15 Manfaat Srikaya Untuk Kesehatan Tubuh

5 Likes Comment
manfaat srikaya

Ada banyak manfaat srikaya untuk kesehatan tubuh yang tak banyak di ketahui oleh kita. Yang lebih menarik adalah manfaat Srikaya tidak terbatas pada buah tetapi juga pada daun.

Selain itu juga, khasiat yang ada di dalam srikaya juga beragam dan memiliki manfaat bagi kesahatan tubuh.

Mulai dari potassium, zat besi dan lain sebagainya. Manfaat ini memiliki efek penyembuhan dan juga sumber energi bagi tubuh.

Dalam artikel ini saya merangkum 15 manfaat srikaya bagi kesatah tubuh. Apa saja itu? Ini dia daftarnya.

1. Mengobati asma

Asma merupakan penyakit ganguan pernafasan yang sering bersifat alergis, ditandai dengan sulit bernapas dan rasa sesak dalam dada. Secara singkat, penyakit asma merupakan penyakit sesak nafas.

Ada beberapa macam penyakit asma, salah satunya adalah asma bronkial yang merupakan penyakit akibat kontrasksi otot-otot bronkial yang mendadak, berlangsung singkat dan tidak teratur.

Penyakit ini terkadang menjadi momok menakutkan bagi penderitannya. Kebanyakan orang yang menderita asma, aktivitasnya terbatas.

Baca Juga : Cara Mencegah Demam Berdarah Yang Terbukti Berhasil

Karena saat beraktivitas dan terkena asma bisa sangat merepotkan orang lain dan juga menyakitkan bagi penderitanya.

Salah satu upaya penyembuhan untuk penyakit asma adalah lewat daun Srikaya yang dipercaya mampu mengobati penderita asma.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun Srikaya dipercaya amenjadi penangkal jika penyakit asma kambuh dalam diri seseorang.

2. Mengobati kurang darah [anemia]

Anemia merupakan penyakit akibat kekurangan kadar hemoglobin didalam darah. Kadar hemoglobin adalah butir darah merah yang sangat penting untuk tubuh.

Ada beberapa macam penyakit anemia seperti anemia aplastic, anmia defisiensi besi, anemia giz, anemia hemoltik dan lain sebagainya.

Untuk mencegah terkan anemia, maka harus memperkuat suplai magnesium dan zat besi dalam tubuh untuk menjaga keseimbangan darah.

Karena itu, mengkonsumsi Srikaya yang mengandung dua zat ini bisa membantu mengatasi seseorang yang terkena anemia.

3. Menurunkan kolestrol

Tidak selamanya kolestrol itu baik, ada juga kolekstrol jahat yang bisa menjadi penyebab utama munculnya berbagai penyakit mematikan lain dalam tubuh seperti stroke.

Jika sudah terjadi stroke, maka akan memicu kegagalan fungsi organ lainnya dalam tubuh manusia.

Srikaya yang mengandung niasin mampu mengatasi berbagai macam penyakit tersebut. Zat ini mampu melawan kolestrol jahat dalam tubuh manusia tanpa terkecuali.

4. Makanan alami bagi penderita diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan sekresi atau ekskresi urine dalam jumlah banyak, terutama bagi penderita diabetes mellitus.

Sementara Diabetes mellitus merupakan sebuah penyakit akibat ganguan metabolism karbohidrat karena kelenjar pankreas tidak mampu menyekresi insulin yang cukup dengan gejala adanya gula dalam urin, turunnya bobot badan, selalu haus dan lapar, dan banyak kencing.

Baca Juga : 8 Kesalahan Menyikat Gigi Yang Paling Umum Dilakukan

Keadaan ini dikarenakan kurangnya insulin akibat glukosa tidak dapat diolah oleh tubuh sehingga kadar glukosa dalam darah meningga dan dikeluarkan lewat urin.

Bagi penderita Diabetes atau penyakit gula atau penyakit kecing manis biasanya akan dibatasi konsumsi jumlah kadar gula dan karbohidratnya.

Meskipun buah srikaya agak manis, tapi tetap dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes dengan aman.

Alasannya karena gula buah yang terdapat dalam srikaya tidak akan menaaikan kadar gula dalam darah dan juga mengandung zat yang bisa menjadi penstabil gula darah secara alami.

5. Menurunkan hipertensi

Hipertensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah dalam tubuh atau denyut jantung yang lebih tinggi daripada keadaan normal karena penyemputan pembuluh darah atau gangguan lain.

Darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit jantung seperti stroke.

Buah srikaya yang dipercaya mengandung zat yang akan menurunkan tekanan darah anda, sehingga risiko hipertensi berkurang.

6. Memperlancar pencernaan

Serat dalam buah-buahan seperti Srikaya sangat tinggi sehinga bisa membantu memperlancar pencernaan dan bebas dari gangguan pencernaan apablia mengkonsumsinya. Dan juga, melihat manfaatnya, srikaya cocok di konsumsi bagi yang sedang diet.

7. Mengobati diare

Diare merupakan penyakit dengan gejala sering buang air besar [menceret]. Ada dua jenis Diare, yakni Diare Pelancong dan Diare Persisten.

Diare Pelancong merupakan diare yang ditandai oleh tinja yang bersifat cair, berlendir dan terkadang berdarah. Hal ini juga berlaku untuk diare persisten.

Baca Juga : 10 Cara Agar Anak Tidak Terjebak Gaya Hidup Hedonis

Diare biasa dialami oleh setiap orang, setidaknya dua kali dalam setahu. Untuk mengetasinya, menjaga pencernaan tetap lancer adalah hal yang wajib dilakukan.

Namun bagi yang sudah terlanjut diserang diaera, maka membutuhkan vitamin, mineral dan zat lain dalam Srikaya yang bisa menjadi obat alami bagi penderita Diare.

8. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Potassium dan magnesium sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Karena kandungan dua zat tersebut bisa memenuhi kebutuhan potassium dan magnesium dalam tubuh.

9. Sebagai pestisida alami

Untuk mengusir hama tanaman, biasanya digunakan pestisida. Namun bahan kimia dalam pestisia akan terakumulasi dalam tubuh sehingga menyebabkan berbagai penyakit hingga cacat janin.

Kandungan resin dan annonain dalam srikaya bisa menjadi pestisida alami yang tidak membahayakan bagi tubuh manusia apabila di konsumsi.

10. Menjaga kesehatan mata

Memiliki mata yang sehat adalah hal yang wajib dilkakukan. Kalu anda ingin memiliki mata yang sehat maka diperlukan asupan vitamin dan riboflavin dalam buah Srikaya. Dua zat tersebut sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata seseorang.

11. Menjaga Arthritis

Arthritis [artritis] merupakan peradangan atau degenerasi struktur sendi yang disertai dengan rasa sakit, pembengkakan, kekakuan dan keterbatasan bergerak pada tubuh.

Salah satu penyakit artritis yang berbahaya adalah jenis artritis rheumatoid. Ini merupakan salah satu jenis artritis autoimun yang umum dengan peradangan sendi kronis yang biasanya terjadi pada sendi di kedua sisi tubuh, seperti tangan, pergelangan tangan atau lutu.

Kandungan magnesium dan potassium serta zat besi akan membuat tulang dan gigi semakin kuat dan terjaga kesehatannya.

Untuk itu, bagi yang ingin terhindari dari penyakit arthritis ini, usahakan untuk mengkonsumsi buah Srikaya dengan rutin.

12. Mampu menyembuhkan bisul

Manfaat selanjutnya adalah menyembuhkan penyakit kulit seperti bisul. Caranya yakni buah srikaya di haluskan, lalu dicampur dengan sedikit garam, kemudian balut pada bagian tubuh yang terkena bisul. Secara perlahan maka bisul akan sembuh dengan sendirinya.

13. Menjaga kesehatan jantung

Jika kolestrel dan hipertensi dapat diturunkan, maka kemungkinan besar risiko terkena penyakit jantung juga akan menurun.

Karena itu, penting untuk menjaga kesehatan jantung anda dari sekrang. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah srikaya agar jantung anda tetap sehat.

14. Sebagai sumber energi

Karbohiodrat dan gula dalam buah srikaya berbeda dengan yang ada pada makanan pkok. Selain bisa memberikan eregi, buah srikaya juga menjadi sumbernya.

Sehingga tubuh akan lebih sehat karena tidak ada pemanis tambahan dari konsumsi terhadap srikaya.

15. Meningkatkan sistem imun

Menjaga daya tahan tubuh [sistem imun] adalah langkah pertama untuk menjaga tubuh tetap sehat alami.

Yang selalu disalahpahami selama ini adalah bahwa sistem imun akan bertahan selamanya. Padahal tidak.

Akan ada dimana tubuh kita mengalami penurunan dan naik. Sehingga kita memerlukan asupan vitamin untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti Srikaya yang mengandung berbagai amcam vitamin yang sangat baik buat tubuh.

Konklusi

Tanpa kita sadari, ada banyak sekali manfaat buah-buahan disekitar kita untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dengan alami.

Banyak dari ktia menghabiskan waktu untuk bekerja untuk menghasilkan uang tanpa memperhatikan kesehatan tubuh.

Saat penyakit menyerang, uang yang kita hasilkan tersebut habis untuk biaya pengobatan di Rumah Sakit. Apalagi biaya pengobatan semakin hari semakin tinggi.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh dari sekarang adalah hal yang wajib dilakukan.

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti Srikaya.

Kandungan dan khasiatnya [yang tak banyak diketahui] ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia.

Mencegah tentu saja lebih baik daripada mengobati. Jadi tidak ada salahnya kan kalau kita mengkonsumsi buah-buahan tersebut secara rutin.

Anda bisa membuatnya menjadi jus, memakannya langsung atau bisa menjadi makanan penutup saat makan malam.

Demikian artikel tentang 15 manfaat Srikaya bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *