10 Metode Monetisasi Blog Tanpa Menggunakan Iklan

5 Likes Comment
jasa yang dapat anda buka

Ada beberapa metode monetisasi blog yang bisa dilakukan oleh blogger tanpa harus menggunakan iklan. Caranya? Dengan membuka jasa konsultasi di blog.

Sebagai blogger, jika terlalu mengharapkan penghasilan hanya dari iklan saja, seperti Google AdSense, mungkin adalah hal yang sangat sulit. Apalagi jika blog anda tak kunjung diterima oleh AdSense.

Menempatkan iklan juga bisa membuat loading blog menjadi lambat dan terkadang penempatannya bisa mengganggu pengguna.

Beberapa orang kemudian berupaya untuk mengubah model monetisasi blognya misalksn dengan menempatkan iklan pihak ketiga atau link afiliasi.

Yang sebenarnya adalah sama dengan iklan. Karena link afiliasi atau iklan ketiga juga membutuhkan ruang agar bisa tampil.

Coba perhatikan blog-blog yang terkenal seperti Sugeng dan Panduanim atau juga media online seperti Tirtoid yang tidak menempatkan iklan didalam blog mereka.

Mungkin beberapa dari anda langsung bertanya, darimana penghasilan mereka jika mereka tak menggunakan iklan?

Jawabannya dengan menggunakan metode monetisasi yang berbeda. Untuk mas sugeng, adalah dengan jualan template. Untuk Panduamin, saya gak tahu persis.

Sementara, tirtoid menggunakan infografis berbayar dan terkadang juga menempatkan iklan dilaman situs mereka.

Baca Juga : 16 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Sebenarnya tidak masalah jika anda ingin menempatkan iklan didalam blog anda karena blog itu adalah milik pribadi.

Hanya saja, menggantungkan pendapatan dari iklan untuk jangka waktu yang lama adalah sesuatu yang mustahil.

Sebagai contoh, jika anda menempatkan iklan Adsense, mungkin penghasilan anda akan bertambah dari bulan ke bulan.

Namun anda tidak tahu berapa lama blog anda bisa menggunakan iklan AdSense. Mungkin setahun, satu setengah tahun atau mungkin hanya tiga tahun saja.

Setelah itu? Anda gak tahu lagi darimana akan memperoleh penghasilan. Karena menjadi mitra AdSense berarti anda masuk dalam list rawan banned.

Sebab anda hanyalah mitra atau rekan. Itu belum lagi dengan banding yang selalu ditolak dan proses review yang terkadang sangat lama.

Baca Juga : Cara Buat Agar Postingan Tampil Sebagai Featured Snipped atau Cuplikan Unggulan di Google

Lalu, apa saja metode alternatif yang dapat dilakukan oleh blogger untuk memperoleh penghasilan tanpa menggunakan iklan? Baca terus artikel ini.

10 Metode Monetisasi Blog Tanpa Menggunakan Iklan

Sebenarnya, di artikel kali ini saya lebih cenderung membahas tentang cara monetisasi blog tanpa harus menggunakan iklan.

Dengan kata lain, cara ini tergantung pemilik blog. Karena biasanya, ada tipe blogger yang ogah memonetisasi blognya dengan cara yang lain.

Nah tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 10 metode monetisasi blog tanpa menggunakan iklan. Apa saja metodenya? berikut artikelnya untuk anda.

1. Membuka jasa edit template blog

Kalau anda punya kemampuan coding yang mumpuni anda bisa membuka Jasa pengeditan Template blog.

Biasanya, para blogger pemula banyak yang mencari jasa pengeditan template ini karena mereka sering tidak puas dengan tampilan blog mereka saat ini.

Jasa pengeditan template ini terbagi menjadi beberapa macam, seperti pengubahan warna gradasi, style, loading blog, penempatan widget, mempercantik tampilan dan lain sebagainya.

Jika anda tidak punya waktu untuk membuat template atau kemampuan anda masih terbatas pada pengeditan template maka anda bisa membuka jasa yang satu ini.

2. Jasa pembuatan template

Di internet banyak sekali tools yang dapat anda gunakan untuk membuat template seperti Codepen.io dan lain sebagainya.

Disisi lain, anda bisa belajar membuat template blog daripada membelinya. Apabila anda sudah punya kemampuan membuat template sendiri, maka anda bisa membuka jasa yang satu ini.

Untuk tahap awal, anda bisa buat portofolio untuk template-template yang pernah anda buat. Template buatan anda itu juga bisa dijual kepada orang lain.

Selain jasa pembuatan template, anda juga bisa membuka jasa konsultasi atau pengeditan template seperti yang saya sebutkan diatas.

Dengan kata lain, anda bisa memperoleh penghasilan dari sini. Dan mungkin menjadi sumber penghasilan utama anda.

Coba lihat blognya mas Sugeng yang tidak ia monetisasi dengan iklan. Darimana penghasilannya? Dari jualan template.

Rata-rata template mas sugeng cukup populer seperti viomagz. Dan harganya pun cukup murah dibanding template lain.

Sebagai contoh, jika template viomagz dibandrol dengan harga 198k dan ada sekitar 100 orang yang membelinya. Tahu gak berapa pendapatan mas Sugeng? 19 juta lebih.

3. Jasa penulisan artikel

Sebagai blogger, anda harus bisa mengupgade kemampuan menulis anda lebih dalam lagi, dengan kata lain semakin besar peluang anda untuk mendapatkan penghasilan dari tulisan.

Salah satu peluang tersebut adalah dengan membuka jasa penulisan atau pembuatan artikel blog pada niche yang anda kuasai.

Baca Juga : 5 Cara Membangun Blog Yang Sukses Dan Menguntungkan

Tarifnya tergantung anda. Tapi lihat harga pasaran saat ini. Sebagai contoh, untuk tarif artikel 500 karakter harganya sekitar <50k.

Coba bayangkan jika anda mendapatkan 100 pesanan artikel dengan panjang 500 karakter, maka pendapatan anda berapa? 5 juta. Lumayanlah!

4. Jasa penulisan artikel SEO

Berbeda dengan jasa penulisan artikel seperti yang saya sebutkan diatas. Disini, anda lebih fokus pada pengoptimalan artikel tersebut.

Dengan kata lain, harganya akan lebih mahal dan lebih tinggi dibanding penulisan artikel biasa. Karena artikel tersebut ditargetkan untuk berada di halaman pertama pencarian Google.

Jika anda membuka jasa ini, pastikan dulu apakah anda punya kemampuan dalam optimasi SEO atau tidak.

Jika punya kemampuan, maka silahkan saja. Atau jika kemampuan tersebut rata-rata air, minimal anda tahu metode-metode penulisan artikel SEO. Mulai dari riset kata kunci, pengoptimalan on page, off page dan lain sebagianya.

Untuk harga? Setahu saya karena artikel SEO itu cenderung panjang, maka harganya lebih tinggi. Misalnya, jika 1500 karakter, maka harganya sekitar 200k.

Jika anda mendapatkan permintaan untuk buat artikel SEO sebanyak 100 dengan harga 200k, maka pendapatan anda bisa 20 juta lebih. Banyak sekali ya!

5. Jasa Rekber [rekening bersama]

Saat ini hampir setengah dari transaksi dilakukan secara online. Dari banyaknya transaksi, pasti ada beberapa diantaranya yang merupakan penipuan.

Nah untuk mengamankan transaksi ini maka anda bisa membuka jasa rekber. Dari jasa ini juga anda bisa memperoleh penghasilan.

Bagaimana cara dapat penghasilan dari rekber? Caranya mudah. Misalnya, saya menjual salah satu akun AdSense saya dengan harga 200k.

Ketika ada yang membeli, maka saya menyarankan agar ditransfer pada rekening pribadi saya. Karena saya baru pertama kali menjual barang secara online, maka si pembeli tentu tidak mau karena takut ditipu.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Saat Ini

Oleh karena itu, ia kemudian menyarankan agar menggunakan jasa rekber. Saat menghubungi jasa rekber, katakanlah mas Try Haryanto, maka ia akan mengenakan biaya sebesar 10% dari total penjualan.

Karena saya tidak mau merugi, maka saya kemudian meminta agar biaya tersebut ditanggung oleh si pembeli. Setelah deal maka terjadilah transaksi.

metode monetisasi blog

Saya mengirimkan akun AdSense tersebut ke mas Try begitu juga dengan mas si pembeli. Dengan kata lain transaksi lebih aman dan terpercaya.

6. Jasa penempatan Backlink

Ini bukannya sama dengan content placement ya? Mirip, tapi gak sama. Jasa penempatan backlink ini lebih ke backlink yang berbayar.

Kadang juga, backlink berbayar ini dikenal dengan istilah content marketing blog. Pemilik blog akan mendapatkan imbalan berupa duit, sementara si pengguna jasa akan mendapatkan imbalan berupa backlink yang mengarah ke produk atau bisnis mereka.

Berapa biaya jasa yang satu ini? Sebenarnya tergantung pada DA dan PA blog. Jika sudah diatas dari 30 maka harganya bisa mencapai 300k atau lebih.

7. Jasa konsultasi blog

Jasa konsultasi blog adalah sebuah jasa komplit dimana anda berusaha membuka jasa untuk konsultasi postingan, SEO, editing template, optimasi konten dan lain sebagainya.

Jika anda membuka jasa ini, sebaiknya anda punya pengalaman tentang SEO selama bertahun-tahun alias sudah mastah.

Disisi lain, harganya tergantung kesepakatan. Misalnya, jika konsultasi ini dilakukan selama 1 bulan, berarti harganya lebih tinggi.

Namun biasanya jasa konsultasi ini hanya mencakup konten, postingan dan template. Karena jasa ini biasanya menjanjikan trafik.

8. Jasa pembuatan blog jadi

Ada juga blogger yang membuka jasa buat blog. Biasanya, jasa pembuatan blog ini termasuk juga jasa-jasa lain seperti pembelian domain, approve AdSense dan lain sebagainya.

Pendapatan yang diperoleh dari jasa yang satu ini cukup besar namun terbatas pada pembuatan blog saja.

Jika jasa buat blog sampai bisa monetisasi menggunakan AdSense maka harganya tentu lebih tinggi dan biasanya menyentuh angka 500k.

9. Kursus blogging

Langkah berikutnya adalah membuka jasa kursus blogging di blog anda. Jasa ini pada dasarnya berusaha untuk membagikan pengetahuan dan ketrampilan blogging yang anda miliki.

Sebagai contoh, blog mastimon yang membuka kursus semacam ini dengan menggunakan istilah Les Privat.

Harganya? Lumayan mahal untuk ukuran blogger biasa. Ia membandrol harga Rp500k per orang. Harga ini, katanya, berlaku seumur hidup.

Anda juga bisa membuka jasa serupa. Namun ada baiknya jangan membandrol harga terlalu tinggi agar ada blogger yang menggunakan jasa tersebut.

10. Jasa konsultasi AdSense

Metode monetisasi blog yang terakhir adalah dengan membuka jasa konsultasi akun AdSense. Pada dasarnya, banyak blogger pemula yang kesulitan mengoptimasi iklan untuk meningkatkan pendapatan.

Dengan kata lain, jasa ini lebih mengarah pada optimasi trafik [seperti SEO] dengan tujuan agar pendapatan blog bertambah.

Disisi lain, untuk bisa membuka jasa ini anda harus membatasi pada bentuknya. Misalnya, sampai blog diterima oleh AdSense atau sampai penghasilan bisa mencapai ambang batas pembayaran lalu dikembalikan kepada pemiliknya.

Penutup

Ada banyak cara yang bisa dilakukan blogger untuk meningkatkan pendapatan atau penghasilan dari blog mereka.

Yang paling umum adalah dengan menempatkan iklan. Sementara, yang tidak umum adalah dengan membuka jasa konsultasi sebagaimana yang saya sebutkan diatas.

Nah demikian artikel tentang 10 metode monetisasi blog tanpa menggunakan iklan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *