaan Negara-Negara Balkan, Baltik, Nordik dan Skandinavia, Sudah Tahu Belum?

Pernah dengar empat istilah diatas? Jika pernah, tahu gak apa sih perbedaan antara negara-negara Balkan, Baltik, Nordik dan Skandinavia?

Apakah merupakan satu kesatuan negara atau kumpulan dari beberapa negara berdaulat? Kapan penyebutan ini muncul? Dan pertanyaan lain serupa.

Secara teknis, empat istilah diatas merujuk pada suatu wilayah geografis untuk negara-negara yang letaknya ada di lokasi tertentu.

Artinya, sekalipun disebut negara Balkan, negara Baltik, negara Nordik dan negara Skandinavia tidak merujuk pada satu kesatuan wilayah dengan pemerintahan yang sama.

Karena mereka punya pemimpin negara sendiri, wilayah berdaulat sendiri, sistem pemerintahan sendiri dan aspek-aspek teknis lain.

Kaitannya mungkin hanya ada budaya, sejarah, lokasi negara, iklim, bahasa dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, untuk anda yang penasaran apa perbedaan negara Balkan dan negara Baltik dan perbedaan negara Baltik dan negara Nordik.

Termasuk perbedaan Balkan dan Skandinavia, Baltik dan Skandinavia sampai Nordik dan Skandinavia, simak artikel ini sampai habis.

1. Apa itu negara-negara Balkan?

Perbedaan Negara Balkan, Baltik, Nordik dan Skandinavia

Balkan adalah kumpulan beberapa negara yang kawasannya identik dengan Yugoslavia dan negara pecahan disekitarnya.

Bahkan, Yunani dan beberapa wilayah Eropa lain dianggap sebagai Balkan atau bagian dari wilayah Balkan. Hanya saja, tidak semua anggota negara Balkan adalah Anggota Uni Eropa.

Negara-negara Balkan ini terletak sekitar semenanjung Balkan, yang lokasinya ada dibagian timur Eropa.

Baca Juga:

Meski demikian, tidak ada aturan atau kesepakatan internasional yang bisa dijadikan acuan soal batas wilayah Balkan yang sebenarnya ada dimana.

Hanya saja, negara Balkan ditandai dengan wilayah dari negara-negara anggotanya seperti Albania, Bosnia and Herzegovina sampai Bulgaria.

Termasuk juga Kroasia, Kosovo, Montenegro, Mekadonia Utara, Rumania, Serbia sampai Slovenia.

Ada juga yang mengartikan kalau penyebutan negara-negara Balkan berdasarkan keeratan budaya, politik dan etnis.

Puncaknya, saat istilah Balkan kerap di konotasikan sebagai wilayah dengan perpecahan etnis dan pergolakan politik yang tinggi.

Letaknya dimana? Balkan ada di barat laut Italia, dibagian utara Hongaria dan di Timur Laut Moldova. Dibagian selatan ada Laut Aegea yang bersebelahan dengan Yunani dan Turki.

2. Apa itu Baltik?

Perbedaan Negara Balkan, Baltik, Nordik dan Skandinavia

Baltik merujuk pada tiga negara bersebalahan di laut Baltik yang merupakan negara pecahan Uni Soviet.

Tiga anggota negara Baltik merupakan anggota Uni Eropa dan juga Pakta Pertahanan Altantik Utara yang kerap disebut NATO.

Lokasi negara ini ada di bagian timur laut Eropa yang terdiri dari beberapa negera seperti Estonia, Latvia dan Lituania.

Iklim wilayah Baltik cukup dingin dan lembab dengan curah hujan yang lebih tinggi di dataran tinggi dibanding dataran rendah.

Sepertiga wilayah Baltik berhutan sementara bahasa yang digunakan warga disana merupakan keluarga Linguistik dari Indo-Eropa yang disebut Balt.

Hanya saja, orang Estonia dan etnis Livonia berbicara bahasa Finnic, dari Finno-Ugric yang merupakan cabang bahasa Finlandia Baltik.

3. Apa itu negara Nordik?

Perbedaan Negara Balkan, Baltik, Nordik dan Skandinavia

Negara Nordik atau wilayah Nordik, yang kadang juga disebut Norden, adalah istilah geografis untuk lima negara berdaulat seperti Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia dan Swedia.

Ditambah dengan tiga wilayah otonom yang merupakan bagian dari negara anggotanya seperti Kepulauan Faroe dan Greenland milik Denmark serta Land milik Finlandia.

Disebut negara Nordik karena membentuk wilayah yang khas berdasarkan ikatan sejarah yang kuat dan tradisi politik supranasional.

Istilah Nordik berasal dari kata Norden yang secara harafiah berarti Utara dalam bahasa Denmark, Norwergia dan Swedia.

Kata Norden awalnya hanya digunakan untuk menjelaskan tiga wilayah atau negara berdaulat sampai tahun 1950-an.

4. Apa itu Negara Skandinavia?

Perbedaan Negara Balkan, Baltik, Nordik dan Skandinavia

Secara geografis, Skandinavia merujuk pada negara-negara berdaulat yang terletak di semenanjung tersebut seperti Norwergia, Swedia dan Denmark.

Dengan demikian, negara Skandinavia hanya terdiri dari tiga terdiri negara berdaulat saja yang terkait secara kultural dan hostoris.

Dimasa lampau, wilayah yang lokasi geografisnya ada di bagian utara itu telah menjadi bagian dari kerajaan untuk tiga negara Skandinavia.

Dimana, Finlandia pernah menjadi bagian dari kerajaan Swedia dan Islandia pernah menjadi milik Denmark.

Secara etimologis, kata Skandinavia berasal dari bahasa Latin, Scandinavia atau bisa juga disebut Skandinovia.

Istilah itu diambil dari berasal dari bahasa Norse Tua, Skaney yang berarti Pulau Scadia atau Swedia dan bisa juga diartikan Ujung Selatan Swedia.

Perbedaan Negara-Negara Balkan, Baltik, Nordik dan Skandinavia

Lantas, apa sih perbedaan negara Balkan, Baltik, Nordik dan Skandinavia? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak tabel dibawah ini.

PerbedaanBalkanBaltikNordikSkandinavia
DefinisiBalkan adalah Istilah geografis untuk tiga negara berdaulat di semenanjung BalkanBaltik adalah istilah geografis untuk sepuluh negara berdaulat di dekat laut BaltikNordik adalah Istilah geografis untuk negara-negara berdaulat yang lokasinya berada di Eropa Timur dan Atlantik UtaraSkandinavia adalah istilah geografis untuk tiga negara berdaulat yang terletak di semenanjung utara Eropa
Contoh negaraLatvia, Lituania dan EstoniaAlbania, Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Kosovo, Makedonia, Montenegro, Rumania, Serbia dan SloveniaDenmark, Finlandia, Islandia, Norwegia dan Swedia termasuk teritori disekitarnya seperti Kepulauan Faroe, Greenland, Svalbard sampai ÅlandNorwegia, Swedia dan Denmark
Asal kataBalticus, dari bahasa Lituania baltas yang berarti putih Kemungkinan berasal dari bahasa Turki, balkan yang berarti gunungDari kata Nordique yang diambil dari sistem klasifikasi ras oleh antropolog Rusia dan Prancis, Joseph Deniker dari asal kata Norden atau Nord yang dalam Bahasa Inggris diartikan sebagai North atau utaraDari bahasa Latin, Skandinovia yang diserap dari bahasa Norse Tua, Skaney yang berarti Pulau Scadia atau Swedia
PenamaanDisebut negara Balkan karena tiga negera tersebut mengelilingi laut Baltik di Eropa UtaraDisebut negara Baltik karena wilayahnya mengelilingi pengunungan BalkanDisebut negara Nordik karena lokasi geografisnya ada di Eropa Timur dan Atlantik UtaraDisebut negara Skandinavia karena wilayah atau lokasinya berada di Semenanjung Skandinavia

Penduduk yang tinggal di sekitar pegunungan Balkan huni oleh penduduk asli Non-Slavia dan entis asli Slavia.

Sementara, untuk Baltik di huni oleh orang Slavia Selatan yang mayoritas populasinya di huni oleh orang-orang Nordik.

Bahasa cabang Baltik dari keluarga Linguistik Indo-Eropa yang dikenal dengan Balt sementara Balkan punya Etnolinguistik yang beragam.

Perhatikan, untuk negara Nordik dibagi dalam empat klasifikasi wilayah. Pertama, Norden untuk tiga negara berdaulat seperti Denmark, Norwegia dan Swedia.

Diikuti Pohjoismaat untuk negara Finlandia, kemudian Norðurlöndin untuk Islandia dan terakhir Norðurlond untuk wilayah disekitar Kepulauan Faroe.

FYI, negara Skandinavia kadang juga disebut negara Nordik atau merupakan istilah yang digunakan secara bergantian.

Meski bagi penduduk disana istilah ini dianggap berbeda alias tidak tepat. Mengapa demikian?

Karena Skandinvaia adalah konsep atau penyebutan yang fleksibel dengan kaitan yang erat sama sejarah.

Artinya, kata Skandinavia hanya merujuk pada tiga negara saja yakni Denmark, Norwegia dan Swedia atau hanya Norwegia dan Swedia saja.

Jadi, tidak termasuk Finlandia dan Islandia. Meski penyebutan berbeda, baik Nordik dan Skandinavia masih punya hubungan kultural yang kuat.

Penutup

Mengetahui perbedaan negara-negara tersebut bisa membantu anda memahami alasan mengapa disebut negara Balkan, negara Baltik, negara Nordik dan negara Skandinavia.

Meski perlu dijelaskan lebih detail lagi soal poin-poin yang membedakan Nordik dan Skandinavia atau Balkan dan Baltik. Soal ini akan saya tambahkan di update berikutnya.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini jangan lupa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang perbedaan Balkan, Baltik, Nordik dan Skandinavia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar