Kuliner Adalah: Pengertian, Tujuan, Proses dan Contoh

Secara sederhana, kuliner adalah suatu proses membuat, menyajikan dan mencicipi masakan atau minuman.

Hanya saja, kata ini cukup general penggunaannya di era sekarang ini. Artinya, makna kata kuliner ini sendiri cukup luas.

Selain itu, kata kuliner sering diartikan sama dengan tata boga. Soal perbedaan antar dua istilah itu sudah saya ulas dibawah.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari definisi kuliner, jenis-jenis kuliner, prosesnya gimana sampai contoh, simak artikel ini sampai habis.

Apa itu Kuliner?

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas dimana kuliner adalah punya kaitan erat dengan teknik memasak sampai mencicipi suatu olahan makanan.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia [KBBI], kuliner adalah sesuatu yang berhubungan dengan masak-memasak.

Jika dilihat dari etimologis kata, kuliner merupakan kata serapan dari bahasa Latin, Culinarius yang artinya berkaitan dengan dapur.

Kata berkaitan dengan dapur ini punya dua makna. Pertama, dari daput dan kedua berkaitan dengan seni memasak.

Culinarius sendiri merujuk pada proses. Dengan demikian, kata bendanya adalah Culina yang berarti dapur, kompor dan makanan.

Dari pengertiannya diatas bisa dipastikan kalau istilah kuliner cukup luas penggunaan katanya. Begitupula kegiatan yang dilakukan.

Artinya, jika bicara kuliner, maka akan melibatkan berbagai aspek dalam proses masak-memasak sebagaimana yang dimaksud.

Mulai dari mempersiapkan bahan makanan, pengolahan, memasak sampai dengan penyajian makanan.

Tujuan Kuliner

kuliner adalah
via wanderlust.co.uk

Tujuan kuliner adalah bentuk dari penyelenggaraan kuliner yang merujuk pada keahlian mengolah makanan sampai siap di konsumsi.

Karena berbicara soal proses mempersiapkan makanan sampai siap dikonsumsi, maka ada beberapa tujuan dari kuliner, diantaranya:

1. Mengaplikasikan resep makanan

Paling pertama adalah untuk mengaplikasikan resep masakan yang mungkin sudah ada selama ratusan tahun lamanya.

Poin pertama inilah yang jadi alasan mengapa ada banyak sekali festival kuliner yang diselenggarakan di Indonesia.

Dengan demikian, resep tersebut tetap ada dan tetap diaplikasikan dalam proses mempersiapkan makanan sampai di konsumsi.

Faktor ini juga penting agar resep makanan tradisional tersebut tidak tergerus modernisasi dimana junk food dan makanan cepat saji mulai beredar luas.

2. Mengetahui warisan kuliner yang ada

Di Indonesia, tiap daerah punya warisan kuliner sendiri-sendiri. Dengan demikian, penyelenggaraan kuliner bisa memperkenalkan warisan-warisan tersebut.

Tujuan lain adalah untuk membentuk rasa bangga atas warisan budaya tersebut terlebih yang pengolahannya menggunakan bumbu dan rempah khas daerah.

3. Manfaat ekonomi

Terakhir berkaitan dengan kemanfaatan ekonomi dibalik kuliner. Dengan demikian, memanfaatkan warisan kuliner tersebut bisa jadi sumber penghasilan seseorang.

Ada banyak cara untuk mendapat manfaat kuliner tersebut. Mulai dari buka usaha kuliner, wisata kuliner, festival kuliner dan lain sebagainya.

Proses Kuliner

Proses kuliner tetap mengacu pada penyelenggaraan kuliner itu sendiri, yang dalam praktinya, melibatkan berbagai aspek dibawah ini seperti:

  • Pengetahuan soal seni mengolah makanan yang lezat, bergizi, sehat dan siap di hidangkan untuk di konsumsi oleh setiap orang
  • Ketrampilan memasak yang didalamnya berkaitan dengan kemampuan personal atau kelompok mengelola makanan tersebut yang didalamnya termasuk melihat, membaca sampai dengan mempraktikan ketrampilan tersebut
  • Pemahaman tentang proses memasak termasuk didalamnya ilmu pengolahan berbagai bahan makanan, termasuk pengetahuan atas sifat, asal bahan dan keadaan
  • Ketrampilan menyajikan makanan yang merupakan proses akhir dari kuliner itu sendiri. Ketrampilan ini sendiri melibatkan pengetahuan soal alat dan barang yang digunakan untuk menghidangkan makanan tersebut

Dari empat proses diatas bisa dipastikan kalau kuliner adalah paduan dari tradisi pengolahan makanan dan pengetahuan.

Contoh kuliner

Ada banyak sekali contoh kuliner yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk contoh saja, di bawah ini akan disajikan contoh kuliner dari Sumatera Barat, diantaranya:

1. Nasi Kapau

kuliner khas sumatera barat
Foto Good Indonesian Food

Nasi Kapau adalah jajanan kuliner pertama yang wajib anda coba jika berkunjung ke Sumatera Barat terlebih jika tujuan anda ke Bukittinggi.

Disana, makanan khas satu ini dapat ditemui dengan mudah. Untuk harganya cukup murah mulai dari Rp. 25 ribu hingga 35 ribu.

Nama Nasi Kapau sendiri diambil dari nama salah satu pulau disana yakni Kapau yang tampilannya berbeda dengan nasi pada umumnya.

Baca Juga:

Makanan ini terbuat dari campuran nasi, sambal dan beberapa lauk pauk khas Kapau. Dan umumnya dicampur sama gulai nangka yang jadi ciri khas kuliner satu ini.

Di beberapa rumah makan disana, Nasi Kapau disajikan bersama lauk semacam daging dan sayur termasuk juga gulai nangka.

Kadang juga anda diberi kebebasan untuk memilih lauk mana yang akan di makan mulai dari rendang atau daging-dagingan lain, Sapi misalnya.

Rasanya gimana? Jangan tanya lagi deh sebab rasanya sudah pasti nikmat. Rasa gulainya yang dominan bikin mulut serasa ingin kunyah terus.

2. Rendang

makanan khas sumatera barat
via sbs.com.au

Selanjutnya adalah Rendang yang merupakan salah satu masakan khas Sumatera Barat yang sudah cukup populer di Indonesia dan mancanegara.

Saking nikmatnya masakan yang satu ini oleh CNN dimasukkan dalam daftar makanan terlezat di dunia versi mereka setara dengan Sushi dan Pad Thai.

Bagi saya pribadi enggak perlu heran mengapa rendang terkenal dan masuk dalam daftar makanan terenak.

Mengingat proses pengolahan dan pembuatannya yang memakan waktu lama. Untuk menciptakan rasa dan aroma yang khas, Rendang dimasak dalam perapian yang sudah diatur sedemikian rupa dalam waktu yang cukup lama

Sebelum akhirnya dipanaskan lagi dengan santan berulang kali. Untuk saat ini sudah ada berbagai varian rendang yang bisa anda cicipi.

Mulai dari rendang kering yang cenderung berwarna cokelat, rendang merah yang agak pedas dikit dan seterusnya.

3. Teh Talua

makanan khas sumatera barat
via makandiantar.wordpress.com

Setelah membahas dua makanan khas diatas rasanya tak lengkap jika tak membahas minum khasnya.

Salah satu minuman khas yang cukup terkenal disana adalah teh Talua. Teh ini merupakan minuman khas masyarakat Minangkabau.

Komposisinya terdiri dari campuran teh dan Talua yang dalam bahasa daerah Minang berarti Telur. Jadi, teh Talua adalah teh telur.

Teh ini terkadang ditambahi dengan gula untuk memberikan ras manis yang menggigit lidah dengan tetap mempertahankan aroma dan rasa telur yang khas.

Oh iya, minuman satu ini jadi minuman favorit masyarakat disana sejak dulu dan biasanya di konsumsi sebelum bekerja di kebun.

Tujuannya tak lain untuk menambah stamina saat kerja. Saat ini, teh Talua dapat dengan mudah ditemui di warung-warung atau rumah makan di sekitar kota Bukittinggi atau ditempat lain dengan harga Rp. 10 ribuan.

4. Sate Padang

makanan khas sumatera barat
via yervihesna.com

Selanjutnya adalah sate padang yang merupakan salah satu makanan favorit saya saat berkunjung ke sana.

Biasanya, sate ini terbuat dari daging berupa lidah atau usus sapi ditambah beberapa bumbu khusus untuk menambah citarasanya.

Di beberapa tempat, Padang Panjang misalnya, Sate yang satu ini warnanya cenderung kuning. Sementara jika berkunjung ke Pariaman, warnanya cenderung kemerahan.

Meski warnanya berbeda, rasanya tetap nikmat kok. Untuk harganya tergantung, ada yang murah ada yang mahal.

5. Soto Padang

makanan khas sumatera barat
via resepkita.net

Salah satu soto yang terkenal di Indonesia adalah Soto Padang dengan ciri khasnya sendiri dan tentu saja berbeda dengan soto lain di Indonesia, Soto Makassar misalnya.

Komposisi soto ini cukup simpel dimana hanya terdapat daging sapi dicampur bihun dan disajikan bersama perkedel kentang dan kuah berkaldu.

Hanya saja, daging Sapi yang terdapat pada soto Padang sudah digoreng terlebih dahulu agar kering dan lembut sebelum dipotong kecil.

Soto macam ini sangat cocok dikonsumsi sama Nasi atau jajanan lain, dengan rasa yang nempel dilidah dan bikin ketagihan.

6. Karupuak Sanjai

makanan khas sumatera barat
via ksmtour.com

Selanjutnya adalah Karupuak Sanjai yang adalah makanan khas berupa kerupuk dari singkong.

Cemilan satu ini dapat dengan mudah ditemui di jalan-jalan sekitar Bukittinggi terlebih jika anda berkunjung ke Desa Manggis di Jalan Sinjai.

Makanya dinamakan Karupuak Sanjai karena awalnya hanya ada disana dan sudah diproduksi sejak tahun 1970-an.

Sejauh ini ada 3 varian rasa Kerupuak mulai dari tawar, asin dan pedas. Bagi masyarakat disana, kerupuk dengan rasa tawar disebut original.

Dinamai demikian karena saat proses pembuatannya tidak ditambahi bumbu apa-apa. Sebaliknya, jika anda pengen makan yang rasa asin atau pedas rasanya pasti berbeda karena sudah ditambah dengan bumbu khusus.

Untuk rasa asin sudah ditaburi dengan garam, kunyit, bawang putih dan lain sebagainya. Sementara, yang merah dicampuri bumbu balado yang membuat tekstur dan warnanya jadi merah.

7. Lamang Katan

makanan khas sumatera barat
via indonesiakaya.com

Mendengar kata Lamang pasti pikiran anda langsung tertuju sama nasi yang diisi dalam bambu, kan? Saya juga demikian.

Nah di Sumatera Barat juga punya kuliner yang sama dengan nama Lamang Ketan. Seperti juga namanya, Lamang Ketan terbuat dari Beras ketan sebelum diisi dalam bambu untuk kemudian dipanaskan dekat api.

Setiap daerah tentu punya ciri khas tersendiri dalam pembuatan Lamang, begitu juga dengan lamang Sumbar ini.

Sepanjang yang saya tahu, Lamang Ketan Sumbar terdiri dari 3 rasa mulai dari manis, asin hingga asam yang semuanya nikmat.

Komposisi Lamang ini pada umumnya sama mulai dari beras ketan, santan dan garam untuk memberi citarasa pada Lamang sesuai keinginan.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa perbedaan antara kuliner, tata boga dan jasa boga?

Kuliner berhubungan dengan masak-memasak untuk makanan tradisional atau suatu warisan budaya makanan dari suatu daerah.

Sementara, tata boga lebih umum lagi yang merujuk pada proses meramu, mengolah, menyediakan sampai dengan menghidangkan makanan dan minuman.

Dengan demikian, penyelenggaraan tata boga lebih kompleks lagi termasuk didalamnya pemanfaatan untuk tujuan ekonomis.

Pemanfaatan inilah yang dimengerti sebagai jasa boga. Artinya, jasa boga adalah bagian akhir dari tata boga itu sendiri.

FYI, jasa boga adalah usaha yang melayani pesanan hidangan atau pemasok hidangan untuk pesta, pertemuan dan sebagainya

2. Apa yang dimaksud dengan bisnis kuliner?

Bisnis kuliner adalah suatu usaha kuliner untuk mendapat manfaat ekonomi secara langsung. Dan ini adalah salah satu jenis bisnis populer di Indonesia.

Mengapa populer? Karena makanan adalah kebutuhan primer setiap orang. Uniknya lagi, biaya untuk buka bisnis kuliner tidak terlalu besar dan pengembalian modalnya dengan cepat.

Lantas, apakah bisnis kuliner ini sama dengan jasa boga? Secara umum ya tapi secara teknis tidak. Apa alasannya?

Karena ada juga bisnis kuliner yang tidak melayani pesanan hidangan untuk pertemuan skala besar dan hanya melayani pelanggan perorangan.

3. Apa yang dimaksud dengan bidang kuliner?

Bidang kuliner adalah aspek atau pandangan yang lahir dari kuliner ini sendiri. Bisa juga diartikan sebagai jenis kuliner.

Jika bicara jenis, maka akan melibatkan berbagai hal yang terkait dengan kuliner mulai dari kuliner tradisional, minuman tradisional, jus, makanan organik dan lain sebagainya.

4. Apa yang dimaksud dengan wisata kuliner?

Wisata kuliner adalah suatu lokasi atau tempat dimana orang-orang bisa mencicipi berbagai jajanan kuliner dari suatu daerah.

Misalnya, ada tempat wisata kuliner di Betawi yang memungkinkan anda cicipi berbagai makanan khas Betawi seperti Kerak Telor dan Nasi Uduk.

Atau saat anda kunjungi wisata kuliner di Tomohon, bisa cicipi makanan khas Minahasa seperti Nasi Jaha, Cakalang Fufu, Woku dan lain sebagainya.

5. Apa yang dimaksud dengan industri kuliner?

Industri kuliner adalah kegiatan mengolah makanan menggunakan berbagai keahlian dan peralatan untuk mendapat manfaat ekonomi dibaliknya.

Industri kuliner sendiri merupakan bagian dari industri kreatif yang digerakkan oleh karya-karya kreatif atau warisan tradisional masyarakat.

Penutup

Bicara kuliner seolah tak akan ada habisnya. Karena selain berbicara soal masak memasak juga sudah dianggap sebagai bagian dari gaya hidup dan hobi.

Dengan kata lain, kuliner tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Sebab, makanan adalah pasokan energi paling utama bagi manusia untuk bertahan hidup.

Itulah yang mendorong banyak sekali warisan-warisan kuliner unik di dunia, termasuk juga di Indonesia.

Demikian artikel tentang definisi kuliner termasuk tujuan proses dan contoh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Satu pemikiran pada “Kuliner Adalah: Pengertian, Tujuan, Proses dan Contoh”

Tinggalkan komentar