Cara Melihat Password WiFi Dengan CMD di Windows 10

3 min read

Cara Melihat Pasword Wifi Dengan CMD

Ada dua cara yang biasa saya lakukan untuk melihat password Wifi. Yang pertama menggunakan CMD dan yang kedua menggunakan adapter yang merupakan fitur bawaan Windows 10.

Untuk melihat password dengan fitur bawaan Windows untuk segala versi sudah saya ulas di salah satu artikel saya yang berjudul cara melihat password WiFi yang sedang terhubung di Windows 10.

Sebenarnya baik menggunakan adapter dan CMD hasilnya sama, pendekatannya saja yang berbeda.

Jika sebelumnya menggunakan property wireless atau yang lazim disebut adapter mengharuskan anda untuk terhubung ke jaringan, dengan CMD, perangkat enggak perlu terhubung dulu.

Metode untuk melihat password wifi juga sama, yakni harus dari Wifi atau hotspot yang passwordnya sudah pernah diinput ke laptop atau PC anda sebelumnya. Jika tidak, maka mustahil untuk melihat password Wifi tersebut.

Sebab saat ini sebagian besar sistem keamanan Wifi sudah dilapisi dengan enkripsi ganda entah itu WPA2 dan WPA3 sehingga sangat sulit untuk melihat password Wi-fi yang belum pernah terhubung ke perangkat sebelumnya.

Sebelum melakukan cara ini pastikan juga kalau password Wifi atau Hotspot tersebut belum pernah diubah sandinya.

Kalau sudah di ubah, maka anda hanya akan melihat password lama yang masih tersimpan pada sistem operasi windows.

Terkadang hasilnya mungkin blank. Lalu bagaimana cara melihat password Wifi menggunakan CMD? Sebelum lanjut, baiknya saya bahas dulu deh pengertian CMD.

Apa itu CMD?

Command Prompt yang kemudian disingkat CMD adalah program perintah yang memungkinkan pengguna untuk mengakses fitur-fitur dasar windows atau untuk melakukan pembaharuan sistem.

Ada ribuan perintah CMD yang sudah dibuat oleh Microsoft yang sebagian besar perintahnya berisikan protokol standar untuk mengakses dari atau ke suatu sistem.

Yang berarti, CMD ada di semua sistem komputer Windows. Fungsi CMD sebenarnya sangat banyak tetapi hanya sedikit orang saja yang tahu.

Alasannya sederhana karena CMD banyak digunakan oleh hacker untuk melakukan peretasan pada sebuah sistem atau jaringan.

Termasuk juga untuk melihat patch keamanan sistem, melihat data-data suatu komputer dari jarak jauh dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Foto Dan Gambar Yang Rusak

CMD juga memungkinkan anda untuk melihat Password Wifi atau hotspot yang sebelumnya sudah pernah terhubung ke perangkat anda.

Meskipun Wifi atau Hotspot sudah dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis namun pengguna lain tetap diizinkan untuk melihat passwordnya sepanjang syaratnya sudah terpenuhi.

Sebelumnya, kalau anda akrab dengan CMD, anda mungkin hanya perlu perintah dasar saja tanpa penambahan perintah key=clear.

Dimana anda tinggal memasukkan perintah netsh, wlan, show, profile sembari memasukkan nama Wifi yang pernah terhubung sebelumnya.

Namun, pada security key atau profil keamanan enggak ditunjukkan lagi password yang digunakan. Makanya, anda perlu menambahkan perintah lagi sampai password Wifi yang tersimpan dari sistem bisa muncul.

Cara Melihat Password WiFi Dengan CMD di Windows 10

Saya perlu tekankan sekali lagi, bahwa untuk melihat password WIFI, pastikan dua syarat ini sudah terpenuhi sebelumnya, yakni:

  • Perangkat komputer yang digunakan, dalam konteks ini Windows 10 atau varian sebelumnya, sudah pernah terhubung ke jaringan WIfi atau Hotspot sebelumnya
  • Password Wifi belum di ubah oleh administrator karena jika sudah di ubah yang akan ditampilkan hanyalah password lama dan bukan password baru

Lantas bagaimana cara mengetahui password Wifi dengan CMD? Pasti penasaran kan? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan buka laptop atau PC yang didalamnya sudah terinstal Windows 10
  2. Setelah terbuka langkah berikutnya adalah buka program CMD atau masukan saja shortcut WIN+R> lalu ketikan CMD> dan tekan enter untuk eksekusi perintah agar Command Prompt terbukaCara Melihat Password WiFi di Windows 10 Dengan CMD
  3. Jika CMD sudah terbuka, selanjutnya adalah memasukkan perintah netsh wlan show profile “namawifinya” key=clear atau netsh wlan show profile name=”namawifinya” key=clear di kolom CMD setelah C: Oh iya, jika anda mengganti partisi perintah dari D:, password tetap akan ditampilkan. Perhatikan juga tanda petiknya untuk perintah tersebut bisa mengidentifikasi Wifi atau Hotspot secara spesifik. Untuk nama WIFI silahkan diisi dengan nama Wifi yang diinginkan atau yang ingin dilihat passwordnya dengan tetap menyertakan tanda petik [“…”]Cara Melihat Password WiFi di Windows 10 Dengan CMD
  4. Kalau perintah diatas sudah dimasukkan, berikutnya adalah menekan enter untuk eksekusi perintah di CMD
  5. Tunggu sedikit proses penguraian profile WLAN. Jika sudah muncul hasilnya, silahkan scrool ke bawah lalu sampai anda menemukan bagian Security pada kolom Key Content [seperti pada gambar dibawah ini] karena di situlah letak passwordnyaCara Melihat Password WiFi di Windows 10 Dengan CMD

Berikut keterangan kode di atas:

  • Netsh wlan show profile adalah perintah untuk mengidentifikasi jaringan WLAN spesifik sesuai dengan nama WiFi atau hotspot ponsel yang sebelumnya pernah terhubung ke perangkat anda, dalam konteks ini di Windows 10
  • Wireless LAN atau WLAN sendiri merupakan kumpulan konfigurasi termasuk SSID unik yang memungkinkan pengguna atau orang lain untuk berbagai koneksi ke jaringan nirkabel. Untuk membagi koneksi seperti ini, anda harus punya satu profil layanan WLAN dengan SSID jaringan

Oh iya, perintah diatas juga memungkinkan anda untuk mendapatkan informasi lain tentang profil WLAN yang ingin anda lihat passwordnya, seperti:

  • Informasi profil yang terdiri dari tipe wlan termasuk nama, kontrol opsi, model koneksi, broadcast jaringan dan lain sebagainya
  • Pengaturan konektivitas yang didalamnya terdiri dari nomor SSIDs, nama SSID, tipe jaringan, tipe radio dan ekstensi vendor
  • Pengaturan keamanan seperti identitas otentikasi, cip yang digunakan, kode keamanan dan passowordnya
  •  Cost seting yang terdiri dari biaya, pembatasan pemakaian, sumber daya biaya dan lain sebagainya

Menurut saya pribadi, cara diatas lebih gampang ketimbang pakai cara yang lain. Sebab kalau cara sebelumnya membutuhkan beberapa langkah yang mengharuskan anda mengakses panel adapter.

Namun dengan CMD langkah-langkah itu jadi lebih mudah terlebih jika anda ingin membagikan password tersebut kepada teman kantor, kawan dan orang lain.

Penutup

Banyak yang mengira bahwa melihat password wifi itu sulit. Sebenarnya cukup gampang, asalkan password Wifi tersebut belum pernah diganti dan sudah pernah terhubung ke perangkat sebelumnya.

Disisi lain, banyak yang berpikir kalau artikel ini akan mengulas tutorial atau cara membobol password Wifi menggunakan CMD.

Perlu anda ketahui, membobol keamanan Wifi untuk mengetahui passwordnya itu tidaklah mudah. Sulit dan sangat sulit. Butuh waktu berhari-hari atau mungkin berbulan-bulan untuk bangun programnya.

Karena, patch keamanan wifi yang terus di upgrade termasuk keamanannya. Demikian artikel tentang cara melihat password Wifi dengan CMD di Windows 10. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *