LINE Bank by HANA Bank: Syarat, Cara Buka Rekening, Request Kartu Debit & Casback Rp150.000

Kemarin saya buka rekening baru di LINE Bank secara online. Prosesnya tak terlalu lama, hanya butuh 30 menit lebih rekening sudah aktif.

Proses pembukaan rekening itulah yang saya tulis di artikel ini. Siapa tahu ada beberapa dari anda yang pengen buka rekening juga di bank digital satu ini.

Sebelum buka rekening, baiknya siapkan dulu syarat-syarat yang dibutuhkan, seperti:

  • Pembukaan rekening Line Bank hanya berlaku untuk Warga Negara Indonesia [WNI] tidak untuk Warga Negara Asing [WNA]
  • Pastikan usia anda sudah lebih dari 17 tahun, 0 bulan
  • Selain itu, pastikan juga anda punya E-KTP. Bisa pakai surat keterangan kalau blangko eKTP belum ada
  • Siapkan juga email dan nomor telepon aktif untuk melengkapi proses pembukaan rekening

Itu saja sih syarat yang dibutuhkan. Jika semua syarat diatas sudah terpenuhi, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk buat akun di LINE Bank.

Oh iya, ada dua langkah yang harus dilewati saat proses pembuatan rekening berlangsung. Pertama, membuat akun di aplikasi Line Bank.

Jika akun berhasil dibuat, akan muncul laman pembuatan rekening termasuk fitur lain, request kartu debit dan buka deposito misalnya.

Tapi di artikel ini saya fokus ke buat akun Line Bank dulu termasuk buka rekeningnya gimana. Berikut ulasannya untuk anda.

Cara Buka Rekening Line Bank 2021

Seperti yang saya sebutkan diatas, ada dua proses yang harus dilewati saat pembukaan rekening baru di LINE Bank. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buat akun Line Bank

Pertama, silahkan buat akun dulu di LINE Bank. Jika akun sudah jadi, akan muncul laman pembukaan rekening.

Untuk buat akun, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

a. Download dulu aplikasi Line Bank

LINE Bank by HANA Bank

Pertama, download dulu aplikasi Line Bank di Google Play Store atau iOS Store. Agar lebih mudah, bisa klik tautan ini.

Jika aplikasinya sudah terdownload, silahkan buka. Di tahap pertama, akan ada permintaan izin akses ke beberapa fitur ponsel seperti yang terlihat pada gambar diatas, mulai dari:

  • Kamera untuk ambil gambar eKTP, foto selfie dan pengaturan profil saat proses pembuatan akun dan setelahnya
  • Kontak yang memungkinkan anda menemukan kontak yang hendak dijadikan tujuan transfer
  • Lokasi untuk temukan lokasi cabang Bank Hana, booth LINE Bank, atau lokasi ATM Bank Hana serta untuk dapatkan promo dari mitra berdasarkan lokasi
  • Galeri foto untuk unggah foto saat mengatur profil akun
  • Mikrofon untuk melanajutkan eKYC lewat panggilan video Call
  • Notifikasi untuk terima notifikasi transaksi dan informasi penting lainnya
  • Otentikasi biometrik untuk dapat akses masuk dengan cepat dan aman lewat penggunaan biometrik atau sidik jari
  • Telepon untuk bantuan jika suatu saat anda hubungi Call Hana
  • Status telepon untuk mengoptimalkan semua kulaitas panggilan

Jadi ada banyak sekali izin akses yang harus diberikan saat proses pembukaan rekening. Tenang, aplikasi perbankan pun meminta izin yang sama.

Jadi bukan aplikasi ini saja. First impression, lebih transparan soal permintaan izin dibanding aplikasi bank digital lain.

Jadi, kalau yakin mau berikan izin akses terhadap semua fitur ponsel, langsung klik tombol OK dibagian bawah.

b. Buka rekening

Setelah itu anda akan diarahkan ke laman yang menginformasikan soal fitur apa saja yang ada ada di Line Bank.

Mulai dari kemudahan transaksi, bebas biaya dan bisa dapat cashback saat pakai kartu debit untuk transaksi.


Baca Juga:


Untuk memulai proses pembukaan rekening, klik tombol Mulai dengan LINE ID anda yang ada dibagian bawah.

Bagaimana jika ga punya LINE ID? Tentang, saat tombol mulai dengan LINE ID di klik, akan muncul laman baru untuk menghubungkan LINE ID dengan Line Bank.

Dibagian bawah, ada pilihan Lewati. Klik saja disitu untuk melanjutkan pembukaan rekening tanpa akun LINE. Jadi ga harus punya LINE untuk bisa buka rekening.

c. Setujui syarat dan ketentuan

LINE Bank by HANA Bank

Setelah itu anda diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan pendaftaran aplikasi Line Bank by Hana Bank.

Mulai dari definisi, ketentuan pendaftaran aplikasi LINE Bank by Hana Bank, manfaat dan risiko sampai keamanan.

Bisa baca informasi soal syarat dan ketentuannya satu per satu. Kalau setuju, klik tombol Setuju dibagian bawah untuk melanjutkan proses pembuatan akun.

d. Masukan nomor HP dan kode OTP

LINE Bank by HANA Bank

Setelah itu, anda diminta untuk memasukkan nomor HP di kolom pertama. Jadi, masukkan saja nomor telepon aktif milik anda.

Setelah nomor HP diinput, akan muncul tulisan Kirim OTP disebelahnya. Klik saja disitu untuk dapat One-Time-Password.

Kalau kode OTPnya sudah masuk, input pada kolom dibawahnya lalu klik Lanjut untuk setting PIN aplikasi.

Lalu atur detail login atau password anda. Diminta sih harus memasukkan 6-15 digit password dengan kombinasi huruf dan angka.

Kalau sudah atur password, klik tombol Lanjut dibagian bawah untuk melanjutkan proses pembukaan rekening di LINE Bank.

Nantinya, anda juga diminta untuk konfirmasi login password yang sama dengan konfirmasi pertama. Ikuti saja instruksinya sampai berhasil.

e. Buka tabungan

LINE Bank by HANA Bank

Usai mememasukkan password, anda langsung diarahkan ke beranda aplikasi. Di tahap ini, akan muncul permintaan izin akses lokasi perangkat.

Dalam kasus saya, ada dua opsi yang tersedia yaki Izinkan hanya saat aplikasi digunakan atau tolak sepenuhnya.

Tergantung anda. Baiknya diizinkan agar aplikasi bekerja optimal. Kalau sudah akan muncul beberapa fitur mulai dari Buka tabungan, deposito dan lain sebagainya.

2. Cara buka tabungan di LINE Bank

Setelah proses pembuatan akun Line Bank berhasil, langkah berikutnya adalah memulai proses pembuatan tabungan baru.

Lantas, bagaimana cara buka tabungan di Line Bank? Pasti penasaran, kan? Berikut langkah-langkahnya:

a. Buka tabungan

LINE Bank by HANA Bank

Setelah masuk ke beranda aplikasi, langsung klik tombol Buka tabungan dibagian atas atau bisa juga klik tulisan Yuk Mulai Line Bank! seperti yang terlihat pada gambar diatas.

b. Informasi fitur

LINE Bank by HANA Bank

Anda kemudian diarahkan ke informasi fitur di aplikasi LINE bank yang akan saya ulas dalam FAQ dibawah. Di tahap ini, langsung klik tombol Buat Tabungan

c. Masukkan nama tabungan

LINE Bank by HANA Bank

Setelah itu anda diminta untuk memasukkan nama tabungan. Terserah anda mau kasih nama apa tabungannya.

Kalau bingung mau beri nama apa, bisa klik tulisan Lanjut dibagian atas untuk mengosongkan nama tabungannya.

d. Isi informasi dasar nasabah

Berikutnya itu akan muncul beberapa tahap pembuatan rekening di LINE Bank, diantaranya:

  • Langkah pertama adalah masukkan alamat email aktif milik anda dan kode OTPnta. Jadi pastikan email tersebut valid dan aktif karena kode OTP akan dikirim ke email. Jika sudah, klik Lanjut dibagian bawah
LINE Bank by HANA Bank
  • Kedua, mengambil foto sembari memegang KTP. Pastikan sisi depan kartu dan wajah anda terlihat dengan jelas. Klik saja tombol Ambil foto untuk melanjutkan proses. Setelah itu, anda diminta untuk ambil foto eKTP. Pastikan foto terlihat dengan jelas alias tidak buram, ada cahaya berlebihan saat proses pengamblan foto. Untuk ambil foto eKTP, langsung klik tombol ambil FOTO. Nantinya, anda juga diminta untuk memverifikasi informasi dari KTP mulai dari No-EKTP, Nama, tempat lahir, tanggal lahir dan alamat eKTP. Termasuk juga informasi soal jenis kelamin dan status perkawinan. Pastikan semua informasi diatas sudah diinput dengan benar. Kalau sudah, klik tombol lanjut dibagian bawah. Sebelum itu, akan ada preview informasi soal apakah data diatas sudah sesuai dengan KTP? Jika sudah, klik Konfirmasi dan otomatis anda diarahkan ke step berikutnya
LINE Bank by HANA Bank
  • Lalu lengkapi data diri mulai dari data tentang pekerjaan, bidang usaha, nama perusahaan, alamat perusahaan. Termasuk soal informasi rekening seperti tujuan pembukaan rekening, sumber pendapatan dan pendapatan bulanan. Dibagian bawah, bisa input alamat domisili jika alamat di KTP sudah tidak sesuai dengan alamat sekarang. Kalau sudah, klik tombol Lanjut dibagian bawah. Akan muncul juga informasi untuk mengkonfirmasi data diri yang diinput mulai dari informasi dasar, data pekerjaan dan informasi rekening. Ada juga kolom deklarasi status wajib pajak. Centang saja kolom tersebut. Kalau sudah, klik Setuju dibagian bawah
LINE Bank by HANA Bank
  • Lalu setujui syarat dan ketentuan pembuatan rekening baru di LINE bank. Jika setuju, klik saja tombol Setuju dibagian bawah untuk melanjutkan proses registrasi
LINE Bank by HANA Bank
  • Berikutnya anda diminta untuk atur tanda tangan. Pastikan tanda tangan yang diinput sesuai dengan yang ada di eKTP. Lalu atur PIN Transaksi dimana anda diminta untuk atur 6 digit angka. Termasuk konfirmasi PIN Transaksi. Kalau sudah, klik Lanjut.
LINE Bank by HANA Bank
  • Terakhir, lakukan verifikasi identitas pakai video Call dengan CS LINE Bank. Layanan ini tersedia pada pukul 08:00 sampai 22.00 WIB. Oh iya, video Call ini akan direkam, jadi pastikan anda memberikan informasi yang tepat. Selain dengan video Call, juga bisa aktifkan akun di kantor cabang atau booth bank Hana dengan membawa eKTP. Jika ke kantor cabang bank Hana atau Booth, layannya hanya aktif pada 08:00 sampai 15.30 WIB di hari kerja yakni Senin-Jumat.
LINE Bank by HANA Bank

Pastikan anda lakukan verifikasi agar rekening aktif. Sepengalaman saya, jika verifikasi pakai Video Call, prosesnya tak lebih dari 3 menit.

CS hanya mengkonfirmasi saja data yang diinput. Diminta juga untuk sebutkan nama ibu kandung termasuk memegang eKTP bagian depan dan belakang di layar sama seperti saat foto selfie sembari memegang eKTP.

Setelah itu, akan ada informasi apakah rekening sudah berhasil dibuat atau gaga. Kalau berhasil, di aplikasi akan ada pemberitahuan seperti gambar dibawah.

LINE Bank by HANA Bank

Artinya, anda sudah berhasil buat akun di Line Bank. Jadi sudah bisa lakukan transaksi perbankan apapun mulai dari transfer, terima saldo dan lain sebagainya.

Cara Request kartu debit Line Bank

Karena rekening saya sudah aktif, hari ini saya mau request kartu debit untuk melihat prosesnya gimana dan durasi waktu yang dibutuhkan agar kartu itu sampai ke alamat.

Untuk request kartu debit, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Di beranda aplikasi Line Bank yang telah verifikasi, klik tulisan Buat kartu debit seperti yang saya tandai merah pada gambar referensi dibawah
LINE Bank by HANA Bank
  • Nantinya, anda akan diarahkan ke laman kartu debit LINE Bank. Langsung klik saja tombol Ajukan Kartu Debit
LINE Bank by HANA Bank
  • Akan muncul informasi informasi soal permintaan kartu debit sedang tinggi. Jadi, proses pengiriman akan memakan waktu lebih lama. Klik saja OK untuk melanjutkan
LINE Bank by HANA Bank
  • Selanjutnya pilih Jenis kartu debit yang mau digunakan. Untuk jenis kartunya ada beberapa. Sebagai contoh, saya pilih yang kartu VISA Cony untuk domestik dan luar negeri, lalu klik Lanjut dibagian bawah
LINE Bank by HANA Bank
  • Lalu pilih rekening yang digunakan untuk pembayaran biaya penerbitan kartu. Perhatikan, biaya penerbitan kartu yang pertama adalah gratis. Untuk penerbitan ulang, harus siapkan Rp50.000 yang terpotong langsung ke kartu. Karena saya baru terbitkan satu saja, dan masih gratis, langsung klik Lanjut disini
LINE Bank by HANA Bank
  • Lalu masukkan alamat pengiriman anda. Bisa pilih alamat domisili sekarang atau input alamat yang baru. Kalau sudah, klik Lanjut
LINE Bank by HANA Bank

Hanya saja, proses permintaan kartu debit saya tidak bisa diproses karena lokasi pengiriman belum didukung.

Baru Pulau Jawa saja yang bisa menggunakan fitur ini sementara saya tinggalnya di Sulawesi Utara,

Tapi, pada intinya, proses request kartu debit sama seperti diatas. Oh iya, penerbitan dan pengiriman kartu debit dilakukan secara istan langsung dari Bank Hana terkekat ke rumah.

Cashback 150Rb promo Welcome Bonus

Jika baru buat rekening baru di LINE Bank, ada promo yang diselenggarakan khusus untuk nasabah baru.

Disebut promo Welcome Bonus yang memungkinkan anda dapat Rp150 ribu yang langsung di kreditkan di akun anda.

Caranya sih cukup mudah dimana anda hanya perlu deposit sebesar Rp500.000 dalam waktu 7 hari setelah rekening berhasil dibuat.

Jika berhasil mempertahankan saldo dalam 17 hari maka anda akan dapat hadiahnya. Ulasan lebih lengkap soal promo ini bisa baca disini.


FAQ

Untuk beberapa pertanyaan terkait dengan postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa saja keuntungan buka Line Bank?

Sebelum buka rekening, pertanyaan pertama yang ditanyakan adalah apa saja keuntungan jika buka rekening di LINE Bank?

Keuntungan, dalam konteks ini, bisa diartikan sebagai kelebihan pakai Line Bank dibandingkan bank digital lain, Bank Jago atau TMRW ID misalnya.

Bagi saya pribadi, ada banyak keuntungan yang didapatkan, yang rinciannya bisa dilihat pada tabel dibawah ini:

Transfer antar bankTransfer uangBiaya
Line Bank ke Line BankGratis
Line Bank ke Bank lainGratis
Tarik uangPenarikan uangBiaya
ATM dan Cabang Hana BankGratis
Jaringan ATM Alto, Bersama dan PRIMAGratis

Jika ingin bayar tagihan atau beli pulsa pun mudah. Apakah ada biaya? Sepenuhnya gratis, yang rinciannya bisa lihat tabel dibawah:

Bayar dan BeliBiaya
Isi pulsaGratis
Tagihan teleponGratis
Prabayar PLNGratis
Pascabayar PLNGratis

Bahkan bisa cek transaksi dimanapun dan kapanpun. Anda juga akan dapat notifikasi jika ada transaksi yang terjadi.

Jadi, anda bisa atur kegiatan perbankan dengan mudah dan sederhana. Full-online juga. Jadi lebih praktis.

Fitur-fitur yang tersedia pun banyak, dengan berbagai keuntungan seperti:

  • Jika buka tabungan di LINE Bank, bisa dapat berbagai benefit seperti bebas biaya admin, bisa transfer dan tarik tunai di ATM serta ada fitur cek saldo dan mutasi rekening langsung di aplikasi
  • Juga bisa request kartu debit dengan tampilan unik khas LINE. Pengiriman kartu debit dilakukan Instan, meski masih terbatas pada beberapa wilayah
  • Bisa buka deposito juga di aplikasi dengan suku bunga menarik dengan penempatan dana rendah yakni Rp1 juta saja

2. Apakah ada biaya admin bulanan?

Ini salah satu kelebihan dari LINE Bank dimana tidak ada biaya administrasi bulanan yang dibebankan kepada nasabah. Jadi sepenuhnya gratis.

3. Berapa biaya setoran awal Line Bank?

Sepengalaman saya, setoran awalnya adalah Rp0 alias gratis. Kecuali jika pengen ikut promo Welcome Bonus.

Artinya, harus tempatkan uang Rp500 ribu, yang tidak bisa dianggap sebagai setoran awal.

4. Bagaimana cara isi saldo Line Bank by Hana Bank?

Untuk isi saldo Line Bank bisa menggunakan metode pembayaran apa saja pakai nomor rekening Hana Bank.

Agar jelas, soal ini akan saya ulas di artikel berikutnya. Jadi pastikan anda sering mampir di blog agar dapat update barunya.

5. Apa saja jenis kartu debit Line Bank yang tersedia?

Setelah buka rekening di LINE Bank, anda bisa request kartu debit meski terbatas untuk nasabah di pulau Jawa saja.

Desainnya keren-keren. Jenis kartu debitnya juga variatif. Dimana anda bisa pilih satu dari empat desain.

Mulai dari kartu GPN Brown untuk keperluan domestik serta kartu Visa Sally untuk domestik dan luar negeri.

Tersedia juga kartu Kartu VISA Cony untuk keperluan domestik dan luar Negeri sampai kartu visa BROWN untuk domestik dan luar negeri.

6. Apakah bisa buka rekening tanpa eKTP?

Salah satu syarat untuk bisa buka rekening di LINE Bank adalah eKTP. Artinya, jika belum punya eKTP, anda tidak memenuhi usia minimal untuk mendaftar.

Dengan demikian, anda tidak bisa buka rekening Line Bank tanpa eKTP. Jadi, pastikan punya eKTP dulu agar menikmati fasilitas pembukaan rekening di aplikasi.

7. Apakah saldo Line Bank bisa dikosongkan sampai Rp0?

Ya, saldo Line Bank bisa dikosongkan sampai Rp0 dan ini sudah saya buktikan sendiri. Jadi ga ada saldo mengendap.

Penutup

Tertarik buka rekening di bank digital satu ini? Jika iya, langsung unduh aplikasinya dan ikuti instruksi pembukaan rekening seperti yang sudah saya ulas diatas.

Prosesnya tidak berbelit-belit sehingga pembukaan rekening lebih cepat dilakukan tanpa harus ke kantor cabang atau minta deposit dulu agar aktif.

Kalau ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait dengan postingan bisa sampaikan di kolom komentar.

Demikian Review singkat soal LINE Bank by Hana Bank, termasuk syarat dan cara buka rekeningnya gimana. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar