Cara Transfer LinkAja ke AstraPay atau AstraPay ke LinkAja 2021

Untuk anda yang ingin tahu cara transfer saldo LinkAja ke AstraPay atau sebaliknya, dari AstraPay ke LinkAja, simak artikel ini sampai habis.

Mungkin beberapa dari anda belum tahu kalau perusahaan Astra punya dompet digital sendiri yang disebut AstraPay.

Tentu saja, jika dibandingkan dengan LinkAja atau DANA, AstraPay masih kurang populer penggunananya.

Fitur umumnya kurang lebih sama seperti ewallet lain dimana bisa terima dana, transfer uang, beli pulsa, bayar tagihan dan cicilan.

Jika punya cicilan atau kredit di semua produk Astra entah itu Maucash atau FIF Grup, lebih efisien pakai dompet digital satu ini.

Mengapa? Karena bisa bayar cicilan langsung dari aplikasi tanpa harus ke kantor atau ATM hanya bayar tagihan yang sudah jatuh tempo.

Ada juga fitur paylater yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, belanja online atau bayar cicilan juga.

Perhatikan, agar bisa transfer saldo AstraPay dan LinkAja alias supaya fitur transfernya bisa digunakan, pastikan status akun sudah verifikasi KYC.

Artinya, akun AstraPay milik anda sudah berstatus Preferred dan status akun LinkAja milik anda sudah Full Service.

Jika sudah, langsung ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk top up saldo LinkAja dari AstraPay atau sebaliknya, untuk top up AstraPay dari LinkAja.

Cara Transfer LinkAja ke AstraPay atau AstraPay ke LinkAja 2021

Lantas, bagaimana cara transfer saldo LinkAja ke AstraPay atau sebaliknya dari AstraPay ke LinkAja? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Cara Transfer LinkAja ke AstraPay 2021

Pertama yang mau saya bahas adalah cara transfer saldo LinkAja ke AstraPay atau cara top up AstraPay dari LinkAja.

Penasaran caranya gimana? Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka aplikasi LinkAja yang terinstal di ponsel anda dan statusnya sudah Full service. Setelah masuk ke beranda aplikasi, langsung klik tombol Kirim uang
Cara Transfer LinkAja ke ShopeePay atau ShopeePay ke LinkAja
  • Akan muncul beberapa metode transfer saldo salah satunya ke rekening bank. Pilih opsi ini jika tujuan anda mau top up AstraPay dari LinkAja
Cara Transfer LinkAja ke ShopeePay atau ShopeePay ke LinkAja
  • Jika ini merupakan transaksi pertama anda, langsung klik tulisan Pilih tujuan bank dan cari PERMATA Bank di dafar bank yang tersedia seperti yang saya tandai merah pada gambar kedua dibawah
  • Kalau sudah, masukkan nomor VA Permata Bank yang diperoleh dari AstraPay. Untuk mendapatkannya, pilih klik Top Up di beranda akun AstraPay> ATM> lalu pilih PERMATA Bank. Agar lebih mudah, masukkan saja kode ini 8577005 diikuti nomor yang terdaftar di AstraPay tanpa menyertakan 4 angka pertama. Misalnya, nomornya adalah 081233445566 maka yang digunakan hanyalah 33445566. Dengan demikian, jika digabungkan dengan kode VAnya akan menjadi 857700533445566. Setelah memasukkan nomor rekening, klik Lanjutkan dibagian bawah
Cara Transfer LinkAja ke AstraPay atau AstraPay ke LinkAja
  • Setelah itu, masukkan nominal atau jumlah saldo LinkAJa yang mau ditrnasfer ke AstraPay, Rp10.000 misalnya. Kalau sudah, klik icon centang dibagian bawah untuk mengkonfirmasi
Cara Transfer LinkAja ke AstraPay atau AstraPay ke LinkAja
  • Lalu akan muncul rincian transfer saldo mulai dari bank penerima, rekening penerima, detail transfer, biaya transfer dan informasi lain. Jika yakin mau pindahkan saldo, klik tombol Konfirmasi dibagian bawah
Cara Transfer LinkAja ke AstraPay atau AstraPay ke LinkAja

Berikutnya, masukkan PIN akun LinkAja untuk mengkonfirmasi transaksi dan otomatis uang akan ditransfer.

Selain menggunakan nomor VA PERMATA Bank, anda juga bisa pakai nomor VA Bank CIMB Niaga yang diperoleh dari AstraPay.

Untuk kodenya sendiri dimulai dari 6609 diikuti nomor yang terdaftar di Astrapay tanpa kode negara dan angka pertama nomor tersebut.

Misalnya nih, apabila nomor yang terdaftar di AstraPay adalah 081233445566 maka yang digunakan hanyalah 81233445566.

Dengan begitu, saat digabungkan dengan nomor virtual account CIMB Niaga akan menjadi 660981233445566.

Agar jelas, bisa lihat kode transfer LinkAja ke AstraPay pada tabel dibawah ini:

BankKode transferKeterangan
PERMATA BANK8577005Diikuti nomor yang terdaftar di AstraPay tanpa menyertakan kode negara dan empat nomor pertama di nomor yang terdaftar
CIMB Niaga6609 Diikuti nomor yang terdaftar di AstraPay tanpa menyertakan kode negara dan nomor kartu perdana pertama yakni 0

Perhatikan, biaya transfer saldo LinkAja cukup besar yakni Rp6.500 per transaksi, yang biayanya sama saat pindahkan saldo dari AstraPay ke dompet digital lain.

Intinya, pastikan jumlah saldo LinkAja milik anda cukup sebelum transaksi karena biaya admin atau biaya transfernya tersebut.

2. Cara Transfer AstraPay ke LinkAja 2021

Lantas, bagaimana sebaliknya untuk transfer saldo AstraPay ke LinkAja? Apakah bisa? Jika bisa, biaya adminya berapa?

Seperti yang saya sebutkan di artikel-artikel sebelumnya, yang mana, untuk sekarang, pengguna tidak bisa top up saldo LinkAja dari dompet digital lain termasuk AstraPay.

Maksudnya gimana? Maksudnya, anda tidak bisa transfer saldo dari AstraPay ke LinkAja secara langsung pakai nomor VA atau kode perusahaan LinkAja.

Nomor VA dan kode perusahaan inilah yang digunakan untuk top up. Dan satu-satunya metode yang tersedia hanyalah via m-banking, bank digital, ATM serta merchant Telkomsel.

Apakah ada opsi lain? Tentu saja ada. Jumlahnya pun banyak. Mulai dengan transfer saldo AstraPay ke rekening bank.


Baca Juga:


Apabila saldonya sudah masuk ke rekening bank, tinggal buka m-banking atau ke ATM lalu di top up ke LinkAja seperti biasa.

Perhatikan, sebelum transfer, pastikan saldo anda mencukupi karena biaya admin atau biaya transfernya sama seperti di LinkAja yakni Rp6.500 per transaksi.

Selain dengan top up ke rekening bank, anda juga bisa gunakan jasa top up LinkAja di merchant toko online, Shopee misalnya.

Atau mungkin menggunakan jasa tambah saldo LinkAja di beberapa layanan dengan opsi pembayaran AstraPay.

Termasuk juga menggunakan jasa convert pulsa, yang tidak saya sarankan penggunaanya. Mengapa demikian?

Karena biayanya cukup besar. Pertama, potongan saat beli pulsa di Astrapay, kedua biaya transfer pulsa dan terakhir ratenya.

Misalnya nih, anda beli pulsa Rp300.000 di AstraPay, yang sekarang masih gratis. Jadi, anggap saja anda tidak tanggung biayanya.

Setelah itu, anda transfer ke nomor yang sudah disiapkan penyedia jasa. Transfernya sih ke sesama pengguna Telkomsel.

Tapi, jika nominal pulsa anda hanya Rp300.000 maka yang bisa transfer hanya Rp290.000 sebab biaya transfernya adalah Rp10.000 per transaksi.

Setelah itu, akan ada potongan atau rate sebesar 0.76 tergantung penyedia jasa. Silahkan kalikan saja 290.000 x 0.76 maka yang masuk ke LinkAja hanyalah Rp220.400.


FAQ

Untuk beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apakah ada cara transfer saldo LinkAja ke AstraPay tanpa kena biaya admin?

Sejauh ini, tidak ada cara yang memungkinkan anda top up saldo AstraPay dari LinkAja tanpa kena biaya admin.

2. Berapa biaya top up saldo AstraPay dari LinkAja?

Diatas sudah saya sebutkan bahwa pengguna AstraPay tidak bisa transfer saldo ke LinkAja secara langsung.

Dengan demikian, anda tidak dikenakan biaya apa-apa alias tidak ada biaya transfernya.

3. Apakah ada cara transfer saldo AstraPay ke LinkAja tanpa kena biaya admin?

Pertanyaan ini masih punya kaitan dengan pertanyaan sebelumnya. Intinya, tidak ada biaya yang harus dikeluarkan karena opsi transfernya tidak tersedia atau tidak bisa dilakukan.

Penutup

Menggunakan dompet digital untuk memenuhi segala kebutuhan mungkin jadi salah satu kebiasaan banyak orang di era sekarang.

Meski ada beberapa dompet digital yang tidak menawarkan fleksibilitas seperti untuk transfer antar dompet digital secara langsung pakai nomor virtual account.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini jangan lupa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara transfer saldo LinkAja ke AstraPay atau sebaliknya, dari AstraPay ke LinkAja 2021. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar