Cara Transfer LinkAja ke Gopay atau Gopay ke LinkAja 2021

Jika ada dari anda yang pengen transfer saldo dari LinkAja ke Gopay atau sebaliknya dari Gopay ke LinkAja, simak artikel ini sampai habis.

Seperti dompet digital lain, yang mana salah satu syarat agar bisa transfer saldo ke rekening bank atau ke dompet digital lain, harus verifikasi KYC dulu.

Know your costumer atau KYC merupakan salah satu syarat legal dari OJK untuk melegalkan penggunaan aplikasi.

Sebenarnya, tanpa verifikasi KYC pun pengguna bisa gunakan dompet digital tersebut tapi khusus untuk produk digital.

Misalnya, top up saldo, beli pulsa, kuota internet, bayar tagihan Telkom, PDM dan lain sebagainya.

Tapi tidak dengan tarik tunai atau transfer saldo. Artinya, jika pengen ikuti langkah-langkah yang saya ulas dibawah, status akun LinkAja dan Gopay sudah harus Full Service.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari cara transfer saldo LinkAja ke Gopay atau cara transfer saldo Gopay ke LinkAja, teruskan baca artikel ini.

Cara Transfer LinkAja ke Gopay atau Gopay ke LinkAja 2021

Lantas, bagaimana untuk transfer saldo LinkAja ke Gopay atau sebaliknya dari Gopay ke LinkAja 2021? Pasti penasaran, kan? Berikut langkah-langkahnya:

1. Cara Transfer LinkAja ke Gopay 2021

Pertama yang mau saya bahas adalah cara transfer saldo LinkAja ke Gopay atau cara top up saldo Gopay lewat LinkAja 2021, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi LinkAJa yang status akunnya sduah Full Service. Jika sudah, klik kirim di beranda aplikasi
Cara Transfer LinkAja ke ShopeePay atau ShopeePay ke LinkAja
  • Akan muncul beberapa metode transfer saldo LinkAja. Karena disini menggunakan nomor VA yang ada di Gopay, pilih opsi Rekening Bank seperti yang saya tandai merah pada gambar dibawah
Cara Transfer LinkAja ke ShopeePay atau ShopeePay ke LinkAja
  • Setelah itu, pilih tujuan bank dan pada kolom pencarian yang muncul cari Bank Permata terlebih jika sebelumnya anda belum pernah transfer saldo LinkAJa ke nomor Gopay yang sama
  • Setelah itu akan muncul laman untuk memasukkan rekening bank penerima. Di kolom kosong yang tersedia, isi dengan angka 898 diikuti nomor yang terdaftar di Gopay. Sebagai contoh, jika nomor yang terdaftar adalah 081233445566 maka akan menjadi 898081233445566. Setelah input nomor rekeningnya, langsung klik Lanjut dibagian bawah
Cara Transfer LinkAja ke Gopay atau Gopay ke LinkAja
  • Kalau sudah, masukkan nominal saldo LinkAja yang mau ditransfer atau dipindahkan ke Gopay, Rp20.000 misalnya lalu klik tombol centang dibagaian bawah
Cara Transfer LinkAja ke Gopay atau Gopay ke LinkAja
  • Setelah masuk ke kolom tinjau dan konfirmasi yang berisikan detail rekening penerima, detail transaksi dan metode pembayaran, klik Konfirmasi dibagain bawah jika penerima dananya sudah benar 
Cara Transfer LinkAja ke Gopay atau Gopay ke LinkAja

Selain dengan menggunakan nomor virtual account permata bank, anda juga bisa gunakan nomor VA CIMB Niaga.

Nomor VA atau nomor rekeningnya dimulai dari angka 2849 diikuti nomor yang terdaftar di Gopay.

Saya sendiri sudah coba kemarin dan ternyata nomornya masih valid. Jadi bisa gunakan juga nomor tersebut.

Perhatikan, biaya admin atau biaya transaksinya cukup besar yakni Rp6.500. Karena itu, pastikan saldo anda lebih cukup sebelum transaksi.

Usahakan juga untuk transfer saldo dalam jumlah besar, Rp100.000 atau lebih agar biaya adminya tidak terasa besar sekali.

2. Cara Transfer Gopay ke LinkAja

Sejauh ini, ada dua jenis dompet digital yang tidak menyediakan opsi transfer saldo antar eWallet yakni ShopeePay dan LinkAja, termasuk ke Gopay.

Artinya, untuk sekarang ini, pengguna LinkAja belum bisa transfer saldo aktif mereka ke Gopay sekalipun status akunnya sudah Full Service.

Maksudnya gimana sih? Maksdunya, anda tidak bisa gunakan kode perusahaan, kode transfer atau mungkin nomor BRIVA di LinkAja untuk top up saldo.

Bukan hanya Gopay tapi juga dompet digital lain seperti DANA, OVO, AstraPay atau yang lainnya.


Baca Juga:


Dengan demikian, jika mau tambah saldo Gopay lewat linkAja, harus gunakan beberapa opsi lain yang tersedia.

Apa saja opsinya? Ada banyak. Cara paling mudah adalah dengan memindahkan dulu saldo Gopay anda ke ke rekening bank, BRI atau BNI misalnya.

Jika saldonya sudah berhasil masuk, langsung top up ke LinkAja. Lebih instan lagi jika anda pakai fasilitas mobile Banking, BRImo misalnya.

Karena rata-rata aplikasi mobile bangking menyediakan fitur top up saldo eWallet, salah satunya ke LinkAja.

Atau, opsi lainnya yang banyak tersedia sekarang ini. Misalnya, bisa transfer dulu ke Flip dan dari Flip lalu dipindahkan lagi ke DANA.

Sekilas, cara kerjanya kurang lebih sama seperti transfer ke rekening bank. Selain itu, anda juga tetap akan dikenakan biaya transfer dari Gopay.

Termasuk juga dibelikan Pulsa dan apabila pulsanya sudah masuk, bisa order jasa convert pulsa jadi uang tunai.

Hanya saja, ratenya cukup tinggi, bisa sampai 0.74 untuk top up diatas 300.000. Dengan kata lain, jika convert pulsa Rp300.000 maka yang masuk ke LinkAja hanya Rp222.000.

Cara yang terakhir ini tidak saya sarankan karena biayanya yang besar. Termasuk juga saat order jasa tambah saldo LinkAja yang banyak tersedia diluar sana.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait dengan postingan ini bakal saya ulas dalam bentuk QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Mengapa pengguna tidak bisa top up saldo LinkAja dari Gopay?

Soal ini saya tidak tahu alasannya apa. Mungkin karena fokus LinkAja yang masih ke pembayaran satu arah.

Dengan demikian, pengguna dompet digital lain belum bisa pindahkan saldo elektroniknya ke dompet digital milik Telkomsel ini.

Namun, fitur dasarnya kurang lebih sama seperti dompet digital pada umumnya. Dimana bisa bayar tagihan, beli pulsa, simpan uang dalam jumlah terbatas, manfaatkan paylater dan seterusnya.

2. Berapa biaya admin transfer saldo Gopay ke LinkAJa?

Seperti yang saya sebutkan diatas, karena pengguna tidak bisa transfer saldo Gopay ke LinkAja, maka tidak ada biaya admin.

Artinya, pertanyaan diatas tidak relevan dengan postingan ini dan alasannya sudah saya ulas diatas.

3. Apa saja kode transfer LinkAja ke Gopay?

Untuk kode transfernya sudah saya bahas diatas. Agar lengkap, biar saya ulas sekali lagi.

Ada dua opsi bank yang bisa digunakan disini. Pertama, Permata Bank dan kedua CIMB Niaga Bank.

Untuk Permata Bank, kode transfernya adalah 898 diikuti nomor yang terdaftar di Gopay.

Sementara, jika pilih CIMB Niaga, kode transfernya adalah 2849 diikuti nomor yang terdaftar juga di aplikasi tersebut.

4. Apakah ada cara transfer saldo dari LinkAja ke Gopay tanpa kena biaya admin?

Maksudnya, apakah ada cara transfer uang dari LinkAja ke Gopay tanpa ada biaya transfer? Jika Ya, jawabannya Tidak.

Artinya, sejauh ini, belum ada cara legal yang memungkinkan pengguna transfer saldo LinkAja ke dompet digital lain atau ke rekening bank tanpa kena biaya admin, termasuk ke Gopay.

Penutup

Sekalipun LinkAja masih punya beberapa kelemahan tapi dompet digital satu ini tetap bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Bahkan ada promo cashback atau potongan untuk berbagai transaksi. Misalnya, saat bayar tagihan Indihome atau beli pulsa di saat-saat tertentu.

Jika ada masukkan, koreksi atau mungkin pertanyaan terkiat postingan ini bisa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara transfer saldo LinkAja ke Gopay atau Gopay ke LinkAja 2021. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar