Cara Transfer LinkAja ke ShopeePay atau ShopeePay ke LinkAja 2021

Sebelum transfer saldo LinkAja ke Shopeepay atau sebaliknya dari Shopeepay ke LinkAja pastikan akun anda sudah verifikasi.

Maksudnya gimana ya? Maksudnya adalah anda sudah verifikasi KYC pakai KTP dan foto selfie sembari memegang KTP.

Dalam beberapa kasus, anda mungkin harus verifikasi biometrik wajah seperti saat verifikasi di LinkAja.

Bagaimana jika belum verifikasi KYC? Maka fitur transfer uang di LinkAja dan tarik dana di Shopeepay tidak akan terbuka.

Kalau untuk beli produk digital, tiket, beli pulsa, bayar tagihan atau untuk keperluan lain tentu saja bisa.

Tapi ada batasan saldo dimana anda hanya boleh tambahkan 2 juta saja. Jika sudah KYC, maka limitnya bertambah jadi 10 juta.

Selain harus verifikasi, pastikan saldo anda sudah lebih dari cukup karena ada dua jenis biaya yang harus ditanggung oleh anda.

Pertama, biaya transfer saldo di LinkAja dan kedua biaya top up saldo yang diberlakukan kepada setiap pengguna ShopeePay.

Cara Transfer LinkAja ke ShopeePay atau ShopeePay ke LinkAja 2021

Lantas bagaimana cara transfer saldo LinkAja ke ShopeePay atau ShopeePay ke LinkAja? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Cara transfer LinkAja ke ShopeePay 2021

Pertama yang mau saya bahas adalah cara transfer LinkAja ke Shopeepay atau cara top up Shopeepay lewat LinkAja.

Lantas, caranya gimana? Langsung ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka aplikasi LinkAja yang sudah terinstal di Ponsel anda dan sudah verifikasi KYC pakai KTP dan biometrik wajah. Kalau sudah, di beranda aplikasi, langsung Klik Kirim uang
Cara Transfer LinkAja ke ShopeePay atau ShopeePay ke LinkAja
  • Nantinya akan muncul beberapa metode pindahkan saldo LinkAja mulai dari Snap QR untuk pembayaran, Nomor telepon atau ke sesama pengguna LinkAja dan ke rekening Bank. Jika tujuan anda mau transfer saldo linkAja ke ShopeePay, pilih opsi terakhir yakni kirim ke Rekening Bank
Cara Transfer LinkAja ke ShopeePay atau ShopeePay ke LinkAja
  • Setelah itu tambahkan rekening tujuan dengan cara klik pilih tujuan bank terlebih jika sebelumnya anda belum pernah top up ShopeePay lewat LinkAja. Nantinya, akan terbuka laman baru untuk menambahkan bank penerima. Cari saja Bank Permata di kolom ini dan klik disitu
  • Berikutnya isi nomor rekening di kolom kosong yang tersedia. Untuk nomor rekeningnya dimulai dari angka 706┬ádiikuti nomor yang terdaftar di ShopeePay. Sebagai contoh, jika nomornya adalah 081344556677 akan menjadi 706081344556677. Kalau sudah, klik Lanjut
Cara Transfer LinkAja ke ShopeePay atau ShopeePay ke LinkAja
  • Setelah itu masukkan nominal transaksi atau nominal saldo yang mau ditransfer, Rp20.000 misalnya termasuk catatan trasfer, yang sifatnya oposional. Kalau sudah, klik simbol centang dibagian bawah
Cara Transfer LinkAja ke ShopeePay atau ShopeePay ke LinkAja
  • Akan muncul laman tinjau dan konfirmasi yang berisikan detail rekening penerima dan detail transaksi termasuk metode pembayaran dan biaya transaksi. Kalau yakin mau transfer, klik Konfirmasi dibagian bawah
Cara Transfer LinkAja ke ShopeePay atau ShopeePay ke LinkAja

Setelah itu masukkan PIN akun LinkAja milik anda dan otomatis dana akan ditransfer ke Shopeepay.

Perhatikan, biaya transfer atau biaya admin saat transfer saldo LinkAja ke Shopeepay cukup besar yakni Rp6.500.

Karena itu, sebelum transfer saldo, pastikan saldonya lebih dari cukup. Anda juga dikenakan biaya top up dari Shopeepay sebesar Rp500.

Misalnya nih, jika top up Rp10.000 maka saldo yang masuk hanyalah Rp9.500. Dan ini berlaku juga saat top up ShopeePay dari DANA, OVO atau Gopay.

Limit harian untuk transaksi kirim uang atau transfer ke rekening bank di aplikasi LinkAja dibatasi Rp2 juta per hari. Jadi anda tidak boleh isi saldo lebih dari nominal diatas.

2. Cara transfer ShopeePay ke LinkAja

Lantas, bagaimana jika sebaliknya? Untuk transfer ShopeePay ke LinkAja atau cara top up LinkAja dari ShopeePay?

Sama seperti cara yang sudah saya ulas di artikel sebelumnya terkait ShopeePay seperti cara top up DANA atau Gopay dari Shopeepay.

Artinya, untuk sekarang, pengguna belum bisa top up saldo LinkAja dari ShopeePay secara langsung.

Sebab shopeepay belum memungkinkan pengguna untuk memidhakan saldo pakai nomor virtual account yang diperoleh dari LinkAja.

Dengan begitu, harus manfaatkan berbagai alternatif seperti mentransfer saldo linkaja ke rekening bank atau digital banking.

Dan ini sudah saya coba sendiri. Karena kemarin, saat tambakan nomor VA dan kode perusahaan di kolom tambahkan bank di ShopeePay, nomor itu gagal di verifikasi.

Jadi, harus tambahkan nomor rekening bank yang valid dan bukan nomor virtual account dari bank.

Kalau rekening bank berhasil di verifikasi, saldonya bisa langsung ditarik. Jika pakai BRImo atau Mbanking BNI, langsung pindahkan juga saldonya ke LinkAja.

Memang sih, ada biaya yang dibebankan kepada anda seperti biaya transfer dan biaya top up. Tapi nominalnya tidak terlalu besar.

Kalau cara diatas cukup ribet, bisa coba cara lain seperti memanfaatkan layanan convert saldo LinkAja yang ada di aplikasi Shopee dengan metode pembayaran ShopeePay.

Atau mungkin bisa dibelikan pulsa di merchant Shopee. Jika pulasnya sudah masuk, convert jadi saldo LinkAja.

Tapi cari yang ratenya tinggi karena rata-rata rate jasa convert pulsa diatas 0.70 bahkan ada yang 0.76.

Pada akhirnya, ketahui dulu tujuan anda mau top up saldo saldo Shopeepay agar tidak mengalami masalah yang sama seperti diatas.

Terlebih untuk pengguna yang belum punya rekening bank baik itu bank konvensional atau bank digital.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Kenapa Saat top up Shopeepay lewat LinkAja gagal?

Ada banyak alasan. Pertama, ada kemungkinan nomor VA yang digunakan itu tidak valid.

Agar valid, bisa pakai bank permata. Saya sendiri sudah coba semua nomor VA yang disediakan oleh Shopeepay tapi semuanya tidak valid.

Entah itu BRI, BNI, BCA, Mandiri, SeaBank dan lain sebagainya. Jadi, untuk sekarang, pakai Permata saja.

Saya juga akan terus update postingan ini untuk memastikkan apakah nomor VA permata bank masih valid atau tidak.

2. Berapa biaya transfer linkaja ke shopeepay?

Soal ini sudah saya sebutkan diatas dan biayanya cukup besar yakni Rp6.500 per transaksi dibawah Rp50.000.

Bagaimana jika transfer lebih dari nominal tersebut? Tetap akan dikenakan biaya yang sama.

Jadi pastikan saldo anda cukup agar transaksi bisa diproses. Ketahui juga kalau akan ada potongan top up di Shopeepay dari saldo yang barusan ditransfer.

3. Apakah bisa transfer saldo LinkAja ke Shopeepay tanpa verifikasi KTP?

Jawaban dari pertanyaan ini juga sudah saya sebutkan diatas, yang mana, anda tidak bisa transfer saldo LinkAja ke rekening bank atau ke ewallet lain termasuk Shopeepay jika belum verifikasi KTP.

Penutup

Ada banyak alasan mengapa ingin pindahkan saldo antar ewallet. Jika tujuannya ke Shopeepay, mayoritas digunakan untuk bayar pesanan.

Daripada harus ke ATM hanya untuk transfer uang. Mending isi saldo Shopeepay saja terlebih jika limit saldo LinkAja milik anda lebih dari cukup.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini bisa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara transfer saldo LinkAja ke Shopeepay atau Shopeepay ke LinkAja. Semoga artikel ini bsia bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar