32+ Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap

Ada beberapa peralatan instalasi listrik yang wajib disiapkan sebelum proses instalasi dilakukan termasuk didalamnya peralatan penjunang dan safety.

Meski daftar perlengkapan yang disiapkan bergantung penuh sama tempat instalasi dilakukan apakah itu hunian pribadi seperti rumah atau mungkin gedung perkantoran.

Misalnya, pembagi daya yang umumnya hanya dipakai untuk gedung dengan instalasi listrik kompleks dan terdiri dari banyak ruangan.

Tentu saja tidak cocok dipakai untuk rumah pribadi. Bisa sih dipakai tapi khusus untuk perumahan elit dengan ruangan yang banyak.

Ada juga peralatan yang wajib dibawa oleh tukang listrik seperti obeng, kabel, dan lain sebagainya. Termasuk peralatan keamanan pribadi seperti kaos tangan, sepatu, tangga dan seterusnya.

Lantas, apa saja nama-nama peralatan instalasi listrik dan fungsinya? Atau mungkin peralatan instalasi listrik rumah tangga, rumah hunian sampai kantor, simak selengkapnya artikel dibawah ini.

32+ Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap

Ada dua kategori alat instalasi listrik yang akan diulas. Pertama, nama peralatan instalasi listrik dan fungsinya serta alat penunjang instalasi. Berikut artikelnya untuk anda:

A. Nama peralatan instalasi listrik dan fungsinya

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan nama-nama atau contoh-contoh peralatan instalasi listrik wajib dan fungsinya, diantaranya:

1. Stop Kontak

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© Tokopedia.com

Stop kontak, yang kadang juga disebut sakelar atau pemutus daya adalah alat yang digunakan sebagai penghubung dan pemutus aliran listrik.

Misalnya, jika digunakan pada lampu, saklar tersebut bisa digunakan untuk menghidupkan atau mematikan lampu.

Lantas, apakah Stop kontak dan saklar itu sama? Secara umum ya. Sakelar adalah alat komponen instalasi yang berfungsi untuk menyambungkan dan memutuskan aliran listrik seperti lampu dan lain sebagainya.

Alat sederhana ini juga terdapat pada berbagai perangkat elektronik seperti kabel terminal atau charger HP yang menjadikan listrik sebagai daya utamanya.

2. Steker Listrik

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© rumah123.com

Pada dasarnya, cara kerja steker listrik sama dengan saklar, tapi bentuknya berbeda. Dan umumnya, orang-orang menyebut alat instalasi listrik ini sebagai colokan listrik.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan steker listrik? Steker listrik adalah pencocok yang dipasang pada ujung kabel listrik yang digunakan dengan cara disatukan pada lubang aliran.

Biasanya digunakan untuk menyalakan lampu, dalam konteks yang lebih teknis untuk memberikan daya listrik pada lampu, termasuk peralatan lain seperti radio, televisi, charger HP dan seterusnya.

3. Kabel

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© Pixabay.com

Kabel adalah komponen penghantar arus listrik yang biasanya terbungkus karet, plastik atau komponen lainnya sesuai kegunaan dan kebutuhan.

Dalam praktiknya, kabel ini terbagi dalam beberapa jenis, sebagaimana yang dikenal secara awam seperti:

  • Kabel data yang merupakan kabel untuk mengirimkan data dari gadget atau alat penghubung atau konduktor yang berfungsi untuk mengalikan data sinyal dan arus listrik ke ponsel
  • Kabel daya adalah kabel listrik yang dipakai untuk menghubungkan alat elektronik dengan listrik
  • Kabel fisik adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan, dengan menggunakan prinsip dari arus listrik
  • Kabel keras adalh kabel koaksial dengan bahan material utama atau terbuat dari logam yang keras
  • Kabel kertas, yang merupakan kebalikan dari kabel kertas diatas, dimana merujuk pada kabel yang dibungkus dengan kertas yang juga digunakan sebagai penyekat
  • Kabel koaksial adalah kabel listrik yang memiliki dua atau beberapa jalur konduksi
  • Kabel pintar, yang merujuk pada kabel komputer, yang pada dasarnya adalah kabel yang menghubungkan sirkuit untuk melakukan fungsi lain selain penyampaian sinyal dari satu ujung kabel ke ujung kabel yang lain
  • Kabel primer yang merupakan kabel bernadi banyak, yang membawa arus dari jala ke pesawat las
  • Kabel serat optik adalah kabel yang digunakan dalam jaringan untuk mentransmisikan sinyal secara optik
  • Kabel tanam adala kabel untuk sambungan telepon yang dipasang dengan menanamnya dibawa permukaan tanah
  • Kabel udara adalah kabel yang dipasang di atas tiang

Sementara, jika merujuk pada nama-nama peralatan instalasi listrik paling umum, maka daftarnya bisa dilihat dibawah ini, seperti:

a. Kabel Listrik Berinti Tunggal

Seperti juga namanya dimana kabel listrik berinti tunggal berarti kabel yang intinya cuma satu dan biasanya digunakan sebagai kabel instalasi permanen.

Misalnya, saat membangun hunian, biasanya kabel inilah yang akan ditempatkan di dalam tembok agar instalasinya terlihat rapi dan tidak mudah rusak.

Lantas, fungsinya apa? Fungsinya adalah untuk menghubungkan antara komponen listrik lainnya mulai dari saklar, fitting lampu, stop kontak, kabel roll, meteran, pengaman listrik dan lain sebagainya.

Oh iya, dalam beberapa kasus, istilah kabel listrik inti tunggal ini sering disebut dengan NYA atau NYM, berikut penjelasannya:

  • Kabel NYM adalah nama untuk kabel dengan isolasi dua lapis. Artinya, dari segi tingkat keamanan, kabel ini lebih unggul dibanding NYA begitu pula dari segi harga
  • Kabel NYM adalah nama untuk kabel dengan isolasi lebih dari dua tapi tak lebih dari empat. Harganya cenderung lebih murah dibanding NYM

Selain dua istilah diatas, kadang juga dikenal istilah lain seperti kabel NYY, Kabel NGA dan seterusnya. Apapun penyebutannya, semua tetap merujuk pada kabel yang intinya berupa tembaga

b.  Kabel Listrik Berinti Serabut

Dari namanya sudah bisa diketahui kalau kabel inti serabut adalah kabel fleksibel dengan ketahanan yang lebih rendah dibanding kabel inti tunggal diatas.

Kabel jenis ini umum digunakan sebagai instalasi semi-permanen. Contoh paling umum dari penggunaan kabel ini bisa dilihat dari kabel terminal.

Selain dua jenis kabel diatas, ada juga kabel khusus lain yang mungkin diperlukan tapi bergantung dimana instalasi listrik itu dilakukan.

Misalnya, jika instalasi dilakukan di gedung perkantoran, mungkin membutuhkan kabel LAN atau Local Area Network. Termasuk juga kabel antena yang bisa disambung ke TV.

4. MCB

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© telkomuniversity.ac.id

MCB atau Miniature Circuit Breaker adalah alat yang digunakan sebagai alat pemutus daya listrik dari arus listrik dengan tegangan kerja singkat.

Dalam beberapa kasus, komponen ini disebut pemutus sirkuit atau pengaman thermal. Mengapa demikian? Karena selain untuk memutuskan aliran listrik juga untuk memberikan proteksi pada instalasi.

Baca Juga:

Misalnya, apabila beban listrik terjadi berlebihan, maka alat ini akan memutus daya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Dari sini bisa diketahui kalau MCB punya fungsi yang kompleks seperti pemutus daya, isolasi daya overload sekaligus pendeteksi besaran arus yang berlebihan.

5. Fitting

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© padiumkm.id

Fitting, yang kadang juga disebut pitting, adalah tampuk lampu listrik yang dipakai sebagai tempat duduk lampu dengan diameter yang variatif.

Sebagai alat instalasi listrik, fitting biasanya dipakai atau ditempatkan pada langit-langit rumah, secara strategis agar lampu bisa menyinari ruangan secara merata.

Lantas, apa fungsinya? Fungsinya adalah untuk menghubungkan arus listrik ke dalam filamen yang ketika memanas akan membuat bohlam lampu menyala.

6. Meteran Listrik

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© Shutterstock

Jika merujuk pada peralatan instalasi, maka meteran adalah alat yang dipakai atau digunakan untuk mengukur berapa banyak aliran listrik.

Dengan demikian, alat ini bisa mengetahui berapa banyak beban listrik yang dipakai dengan satuan perhitungan kilo Kilowatt-hour atau KwH.

Alat ini wajib dimiliki oleh setiap konsumen baik itu personal atau perumahan domestik, termasuk juga tempat usaha, bangunan pemerintah dan lain sebagainya.

Dulunya, meteran ini juga akan digunakan sebagai dasar tagihan listrik. Hanya saja, setelah meteran listrik muncul, maka saat pulsanya habis, pengguna bisa isi pulsa sendiri.

7. Terminal listrik

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© my-best.id

Terminal listrik pada dasarnya merupakan kabel, biasanya lebih panjang dengan ukuran standar setengah meter, dan terdiri dari beberapa mata stop kontak.

Secara awam, ia dipahami sebagai lubang atau titik tempat sambungan listrik, yang jumlahnya lebih dari satu. Artinya, didalam terminal ini ada pecabangan arus listrik.

8. Pengaman Listrik

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© shopee.co.id

Seperti juga namanya dimana pengaman listrik adalah komponen instalasi yang fungsi utamanya adalah untuk mengurangi resiko konsleting listrik pada suatu bangunan.

Bentuk pengamanan ini terdiri dari beberapa MCB, yang setiap MCB berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan arus listrik pada satu bagian bangunan.

Selain itu, pengaman listrik juga bisa digunakan untuk melelehkan kawat halus apabila arus listrik yang ada mengalir secara berlebihan, yang dalam banyak kasus, memicu arus pendek.

9. Extension Stop Kontak

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© avana.asia

Extension stop kontak yang kadang juga disebut Terminal Listrik atau multi plug pada dasarnya mirip dengan terminal listrik diatas.

Hanya saja, istilah terminal listrik sering digunakan pada bentuk terminal yang bulat sementara ekstension pada bentuknya yang memanjang.

Tapi istilah ekstensi lebih merujuk pada kabel terminal dengan tombol on off untuk mengaktifkan atau memutuskan aliran listrik ke terminal.

Tombol yang sama juga terdapat pada kabel roll. Meski dari segi bentuknya cukup variatif karena ada terminal yang tidak memiliki ekstensi.

10. Soket Listrik

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© Shutterstock

Pada dasarnya, soket listrik fungsinya sama seperti stop kontak yang sudah dijelaskan di bagian atas. Meski demikian, ia memiliki fungsi yang jauh lebih teknis.

Dimana, soket listrik dipakai untuk menghubungkan aliran listrik ke perangkat elektronik khusus untuk mendapatkan aliran daya yang sesuai.

Biasanya, soket listrik hanya dipakai untuk beberapa peralatan yang membutuhkan aliran listrik kecil seperti telepon, Wifi, TV dan lain sebagainya.

11. Arde dan Grounding

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© zainprima.id

Peralatan listrik berikutnya adalah Arde dan grounding, yang merujuk pada komponen listrik dengan fungsi yang berbeda-beda, tapi pada dasarnya kegunaannya sama, berikut penjelasanya:

a. Arde

Arde adalah komponen instalasi listrik yang diletakan di dekat meteran listrik dan biasanya hanya akan aktif apabila tegangan listriknya tinggi.

Kondisi tersebut diperkirakan akan memicu kebocoran dan dalam situasi ini, maka arus akan dialihkan ke tanah sehingga arus tetap netral dan tidak memicu korsleting.

b. Grounding

Grounding adalah merujuk pada landasan bagi komponen listrik yang diletakan di tanah yang akan berguna apabila listrik tegangannya terlalu tinggi.

Lantas, apa bedanya dengan arde diatas? Ada pada penyebutannya. Kalau arde merujuk pada semua komponen sementara grounding merujuk pada landasannya.

Dengan demikian, fungsinya tetap sama yakni untuk mengalihkan arus listrik yang berlebihan ke tanah dan tidak tersambung dengan kabel lainnya dalam instalasi.

12. Ballast Lampu

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© shopee.co.id

Ballast lampu adalah peralatan instalasi listrik berikutnya dengan fungsi utama adalah untuk menyeimbangkan arus listrik ke lampu.

Dengannya, lampu akan terlihat lebih stabil dan pada akhirnya, akan membuat lampu tersebut tidak cepat rusak atau hangus.

13. Fuse

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© Alibaba.com

Fuse, yang kadang juga disebut sebagai pengaman lebur adalah komponen yang terdiri dari kawat dan tombol dengan fungsi utamanya untuk pengamanan.

Dalam beberapa kasus, orang-orang sering menyebut kalau dua alat ini pada dasarnya sama. Padahal, jika diperhatikan lebih jauh, keduanya punya sedikit perbedaan terlebih dari segi fungsinya, dimana:

  • Kawat lebur hanya digunakan untuk memutus aliran listrik dengan cara meleburkan kawat tersebut pada tabung
  • Tombol hanya dipakai saat arus pendek terjadi, untuk menormalkan arus listriknya

14. Pelindung Kabel

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© distributorpipasurabaya.id

Pelindung kabel adalah komponen atau alat yang memungkinkan anda melindungi kabel dari kerusakan agar lebih tahan lama.

Alat jenis ini terbuat dari pipa, yang diameternya lebih besar dari kabel dan terbuat dari beberapa bahan seperti pvc, union dan fleksibel.

Dalam beberapa kasus, selain bisa melindungi kabel dari kerusakan atau gigitan hewan seperti tikus, juga bisa membuat tampilan instalasi listrik di rumah jadi lebih rapi. 

Selain dapat melindungi kabel, ketiga pipa tersebut juga dapat membuat instalasi listrik di rumah menjadi lebih rapi.

15. Alat Penghemat Listrik

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© okezone.com

Jika ingin agar pemakain listrik di rumah jadi lebih hemat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, dengan mematikan lampu saat siang hari atau mencabut komponen listrik yang tidak lagi dipakai.

Disisi lain, anda juga bisa menghemat listrik menggunakan komponen seperti kapasitor yang memiliki steker, disertai dengan lampu indikator dan pengukur tegangan.

Biasanya, alat penghemat listrik ini bisa menahan beban dari peralatan elektronik di rumah. Hanya saja, karena arus yang diminta berkurang, tentu saja ada dampak yang dirasakan.

Salah satunya berkaitan dengan daya tahan peralatan elektronik itu sendiri karena bekerja secara tidak normal akibat daya listriknya yang dikurangi.

16. Kabel Rol

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© Pinterest

Kabel roll pada dasarnya adalah bagian atau jenis dari colokan listrik berbentuk terminal dan biasanya lebih panjang dari kabel lainnya.

Lantas, apakah kabel roll ini sama seperti kabel rol dan kabel gulung? Secara umum ya. Kabel ini juga kadang dilengkapi dengan ekstensi on-off untuk memutus atau menghidupkan aliran dan daya listrik.

Jenisnya sendiri ada banyak. Dimana, ada yang dirancang khusus agar anti air semntara yang lainnya dilengkapi dengan steker sehingga bisa bongkar pasang sesuai keinginan.

17. PHB

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© Pinterest

PHB atau Pembagi daya adalah panel listrik yang secara khusus digunakan untuk membagi dan mengontrol arus kelistrikan dalam ruangan.

Karena fungsinya yang demikian, maka alat ini cukup jarang ditemukan di hunian pribadi. Kecuali di gedung perkantoran atau fasilitas lainnya.

Selain untuk membagi daya, komponen ini juga bisa digunakan untuk mencegah terjadinya arus pendek dan kebakaran dalam ruangan.

Oh iya, dalam beberapa kasus, istilah PHB atau pembag daya juga sering disebut dengan istilah lain seperti panel bagi-daya, papan pemisah, sirkuit pemisah daya, alat pemisah dan seterusnya.

Apapun penyebutannya, semua merujuk pada komponen yang sama dengan bentuk yang menyerupai lemari kecil dengan penutup atau Panel Divide Link.

18. Penangkal petir

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© orami.co.id

Penangkal petir adalah komponen yang dirancang khusus untuk menangkal sambaran petir yang langsung mengarahkan arus listrik yang muncul dari petir ke tanah langsung.

Dalam beberapa kasus, ia disebut sebagai Arde atau Grounding. Lantas, apakah fungsinya sama? Secara umum iya, tapi istilah penangkal petir lebih merujuk pada komponen umum.

Biasanya berbentuk tombak runcing yang dibuat dari logam dengan kabel. Dan agar bisa berfungsi maksimal maka harus terdapat splitzen atau papan penangkal.

Dengan kawat konduktor serta grounding yang memungkinkan arus diarahkan ke dalam tanah apabila terjadi arus listrik berlebihan.

19. Pelindung instalasi

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© rajalistrik.co.id

Pelindung instalasi, yang kadang juga disebut sebagai pelindung kabel adalah komponen yang khusus digunakan untuk melindungi kabel sekaligus untuk membuat instalasi lebih rapi dalam ruangan.

Umumnya, pelindung kabel ini dibuat dari pipa PVC dengan berbagai jenis sambungan dan cukup fleksibel. Saat ini, pelindung instalasi sudah dilengkapi dengan berbagai komponen tambahan.

Mulai dari kotak sambung yang biasanya terdapat di antara sambungan kabel serta inbow dus yang ada di saklar.

Termasuk juga klem sangkang untuk membuat agar pipa PVC tersebut menempel ke dinding atau tembok jika instalasi harus dilakukan di luar.


B. Nama Alat Untuk Membuat Instalasi Listrik

Selain peralatan instalasi listrik diatas, tukang atau petugas juga harus menyiapkan alat penunjang instalasi yang kadang juga disebut alat untuk membuat instalasi listrik, diantaranya:

1. Tang

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© ceklist.id

Tang, yang kadang juga disebut pillers, adalah alat yang digunakan untuk menjepit, termasuk juga mencabut atau memotong paku dan lain sebagainya.

Dalam dunia kelistrikan, tang dipahami sebagai tuas yang berfungsi untuk mengeluarkan karet pembungkus kabel atau untuk tujuan lain, memperkuat sambungan antar kabel misalnya.

Karena kabel biasanya memiliki arus, maka tidak boleh sembarang pakai tang. Karena itu, jika anda sedang melakukan instalasi, sebaiknya pakai tang logam dengan pegangan yang dilapisi karet.

Mengapa demikian? Karena karet tidak menghantarkan arus listrik seperti dalam kasus besi atau logam. Dan untuk saat ini, ada beberapa jenis tang yang bisa digunakan, diantaranya:

a. Tang kombinasi

Tang kombinasi adalah tang dengan fungsi fleksibel dimana bisa dipakai untuk memotong kabel, mencekram, memuntir kawat dan lain sebagainya.

b. Tang potong

Tang potong adalah tang yang secara khusus digunakan untuk memotong kawat penghantar arus listrik atau kabel.

c. Tang lancip

Tang lancip, yang kadang juga disebut sebagai tang pembulat adalah tang dengan fungsi utama adalah untuk membuat mata itik pada ujung kabel termasuk juga untuk mengambil benda kecil yang diperlukan.

d. Tang skun

Terakhir ada tang skun yang secara khusus digunakan untuk memasang skun ke kabel dengan cara menjepitnya sehingga kuat dan tidak mudah lepas.

2. Obeng

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© wikimedia.org

Selanjutnya adalah obeng, yang secara umum dikenal sebagai alat untuk memutar sekrup dan biasanya terbuat dari logam. Obeng sendiri ada banyak jenisnya, seperti:

  • Obeng genjot adalah obeng dengan bagian ujung yang dapat diganti sesuai dengan fungsinya untuk mengencangkan atau mengendorkan dengan hanya mendorong gagangnya
  • Obeng genjot kawat adalah obeng yang digerakkan oleh baterai dengan ujung yang dapat diganti, dipakai untuk mengencangkan dan melepas sekrup serta baut
  • Obeng kembang, yang kadang juga disebut obeng bunga, adalah obeng yang ujungnya berbentuk silang
  • Obeng ketok adalah obeng berulir yang pengoperasiannya dengan cara dipukul terlebih dahulu
  • Obeng pipih, yang kadang juga disebut obeng plat, adalah obeng yang ujungnya berbentuk pipih

Hanya saja, jika dipakai dalam instalasi listrik, dua jenis obeng dibawah ini wajib disiapkan, yakni:

a. Obeng + (plus)

Obeng + (plus) adalah obeng yang secara khusus digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan sekrup atau baut pada komponen listrik misalnya pada fitting atau kabel terminal. Ciri utama dari obeng plus ini ada pada tulisan diatasnya yang berbentuk tanda plus

b. Obeng – (minus)

Obeng – (minus) adalah obeng yang secara khusus dipakai untuk mengendur atau mengencangkan sekrup atau baut yang bagian atasnya pipih

3. Tespen listrik

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© thecityfoundry.com

Tespen atau test pen adalah alat yang secara khusus digunakan oleh petugas untuk mendeteksi apakah ada arus listrik pada alat atau aliran voltase rendah.

Selain untuk mengetahui adanya tegangan listrik, tespen juga bisa juga berfungsi untuk membuka baut dan sekrup yang terdapat pada instalasi.

Bentuk tespen cukup variatif begitu juga dengan fungsinya begitu juga dengan ukurannya. Tapi karakteristik umumnya sama seperti pena dengan pengait.

Sehingga, petugas kelistrikan bisa memasukkan alat ini ke dalam kantong. Tapi hanya dipakai untuk mengukur arus listrik yang kecil saja.

4. Avometer

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© Pinterest

Avometer adalah alat yang secara khusus untuk digunakan mengetahui apakah setiap komponen listrik terhubung atau ada tegangannya sekaligus untuk mengetahui nilai tegangannya berapa.

Alat satu ini umum dipakai dalam kelistrikan, otomotif dan elektronika tapi metode pengukurannya yang berbeda-beda.

Misalnya, ada yang khusus dirancang untuk mengukur rentang volt yang kemudian disebut voltmeter sementara yang lainnya dalam mode pengukuran ohmmeter hingga amperemeter.

5. Solasi

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© Lazada

Solasi, yang kadang juga disebut sebagai lakban atau selotip adalah perekat yang digunakan sebagai pembungkus semi-permanen pada sambungan kabel.

Dalam beberapa kasus, ia dipakai sebagai pembungkus primer dengan tujuan utama untuk mencegah agar sambungan kabel tidak putus atau bersentuhan dengan kabel lain.

Untuk tujuan ini, petugas listrik biasanya memakai solasi khusus yang cukup kuat dan biasanya terbuat dari karet sintetis dengan jalinan kain.

Selain itu, isolasi tersebut harus tahan air dan tahan debu. Di Indonesia, solasi jenis ini sering disebut sebagai lakban hitam besar, lakban nitto listrik hingga lakban kabel listrik adhesive.

6. Pengupas Kabel

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© iptek.web.id

Pengupas kabel, kadang juga disebut sebagai tang, wire stripper plier atau cutter plier adalah alat yang secara khusus digunakan untuk mengeluarkan isolasi kabel atau karet pembungkus kabel.

Bentuknya terlihat seperti tang tapi dari fungsinya cukup spesifik. Jenisnya sendiri ada banyak mulai dari Crimping Tool, Tang kupas berlubang hingga Tang kupas kabel otomatis.

Selain untuk mengupas kabel, alat satu ini juga cukup umum untuk dipakai untuk mengeluarkan pembungkus kabel audio, kabel data, UTP dan seterusnya.

7. Multimeter

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© Pinterest

Multimeter, yang kadang juga disebut multitester adalah alat ukur listrik yang mempunyai beberapa jangkauan dan dapat disetel untuk mengukur tegangan, arus bolak-balik dan hambatan listrik.

Dari fungsinya tersebut, apakah multimeter ini sama dengan AVO-meter? Pada dasarnya ya. Meski metode pengukurannya jauh lebih kompleks.

Hal ini karena AVO merupakan akronim dari ampere, volt dan ohm. Dan multimeter juga merujuk pada komponen yang mengukur arus listrik dengan metode yang sama.

Cara kerjanya sendiri yang cukup berbeda karena ada multimeter yang mengukur tegangan secara analog sementara yang lainnya digital.

8. Tang Ampere

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© jakartanotebook.com

Tang ampere adalah alat ukur listrik portabel yang secara khusus dipakai untuk melihat arus listrik dengan cepat dengan bentuk menyerupai huruf X.

Hanya saja, arus yang diukur hanyalah satuan Ampere saja. Dengan demikian, anda bisa mengukur besaran arus AC atau arus bolak-balik dengan tang ini.

Besaran arusnya pun cukup variatif bisa 1 fasa yang berada dalam rentang 220 sampai 230 volt hingga 3 fasa dengan besaran antara 380 hingga 400 volt.

Tang ini juga bisa dipakai untuk mengukur arus listrik tapi khusus untuk arus AC saja termasuk untuk mengukur hambatannya atau nilai Ohm.

9. Earth Tester

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© Alibaba.com

Earth tester, yang kadang juga disebut ground tester adalah alat yang secara khusus digunakan untuk mengukur hambatan tanah yang dijadikan sebagai tempat untuk mengamankan arus ke tanah.

Hambatan tanah ini dimengerti sebagai nilai resistansi dari tanah itu sendiri sebelum ditempatkan alat penangkal petir atau pengubah arus.

Lantas, apakah alat ini penting digunakan saat melakukan instalasi listrik? Tentu saja. Terlebih jika ingin melakukan grounding atau pentanahan.

10. Tas Pinggang

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© Tokopedia

Tas pinggang adalah alat yang memungkinkan petugas untuk menyimpan berbagai perlengkapan atau kebutuhan selama melaksanakan instalasi listrik.

Bentuk dan ukurannya cukup variatif begitu juga dengan kantongnya. Namun biasanya hanya dipakai untuk menyimpan berbagai perlengkapan instalasi yang ringan.

Mulai dari tang, obeng, martil atau palu, tespen dan seterusnya. Tentu saja, makin besar ukuran tas makin banyak barang yang bisa dibawa.

11. Kaos Tangan

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© Tokopedia

Kaos tangan adalah peralatan keselamatan standar yang berfungsi untuk mencegah sekaligus mengamankan tangan dari tegangan listrik saat proses instalasi dilakukan.

Bentuk, bahan dan warna kaos tangan kelistrikan ini cukup variatif. Tapi umumnya petugas memakai yang warna kuning, karena satu dan lain alasan.

Bagaimana dengan bahan? Setiap kaos tangan dibuat dari bahan yang berbeda. Tapi biasanya dari nilon wooly serat panjang yang didalamnya mengandung karbon.

Fungsi karbon dalam kaos tangan tersebut adalah untuk mencegah triboelectric charging dan contact charging saat instalasi dilakukan.

Juga untuk mencegah agar debu tidak menempel pada kaos tangan sekaligus elastis, tidak mudah lembab serta tahan lama.

12. Sepatu Safety

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© monotaro-indonesia.com

Sepatu keselamatan adalah sepatu yang secara khusus digunakan melindungi kaki petugas instalasi listrik dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satunya dari benda yang jatuh dari tas pinggang yang berisikan benda-benda yang cukup berat atau dari peralatan kelistrikan lainnya.

Biasanya, sepatu jenis ini digunakan oleh petugas sebagai bagian dari APD atau alat pelindung diri. Artinya, sepatu safety wajib dikenakan sebagai bentuk dari pengaplikasian K3 atau kesehatan dan keamanan kerja.

13. Tangga kerja

Nama Peralatan Instalasi Listrik Wajib dan Fungsinya Lengkap
© Alibaba.com

Tangga adalah tempat yang digunakan sebagai tumpuan saat naik atau turun dari tempat instalasi listrik dilakukan. Dan ini wajib disiapkan oleh tukang listrik.

Karena bisa memudahkan tukang untuk menjangkau lokasi instalasi di tempat-tempat tertentu. Agar lebih fleksibel, bisa siapkan tanggal teleskopik fixteps yang banyak tersedia saat ini.

Jenisnya sendiri ada banyak, yang bergantung sama tinggi maksimal, jumlah pijakan dan kapasitas bebannya.

Oh iya, untuk jenis teleskopik ini ada dua tipe yang bisa dipilih yang single pole ladders dan extensional ladders.

Penutup

Menyiapkan berbagai peralatan instalasi listrik diatas bisa membuat kinerja lebih cepat, efisien dan tentu saja aman bagi penghuni.

Namun tetap bergantung sama lokasi instalasi dilakukan. Sebab tentu saja, bahan atau perlengkapan yang diperlukan berbeda dari satu lokasi instalasi dengan lokasi lain.

Demikian artikel tentang nama-nama peralatan instalasi listrik dan fungsinya lengkap. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar