Macam-Macam Jenis Artikel Berdasarkan Tujuan, Gaya Penulisan dan Isi

Jenis artikel merujuk pada klasifikasi atau kategori artikel yang bisa dikelompokan berdasarkan tiga bagian utama.

Pertama, artikel yang ditulis berdasarkan tujuan penulisannya apakah untuk menjelaskan sesuatu, mendeskripsikan sesuatu atau mungkin melakukan prediksi.

Sementara, apabila dilihat berdasarkan gaya penulisan, artikel juga bisa dibagi dalam beberapa kelompok utama mulai dari ekspositori, argumentatif dan lain sebagainya.

Selain dua macam-macam artikel diatas, artikel juga bisa dikelompokan berdasarkan isi atau materi artikel itu sendiri.

Isi, dalam konteks ini, mengacu pada topik apa yang dibahas apakah itu tentang olahraga, budaya, ekonomi, politik dan lain sebagainya.

Dan untuk anda yang sedang cari macam-macam artikel atau jenis-jenis artikel, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Macam-Macam Jenis Artikel Berdasarkan tujuan, gaya penulisan dan Isi

Seperti yang sudah disebutkan diatas yang mana, macam-macam artikel atau jenis-jenis artikel bisa dibedakan berdasarkan dua bagian, yakni:

A. Macam-Macam Artikel berdasarkan Tujuan

Macam-Macam Jenis Artikel Berdasarkan Tujuan, Gaya Penulisan dan Isi
Gambar via medium.com

Apabila dilihat berdasarkan isinya, artikel bisa dibedakan berdasarkan beberapa jenis, diantaranya:

1. Artikel Eksploratif

Artikel eksploratif adalah artikel yang ditulis berdasarkan pengalaman atau penyelidikan yang telah dilakukan individu, langsung maupun tidak langsung.

Artinya, apa yang disajikan dalam penulisan tersebut sepenuhnya berdasarkan pengalaman atau telah melewati kajian langsung oleh penulis.

Ini sesuai dengan pengertian eksploratif itu sendiri yakni penjelajahan di lapangan dengan tujuan untuk mendapatkan pengetahuan lebih banyak tentang keadaan.

Artinya, artikel tersebut ditulis berdasarkan kegiatan, yang oleh karenanya, ia memperoleh atau mendapat pengalaman baru secara langsung.

Karena itulah, artikel jenis ini umumnya dibuat setelah penulis melakukan penelitian atau mendapatkan penemuan baru. Isinya hanya berupa pemaparan atau penguraian dari penemuan yang dialaminya.

2. Artikel Eksplanatif

Artikel eksplanatif adalah jenis artikel yang isinya dibuat untuk menjelaskan atau menerangkan tentang proses atau suatu fenomena.

Biasanya dibuat secara berurutan, dalam bentuk hubungan sebab akibat antara fenomena tersebut. Agar akurat, biasanya dilengkapi dengan fakta atau data.

Umumnya, artikel eksplanatif ini digunakan untuk menulis tentang fenomena yang terjadi di masyarakat atau fenomena sosial termasuk juga alam dan juga budaya.

Baca Juga:

Intinya, artikel eksplanatif atau bisa juga disebut artikel eksplanasi adalah artikel yang dibuat untuk menerangkan sesuatu agar mudah dipahami audiens.

Contoh sederhana dari artikel jenis ini ada banyak seperti misalnya, dekrit presiden Gusdur yang ingin membubarkan DPR.

Maka, di dalam artikel tersebut, harus harus dijelaskan soal apa itu dekrit, bagaimana caranya, bagaimana kekuatan hukumnya dan seterusnya.

3. Artikel Deskriptif

Jenis artikel selanjutnya adalah deskriptif yang isinya berusaha memaparkan atau menggambarkan dengan kata-kata yang secara jelas dan rinci.

Misalnya, jika tema artikel adalah soal fenomena Crazy rich instan di masyarakat maka artikel ini harus menggambarkan mengapa fenomena tersebut ada.

Sebenarnya, artikel jenis ini umum ditemui dalam laporan-laporan khusus jurnalisme di koran, majalah atau media online.

Jadi, bisa juga disebut sebagai reportase atau laporan khusus. Tapi, dalam prosesnya, pembuatan artikel tetap berangkat dari data dan fakta.

Dalam beberapa kasus, artikel ini masih melibatkan beberapa opini atau pendapat pribadi, untuk membuat artikel tersebut benar-benar jelas.

4. Artikel Prediktif

Artikel prediktif adalah artikel yang ditulis secara khusus untuk memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya.

Contoh artikel jenis ini banyak ditemui sebelum perhelatan olahraga atau pertandingan antara tim, final liga champions atau piala dunia misalnya.

Metodenya dengan melakukan kalkulasi berdasarkan beberapa hal. Jika itu artikel olahraga, maka prediksinya bisa dilakukan berdasarkan track record pertemuan antar tim.

Bisa juga dipertimbangkan berdasarkan performa tim, nama besar para pemain, skor yang diperoleh selama kompetisi, motivasi dan seterusnya.

5. Artikel Preskriptif

Jenis artikel terakhir adalah artikel preskriptif, yang kadang juga disebut artikel preskripsi, yang merujuk pada pembuatan artikel berdasarkan ketentuan baku tentang apa yang harus dilakukan.

Biasanya, artikel jenis ini ditulis oleh toko obat tentang penggunaan obat yang dibeli atau diberikan setelah pengobatan dilakukan.

Dalam beberapa kasus, artikel jenis ini juga dibuat khusus agar orang yang membacanya melakukan apa yang harus disarankan atau beraksi saat itu juga.

Tujuannya adalah agar tidak menghadapi risiko yang lebih besar atau mengalami kekeliruan akibat keterlambatan aksi dilakukan.

B. Tipe-tipe artikel berdasarkan gaya penulisan

Macam-Macam Jenis Artikel Berdasarkan Tujuan, Gaya Penulisan dan Isi
Gambar via medium.com

Sementara, apabila dilihat dari gaya penulisannya, artikel dapat dibedakan berdasarkan beberapa tipe, diantaranya:

1. Artikel ekspositori

Artikel ekspositori, yang kadang juga disebut artikel eksposisi, adalah jenis artikel yang menguraikan atau memberikan suatu.

Di KBBI, diartikan sebagai teks yang berisi uraian atau informasi, bertujuan untuk menyampaikan pendapat atau gagasan, disajikan dengan fakta atau data untuk memperkuat informasi yang ditulis.

Karena itu, artikel jenis ini termasuk artikel paling umum dijumpai. Bagi penulis, dengan menulis kategori artikel ini, mereka bisa menyampaikan informasi tentang topik tertentu tanpa terpengaruh pandangan audiens.

Mengapa demikian? Karena artikel ditulis berdasarkan fakta dan data. Lalu dibuat kesimpulan berdasarkan fakta dan data tersebut.

2. Artikel argumentatif

Artikel argumentatif adalah artikel dimana penulis menyampaikan alasan atau karangan yang bertujuan untuk membuktikan pendapatnya.

Artinya, penulis akan membahas suatu masalah atau isu, lalu memberikan solusi untuk masalah yang diajukan dengan argumen yang membenarkan mereka masalah dan solusi tersebut baik dan layak digunakan.

3. Artikel naratif

Artikel naratif adalah jenis artikel dengan sifat narasi alias menguraikan atau menjelaskan sesuatu berdasarkan kejadian nyata atau berdasarkan data yang diperoleh.

Hanya saja, dalam penulisannya, artikel ini cenderung menyampaikan dengan gaya bercerita alias disampaikan dalam bentuk cerita.

4. Artikel deskriptif

Artikel deskriptif adalah jenis artikel yang berusaha menguraikan suatu pokok permasalahan lewat tulisan secara deskriptif.

Artinya, tujuan penulisannya adalah untuk memberikan deskripsi yang jelas sehingga pembaca bisa memvisualisasikan apa yang sedang dijelaskan lewat tulisan.

Ciri utama dari artikel jenis ini adalah penggunaan kata sifat atau frasa sejenis secara tepat dan proporsional agar bisa ditangkap oleh audiens.

5. Artikel persuasif

Artikel persuasif adalah jenis artikel yang ditulis dan dibuat secara khusus untuk membujuk secara halus kepada audience atau pembaca.

Hanya saja, agar tujuan dari pembuatan artikel tersebut berhasil, biasanya harus dilengkapi dengan data sehingga audiens yakin atau terbujuk dengan ide atau topik tulisan.

C. Jenis-Jenis Artikel Berdasarkan Isi

Macam-Macam Jenis Artikel Berdasarkan Tujuan, Gaya Penulisan dan Isi
Gambar via penguin.co.uk

Selain berdasarkan tujuan pembuatan artikel, apakah untuk mendeskripsikan atau menunjukkan sesuatu, artikel juga bisa dibedakan berdasarkan isi.

Isi artikel bisa dibedakan berdasarkan topik apa yang ditulis apakah itu tentang politik, ilmiah, ekonomi, hukum dan lain sebagainya.

Agar jelas, berikut disajikan macam-macam jenis artikel berdasarkan isinya, seperti:

1. Artikel ilmiah

Artikel ilmiah, yang kadang juga disebut karya tulis ilmiah, adalah karya tulis lengkap, yang memaparkan data atau fakta berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis.

Artinya, di dalam artikel ini, ada analisis soal suatu ilmu pengetahuan atau topik penelitian, sehingga mudah dipahami oleh orang-orang.

Pada akhirnya, artikel ilmiah ini berfungsi untuk memperpendek jarak antara ilmuwan atau penulis serta masyarakat awam.

2. Artikel penuntun praktis

Artikel praktis biasanya dibuat untuk memberikan panduan, langkah demi langkah atau step by step saat melakukan sesuatu hal.

Ada banyak contoh artikel-artikel penuntun praktis yang ada saat ini, terlebih setelah internet muncul dan aktivitas menulis jadi salah satu hal yang umum dilakukan.

Misalnya tentang cara membuat artikel yang baik dan benar, cara menghapus akun google, cara menghapus latar belakang foto dan seterusnya.

3. Artikel politik

Artikel politik adalah jenis artikel yang berusaha menggambarkan atau menjelaskan hal-hal politik berdasarkan interpretasi penulis langsung.

Karena cakupan politik ini sangat luas, penulis bisa melihat keputusan atau aktivitas politik di dalam dan luar negeri, serta dampaknya.

Misalnya, debat calon presiden US dan visi-misinya dan dampaknya bagi dunia, baik langsung atau tidak langsung.

4. Artikel Hukum

Artikel hukum adalah jenis artikel yang ditulis berdasarkan kajian hukum atau peraturan perundang-undangan yang sudah ada.

Misalnya, tentang interpretasi pasal-pasal tertentu dari peraturan perundang-undangan yang dibuat oleh DPR dan dampaknya kepada masyarakat.

5. Artikel Budaya

Artikel budaya adalah artikel yang berisikan interpretasi atau kajian tentang kebudayaan tertentu dalam artian yang lebih luas.

Karena mengulas tentang budaya maka akan membahas soal karya dan karsa suatu kebudayaan secara langsung dalam artian yang lebih luas, termasuk itu kesenian.

6. Artikel ekonomi

Artikel ekonomi adalah artikel yang mengulas soal keadaan ekonomi dalam artian yang lebih luas entah itu makro dan mikro ekonomi.

Ada banyak contoh artikel ini terlebih setelah berbagai fenomena ekonomi terjadi misalnya, kenaikan harga bahan bakar, inflasi, digitalisasi perbankan dan seterusnya.

7. Artikel olahraga

Artikel budaya adalah jenis artikel yang isinya mengupas hal-hal yang berkaitan dengan olahraga entah itu sepakbola, bulu tangkis, basket, tenis meja dan lain sebagainya.

Misalnya, tentang pergelaran piala dunia, even Asian Games dan seterusnya. Jika ditulis dalam bahasa Indonesia, penulis biasanya menyoroti soal kontingen Indonesia.

Penutup

Hal pertama yang harus diperhatikan saat menulis artikel adalah menentukan jenis artikel apa yang akan ditulis.

Ini penting karena memilih jenis artikel yang tepat pada akhirnya bisa membuat proses penulisan artikel jauh lebih mudah dan gampang dilakukan.

Demikian artikel tentang macam-macam jenis artikel berdasarkan tujuan penulisan, gaya penulisan dan isinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

7 pemikiran pada “Macam-Macam Jenis Artikel Berdasarkan Tujuan, Gaya Penulisan dan Isi”

  1. Banyak yang tidak mau pusing nyari materi, ya jadinya punya orang dicomot. Saya mengalaminya dan buka satu orang yang kopas. Habis lah halaman saya terperosok jauh, dan ini susah sekali untuk menaikan lagi.

    Salam.

    Balas
  2. Ngenes banget udah susah payah bikin artikel, malah dicopas orang, saya udah report ke dmca tapi gagal, saya coba gugling dan akhirnya ketemu bagaimana cara report nya selain ke dmca langsung.
    Terimakasih banyak gan

    Balas
  3. saya jadi belajar banyak dari artikel ini. Boleh tidak kalau referensi dari blog lain. dan saya sudah cek plagiarsm untuk setiap artikel dan selalu 100 % lolos. Apakah yang saya lakukan benar ?

    Mohon masukannya

    Balas
    • Plagiarisme hanya mengecek berdasarkan nilai plagiat untuk kata-kata atau kalimat tertentu. Dan ia berbeda dengan similarity. Akan saya bahas topik ini di artikel berikutnya

      Balas

Tinggalkan komentar