Pengertian dan Macam-Macam Organisasi Bisnis di Indonesia

Di artikel kali ini akan saya ulas pengertian dan macam-macam organisasi bisnis yang ada di Indonesia. Penasaran? Simak artikel ini sampai habis.

Organisasi bisnis sebenarnya bisa di kelompokan dari jenis usaha yang digeluti, modal yang dimiliki, bentuk izin usaha dan aspek-aspek lain.

Kalau di Indonesia, bentuknya hanya ada tujuh mulai dari perusahaan perorangan, perseroan terbatas sampai dengan koperasi.

Bentuk-bentuk itulah yang kemudian jadi dasar atau alasan mengapa artikel ini saya buat.

Karena itu, untuk anda yang sedang cari jenis organisasi bisnis di Indonesia, contoh organisasi bisnis dan definisi organisasi bisnis, simak artikel ini sampai habis.

Pengertian organisasi bisnis

Dalam kamus besar bahasa Indonesia [KBBI], Organisasi Bisnis adalah organisasi yang bergerak di bidang ekonomi yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan atau profit.

Artinya, organisasi bisnis masuk dalam kategori organisasi komersial atau sering disebut Profit Making Organization.

Dalam beberapa kasus, ia bisa juga disebut macam-macam badan usaha, organisasi niaga, organisasi profit, organisasi laba dan lain sebagainya.

Apapun penyebutannya semua merujuk pada sifat organisasi bisnis itu sendiri yakni untuk mencari keuntungan semaksimal mungkin.

Sederhananya, ia bisa diartikan sebagai entitas yang dibentuk dengan tujuan untuk menjalankan perusahaan secara komersial.

Dalam praktiknya, perusahaan ini biasanya mengambil satu dari tiga bentuk perusahaan pada umumnya yakni perusahaan perorangaan, kemitraan dan perseroan terbatas atau korporasi.

Sementara, dalam pengoperasiannya, ada beberapa komponen yang jadi pertimbangan pembentukan organisasi bisnis itu sendiri, diantaranya:

  • Pasar dimana ada konsumen yang akan menggunakan produk atau jasa perusahaan secara langsung. Dalam praktiknya, pasar ini terbagi dalam beberapa bentuk mulai dari pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar duopoli dan pasar oligopoli. Perbedaan antar empat tipe pasar diatas sudah saya bahas disini
  • Kedua berkaitan dengan perusahaan dan komponen yang terkait dengannya. Mulai dari manajemen perusahaan, sisi fungsional, pabrik, sumber daya manusia, pemasaran, keuangan, operasi dan lain sebagainya. Untuk manajemen dalam perusahaan terdiri dari beberapa level mulai dari tingkat paling bawah, menengah sampai paling atas
  • Ketiga adalah komponen eksternal dimana akan ada kondisi dimana gerak organisasi tidak bisa dikendalikan lagi oleh pasar dan internal perusahaan. Faktornya ada banyak mulai dari kondisi ekonomi, politik, lingkungan, sosial dan lain sebagainya. Komponen eksternal ini juga bisa datang dari kompetitor dengan produk atau jasa serupa, yang dianggap pasar lebih baik
  • Terakhir adalah perubahan, yang harus diterima oleh perusahaan itu sendiri. Artinya, internal perusahan harus siap dengan perubahan yang terjadi cepat atau lambat karena bisa jadi ancaman bagi perusahaan, atau mungkin peluang

Dalam pengoperasian perusahaan, ada dua bentuk bisnis yang dijalakan oleh perusahaan. Pertama, barang dan kedua jasa.

Artinya, ada organisasi bisnis yang memproduksi barang atau bisa juga disebut perusahaan manufaktur dan ada perusahaan yang bergerak ke bidang jasa.

Barang bisa dilihat secara fisik sementara jasa hanya boleh dirasakan manfaatnya secara langsung oleh pengguna jasa.

Untuk kategori jasa ini terbagi dalam beberapa bentuk mulai dari jasa yang tak terlihat, keberagaman, simultanitas dan kerentanan.

7+ Jenis Organisasi Bisnis yang Ada di Indonesia

Lantas, apa saja macam-macam organisasi bisnis yang ada di Indonesia? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Perusahaan perorangan

Pengertian dan Macam-Macam Organisasi Bisnis di Indonesia

Jenis organisasi bisnis yang pertama adalah perusahaan perorangan, yang mana definisinya bisa diambil dari UU No. 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan [PDF].

Pada pasal 1B dijelaskan bahwa perusahaan adalah tiap bentuk usaha yang menjalankan jenis usaha sifatnya tetap dan terus menerus didirikan, bekerja dan berkedudukan di wilayah NKRI.

Tujuan dari pendirian perusahaan itu sendiri adalah untuk mendapatkan laba atau keuntungan, yang bisa disebut Profit.

Baca Juga:

Dari definisi diatas bisa diartikan kalau perusahaan perorangaan adalah bentuk usaha yang didirikan dan dimiliki atas nama pribadi atau perseorangan.

Artinya, semua profit atau keuntungan yang diperoleh perusahaan akan dimiliki oleh pengelola atau pemilik perusahaan itu sendiri.

Selain itu, ia juga harus menanggung risiko saat menjalankan perusahaan tersebut langsung ataupun tidak langsung, termasuk resiko hukum.

FYI, pendirian perusahaan tipe ini belum diatur dalam KUHD. Dengan begitu, tidak ada perjanjian hitam diatas putih terkait perusahaan karena didirikan oleh satu orang saja.

2. Perseroan Terbatas (PT)

Pengertian dan Macam-Macam Organisasi Bisnis di Indonesia

Berikutnya ada PT yang merupakan akronim dari Perseoran Terbatas. Perseoran, dalam KBBI, diartikan sebagai perserikatan dagang, kongsi atau maskapai.

PT sendiri adalah suatu badan usaha atau badan hukum yang berasal dari persekutuan modal dan pendiriannya didasarkan pada perjanjian tertentu.

Dalam pengoperasian perusahaan jenis ini maka modal yang dimiliki berasal dari kepemilikan saham perorangan atau kelompok.

Artinya, ada organisasi yang menggerakan PT tersebut dan keputusan strategis perusahaan bisa dilakukan saat RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham.

Termasuk juga keputusan dari Dewan Komisaris, Direksi sampai pemangku kepentingan internal perusahaan.

Setiap orang yang masuk dalam struktur perusahaan punya peran sendiri-sendiri mulai dari pemegang saham sampai karyawan-karyawannya.

Tipe organisasi bisnis satu ini merupakan salah satu badan hukum paling populer dan banyak pengusaha yang menjadikannya sebagai landasan hukum pendirian perusahaan.

Perusahaan dengan status PT pun bisa bergerak ke bidang apa saja mulai dari media, pariwisata, transportasi, properti, pertambangan dan lain sebagainya.

3. Perseroan Komanditer (CV)

Pengertian dan Macam-Macam Organisasi Bisnis di Indonesia

Ketiga ada Perseroan Komanditer atau yang lebih dikenal sebagai CV dari bahasa Belanda, Commanditaire Vennootschap.

CV adalah tipe organisasi bisnis berbentuk badan usaha yang banyak digunakan pelaku usaha kecil dan menengah.

Meski ada juga beberapa perusahaan besar yang masih berstatus CV sebagai landasan hukum usaha yang didirikannya.

Perhatikan, CV ini tidak ada landasan hukumnya sampai sekarang dan berbeda dengan PT yang sudah saya ulas diatas.

Ciri utama dari CV adalah modal pemilik perusahaannya yang lebih kecil di banding PT sehingga tidak perlu disebutkan dalam akta pendirian.

Artinya, CV ini mirip-mirip dengan perusahaan perorangan yang sudah saya sebutkan diatas namun setingkat lebih tinggi.

4. Firma

Pengertian dan Macam-Macam Organisasi Bisnis di Indonesia

Lalu ada Firma yang didirikan oleh dua orang saja dimana pendirinya punya keahlian yang sama satu sama lain.

Pendirian Firma juga didasari oleh rasa kepercayaan dan pengenalan dengan tujuan akhir yang sama. Firma sendiri tidak terbatas pada satu sektor, Hukum misalnya.

Jadi, firma ini bisa didirikan untuk tujuan apa saja dan sektor apa saja. Makanya itu, kadang firma sering disebut perseroan tidak terbatas atau PTT.

5. Perusahaan Negara

Pengertian dan Macam-Macam Organisasi Bisnis di Indonesia

Perusahaan Negara yang kadang disingkat PN pun termasuk organisasi bisnis yang bergerak dibidang tertentu.

Istilah ini lebih sering disebut Badan Usaha Milik Negara [BUMN] dengan modal utama ditanggung Negara.

Tujuan dari pendirian perusahaan negara adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekaligus jadi salah satu sumber pendapatan negara.

Untuk contoh perusahaan negara ada banyak seperti Perusahan Tambang dan Minyak Negara [Pertamina], Perusahaan Listrik Negara [PLN], Telkom dan lain sebagainya.

6. Perusahaan pemerintah

Pengertian dan Macam-Macam Organisasi Bisnis di Indonesia

Berbeda dengan perusahaan negara yang sudah saya sebutkan ditas dimana perusahaan pemerintah lebih khusus lagi.

Bentuk perusahaannya bisa apa saja mulai dari persero, perjan atau perusahaan jawatan, perum atau perusahaan umum, PD atau perusahaan daerah, BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa dan lain sebagainya.

Tujuan pendirian organisasi bisnis ini adalah untuk mencari profit juga yang jadi pemasukkan untuk pemerintah daerah dan desa itu sendiri.

7. Koperasi

Pengertian dan Macam-Macam Organisasi Bisnis di Indonesia

Terakhir ada koperasi, yang juga merupakan salah satu bentuk usaha dengan sektor yang lebih spesifik lagi yakni ke bidang ekonomi.

Tujuan dari pendirian koperasi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi secara langsung, bersifat pribadi dan tidak bisa dialihkan ke orang lain diluar anggota.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dibawah, yakni:

1. Apakah perusahaan dan organisasi bisnis itu sama ataukah berbeda?

Perusahaan termasuk dalam bagian dari organisasi bisnis tapi satu organisasi binsis belum tentu berbentuk perusahaan.

Contoh paling sederhana bisa lihat koperasi atau firma hukum dan tidak memproduksi barang saja melainkan jasa.

2. Apa sih yang dimaksud dengan perusahaan?

Dalam KBBI, perusahaan adalah organisasi berbadan hukum, yang mengadakan transaksi dan usaha.

3. Apa perbedaan barang dan jasa?

Barang secara sederhana bisa diartikan sebagai benda umum yang punya wujud fisik sementara jasa adalah kebalikannya.

Meski tidak punya bentuk fisik, tapi hasil dan manfaat dari jasa itu bisa dirasakan orang lain alias ada manfaatnya.

Ulasan lebih lengkap soal perbedaan barang dan jasa sudah saya bahas di postingan sebelumnya untuk membacanya klik tautan ini.

Penutup

Seperti yang saya ulas diatas dimana organisasi bisnis ini ada banyak mulai dari perusahan perorangan, perseroan, firma sampai koperasi.

Jenis organiasi bisnis diatas juga secara teknis bisa merujuk pada contoh organisasi bisnis itu sendiri.

Kalau ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini silahkan sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang pengertian dan macam-macam organisasi bisnis di Indonesia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar