Cara Transfer Saldo LinkAja ke DANA Atau DANA ke LinkAja 2021

Mau tahu cara transfer saldo LinkAja ke DANA atau sebaliknya, dari DANA ke LinkAja di tahun 2021 ini? Jika iya, simak artikel ini sampai habis.

Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin pindahkan saldo LinkAja atau saldo DANA ke dompet digital lain.

Misalnya, mau top up kartu uang elektronik seperti BNI Tapcash, Mandiri E-Money atau BRI Brizzi tapi saldo linkAja kosong.

Atau misalnya, pengen transfer uang beberapa kali tapi takut kena biaya admin yang besar di LinkAja, inisiatif pun muncul untuk transfer dulu ke DANA.

Sebab DANA adalah salah satu dompet digital yang memungkinkan pengguna dapat transfer gratis 10x per bulan.

Hanya saja, sebelum transfer saldo antar dua dompet digital tersebut, pastikan anda sudah verifikasi KYC pakai KTP dan foto selfie.

Artinya, status akun DANA anda sudah premier dan status akun LinkAja milik anda sudah full service.

Bagaimana jika belum verifikasi KYC? Fitur transfer ini tidak bisa digunakan. Top up bisa tapi untuk ditarik cash tidak bisa.

Meski demikian, pengguna tetap bisa beli produk digital seperti bayar tagihan pascabayar, listrik, Telkom, cicilan, BPJS atau untuk dibelikan voucher digital.

Cara Transfer LinkAja ke DANA atau DANA ke LinkAja 2021

Lantas, bagaimana cara transfer saldo dari LinkAja ke DANA atau sebaliknya, dari DANA ke LinkAja? Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Cara Transfer LinkAja ke DANA 2021

Pertama yang akan saya bahas adalah cara transfer LinkAja ke DANA atau cara top up saldo DANA dari LinkAja.

Penasaran caranya gimana? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi LinkAja yang sudah terinstal di ponsel anda. Jika sudah atur pin, masukkan PIN agar bisa diarahkan ke beranda aplikasi. Setelah masuk ke beranda, langsung klik tombol Kirim
Cara Transfer LinkAja ke ShopeePay atau ShopeePay ke LinkAja
  • Nantinya akan muncul tiga menu transfer saldo mulai dari QRIS, ke nomor telepon atau sesama pengguna LinkAja dan juga ke Rekening Bank. Pilih opsi yang terakhir yakni rekening bank
Cara Transfer LinkAja ke ShopeePay atau ShopeePay ke LinkAja
  • Berikutnya, cari rekening bank jika sebelumnya anda belum pernah top up saldo DANA dari LinkAja. Jika nomornya belum ada dalam riwayat atau transaksi terakhir, klik tombol Pilih Tujuan Bank
Cara Transfer LinkAja ke ShopeePay atau ShopeePay ke LinkAja
  • Akan muncul daftar bank yang bisa digunakan untuk transfer saldo. Di tahap ini, cari bank PERMATA lalu klik disitu
Cara Transfer LinkAja ke Gopay atau Gopay ke LinkAja
  • Jika sudah, akan muncul laman isian nomor rekening untuk transfer ke Bank permata. Di kolom kosong yang tersedia, isi dengan kode ini 85280 diikuti nomor yang terdaftar di DANA. Setelah input, klik tombol Lanjut dibagian bawah
Cara Transfer LinkAja ke DANA atau DANA ke LinkAja
  • Lalu masukkan jumlah saldo LinkAja yang mau ditransfer, Rp10.000 misalnya. Kalau sudah, klik icon centang yang ada dibagian bawah
Cara Transfer LinkAja ke DANA atau DANA ke LinkAja
  • Terakhir akan muncul laman tinjau dan konfirmasi yang berisikan informasi rekening bank penerima, nominal saldo yang ditransfer, biaya admin, total dana yang terpotong dan metode pembayaran. Kalau semuanya sudah benar, klik Konfirmasi dibagian bawah
Cara Transfer LinkAja ke DANA atau DANA ke LinkAja

Nantinya, anda diminta untuk memasukkan PIN akun LinkAja untuk mengkonfirmasi transaksi dan otomatis saldo akan di transfer.

Jika transaksi berhasil, silahkan screenshoot pemberitahuannya untuk dijadikan sebagai bukti transfer sesuai keinginan.

Perhatikan, biaya admin atau biaya transfernya cukup besar yakni Rp6500 per transaksi. Jadi pastikan saldo anda lebih dari cukup sebelum transfer.

2. Cara Transfer DANA ke LinkAja 2021

Di artikel saya sebelumnya dalam kategori payment service, ada dua dompet digital yang tidak menyediakan opsi top up pakai virtual account yakni LinkAja dan ShopeePay.

Tapi ada perbedaan antar keduanya. Kalau di ShopeePay, anda tidak bisa tarik saldo ke dompet digital lain, DANA dan OVO misalnya.

Jadi, opsi penarikannya hanya tersedia ke rekening bank apa saja, entah itu bank konvensional seperti BRI atau Bank digital seperti Bank Jago.

Sementara, kalau di LinkAja, pengguna tidak bisa tambah saldo elektronik dari dompet lain seperti OVO, Gopay dan DANA.


Baca Juga:


Artinya apa? Artinya, untuk sekarang, pengguna DANA tidak bisa pindahkan saldonya ke LinkAja secara langsung.

Saya sendiri sudah coba pakai semua nomor Virtual Account dan Kode perusahaan serta opsi lain yang tersedia tapi nomor rekeningnya tidak valid.

Inilah yang jadi alasan mengapa saya menyebut kalau pengguna DANA tidak bisa transfer saldo ke LinkAja.

Apakah ada alternatifnya? Tentu saja ada. Jika ada, apa alternatifnya? Banyak. Seperti transfer dulu saldo DANA milik anda ke rekening bank.

Nantinya, dari rekening bank, anda dipindahkan lagi uangnya ke LinkAja. Lebih bagus sih kalau pakai Mobile Banking seperti BRImo karena fitur top up eWallet dapat diakses dengan mudah.

Selain itu, anda juga bisa gunakan aplikasi tambahan lain seperti AyoPop, karena tersedia opsi top up juga ke LinkAja.

Jika daftar di AyoPop, pastikan nomor yang terdaftar sama dengan yang ada di LinkAja. Jika beda, ada kemungkinan transaksi gagal dilakukan.

Atau mungkin pakai jasa pindahkan saldo seperti web ahli pulsa. Di situs tersebut anda bisa order nominal saldo LinkAja yang mau di top up.

Setelah order, atur metode pembayarannya ke DANA. Untuk saat ini, pembayarannya bisa pakai QRIS. Jadi, transaksinya bakal lebih cepat.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Mengapa tidak bisa transfer saldo DANA ke LinkAja? Apa Alasannya?

Sebenarnya, bukan hanya DANA saja termasuk Gopay, OVO, ShopeePay dan AstraPay.

Artinya, semua jenis dompet digital diatas tidak bisa digunakan untuk top up saldo LinkAja secara langsung.

Dengan demikian, satu-satunya opsi top up yang tersedia hanyalah lewat rekening bank, termasuk ke merchant dan mitra LinkAja serta ke Grapari.

Mungkin saja karena dompet digital satu ini fokus ke pembayaran satu arah saja termasuk untuk memudahkan pengguna bayar cicilan.

Meski punya banyak kekurangan, tapi LinkAja tetap populer meskipun masih kalah sama DANA, OVO atau Gopay.

2. Berapa biaya transfer atau biaya admin saat transfer saldo DANA ke LinkAja?

Karena opsi transfer langsung antar dua dompet digital itu tidak tersedia, jadi biaya adminnya tidak ada.

Pertanyaan diatas juga tidak relevan mengingat flesibilitas transaksinya sebagaimana yang sudah saya jelaskan dibagian atas.

3. Apakah ada cara transfer saldo LinkAja ke DANA tanpa kena biaya admin atau biaya transfer?

Sejauh ini, untuk transfer saldo dari LinkAja ke dompet digital lain termasuk ke rekening bank atau ke bank digital tetap kena biaya adminnya.

Biaya transfernya setara dengan saat dari satu bank ke bank lain, BRI ke BCA misalnya.

Intinya, sejauh ini, tidak ada opsi transfer saldo LinkAja ke DANA tanpa kena biaya admin.

Penutup

Sekalipun LinkAja masih ada kekurangan serta biaya adminya yang tinggi, tapi dompet digital tersebut tetap layak digunakan.

Fitur-fitur dasarnya pun kurang lebih sama seperti dompet digital kebanyakan. Artinya, ada kekurangan dan ada kelebihan sendiri.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini bisa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara transfer saldo LinkAja ke DANA atau dari DANA ke LinkAja 2021. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar