Bisakah Memasang Iklan AdSense Di Blog Yang Pernah di Banned?

8 Likes Comment
memasang iklan adsense di blog yang pernah di banned

Berdasarkan pengalaman saya pribadi memasang iklan adsense di blog yang pernah di banned itu bisa. Asalkan, anda mengikuti beberapa tips dibawah ini untuk menghindari banned di kemudian hari.

Saya berani mengatakan pernyatan diatas karena blog yang sedang anda baca ini merupakan blog mantan banned adsense.

Agar lebih jelas, jawaban ini merujuk pada jenis banned akun adsense. Untuk diketahui, ada 2 jenis banned di AdSense.

Yang pertama adalah banned pada akun AdSense dan Banned Blog. Jika akun adsense yang di banned, maka publisher tidak akan bisa lagi membuka akun AdSensenya.

Ada dua kasus paling sering terjadi yang menjadi penyebab utama akun AdSense di Banned yakni klik tidak valid dan klik iklan sendiri.

Dalam kasus saya, yang dapat anda lihat pada gambar dibawah ada pemberitahuan Invalid Activity atau aktivitas tidak valid dengan mengklik iklan sendiri.

Jika akun anda sudah dibanned, maka anda tidak punya akses lagi ke Akun AdSense, alias anda akan mendapatkan pemberitahuan seperti pada gambar dibawah ini:

Sementara itu, anda juga akan mendapatkan email seperti di bawah ini:

Lantas bagaimana dengan saldo jika saya sudah tidak bisa lagi mengakses akun adsense saya? Jawabannya hangus.

Tapi, berdasarkan pengalaman beberapa blogger saldo tetap akan dibayarkan jika sudah mencapai ambang batas pembayaran dan sudah verifikasi PIN.

Sementara, untuk jenis banned adsense yang kedua adalah banned Blog. Ini adalah banned yang cukup jarang terjadi, karena peninjauan adsense yang cukup ketat.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis

Jika blog anda yang dibanned, maka yang terjadi sebaliknya. Anda masih bisa mengakses akun adsense anda namun iklan tidak tampil di blog.

Saya juga pernah melakukan banding dengan Google AdSense. Setelah menunggu sekitar 3 minggu lamanya, ada email yang masuk.

Isinya kurang lebih mengatakan bahwa Banding yang saya lakukan di Tolak. Begini isi emailnya:

Untuk jenis banned kedua, tidak ada peluang bagi blog anda untuk memasang iklan adsense lagi. Kecuali, anda mengganti domain yang dibanned tadi dengan domain yang baru.

Itupun kalau anda mengetahui pelanggaran yang membuat anda terkena suspen adsense untuk blog. Dan jika yang di banned adalah akunnya, ada kemungkinan anda bisa menjadi publisher adsense.

Untuk bisa menjadi publisher adsense lagi di blog yang pernah di banned ada dua langkah yang bisa anda lakukan, antara lain:

1. Melakukan banding AdSense

Banding biasanya dilakukan setelah akun adsense anda di nonaktifkan. Peluang untuk menang banding sangat kecil, karena Google tahu apa yang menjadi penyebab akun adSense anda di Banned.

Saya sendiri sudah pernah melakukan banding, namun pada akhirnya di tolak oleh pihak AdSense. Ada satu kesalahan yang saya lakukan selama mengelola blog, yakni saya tidak menggunakan Google Analytics.

Sehingga, saya tidak tahu kapan dan dimana invalid activity itu terjadi. Selain itu, saya terburu-buru melakukan banding.

Biasanya, pihak sono akan menjawab banding yang anda ajukan itu setelah 3 hari dan ini juga berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Namun dalam notif email setelah melakukan Banding, disebutkan kalau jawaban banding mungkin membutuhkan waktu beberapa lama. Jadi bersabar!

2. Membuat akun adsense yang baru

Untuk bisa diterima dengan akun adsense yang baru, anda harus melakukan evaluasi. Saran saya sih, ada baiknya anda membuat blog baru sebab kemungkinan kecil untuk bisa diterima lagi jika akun adsense anda sudah pernah banned.

Meskipun dalam beberapa kasus anda diterima kembali, namun kemungkinan besar anda akan di banned lagi.

Hal ini karena terdapatnya kesamaan blog utama AdSense dan data-data lama. Ini juga berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Sudah 10 kali saya meminta peninjauan namun tetap juga di tolak. Akhirnya, saya memutuskan untuk membuat akun AdSense yang baru dengan identitas yang berbeda.

Setelah artikelnya mencapai 7, saya kemudian melakukan pendaftaran ke AdSense. Hasilnya, full approve dalam jangka waktu 2 hari.

Soal ini, saya sudah ceritakan pada salah satu artikel saya berjudul Cerita Diterima AdSense dengan 7 Artikel.

Setelah itu, saya kemudian menambahkan domain yang pernah di banned oleh AdSense itu yakni blog ini. Ajaib. Dalam waktu 3 hari, blog ini sudah full Approve.

Lantas, emang bisa ya memasang adsense di blog yang pernah di Banned oleh AdSense? Seperti diatas, jawabannya bisa. Bahkan, sangat BISA.

Bisahkan memasang adsense pada blog yang pernah di banned?

Asalkan yang dibanned bukannya blog [domainnya] melainkan akunnya. Namun, untuk menghindari suspen di kemudian hari, anda harus melakukan beberapa hal.

Oleh karena itu, jangan senang dulu setelah diterima menjadi mitra adsense yang baru. Karena menjadi mitra AdSense sifatnya semu sebab anda bisa disuspen lagi.

Untuk mengamankan akun AdSense anda di kemudian hari, berikut ada beberapa tips yang dapat adna lakukan, antara lain:

1. Mendaftar ke Google Analytics

Langkah pertama yang anda lakukan adalah mendaftar ke Google Analytics menggunakan email dari akun adsense anda. Ikuti langkah-langkahnya sampai selesai.

2. Mendaftar Google Search Console

Langkah kedua adalah mendaftar ke Google Search Console dengan akun email yang telah diterima oleh AdSense. Ini berlaku untuk blog yang pernah di Banned oleh AdSense.

3. Hubungkan akun adsense dengan Search Console dan Google Analitycs

Jika anda sudah mendaftar ke Google Analitycs dan Google Search Console langkah selanjutnya adalah menghubungkan tiga tools Google tersebut.

Ini bertujuan untuk mengamankan akun anda sekaligus agar anda dapat mengolahnya menjadi satu dan tidak perlu repot lagi dalam melakukan analisis.

4. Menggunakan nomor telepon yang sama

Saat mendaftar email dan adsense anda diharuskan untuk diminta untuk memasukkan nomor telepon. Ingat, nomor telepon tersebut harus sama. Jangan tanya alasannya, anda sudah pasti tahu.

Setiap tools Google terintegrasi satu dengan yang lain. Dengan kata lain, anda tidak bisa membohongi Google.

Apalagi, jika anda menghasilkan uang dari sana, tentu saja mereka akan memperketat pengawasan terhadap blog anda.

5. Jangan langgar kebijakan

Ada dua kebijakan utama yang tidak boleh anda langgar, yakni kebijakan penelusuran Google dan kebijakan AdSense. Dua hal ini saling terintegrasi.

Kebijakan adalah hal paling utama agar akun AdSense anda tidak dibanned. Memang sih, ada banyak kebijakan dari pihak Google tapi semuanya memiliki alasan masing-masing.

6. Terus berkarya

Yang terakhir tentu saja terus berkarya di internet. Terus buat konten yang berkualitas tinggi dan mudah dibaca. Dan jangan lupa berdoa dan berusaha supaya anda bisa payout setiap bulan.

Penutup

Menjadi mitra adsense adalah harapan terbesar bagi setiap blogger dan Youtuber. Apalagi, sudah bisa menghasilkan uang jutaan rupiah setiap bulannya. Tentu ini menjadi berkah tersendiri bagi anda.

Tetapi tidak ada blog dan akun yang bisa kebal terhadap adsense. Meskipun sudah PO berkali-kali, tidak menjamin bahwa blog atau akun adsense itu aman dari Banned.

Sekali anda terpelincir, Google tidak akan mentolerirnya. Ingat, anda hanyalah mitra. Sebagai mitra, bertindaklah sesuai arahan dan ketentuan dari pihak mereka.

Google AdSense juga bisa sangat menggemaskan. Kadang mereka memberi harapan palsu kepada para publisher. Tahu-tahu, mereka sudah mengawasi akun anda.

Ingat, mereka semua tahu apa yang anda lakukan di blog anda. Mereka juga tahu riwayat penggunaan email anda, dimana anda berada, kapan anda membuka website dan lain sebagainya.

Tidak ada gunanya anda mendustai mereka. Sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya akan jatuh juta. Pepatah ini juga berlaku untuk para publisher adsense.

Demikian artikel tentang Bisakah Memasang Iklan AdSense Di Blog Yang Pernah di Banned? Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *